Menghadapi Macet Saat Mudik – Kepadatan kendaraan mudik saat mengantre jadwal keberangkatan kapal di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Sabtu (30/4/2022) dini hari. Berdasarkan data PT Angkutan Sungai, Danau, dan Lintas (ASDP) cabang Merak, tercatat hingga Jumat (29/4), 112.608 orang mudik mudik di Pelabuhan Merak. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

, Jakarta Menjelang mudik Lebaran kemarin, kemacetan menjadi pemandangan yang lumrah di banyak ruas tol. Tak bisa dipungkiri, kemacetan terkadang bisa menimbulkan iritasi tingkat tinggi.

Menghadapi Macet Saat Mudik

Menghadapi Macet Saat Mudik

Terjebak dalam kemacetan selama berjam-jam dengan aktivitas terbatas di dalam mobil adalah alasan alami untuk merasa kesal. Apalagi kebosanan juga menghampiri.

Psikolog: Euforia Mudik Lebaran Kalahkan Stres Karena Macet

Namun, agar perasaan tetap stabil dan rasa kesal tidak berhenti terus-menerus, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan saat terjebak macet selama berjam-jam.

Oleh karena itu, sebelum pulang atau ke luar negeri, penting untuk mengetahui apa yang harus dilakukan saat terjebak macet selama berjam-jam dan tetap tenang.

Menurut psikolog anak, remaja dan keluarga di Universitas Kristen Maranatha Bandung, Efnie Indriani, langkah awal yang bisa dilakukan saat berada dalam kemacetan selama berjam-jam adalah mengatur pernapasan.

Dengan begitu, pikiran dianggap lebih tenang menghadapi kemacetan. Mengingat betapapun marahnya Anda dalam kondisi seperti ini, terjebak di tengah jalan dengan kemacetan lalu lintas tidak akan membawa Anda ke tujuan dengan segera atau tiba-tiba.

Antisipasi Lonjakan Mudik, Dishub Lampung Menerapkan Cara Ini

Lebih lanjut Efnie mengungkapkan, lebih baik tidak membuat target sampai pada waktu tertentu. Apalagi jika Anda tahu kemacetan adalah hal yang pasti di momen-momen seperti mudik atau Lebaran.

“Sebaiknya jangan sampai target datang terlambat karena itu akan memicu adrenalin dan hormon stres (kortisol),” kata Efnie.

* Fakta atau hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp Cek Fakta nomor 0811 9787 670 dengan hanya mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Menghadapi Macet Saat Mudik

Sejumlah kendaraan melintas saat pemberlakuan “Contra Flow” di ruas tol Jakarta-Cikampek dini hari tadi, Kamis (28/4/2022). Contra Flow yang dimulai dari KM 47 merupakan langkah untuk mengurangi kemacetan arus mudik Lebaran di Tol Jakarta-Cikampek arah Cikopo-Palimanan. (/Herman Zakaria)

Mudik Lebaran Lewat Jalur Darat, Ini Nomor Telepon Darurat Yang Bisa Lo Hubungi Di Jalan Tol

Jika Anda terjebak macet selama berjam-jam, Anda dapat bertukar ide dan berbagi pendapat tentang topik yang menarik minat Anda dan keluarga.

“Bisa sambil ngobrol bareng keluarga, dengerin musik, peregangan dan bikin topik-topik lucu buat bikin happy,” ujar Efnie.

Perjalanan darat atau road trip bisa menjadi saat yang tepat bagi orang tua dan anak-anak untuk menjalin ikatan dan belajar tentang sudut pandang satu sama lain.

Anda dapat mendengarkan lagu favorit Anda bersama-sama. Aktivitas ini merupakan salah satu aktivitas yang paling sering dilakukan saat berada di dalam mobil.

Brexit Bakal Jadi Titik Macet Di Pantura Saat Mudik Iduladha

Calon penumpang menunggu bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Grogol, Jakarta Barat, Kamis (28/4/2022). Menjelang Idul Fitri, Terminal Grogol mulai dipadati pemudik yang mudik untuk merayakan Idul Fitri. (/Johan Tallo)

Jika Anda membawa anak yang masih balita, ada baiknya Anda juga menyiapkan mainan favorit si kecil agar tidak terlalu pilih-pilih di sepanjang jalan.

“Bagi yang membawa balita perlu menyiapkan peralatan bermain yang sederhana. Pada dasarnya balita perlu dirangsang dengan tiga cara,” kata Efnie.

Menghadapi Macet Saat Mudik

1. Visual: Ajak balita untuk melihat buku bergambar, membuat coretan kecil dengan pensil warna dan melihat pemandangan melalui kaca saat berada di dalam kendaraan.

Macet Parah Di Jalur Tempat Wisata

Jika memungkinkan, sesampainya di rest area, ajak dia jalan-jalan di lingkungan yang aman untuk meredakan ketegangan akibat perjalanan jauh.

