Ancaman Diabetes Pada Anak – Penyakit bisa menyerang siapa saja. Diabetes melitus pun demikian. Meskipun lebih sering terjadi pada orang dewasa. Ternyata diabetes juga bisa menyerang anak-anak. Apa saja gejala umum diabetes pada anak?

Diabetes melitus disebut juga penyakit kencing manis atau kencing manis. Diabetes melitus merupakan penyakit yang terjadi karena insulin tidak dapat memproses gula darah dengan baik.

Ancaman Diabetes Pada Anak

Ancaman Diabetes Pada Anak

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kondisi autoimun yang menghancurkan sel beta di pankreas. Sel-sel yang seharusnya memproduksi hormon insulin tidak dapat memproduksi hormon tersebut. Produksi hormon insulin yang salah menyebabkan tubuh kekurangan insulin. Setelah itu, kadar glukosa dalam darah meningkat.

Waspada, Penderita Diabetes Terus Meningkat, Indonesia Jadi Peringkat 5 Dunia

Diabetes tipe 1 dapat didiagnosis pada usia berapa pun. Biasanya ditemukan pada remaja (antara 10-14 tahun) dan anak-anak (4-6 tahun).

Diabetes tipe 2 adalah yang paling umum. Pada diabetes tipe 2, sel beta pankreas tidak dapat lagi memproduksi insulin. Namun, kebutuhan insulin tidak dapat terpenuhi. Oleh karena itu, insulin tidak dapat bekerja secara efektif karena adanya resistensi sehingga kadar gula darah menjadi tidak terkontrol dan cenderung tinggi.

Semua jenis diabetes dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi. Kondisi ini disebut hiperglikemia. Pada beberapa kasus, kondisi hiperglikemia tidak menunjukkan gejala khusus. Hal ini membuat orang tua tidak menyadari bahwa anaknya menderita diabetes.

Anak mungkin terlihat lelah dan lemah. Keluhan lain yang mungkin timbul adalah infeksi jamur dan penglihatan yang buruk.

Bunda!, Waspada Ya, Ini Gejala Diabetes Pada Anak

Jika anak Anda menderita diabetes tipe 1, gejala ini muncul dengan cepat atau hanya dalam beberapa minggu (2-6 minggu).

Sementara itu, jika seorang anak menderita diabetes tipe 2, gejalanya seringkali berjalan lambat dan tidak disadari selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Jika anak Anda memiliki satu atau lebih gejala yang mengindikasikan diabetes mellitus di atas, jangan ragu untuk segera membawanya ke dokter.

Ancaman Diabetes Pada Anak

Selain itu, selalu pastikan nutrisi seimbang masuk ke dalam tubuh anak. Biasakan anak Anda untuk bekerja.

Melindungi Kelompok Komorbid Dari Ancaman Covid 19

Halo! Saya Faridilla Ainun / Inyun /. Seorang ibu yang bekerja di bidang Sumber Daya Manusia dan gemar membaca. Mencoba aktif bersepeda dan jalan kaki di pagi hari. Kadang membaca, menonton acara Korea, makan, dan jalan-jalan. Saya dapat dihubungi melalui email: faridilla.ainun@gmail.com[/caption]Grid.id – Komplikasi diabetes dapat terjadi kapan saja pada mereka yang tidak dapat mengontrol kadar gula darahnya.

Semakin lama kita menderita diabetes dan semakin tidak terkontrolnya gula darah, semakin besar kemungkinan kita mengalami komplikasi diabetes.

Dilansir dari laman mayoclinic.org (30/10/2020) bertajuk “diabetes”, berikut 9 komplikasi diabetes yang bisa terjadi akibat kadar gula yang tidak terkontrol dalam tubuh:

Diabetes sangat meningkatkan risiko berbagai masalah kardiovaskular, termasuk penyakit arteri koroner dengan nyeri dada (angina), penyakit jantung, stroke dan penyempitan pembuluh darah (aterosklerosis).

Diabetes Tipe 1: Gejala, Penyebab, Dan Pengobatan

Hal ini dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, terbakar atau nyeri yang biasanya dimulai pada ujung jari kaki atau jari tangan dan menyebar ke atas.

Kerusakan saraf yang berhubungan dengan pencernaan dapat menyebabkan masalah dengan mual, muntah, diare atau sembelit. Pada pria dapat menyebabkan disfungsi ereksi.

Kerusakan parah dapat menyebabkan gagal ginjal atau penyakit ginjal ireversibel, yang mungkin memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal.

Ancaman Diabetes Pada Anak

Kerusakan saraf pada kaki atau aliran darah yang buruk ke kaki akibat diabetes meningkatkan risiko berbagai masalah kaki.

Berita Diabetes Anak Hari Ini

Diabetes tipe 2 dapat meningkatkan risiko demensia, seperti penyakit Alzheimer, karena kontrol gula darah yang buruk menjadi lebih parah.

Berita Mengejutkan Hari Ini Satu Keluarga Diduga Kelaparan, Berapa Lama Orang Benar-Benar Bisa Hidup Tanpa Makanan?

