4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

39

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes – Seorang pakar dari UGM menyampaikan bahwa pola dan menu makanan merupakan dua hal yang harus diperhatikan oleh penderita diabetes untuk menjaga kestabilan gula darah.

Lastdes Cristiany Juma, selaku dosen dari Departemen Biostatistika, Epidemiologi dan Kesehatan Kependudukan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan, Universitas Gadjah Mada, membagikan delapan tips penting bagi penderita diabetes untuk mengelola gula darahnya agar tetap stabil.

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Menurut Lastdes, diabetes disebabkan gangguan produksi insulin sehingga gula darah naik dengan cepat dan tidak stabil. Untuk menjaga agar gula darah tetap stabil, makanlah makanan dengan indeks glikemik rendah.

Daftar Sumber Karbohidrat Baik Untuk Penderita Diabetes

Meskipun penderita diabetes memiliki pola makan yang manis, mereka harus memperhatikan kebutuhan kalorinya terlebih dahulu. Sayangnya, 60% kalori berasal dari karbohidrat, padahal makanan berkarbohidrat biasanya tinggi glukosa.

Lastdes mengatakan dalam acara di Radio Indonesia Sehat UGM pada Kamis, 3 September 2021, seperti dikutip Tempo dari ugm.ac.id: “Kebutuhan kalori tergantung pada berat badan, tinggi badan, terutama jenis kelamin, usia.”

Lastdes mengatakan: Setelah memperhatikan kalori yang dibutuhkan, pengaturan makanan disesuaikan dengan indeks glikemik. Indeks glikemik sendiri ditentukan berdasarkan kandungan karbohidrat dan kandungan serat. Makanan kaya serat biasanya memiliki indeks glikemik yang lebih rendah.

Alih-alih nasi putih, pilih nasi berwarna, misalnya nasi merah, nasi merah, dan nasi hitam, kata dosen FKKMK UGM ini.

Pola Dan Jadwal Makan Penyintas Diabetes Yang Dianjurkan, Cek Di Sini

Makanan dengan indeks glikemik tinggi tidak boleh dimakan, tetapi harus diperhatikan. Misalnya, Lastdes melarang penderita diabetes makan pisang setelah makan karena berbahaya bagi penderita diabetes.

Inipun bukan berarti penderitanya tidak bisa menikmati buah tersebut. Ia mengatakan: Makanan yang memiliki indeks glikemik rendah dan aman dikonsumsi penderita diabetes adalah mangga, jeruk, wortel, apel, anggur, dll.

Lantas bagaimana penderita diabetes bisa menikmati makanan enak tanpa khawatir dengan lonjakan gula darah?

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Atau dibakar misalnya ikan dengan syarat tidak diberi minyak. Untuk menambah rasa, Lastdes menyarankan untuk menambahkan pasta cabai merah.

Makanan Manis Ini Aman Untuk Penderita Diabetes Melitus

Selain menjaga pola makan dengan mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung glukosa, Lastdes juga memberikan panduan pola makan bagi penderita diabetes. “Setengah lingkaran untuk sayuran, setengah lingkaran untuk lauk pauk hewani atau nabati, protein dan karbohidrat,” ujar Lastdes. Makanan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Jika Anda makan terlalu banyak makanan manis, itu bisa sangat berbahaya. Untuk itu, pemilihan makanan sangat penting dalam menjaga kestabilan gula darah.

Ada banyak jenis ikan yang mengandung asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang memiliki manfaat kesehatan jantung yang sangat baik, seperti salmon, sarden, ikan teri, dan mackerel.

Dilansir dari Healthline, kandungan DHA dan EPA dapat melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi arteri.

Selain itu, sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa mengonsumsi ikan dengan lemak baik merupakan sumber protein yang dapat mengatur dan menstabilkan kadar gula darah.

Makanan Bergizi Yang Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes Dan Tidak Berdampak Negatif Pada Gula Darah

Aneka sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dll merupakan sumber makanan yang sangat bergizi, rendah kalori dan rendah karbohidrat.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung sumber mineral dan vitamin C. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penderita diabetes cenderung memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah daripada orang normal.

Selain vitamin, sayuran hijau mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin yang dapat melindungi mata dari katarak. Selain itu, penderita diabetes sering mengalami gangguan penglihatan.