Efnie menjelaskan, orang tua dan anak pada dasarnya perlu bekerja sama untuk menciptakan suasana bahagia saat menghadapi kemacetan.

“Jadi intinya bekerjalah dengan anak-anak dan jadikan mereka bagian dari tim dalam perjalanan untuk menciptakan perasaan senang,” kata Efnie.

Sebagai orang tua, Efnie juga menyarankan agar Anda bisa mengendalikan diri lebih baik saat sedang buntu dengan mengatur pernapasan dan mengajak orang-orang di sekitar Anda untuk juga memiliki suasana hati yang baik.

Vlog Mudik Lebaran Hari Kedua, Ternyata Masih Macet!

“Lebih baik menghadapi kemacetan, mengendalikan diri, bernafas, dan mengajak orang-orang yang bersamamu untuk bernyanyi bersama dan membuat cerita lucu,” kata Efnie.

Lalu munculah ide untuk pulang hanya untuk tidur karena sebagian besar waktunya dihabiskan untuk bekerja dan terjebak macet di tengah jalan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Aggressive Behavior (1999) menemukan peningkatan stres dan perilaku agresif pada orang yang mengendarai kendaraan dan terjebak dalam lalu lintas yang padat. Efek ini terjadi pada pengemudi pria dan wanita.

Menghadapi Macet Saat Mudik

Wanita sebaiknya mempersiapkan terlebih dahulu segala kebutuhan anggota keluarganya yang akan beraktivitas di pagi hari. Setelah itu, ia akan tenggelam dalam hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaannya.

Kapolri Perkirakan 23 Pintu Tol Rawan Macet Jelang Arus Mudik Lebaran 2022, Korlantas Atur Skema Ganjil Genap

Beberapa jenisnya adalah peningkatan tekanan darah, sakit kepala, hingga nyeri tubuh. Jika stres yang dialami juga menumpuk, tidak menutup kemungkinan juga akan mengalami penyakit jantung hingga stroke.

Jika Anda naik angkutan umum, Anda akan terhindar dari kemacetan karena Anda memiliki jalur perjalanan sendiri, mungkin bisa dijadikan alternatif pilihan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi terjebak macet. Namun, masing-masing metode dapat memiliki efek yang berbeda dengan melihat kondisi setiap orang dan situasi. Berikut tipsnya:

Menyiapkan rencana perjalanan berarti ikut serta dalam perancangan jalan akses yang akan dilalui. Dengan begitu, nantinya bisa diperkirakan jalan mana yang berpotensi macet sehingga bisa ditemukan jalan alternatif lain.

Buang Bosan Saat Hadapi Kemacetan Mudik, Simak Tips Menarik Berikut

Carpooling adalah budaya berkendara secara bergantian menggunakan kendaraan pribadi. Seseorang dapat bergiliran dengan rekan-rekannya untuk bepergian bersama dalam satu kendaraan.

Cara klasik ini cukup efektif untuk menghindari kemacetan panjang. Lakukan perjalanan lebih awal sebelum kendaraan mulai ramai. Cara ini cocok untuk keperluan berangkat kerja atau sekolah.

Saat ini di dunia maya tersedia website khusus untuk menampilkan kondisi jalan tertentu melalui CCTV. Tampilan real-time ini berguna untuk menghindari lokasi yang rawan macet.

Menghadapi Macet Saat Mudik

Kemacetan lalu lintas bisa bersifat reguler atau musiman, seperti saat Anda pulang ke rumah untuk liburan. Mendengarkan informasi lalu lintas dari media dapat membantu memahami jam sibuk jalan raya.

Apel Gelar Pasukan, Kapolri Tekankan Soal Strategi Antisipasi Kemacetan Hingga Vaksinasi Booster Saat Mudik

, ada kalanya terjebak macet parah, keinginan untuk keluar dari jalan disusul saat itu juga muncul. Keinginan ini harus ditunda. Pasalnya, mengambil rute yang berbeda justru bisa membuat keadaan semakin kacau dan kemacetan semakin sulit diurai.

Menggunakan kendaraan roda dua lebih mudah untuk lepas dari kemacetan panjang. Kendaraan ini lebih mudah untuk bermanuver di ruang yang cukup sempit. Jika tidak ada kendaraan bermotor, penggunaan sepeda bisa dijadikan alternatif.

Naik kereta komuter bisa menjadi pilihan yang pasti untuk melakukan perjalanan ke tujuan Anda tepat waktu dan bebas dari kemacetan lalu lintas. Angkutan umum yang memiliki jalur sendiri lebih kecil kemungkinannya untuk terkena macet. Bepergian jarak jauh bersama keluarga memang menyenangkan. Namun, risiko yang akan dihadapi agak berbeda dengan berkendara di dalam kota. Berbeda dengan jalan di kota, situasi dan kondisi jalan, penerangan dan jenis kendaraan tentunya lebih bervariasi. Salah satu yang paling mungkin dihadapi adalah kemacetan.

