Konsep Rumah Iklim Tropis – Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis, yaitu iklim yang hangat antara 20-24 C dengan jumlah curah hujan paling tinggi dibandingkan dengan wilayah lain di Bumi. Daerah tropis dibagi menjadi dua bagian, yaitu tropis kering dan tropis lembab. Daerah dengan iklim tropis biasanya terdiri dari dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Perhatikan bahwa iklim tropis, panas dan lembab, sangat baik untuk kegiatan perkebunan dan pertanian. Hal inilah yang membuat Indonesia terkenal dengan kegiatan agrarisnya. Hal itu juga yang menginspirasi para leluhur bangsa Indonesia untuk membangun rumah tropis.

Konsep Rumah Iklim Tropis

Konsep Rumah Iklim Tropis

Rumah panggung ini banyak dijumpai di daerah pesisir atau di sekitar sungai, yang notabene rentan terhadap air pasang atau luapan sungai.

Desain Rumah Tropis Modern Archives

Desain rumah untuk daerah tropis harus mengutamakan kenyamanan penghuninya. Selama konstruksi, intervensi seorang arsitek diperlukan. Selain memberikan bangunan yang berkualitas, juga memberikan efek estetika pada bangunan tersebut.

Namun tentunya yang terpenting adalah memperhatikan keawetan atau kualitas material yang digunakan, misalnya memperhatikan jenis kayu yang digunakan, terutama pada kolom kayu sebagai penopang atau pondasi bangunan (jika rumah memiliki konstruksi panggung).

Jadi, desain rumah tropis harus memperhitungkan kemungkinan-kemungkinan yang muncul, agar penghuninya tetap merasa nyaman berada di dalam rumah meskipun terjadi pergantian musim yang sangat ekstrim.

Saat ini banyak orang yang membangun rumah berdesain tropis, khususnya di Indonesia. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika ingin membuat rumah dengan desain tropis sejati, yaitu sebagai berikut:

Iklim Tropis, Bukan Musibah Tapi Anugerah, Ini Penjelasannya!

Sebuah rumah tidak lengkap tanpa taman. Keberadaan taman di halaman rumah tentunya memberikan efek artistik yang lebih baik. Selain itu, rumah akan terlihat lebih asri dan alami. Jika demikian, maka hawa dingin mengalir di sekitar rumah dengan sendirinya. Untuk tanah kecil biasanya menggunakan tanaman gantung atau vertikal. Jika memungkinkan, untuk memberikan kesan segar pada rumah, disarankan untuk membangun kolam kecil.

Seperti yang kita ketahui, jika musim hujan di daerah tropis akan berlangsung lama, dan tentunya akan menimbulkan kelembapan di udara yang pada akhirnya akan merusak material rumah. Dengan konsep membuat pintu dan jendela asli, sinar matahari dan udara bebas masuk ke dalam ruangan. Ini akan mengurangi kelembapan dan menghilangkan pengap di dalam ruangan. Selain itu, akan menghasilkan pencahayaan di dalam ruangan.

Namun, sinar matahari yang berlebihan juga akan merusak material rumah. Oleh karena itu, sinar matahari harus dikontrol atau dikendalikan. Ini bisa dilakukan dengan pintu menghadap matahari terbit. Jika tidak memungkinkan untuk membuat pintu dan jendela seperti itu, maka menggunakan krey bisa menjadi solusi yang tepat.

Konsep Rumah Iklim Tropis

Daerah yang memiliki iklim tropis memiliki tekanan udara yang biasanya rendah. Kalaupun ada perubahan, perubahannya cukup teratur. Oleh karena itu, dalam mendesain rumah dengan model tropis, faktor utama yang harus diperhatikan adalah udara. Struktur internal rumah tropis harus dibuat agar tidak menghalangi aliran udara. Dinding di rumah harus memiliki lubang di bagian atas dan bawah atau membuat ventilasi. Hal ini diperlukan untuk mengatasi panas yang menjadi ciri iklim tropis.

