5 Alasan Anda Perlu Menyikat Gigi Sebelum Tidur – Menyikat gigi secara teratur selalu menjadi tips utama untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan yang tampaknya sederhana ini memiliki efek positif jangka panjang, termasuk mengurangi kerumitan prosedur saat Anda perlu pergi ke dokter gigi. Apa manfaat menyikat gigi dan bagaimana melakukannya dengan benar?

Menyikat gigi secara rutin minimal dua kali sehari membantu menghilangkan partikel makanan yang menempel di gigi. Hasilnya adalah berkurangnya risiko pembentukan plak, yaitu lapisan kekuningan yang menempel di permukaan gigi. Jika dibiarkan, penumpukan plak dapat menyebabkan gigi berlubang, karang gigi, dan radang gusi.

5 Alasan Anda Perlu Menyikat Gigi Sebelum Tidur

5 Alasan Anda Perlu Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Menyikat juga mengontrol jumlah bakteri di mulut. Penumpukan bakteri dapat menyebabkan bau mulut dan mengurangi risiko penyakit kronis. Karena jumlah bakteri di mulut berhasil dikontrol dengan menyikat gigi, Anda dapat mengurangi risiko peradangan yang menyebabkan penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kondisi lainnya.

Periksa Solusi Indonesia

Menyikat gigi harus dilakukan dengan benar agar efeknya lebih terasa. Idealnya, gosok gigi minimal dua kali sehari: setelah sarapan dan sebelum tidur. Menyikat gigi tidak hanya dilakukan setelah mengkonsumsi sesuatu yang harus dikunyah. Jika selama ini Anda minum minuman manis, menyikat gigi tetap harus dilakukan.

Pastikan bulu sikat gigi tidak terlalu keras hingga melukai gigi dan gusi, terutama bagi yang memiliki gigi sensitif. Ujung sikat gigi harus sedikit meruncing atau menyempit agar dapat menjangkau berbagai bagian gigi dan mulut dengan lebih mudah. Beli benang gigi dan gunakan untuk menjangkau sisa makanan di antara gigi Anda.

Pilih pasta gigi yang mengandung fluoride, mineral yang memperkuat lapisan pelindung pada gigi Anda. Bagi pemilik gigi sensitif, carilah pasta gigi yang khusus untuk kondisi tersebut atau tidak mengandung detergen. Saat menyikat gigi, jangan lupa menyikat lidah untuk menghilangkan bakteri dan sisa makanan.

Jika perlu ke dokter gigi dan mendapatkan perawatan, dokter akan menuliskan kondisi gigi tersebut dalam catatan yang disebut odontogram. Pada rekaman ini terdapat rekaman kondisi dan bentuk gigi pasien secara umum. Catatan ini memudahkan dokter dan petugas asuransi kesehatan menganalisis kondisi pasien dan menentukan penanganan terbaik.

Berapa Lama Durasi Menyikat Gigi Yang Benar?

Odontogram merupakan bagian dari sistem rekam medis elektronik yang terdapat pada sistem seperti . Dengan sistem manajemen digital ini, fasilitas kesehatan dapat menyimpan data kesehatan pasien dalam database medis yang lengkap. Penanganan pasien dan manajemen fasilitas kesehatan menjadi lebih mudah dengan aplikasi digital all-in-one seperti .

Fokus pada pelayanan pasien! Apakah fasilitas kesehatan Anda siap menghadapi strategi transformasi digital kesehatan Indonesia 2024? Senin, 12 Desember 20216:41 Kementerian Kesehatan RI bersama United Nations Development Programme (UNDP) akan mencanangkan transformasi digital kesehatan di Indonesia pada tahun 2024 yang fokus pada perawatan pasien. Tahun 2024 siap untuk melihat transformasi besar dalam hal layanan kesehatan. Apakah fasilitas layanan kesehatan Anda siap untuk transformasi digital layanan kesehatan utama ini? Kementerian Kesehatan RI bersama United Nations Development Programme (UNDP) menyiapkan strategi dimana fokus pelayanan kesehatan tidak lagi pada p (Klik Read more)