Suka tidak suka, kemacetan sudah menjadi pemandangan biasa dalam perjalanan pulang tahunan. Sangat mudah untuk bersentuhan dengan kendaraan lain. Berikut beberapa langkah yang dapat diterapkan dalam mengatasi kemacetan.

Diperkirakan Bakal Macet Parah, Jokowi Ajak Masyarakat Hindari Puncak Arus Mudik Pada 29 30 April

Kemacetan memaksa pengemudi berjalan berhenti dan pergi. Sebaliknya, tunggu sampai kendaraan agak jauh, lalu mulailah berjalan. Dengan begitu mobil akan terhindar dari kondisi ‘setengah kopling’ terlalu sering. Apalagi di jalan menanjak. Selalu gunakan rem tangan untuk membatasi pergerakan mobil.

Dalam pemberhentian lama dalam lalu lintas, hingga lebih dari 30 detik, pindah ke netral, kecuali jika diperlukan reaksi cepat. Pada mobil dengan transmisi manual, pedal kopling yang terlepas dari anak tangga pasti sangat berbahaya. Sedangkan pada mobil dengan transmisi otomatis, menggunakan posisi D terlalu lama saat berhenti dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Selalu gunakan lampu sein untuk berpindah jalur. Jika Anda tidak dapat menemukan jalan, jangan paksakan. Tunggu pengemudi di belakang memberi jalan. Lagi pula, perbedaan waktu antara memaksa bergerak dan tidak tidak terlalu signifikan. Di sisi lain, risikonya jauh lebih tinggi. Hal yang sama juga harus diterapkan saat memotong jalur untuk berbelok atau berbelok.

Menghadapi Macet Saat Mudik

Di tengah kemacetan lalu lintas di siang hari, mesin sering kepanasan. Dengan memantau indikator pada panel instrumen secara berkala, Anda dapat mengetahui kondisi mesin. Selain suhu, periksa juga lampu indikator oli.Liputan6.com, Semarang Pada musim mudik saat ini menjelang Lebaran, beberapa jalur mudik pasti ramai dengan kendaraan, sehingga kemacetan pun tak terhindarkan. Hal ini tentu saja menimbulkan rasa tidak nyaman saat Anda pulang, seperti bosan bahkan jengkel.

Detik Detik Kemacetan Parah Brebes Tegal Saat Mudik Lebaran Pada Sabtu 30 April 2022

Oleh karena itu, berikut rangkuman tim Liputan: 6 , 5 hal bermanfaat yang bisa dilakukan agar tidak bingung dan kesal saat menghadapi kemacetan saat pulang, yuk simak!

* Fakta atau hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silahkan WhatsApp Cek Fakta Liputan6.com nomor 0811 9787 670 dengan hanya mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Meski terlihat seperti solusi yang sangat klasik, mendengarkan musik memang bisa mengembalikan mood saat terjebak macet. Apalagi sebagai Sobat Liputan. Dengan memilih lagu yang tepat, mendengarkan musik dapat menghilangkan stres dan menimbulkan rasa semangat. Selain musik, kamu juga bisa mencoba mendengarkan podcast menarik yang memberikan hiburan atau wawasan.

Jika kemacetan dirasakan sangat padat sehingga kendaraan tidak bisa bergerak sama sekali. Coba gunakan waktu ini untuk membaca. Anda dapat membaca artikel, novel dan berita menarik yang dapat menambah pengetahuan Anda. Dengan begitu, waktu yang dihabiskan untuk menunggu kemacetan tidak akan terbuang percuma.

Puncak Arus Balik Transportasi Laut Diperkirakan Terjadi Pada 8 9 Mei

Kondisi lalu lintas seringkali membuat suasana tidak menyenangkan. Agar tidak kesal dan lebih santai, cobalah menonton film atau drama Korea yang mengalihkan perhatian Anda dengan kemacetan lalu lintas.

Jika Anda terdesak waktu, maka mencari jalur alternatif adalah hal yang paling berguna saat menghadapi kemacetan. Buka navigasi GPS untuk menemukan rute alternatif dan menghindari kemacetan lalu lintas.

Jika Anda bepergian bersama keluarga atau teman, Anda bisa bermain game untuk menghilangkan kejenuhan saat macet. Sebagai

Menghadapi Macet Saat Mudik

Ac mobil tidak dingin saat macet, lirik lagu rohani kristen saat menghadapi pergumulan, cara menghadapi hrd saat interview, ac mobil panas saat macet, cara menghadapi nasabah macet, cara menghadapi wanita cuek saat chat, cara bank menghadapi kredit macet, ac pajero panas saat macet, macet mudik 2015, lagu rohani kristen saat menghadapi pergumulan, cara menghadapi mual saat hamil, macet mudik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here