Desain Rumah Tropis Modern Mewah Di Jakarta Pusat 5

Cara lain yang dapat mendukung proses peredaman panas pada bangunan dengan desain tropis adalah dengan membuat bukaan yang besar. Pembukaan sangat penting untuk menciptakan aliran udara yang baik. Cobalah juga untuk membuat ventilasi silang agar rumah tetap sejuk setiap saat. Buat plafon dengan ketinggian yang cukup tinggi. Ruangan kosong ini bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

Agar dapat menambah kesejukan dan membuat bangunan dengan desain tropis lebih menarik dan istimewa, disarankan untuk membuat atap terbuka. Bale kosong dibuat di atap terbuka atau, jika mungkin, kolam renang. Keberadaan kolam renang akan membuatnya menjadi mewah. Sedangkan pada bagian kedua, yaitu di sebelah pintu menuju ruang terbuka, telah dibuat ventilasi dan jendela yang memadai.

Fairus atau lebih dikenal dengan Riris lulus dari Jurusan Arsitektur Universitas Udayana pada tahun 2019 dan besar di Bali. Sejak usia dini, ia tertarik pada buku dan menulis, dan ia telah menulis sejak ia masih di sekolah. Setelah lulus dari Jurusan Arsitektur, Fairus terus menekuni hobi ini dan menulis artikel tentang arsitektur dan interior. Di waktu luangnya, ia sesekali membaca novel dan menulis fiksi.

Sadar rumah sudah tidak nyaman lagi di masa pandemi? Atasi dengan membangun rumah sehat dengan jasa arsitek online

Desain Rumah Tropis Modern Minimalis

Bosan di rumah? Tanda Anda Butuh Rumah Mewah Nyaman dan Full Furnished Villa Ala Emporio Architect No Comments on Denah Rumah Tropis Posted in Articles Author Posted on September 9, 2015 July 25, 2021

Desain rumah tropis. Rumah tropis adalah rumah model yang elemennya didesain dan disesuaikan dengan iklim tropis. Rumah semacam ini akan mengoptimalkan potensi dan mengurangi pengaruh iklim tropis. Rumah jenis ini banyak berkembang di Indonesia karena selaras dengan iklim tropis Indonesia. Di iklim tropis, selama musim panas, matahari bersinar terus menerus setiap hari sehingga sinar matahari dapat digunakan untuk merancang bukaan di dalam rumah dengan benar untuk menghindari kebocoran.

Selain memiliki potensi pencahayaan yang besar, iklim tropis juga mempengaruhi kondisi udara yang panas dan lembab. Jika musim kemarau maka suhu udara akan sangat panas, namun jika memasuki musim penghujan maka udara akan sangat lembab. Dari faktor-faktor tersebut, rumah tropis juga merupakan cara yang aman untuk mengontrol suhu udara di dalam rumah.

Konsep Rumah Iklim Tropis

Pengendalian suhu udara dapat dilakukan dengan cara memperbesar volume ruang atap, menambah luas permukaan ventilasi, menata ruang terbuka, membuat kolam dalam ruangan dan memperbanyak tanaman di lingkungan rumah.

Rumah Bapak Jajang

Apakah Anda membutuhkan jasa arsitek untuk mendesain rumah Anda? klik Jasa arsitek Butuh jasa bangun rumah selain meteran? (Harga lebih detail dan transparan) klik Jasa Bangun Rumah / Panduan Real Estate / Beli Real Estate / 6 Desain Rumah Konsep Alami Yang Cocok Untuk Iklim Tropis

Dirancang khusus untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar, rumah dengan konsep alam ini memiliki arsitektur yang berfokus pada masalah ventilasi, integrasi, dan iklim.

Dibuat oleh Guz Architects, rumah ini bergaya tropis modern yang mewah dengan sentuhan rotan di pintu masuknya.

Warna rumah minimalis rotan dan putih berhasil memberikan nuansa modern yang membuat hunian diatas terlihat lebih dinamis.

Desain Rumah Tropis Minimalis

Selain terlihat keren, keberadaan kolam di depan dan belakang hunian juga bisa menciptakan mood yang lebih positif.

Hal ini berhasil mengalihkan perhatian dari kenyataan bahwa hunian ini dibangun di tengah kota, meski sekilas terlihat seperti rumah berkonsep alam di pinggir kota.

Jika Anda tertarik untuk memiliki rumah dengan banyak dekorasi kaca, unit hunian di The Sanata Village dan Uptown Estate sangat cocok untuk Anda pilih.