Terhubung dengan pasien di mana saja, kapan saja dengan SIM Senin, 12 Desember 2022 16:38 Aplikasi fasilitas kesehatan SIM menjembatani aplikasi seluler fasilitas kesehatan dan aplikasi seluler pasien), sehingga tenaga kesehatan dapat lebih mudah terhubung dengan pasien . Sistem informasi manajemen kini dijembatani dengan aplikasi mobilefaskes dan aplikasi mobile pasien. Aplikasi fasilitas ini merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. SIM dapat digunakan untuk menginformasikan tenaga kesehatan dari berbagai fasilitas kesehatan (Klik Read more)

5 Alasan Anda Perlu Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Sadio Mane Absen dari FIFA 2022 Akibat Cedera Betis, Seberapa Fatal Cedera Betis? Senin 12 Desember 202216:02 Sadio Mane absen di Piala Dunia mewakili Senegal setelah mengalami cedera betis dalam pertandingan Bayern Munich melawan Werder Bremen November lalu. Sadio Mane. Striker berusia 30 tahun itu dipastikan absen dari Piala Dunia untuk Senegal karena cedera betis.

Alasan Mengapa Anak Harus Menggosok Gigi Di Malam Hari

Fakta Kesehatan Fisik Cristiano Ronaldo (Jauh Lebih Muda Dari Usianya!) Senin, 12 Desember 2022 15:57 Di usianya yang ke-3, Cristiano Ronaldo memiliki usia biologis seseorang di usia dua puluhan karena rajinnya berlatih di gym dan komitmennya pada olahraga. diet sehat Berdasarkan hasil tes, pemain sepak bola super Portugal Cristiano Ronaldo memiliki usia biologis yang setara dengan orang berusia dua puluhan di usia tiga puluh tujuh sekarang. Bukan tanpa alasan Ronaldo atau yang kerap disapa CR7 ini memiliki stamina dan tubuh yang atletis, bahkan di usia yang terbilang “senja” (Klik Baca Lengkap)

Wilayah, Jl. Mega Kuningan Barat JL. dr. Gagasan Anak Agung Gde Agung No.1, RT.5/RW.2, Kuningan, Kuningan Tim., Kota Jakarta Selatan, Jakarta Khusus Ibukota 12950 Seberapa hati-hati Anda menyikat gigi? Ferdian Ramadan mengaku rajin menyikat gigi. “Termasuk sikat gigi sebelum tidur,” kata mahasiswi dari salah satu universitas swasta di Jakarta ini saat dihubungi, Kamis (23/7). Lalu apa sebenarnya fenomena itu? Unilever dan King’s College Dental Institute, London, tahun ini melakukan survei global tentang kebiasaan menyikat gigi di delapan negara, termasuk Indonesia.

Ternyata, dari penelitian diketahui bahwa kerusakan gigi merupakan masalah kesehatan yang paling banyak diderita masyarakat dunia, terutama anak-anak. Faktanya, ada 2,5 miliar orang di seluruh dunia yang bermasalah dengan gigi dan mulutnya, dan 500 juta di antaranya adalah anak-anak.

Head of Health and Wellbeing and Professional Institutions Unilever Foundation, Dr Ratu Mira Afifah menjelaskan, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan mulut anak yang tidak menyikat gigi pada malam hari dua kali lebih buruk daripada anak yang menyikat gigi dua kali. hari. Sekitar 40 persen anak sering mengeluh sakit gigi.

Perawatan Gigi Dan Gusi Yang Bisa Kamu Lakukan Di Rumah

Hasil lainnya menyebutkan sebanyak 34 persen anak Indonesia dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk tidak rutin menyikat gigi pada malam hari sebelum tidur. “Ketika anak-anak di rumah, mereka harus mendengarkan orang tua mereka. Peran orang tua sangat penting dalam membiasakan anak menyikat gigi di malam hari,” ujarnya.

Namun faktanya, 24 persen orang tua di Indonesia membiarkan anaknya tidur sebelum menggosok gigi. Faktanya, 21 persen orang tua menjadikan kebiasaan negatif ini sebagai keistimewaan bagi anaknya. “Aduh kamu capek ya, tidur aja” kata dokter Mira menirukan alasan yang digunakan orang tuanya.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), drg R M Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM, menegaskan menyikat gigi pada malam hari itu penting. Sayangnya, masih banyak anak yang tidak terbiasa menyikat gigi pada malam hari. Mereka terbiasa hanya menggosok gigi pada pagi dan sore hari, terutama saat mandi. “Anak-anak dan orang dewasa banyak beraktivitas di pagi hari, sepulang sekolah atau bekerja, sehingga ada sirkulasi dan pembersihan diri secara mekanis,” ujarnya.

