4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

26

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung – Bulu hidung yang panjang atau rambut yang menjulur melebihi lubang hidung terkadang tidak sedap dipandang. Apalagi bagi wanita, bulu hidung yang panjang jika dibiarkan bisa menimbulkan masalah.

Tidak jarang banyak orang yang mencabuti bulu hidungnya agar terhindar dari masalah. Sebenarnya, tahukah Anda jika ada masalah yang terjadi saat mencabut bulu hidung?

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

Setiap anggota tubuh memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, termasuk rambut hidung. Sebelum memahami bahaya mencabut bulu hidung, ada baiknya kita memahami apa manfaat bulu hidung bagi tubuh.

Fungsi Bulu Hidung Bagi Manusia, Ketahui Dampak Buruk Mencabutnya

Bulu hidung, yang disebut silia, merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh untuk melindungi bibir Anda. Saat bernapas, bulu-bulu di hidung memiliki kesempatan untuk menyaring partikel-partikel kecil yang masuk ke dalam hidung. Partikel-partikel tersebut adalah bakteri, debu, jamur dan hal-hal lain yang bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Selain itu, bulu hidung membantu lendir menjebak partikel dan kuman berbahaya ini.

Jika partikel jahat masuk ke saluran udara, Anda bersin untuk mengeluarkannya. Jadi, Anda bertanya-tanya bagaimana jika Anda tidak memiliki bulu hidung? Selain membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan flu, sistem kekebalan tubuh Anda juga bisa terganggu di kemudian hari. Itu membuatnya lebih berbahaya.

Bulu-bulu halus di hidung adalah vibrissae dan silia mikroskopis yang memiliki fungsi lain, yaitu menyaring lendir dan kotoran berbahaya agar tidak masuk ke saluran udara yang dapat menginfeksi paru-paru. Selain itu, menurut penelitian, rambut hidung yang kurang tebal dikaitkan dengan peningkatan risiko asma pada mereka yang menderita rinitis musiman.

Perlu diketahui bahwa daerah sekitar mulut dan hidung termasuk dalam kelompok daerah rawan, atau disebut “segitiga negatif”. Karena ruang terhubung langsung ke otak. Pada titik ini, vena dan arteri menerima darah dari hidung dan darah yang meninggalkan otak. Dan akhirnya bakteri dari hidung dengan mudah masuk ke otak melalui pembuluh darah.

Cara Mengatasi Jerawat Yang Muncul Di Dalam Hidung

Jadi, jika Anda melakukan kebiasaan mencabuti bulu hidung, hal itu meningkatkan risiko bakteri masuk ke otak dan menyebabkan penyakit yang mengancam jiwa seperti meningitis dan pneumonia. Meski penyakit yang menyerang otak ini jarang terjadi, hal itu bisa terjadi, terutama pada orang yang sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Tidak hanya menyebabkan infeksi pada otak, mencabut bulu hidung juga dapat menyebabkan hidung meler karena mencabut bulu hidung dan mengeluarkan darah.

Trimming adalah proses mencukur bulu hidung dengan menggunakan alat khusus. Prosedur ini dapat menghilangkan bulu hidung dan memanjangkannya beberapa inci agar tidak terlihat janggal. Jangan lupa untuk memastikan Anda menggunakan pisau cukur yang aman dan bersih dari kuman sebelum menggunakannya. Cara ini dianggap paling cepat dan ampuh untuk mengatasi masalah bulu hidung yang terlalu panjang.

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

• Gunting. Cara yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi. Gunting sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai jenis rambut yang tumbuh di tubuh. Sampai saat ini, gunting adalah metode yang paling umum digunakan untuk menghilangkan bulu hidung. Alasannya, perangkatnya sederhana, murah, dan berfungsi dengan baik. Untuk merawat bulu hidung, disarankan menggunakan gunting dengan ujung tumpul untuk menghindari cedera pada permukaan bagian dalam hidung. Menurut situsnya, Jakarta Kebanyakan orang merasa kesal saat melihat bulu hidung mencuat dari lubang hidung. Ia dapat dengan mudah mencabut bulu hidung yang tumbuh ke dalam, meskipun dapat menyebabkan kerusakan saat mencabut bulu hidung Anda.