Jangan Abaikan Kisah Saya! Didengar Sarwendah Sendiri Selama Bertahun-Tahun, Ini Beberapa Penyakit Yang Terjadi Saat Sakit Kepala Berkepanjangan

#Strategi Pijat #di tempat tidur #bentuk vagina #malas #silikon #40 tahun #hamil #obat sirup #Pijat Titik untuk Mengalahkan Demam Batuk #7 Tanaman Obat untuk Mengalahkan Wasir Gambar diabetes, gejala kencing manis, gejala kencing manis, gejala kencing manis. Sering buang air kecil, sering haus meski sudah cukup minum, mulut kering, dan penurunan berat badan secara tiba-tiba dalam waktu singkat bisa menjadi gejala diabetes.(Shutterstock/Eviart)

Cara Aman Konsumsi Gula Bagi Pasien Diabetes

Hal lain yang mungkin mengkhawatirkan seseorang yang ibu, ayah, atau saudaranya menderita diabetes adalah mereka juga akan mengalami kondisi yang sama.

Menurut CDC, pada seseorang dengan diabetes, tubuh tidak dapat membuat insulin dengan baik atau tidak dapat menggunakan insulin dengan benar.

Akibatnya, gula akan menumpuk di dalam darah yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung, kehilangan penglihatan dan penyakit ginjal.

Ancaman Diabetes Pada Anak

Dikutip dari Everydayhealth, penelitian menunjukkan bahwa memiliki orang tua dengan diabetes meningkatkan kemungkinan terkena penyakit tersebut hingga empat kali lipat atau lebih.

Apa Yang Harus Dilakukan Bila Terdiagnosis Penyakit Diabetes Melitus ?

“Kita tahu bahwa jika kedua orang tua memiliki diabetes tipe 2, ada sekitar 50 persen kemungkinan bahwa Anda dan saudara Anda akan mewarisi gen tersebut,” kata ahli endokrin Edward Hess, MD.

Dia mengatakan ada banyak gen yang berperan dalam diabetes, jadi menurutnya itulah alasan mengapa ada peningkatan risiko penyakit ini pada ras tertentu.

Meskipun Anda tidak dapat mengubah silsilah keluarga Anda, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi kemungkinan terkena diabetes.

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus 2017 di Primary Care Diabetes seperti dilansir Everydayhealth, menemukan bahwa diet dan olahraga dapat meningkatkan kesehatan jangka panjang pada penderita diabetes.

Waspada Diabetes Sejak Dini

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga dengan intensitas sedang sekitar 30 menit seperti jalan cepat setiap hari dan menurunkan 7 persen berat badan dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes 10 tahun kemudian.

Selain itu, menjaga pola makan yang teratur dan seimbang dapat membantu mendistribusikan gula darah secara merata sehingga tubuh tidak harus bekerja terlalu keras.

Direktur layanan nutrisi di Community Health System Montefiore Program di Bronx, New York merekomendasikan agar orang menggunakan jadwal makan tiga hari yang berfokus pada buah dan sayuran, di mana setengah dari piring adalah buah dan sayuran. Sayuran.

Ancaman Diabetes Pada Anak

Jika Anda memiliki orang tua atau saudara kandung dengan diabetes dan kelebihan berat badan, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan diabetes secara teratur.

Waspada Ancaman Hipertensi » Rsud Sawahlunto

Meskipun genetika dapat berperan dalam menyebabkan diabetes, ada banyak faktor lain yang dapat menyebabkan diabetes, di antaranya:

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terkini setiap hari dari. Yuk gabung di grup Telegram “News Update”, caranya klik link https://t.me/comupdate, dan join. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Tag diabetes mellitus cara mencegah diabetes pada anak cara mencegah diabetes cara mencegah diabetes pada anak muda

Berita Terkait Pertamina Uji Batas Pembelian Pertalite 120 Liter Per Hari KAI 2022 Rekrutmen Lulusan SMA, D3, dan D4/S1, Cek Syaratnya! Begini Cara Meningkatkan Daya Ingat, Tinjauan Kasus Brigjen J: BU Buka Rekening Atas Nama Brigjen J, Penentangan Ferdy Sambo, dan Kehadiran Konsorsium 303 Penerimaan CASN PPPK 2022, Begini Jumlah Kebutuhan Pusat dan Daerah.

Waspadai Faktor Risiko Penyakit Jantung Berikut

Jixie mencari cerita yang dekat dengan preferensi dan pilihan Anda. Kumpulan cerita ini disajikan sebagai cerita pilihan yang paling sesuai dengan minat Anda.

Tinjauan Kasus Kalideres: Dia tidak mati karena gas, kakinya dibungkus plastik, sampai saya menemukan semangkuk kapur barus Dibaca 10.476 kali

[POPULER] Minuman Penurun Gula Darah | Tanggapan Lion Air Dinilai Maskapai Terburuk di Dunia Dibaca 5.010 kali

Ancaman Diabetes Pada Anak

Data Anda akan digunakan untuk verifikasi akun jika Anda memerlukan bantuan atau jika aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda.

Kurangi Ancaman Diabetes? Lakukan Hal Sederhana Ini Agar Tubuh Tetap Bergerak

Kaki berair pada penderita diabetes, gejala diabetes pada kaki, gejala diabetes kering pada wanita, gejala awal diabetes pada wanita, ciri2 diabetes pada wanita, ciri ciri diabetes pada wanita, ciri2 diabetes pada laki2, gejala diabetes pada wanita, diabetes pada remaja, cara mengobati diabetes pada pria, efek diabetes pada pria, cara mengobati diabetes pada wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here