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Salah satu buah yang tidak memiliki banyak gula adalah alpukat. Selain itu, alpukat juga tinggi serat, karbohidrat, dan lemak sehat. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir buah ini dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Ikan Berlemak Tinggi Yang Yang Dianjurkan Untuk Penderita Diabetes

Mengonsumsi alpukat secara rutin juga bermanfaat bagi Anda yang sedang menjalani diet. Selain itu, buah ini dapat mengurangi resistensi insulin dalam tubuh.

Konsumsi telur secara teratur memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain itu, telur tinggi lemak dan rendah karbohidrat.

Untuk hasil yang optimal, Anda bisa mengonsumsi 6 hingga 12 butir telur per minggu untuk menjaga kesehatan dan memastikan asupan protein Anda.

Biji chia adalah makanan yang baik untuk penderita diabetes. Tidak hanya tinggi serat, biji chia juga rendah karbohidrat.

Jenis Cemilan Yang Baik Untuk Penderita Diabetes, Tidak Khawatir Bikin Gula Darah Naik Drastis

Selain itu, kandungan serat pada chia seed dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menjaga indeks glikemik, terutama pada penderita diabetes.

Makanan yang baik untuk penderita diabetes selanjutnya adalah kacang-kacangan. Makanan ini tidak hanya bergizi, tetapi juga kaya akan vitamin B, mineral, kalsium, kalium, magnesium, dan serat.

Selain itu, kacang-kacangan memiliki indeks glikemik yang sangat rendah sehingga bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah berlebih. Padahal, bagi orang dengan kadar gula normal, kacang-kacangan bisa mengontrol berat badan.

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Tahukah Anda bahwa mengonsumsi satu porsi yogurt sehari dapat secara efektif mengurangi risiko diabetes? Selain itu, makanan jenis ini mengandung protein, kalsium, dan lemak baik yang disebut asam linoleat.

Buah Terlarang Bagi Penderita Diabetes

Yoghurt Yunani juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan. Soalnya, yogurt Yunani hanya mengandung 6-8 gram karbohidrat per porsi, lebih sedikit dari yogurt biasa.

Ini adalah salah satu sayuran paling bergizi dan rendah kalori. Itu karena setengah cangkir brokoli matang mengandung 27 kalori, 3 gram karbohidrat, vitamin C, dan magnesium.

Dengan mengkonsumsi brokoli, Anda dapat mengatur kadar gula darah dengan lebih stabil karena mengandung sulforaphane, senyawa kimia yang memiliki efek positif bagi kesehatan.

Minyak zaitun mengandung asam oleat, yang merupakan jenis lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini dapat meningkatkan indeks glikemik dan menurunkan kadar trigliserida selama berpuasa.

Buah Untuk Penderita Diabetes

Selain itu, minyak Ziaton juga memiliki sifat antioksidan yang disebut polifenol. Kandungan ini dapat membantu mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah.

Nah, minyak zaitun juga merupakan satu-satunya sumber makanan yang terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Tapi hati-hati dalam memilihnya karena banyak minyak zaitun yang tidak murni di luar sana.

Nama lain dari flaxseed, makanan ini kaya akan asam lemak omega-3 nabati yang disebut asam alfa-linolenat (ALA). Selain itu, biji rami kaya akan serat.

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Tak heran, makanan ini memiliki manfaat bagi kesehatan, termasuk membantu menurunkan kadar gula darah berlebih. Selain itu, pada penderita diabetes,

Jenis Makanan Yang Baik Dikonsumsi Penderita Hipotiroid

Nah, cuka sari apel juga memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. Selain itu, cuka sari apel memiliki senyawa aktif bernama asam asetat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mencampurkan 4 sendok teh cuka sari apel dengan segelas air putih setiap hari sebelum makan. Jika belum terbiasa, cukup masukkan 1 sendok teh ke dalam segelas air dan tingkatkan secara berkala.

Stroberi kaya akan serat dan memiliki indeks glikemik rendah, sehingga dapat menurunkan gula darah dan menjaganya tetap stabil. Tak heran jika buah ini sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Satu porsi stroberi mengandung sekitar 53,1 kalori dan 12,7 gram karbohidrat, yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian Anda.

Camilan Sehat Yang Ramah Untuk Penderita Diabetes

Bawang putih sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Soalnya, bawang putih membantu mengatur kadar gula darah dan kolesterol.