Bukan Hanya Kumis, Ini Cara Praktis Memotong Bulu Hidung Dan Kuping Untuk Pria

, Minggu (18/6/2017) dr. Erich Voigt, seorang otolaryngologist–cabang kedokteran yang berspesialisasi dalam diagnosis dan pengobatan penyakit telinga, hidung, tenggorokan dan kepala leher–dari New York University, hasil pencabutan bulu hidung bisa terkena kuman. dan partikel di dalamnya. folikel dan penyakit.

Bulu-bulu halus hidung, vibrissae dan silia mikroskopis, memiliki fungsi masing-masing, yaitu untuk menyaring lendir dan kotoran berbahaya yang masuk ke saluran udara yang dapat menginfeksi paru-paru. .

Dr. Dyah Novita Anggraini, dari Klikdokter.com, juga mengatakan bahwa area sekitar mulut dan hidung termasuk dalam kelompok area yang rentan, karena berpengaruh pada otak. Di area ini, vena dan arteri menerima darah dari hidung dan darah dari otak.

Menurut Vita, mencabut bulu hidung setiap saat meningkatkan risiko bakteri masuk ke otak, menyebabkan kerusakan jaringan pada sinus kavernosus.

Dampak Buruk Mencabut Bulu Hidung Bagi Kesehatan

“Meski persentase penyakit yang menyerang otak sangat rendah. Namun hal ini bisa saja terjadi, terutama bagi orang dengan daya tahan tubuh yang lemah,” kata Vita.

* Fakta atau Hoax? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebar, silahkan WhatsApp Cek Fakta nomor 0811 9787 670 cukup dengan mengetikkan kata kunci yang dibutuhkan.

Nonton Ikrar Cinta Kaesang-Erina Spesial : Ngunduh Mantu di Solo, Minggu 11 Desember 2022 Live Streaming SCTV Berikut Beberapa orang memiliki bulu hidung yang tumbuh dari lubang hidung. Ini dapat menyebabkan kecemasan dan kepercayaan diri yang rendah.

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

Padahal, mencabut bulu hidung justru membuatnya terlihat lebih baik. Setelah itu, tahukah Anda bahwa aktivitas tersebut juga dapat menyebabkan gangguan kesehatan?

Ini Hubungan Antara Ngupil Dengan Penyakit Alzheimer

Seperti bagian tubuh lainnya, bulu hidung juga berperan penting. Organ ini, juga dikenal sebagai silia, merupakan penghalang yang melindungi kesehatan bibir Anda.

Saat Anda menarik napas, bulu-bulu di hidung Anda memiliki kekuatan untuk menyaring semua partikel yang Anda cium. Dalam hal ini, bulu di hidung menyaring partikel berbahaya dan melepaskan udara.

Dibantu oleh lendir, bulu-bulu di lubang hidung menjebak partikel berbahaya sehingga tidak mencapai paru-paru. Partikel-partikel ini dikeluarkan dalam bentuk kotoran atau upil.

, jika Anda seorang penghobi pencabut bulu hidung, proses ini bisa merepotkan. Selain itu, Anda lebih mungkin menderita masalah kesehatan yang serius.

Mengapa Mencabut Bulu Hidung Berbahaya? Ini Penjelasannya

Terjadinya kondisi tersebut membuat bagian dalam hidung rentan terhadap kuman penyebab infeksi. Inilah awal munculnya influenza.

Kondisi ini terjadi jika Anda mencabut bulu hidung yang menyentuh pembuluh darah di hidung.

Memasukkan tangan kotor ke dalam lubang hidung untuk menghilangkan bulu-bulu panjang merupakan pintu masuk bagi kuman untuk berhenti dan berkembang biak.

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

Saat Anda mencabut bulu hidung, Anda kehilangan pertahanan terhadap debu dan kotoran di udara yang Anda hirup.

Ternyata, Ini Bahayanya Mencabut Bulu Hidung

Akibatnya, kontaminan dapat dengan mudah masuk ke saluran udara sehingga menyebabkan radang saluran udara, termasuk pneumonia.

Ada banyak arteri di area ini, tempat darah dari hidung dan otak bertemu, dan keluar ke sinus kavernosus di otak.

Selain itu, bulu hidung yang dicabut akan berdarah dan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Darah sangat baik untuk pertumbuhan bakteri.