5 Alasan Anda Perlu Menyikat Gigi Sebelum Tidur

Namun menurutnya, pada malam hari saat anak-anak dan orang dewasa tidur, mereka sama saja, tidak ada aktivitas. Akibatnya, penumpukan mikroorganisme sangat tinggi saat Anda tidak menyikat gigi. Sebab, makanan yang tertinggal di rongga mulut akan berfermentasi dan berpotensi merusak gigi secara serius. Karena pada malam hari semuanya akan bersih, saat tidur tidak terjadi fermentasi, tidak ada pengasaman rongga mulut. Tidur minimal 12 jam dari malam sampai pagi aman dari kerusakan gigi,” ujarnya.

Siap Siap Akan Terkena Ini Jika Tak Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Menurutnya, banyak permasalahan yang menyebabkan masyarakat terutama anak-anak tidak mau menggosok gigi pada malam hari. Di pagi hari, anak-anak pergi ke sekolah dan belajar sepanjang hari. Ketika mereka pulang dari sekolah pada sore hari, mereka lelah, terus makan dan kemudian langsung tidur. Sama halnya dengan orang dewasa yang tiba di rumah dalam keadaan lelah setelah seharian bekerja. Tentu saja, mereka lebih suka makan dan langsung tidur.

“Kebiasaan ini salah dan harus diubah. Itu harus dimulai sekarang atau akan terus berlanjut. Jika belum, kita sudah melakukan survei kesehatan dasar (riskesdas) yang menyatakan bahwa rata-rata setiap orang di Indonesia rata-rata memiliki gigi berlubang antara 7 sampai 8 gigi. membusuk, jelasnya.

Hampir 80 persen kerusakan gigi dihilangkan dengan menyikat gigi di malam hari. Dr drg R M Sri Hananto Seno, SpBM(K), MM SHARE

Setelah mengetahui pentingnya menyikat gigi pada malam hari, sebaiknya sekarang kita mulai membiasakan menyikat gigi sebelum tidur. Dr Ratu Mira Afifah menyampaikan bahwa menyikat gigi pada malam hari dapat dilakukan segera setelah makan, dengan catatan makanan yang Anda konsumsi bukanlah makanan yang sangat asam. Jika makanan yang dikonsumsi sangat asam, seperti minuman berkarbonasi yang memiliki tingkat keasaman sangat tinggi, ada aturan khusus. “Kalau kita langsung gosok gigi, (gigi kita bisa) jadi rapuh.” Kami merekomendasikan menunggu setengah jam atau satu jam. Tapi kalau makan biasa tidak apa-apa, berkumur-kumur dan gosok gigi,” ujarnya memberi nasehat.

Hari Sikat Gigi Nasional, Sd Negeri 9 Sumberpucung Ajari Siswa Menyikat Gigi Dengan Benar

Sementara itu, Dr R M Sri Hananto Seno mengatakan sebaiknya menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur dan bukan setelah makan malam. “Begitu mau tidur gosok gigi dulu, ga tau mau makan apa dong. “Yang terbaik adalah sebelum tidur dan kemudian gosok gigi,” katanya.

Ada pengecualian untuk anak-anak, terutama anak-anak yang minum susu sebelum tidur. Sebaiknya, kata Seno, saat anak mengantuk, susu diganti dengan air biasa untuk berkumur, agar susu tidak menumpuk di gigi. Namun, terkadang pada malam hari anak bangun lagi dan minum susu lagi. Itu juga harus diganti dengan air biasa dan dibersihkan lagi dengan kain kasa. “Aku yakin tertidur itu mudah, dibandingkan dengan bangun, itu sulit.” Saat tidur, giginya minim, sehingga penimbunan susu di gigi sangat sedikit.”, Jakarta Setiap orang bisa memiliki rutinitas pagi dan malam versinya masing-masing, namun satu hal yang tetap adalah setiap orang harus merawat giginya. di awal dan akhir, akhir hari. Penelitian menunjukkan bahwa menjaga kebersihan mulut dapat memberikan manfaat kesehatan yang serius jauh dan luas