Meski bawang putih tidak tinggi karbohidrat, makanan ini bisa memengaruhi kadar gula darah. Selain itu, bawang putih juga merupakan sumber vitamin B-6 dan C.

Makanan diabetes lain yang memiliki indeks glikemik rendah adalah labu. Jangan khawatir, meski labu rendah gula dan kalori, tapi bisa membuat Anda kenyang.

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Setiap porsi labu kuning mengandung antioksidan dan polisakarida yang dapat menurunkan kadar insulin dan glukosa darah. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut sehingga cocok untuk bayi dan orang dewasa.

Diet Untuk Penderita Penyakit Diabetes Mellitus

Makanan lain yang baik untuk penderita diabetes adalah mie shirataki. Suguhan kenyal seperti jeli ini terbuat dari glukomanan, sejenis serat dari akar tanaman konjak.

Mie Shirataki telah terbukti dapat menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Juga, sekitar 97% kandungan Shirataki adalah air. Meski demikian, makanan ini tetap kaya akan serat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Selain memilih makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes, selalu jaga kesehatan secara teratur. Salah satu caranya adalah dengan melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara mandiri menggunakan alat kesehatan yang berkualitas.

Jadi anda bisa menggunakan alat pengukur gula darah yang dilengkapi dengan fitur canggih dan bisa memberikan hasil dalam hitungan detik seperti di bawah ini. Memilih buah yang baik untuk penderita diabetes merupakan langkah bijak untuk mencegah kenaikan kadar gula darah. Penderita diabetes harus benar-benar menjaga asupan makanannya dan hanya memilih yang paling aman dan terbaik.

Inilah Daftar Makanan Laut Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Banyaknya pantangan yang ada membuat penderita diabetes menjadi selektif dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsinya. Selain kadar gula, penderita diabetes juga sebaiknya memilih buah atau makanan yang memiliki indeks glikemik rendah.

Buah-buahan adalah makanan sehat alami, meski tidak semuanya baik untuk diabetes. Nah, berikut ini daftar buah-buahan yang bermanfaat dan bisa mencegah diabetes yang disarankan oleh para ahli.

Buah pertama untuk penderita diabetes adalah apel. Apel merupakan jenis buah yang memiliki indeks glikemik rendah, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Buah ini juga mengandung zat antiradang dan pektin yang berguna untuk mengontrol gula darah.

4 Jenis Makanan Ini Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Alpukat juga bermanfaat bagi penderita diabetes. Kandungan nutrisinya tidak hanya baik untuk mengontrol tekanan darah, tetapi juga dapat menurunkan trigliserida dan kolesterol yang meningkatkan kadar insulin.

Berikut Ini Adalah Makanan Yang Harus Dibatasi Oleh Penyandang Diabetes.

Pisang juga direkomendasikan untuk penderita diabetes karena indeks glikemiknya yang relatif rendah. Buah ini juga kaya akan karbohidrat, vitamin dan mineral yang aman dan dapat mengontrol tekanan darah.

Jambu biji merupakan buah dengan indeks glikemik rendah yang aman dan baik untuk mencegah diabetes tipe 2. Kandungan serat di dalamnya juga ampuh mencegah sembelit yang biasa terjadi pada penderita diabetes.

Mangga juga merupakan salah satu jenis buah untuk penderita diabetes. Selain kaya akan vitamin A, B6, C dan serat, mangga juga mengandung polifenol yang efektif menurunkan kadar gula darah.

Buah dengan rasa sedikit asam juga aman dan bermanfaat bagi penderita diabetes. Selain itu, kandungan gizi buah ini membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah.

Daftar Buah Yang Aman Dikonsumsi Untuk Penderita Diabetes, Apa Saja? Halaman All

Konsumsi nangka juga sangat dianjurkan bagi penderita diabetes. Buah ini banyak mengandung vitamin A dan C yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan resistensi insulin

Buah yg baik dikonsumsi penderita diabetes, jenis makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes, makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes, buah yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, buah yang dikonsumsi penderita diabetes, buah yang boleh dikonsumsi penderita diabetes, buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes, makanan yang boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, makanan yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, buah yang bisa dikonsumsi penderita diabetes, makanan yang baik dikonsumsi penderita diabetes, makanan yang baik untuk penderita diabetes