Banyak bakteri dapat memasuki pembuluh darah dan berjalan ke otak, menjajah pembuluh darah otak dan sinus kavernosus.

Hukum Mencabut Bulu Hidung

Kasus ini jarang terjadi, tetapi orang dengan sistem kekebalan yang lemah lebih rentan terhadap infeksi otak dan kematian.

Anda tidak pernah disarankan untuk mencabut bulu hidung yang panjang. Jadi, bagaimana kalau hanya memotong dan mencukur? Ya, inilah yang direkomendasikan.

Apakah bulu hidung tumbuh dari lubang hidung? Tidak perlu menarik keras, Anda cukup memotong lubang hidungnya.

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

Sebelum melakukannya, pastikan gunting yang Anda gunakan memiliki ujung yang tumpul. Pastikan juga semua gunting bersih dan bebas dari kuman.

Waspadai Dampak Negatif Dari Kebiasaan Mengupil

Gunting ini kecil dan ujungnya membulat, sehingga tidak berdarah saat memotong bulu hidung.

Jangan mencukur semua bulu hidung, cukup pangkas bulu hidung yang terlihat panjang dan mencuat dari lubang hidung.

Jika dilakukan dengan benar, mencabut bulu hidung tidak menjadi masalah dan bulu hidung yang panjang tidak mengurangi penampilan Anda, selama Anda selalu senang mencabut bulu hidung. , untuk mengumpulkan jerawat di sekitar segitiga wajah Anda, itu lebih baik. hentikan latihan ini sejak hari pertama.

Perilaku ini sangat berbahaya karena area ini disebut sebagai segitiga “penyakit” yang berhubungan dengan infeksi bakteri yang menyebabkan infeksi di sekitar otak dan stroke.

Selain Jijik! Kebiasaan Mengupil Berbahaya, Ini 6 Penyakit Ancam Hidung Anda

Jika Anda memiliki bulu hidung yang panjang dan mengganggu penampilan, jangan mencabut bulu hidung secara rutin. Sebaliknya, gunakan metode ‘pemangkasan’ dengan gunting khusus sebagai langkah Anda memangkas.

Bagi yang berjerawat di sekitar segitiga ini, hindari memencetnya dengan tangan tetapi gunakan krim jerawat.

Dokter penyakit menular di Universitas Johns Hopkins mengimbau masyarakat untuk tidak memencet jerawat atau mencabut bulu hidung, terutama di area segitiga “sakit” di wajah.

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

Ya. Segitiga kematian. Ini seperti segitiga bermuda. Segitiga horizontal bersukacita atas penemuan ini.

Kebiasaan Sehari Hari Yang Sudah Saatnya Ditinggalkan, Ganggu Kesehatan Dan Mengundang Penyakit Kanker Juga Radang Otak

Area segitiga ini berhubungan dengan infeksi bakteri yang diduga menyebabkan penyakit di sekitar otak dan dapat menyebabkan stroke.

Namun, pengobatan antibiotik jarang menyebabkan bakteri menyebar melalui aliran darah.

Namun, hal ini juga bisa terjadi jika kuman sudah menjadi kuat, antibiotik tidak lagi mampu membunuh kuman tersebut, atau infeksi kulit sudah parah.

Jadi, penting bagi kita untuk menghindari hal-hal yang membuat kulit kita terpapar kuman akibat tindakan yang disebutkan di atas.

Dianggap Biasa, Cabut Rambut Di 5 Daerah Tubuh Ini Ternyata Berbahaya

Terlebih lagi, pengetahuan bakteri sebelum antibiotik semakin meningkat. Ingat, kita sudah lama tidak melihat antibiotik jenis baru. Terakhir kali ditemukan golongan antibiotik pada tahun 1987 yaitu lipopeptida.

Sementara itu, kami telah mengembangkan antibiotik yang ada agar lebih efektif. Semakin lama, semakin sulit untuk mengobati infeksi bakteri.

PHM menekankan konsep bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi cuci bersih, hindari memencet jerawat dan mencabut bulu hidung.

4 Bahaya Cabut Bulu Hidung

Dan jika Anda ingin melakukan metode tersebut, pastikan metode tersebut murni. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan

Dampak Buruk Mencabut Bulu Hidung Bagi Kesehatan, Jangan Remehkan