Tekanan Darah Auto Ambrol! Ini Resep Salad Timun untuk Penderita Hipertensi Selama Ramadan, Cobain Yuk!

38

HerStory, Jakarta —

Puasa memiliki manfaat baik bagi penderita hipertensi karena dapat membantu mengontrol tekanan darah dan membentuk komposisi mikrobiota usus. 

Mengutip dari Very Well Health, Minggu (26/3/2023) pembatasan kalori telah terbukti menurunkan tekanan darah. Perubahan pola makan dan tidur juga memengaruhi sistem saraf menjadi lebih rileks atau dikenal sebagai parasimpatis.  

Kendati demikian, pengidap darah tinggi juga harus membatasi diri dalam mengonsumsi makanan saat berbuka maupun sahur. Sebab, terdapat beberapa makanan bisa membuat tekanan darah meningkat. 

Saat berbuka puasa memang godaan makan sulit untuk dihindari. Berbagai kudapan tinggi garam dan gula selalu hadir menggoda selera.

Mulai dari gorengan, seafood, es buah, boba, dan sejenisnya sejatinya wajib dihindari agar tekanan darah tidak cepat naik. Namun jika kamu tak tahan dengan godaan makanan tersebut, ada asupan yang bisa membantu kontrol tekanan darah, lho. 

Makanan tersebut adalah mentimun dan bawang putih. Mentimun mengandung jumlah kalium tinggi yang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium dalam sel. 

Mentimun juga sumber serat baik, yang dapat memberikan pengurangan signifikan untuk tekanan darah dan kolesterol. Sementara itu bawang putih membantu merangsang kadar oksida nitrat intraseluler (NO) untuk mengontrol tekanan darah.

Mentimun dan bawang putih adalah kombinasi yang tepat untuk membantu mengontrol tekanan darah. Jika ingin mengonsumsinya, berikut ini resep salad mentimun dan bawang putih, sebagaimana sudah HerStory kutip dari The Pioneer Woman. 

Bahan-bahan:

– 1 mentimun Inggris panjang

– 2 siung bawang putih, dihancurkan

– 1/4 bawang bombay kecil

– 1/2 sdt. cuka sari apel

– 1/2 sdt. sirup maple atau pemanis pilihan

Cara Membuat:

1. Iris tipis mentimun dan masukkan ke dalam mangkuk.

2. Tambahkan bawang putih lalu masukkan bawang bombay yang sudah diiris tipis.

3. Tambahkan cuka sari apel dan pemanis lalu aduk hingga merata.

4. Nikmati salad sebelum atau sesudah makan berat saat berbuka puasa. 

Baca Juga: Mengenal Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Lewat Program CERDIK dan PATUH: Cegah Hipertensi dengan Ubah Gaya Hidup

Baca Juga: Kelola Penyakit Tidak Menular, Kemenkes Keluarkan Kebijakan agar Penderita Bisa Hidup Lebih Lama, Seperti Apa?

herstory