Konsep Rumah Iklim Tropis

Meski penggunaan dinding kaca tidak jarang di daerah tropis, rumah karya KWK Promes ini menggunakan skema yang sedikit berbeda.

Konsep Arsitektur Modern Tropis Dan Contohnya

Alih-alih menggunakan kaca bening yang menghubungkan teras atau kolam luar rumah, ruang kaca di dasar rumah justru menyatu dengan teras dalam ruangan.

Padahal, rerumputan di halaman dalam mirip dengan halaman luar, sehingga penghuni bisa bersantai di rerumputan tanpa harus keluar rumah.

Berbicara tentang halaman, beberapa rumah memang memiliki halaman yang cukup luas di depan, belakang, atau di tengah ruang tamu.

Ada juga Familia Urban yang merepresentasikan lingkungan hijau di sekitar hunian. Ini adalah “rumah berkonsep alam” terbaik di kota Bekasi.

Kiat Kiat Membangun Rumah Yang Nyaman Dan Aman Di Daerah Tropis

Arsitek dari 3 Atelier mendesain rumah ini untuk orang-orang biasa yang takut anak-anak mereka tumbuh dewasa menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar daripada di alam.

Namun di sisi lain, arsitek tetap menggunakan material yang membuat rumah tetap hangat di malam hari dan dingin di siang hari.

Salah satu kawasan hunian yang memiliki skylight adalah Myza BSD City. Kehadiran skylight membuat hunian ini lebih segar dan sehat.

Konsep Rumah Iklim Tropis

Dikembangkan oleh Sinar Mas Land, rumah di Tangerang ini tergolong fully furnished dan dilengkapi dengan smart furniture dan smart door locking features.

Shaleh Kadzim: Rumah Tropis

Penggunaan batu alam pada hunian ini juga sangat menarik untuk dilihat. Apalagi jika Anda memang tertarik dengan rumah batu alam.

Sebagai rekomendasi, Desa Damara di Badung merupakan salah satu hunian yang memiliki fasad batu alam seperti rumah di atas.

Lulusan sejarah yang suka menulis berbagai artikel, dari serius hingga santai. Bergairah tentang sains, budaya populer, dan filsafat. Saya kebetulan berada di sektor real estate dan tertarik dengan desain interior.

Harga rumah yang terus naik menjadi kendala bagi sebagian orang untuk memilikinya. Apalagi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang memiliki sumber daya terbatas, sehingga membutuhkan dukungan negara untuk mendapatkannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah Indonesia telah melaksanakan program bantuan pembiayaan KPR bersubsidi, antara lain FLPP dan SBUM. Jika FLPP fokus pada pembiayaan perumahan bersubsidi, maka SBUM…

Strategi Desain Tropis

Foto: Pixabay Permintaan akan hunian vertikal seperti apartemen di kota Jakarta semakin meningkat. Konsultan real estate Colliers International bahkan memprediksi akan banyak apartemen baru di Jakarta yang akan selesai pada 2022-2025. Diperkirakan total 20.616 unit rumah akan selesai dibangun pada periode tersebut. Mereka tersebar di lima lokasi berbeda, termasuk Central Business District (CBD) Jakarta. Namun…

Foto: DELFI Decor Kamar tidur adalah salah satu ruangan terpenting di rumah, tempat kita memulai dan mengakhiri hari. Lebih dari sekedar tempat tidur, ruangan ini sering digunakan sebagai tempat bekerja dan beribadah. Jadi, jelas kita membutuhkan desain interior kamar tidur yang tepat untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun,…

Foto: Pexels Tertarik untuk membeli rumah bekas? Jika demikian, maka Anda perlu menghitung beberapa biaya yang harus dikeluarkan. Sama seperti membeli properti baru, ada biaya dan pajak yang harus dibayar saat membeli dan menjual rumah bekas. Pajak atas pembelian dan penjualan rumah bekas adalah pajak

Konsep Rumah Iklim Tropis

Bunga iklim tropis, tanaman iklim tropis, konsep modern tropis, iklim tropis, ciri iklim tropis, iklim hutan hujan tropis, konsep rumah minimalis tropis, konsep rumah tropis modern, buah iklim tropis, konsep rumah tropis, iklim tropis adalah, rumah iklim tropis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here