5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda

29

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda – Fungsi mata sangat penting bagi manusia. Oleh karena itu, kesehatannya harus selalu dijaga. Nah, ada beberapa cara menjaga kesehatan mata yang bisa Anda lakukan. Dengan mata yang sehat, Anda dapat melihat dengan jelas dan menjalani rutinitas sehari-hari dengan lebih nyaman.

Setiap aktivitas sehari-hari tidak lepas dari peran mata sebagai indera penglihatan. Meski fungsinya bisa menurun seiring bertambahnya usia, Anda tetap bisa melakukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari berbagai penyakit mata.

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda

Setiap orang, mulai dari anak-anak hingga lansia, dianjurkan untuk memeriksakan mata secara rutin minimal 2 tahun sekali. Orang dewasa yang berusia di atas 40 tahun bahkan disarankan untuk memeriksakan mata setahun sekali.

Cara Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Ini untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak.

Melalui pemeriksaan mata, dokter dapat memantau kondisi mata dan mendeteksi secara dini gangguan mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, pemeriksaan mata juga penting jika Anda memiliki riwayat penyakit mata yang diturunkan secara genetik dari orang tua ke anaknya. Dengan demikian, langkah penanganan dapat dilakukan dengan cepat dan tepat.

Untuk menjaga kesehatan mata, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan vitamin A, C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata Di Era Daring?

Beberapa nutrisi di atas diketahui dapat mencegah masalah mata yang berkaitan dengan usia, seperti katarak dan degenerasi makula. Anda bisa mendapatkan nutrisi tersebut dengan mengonsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan dan jeruk.

Menatap layar komputer atau smartphone terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan mata. Gejala mungkin termasuk sakit kepala, nyeri leher, nyeri bahu dan punggung, mata kering dan penglihatan kabur.

Jika Anda bekerja di depan komputer sepanjang hari, istirahatkan mata Anda dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik, setiap 20 menit. Anda juga bisa mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam sekali.

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda

Tidak hanya kulit, tetapi juga mata harus dilindungi dari efek berbahaya sinar ultraviolet. Pasalnya, mata yang terlalu sering terpapar sinar ultraviolet lebih berisiko terkena katarak, degenerasi makula, kornea terbakar, bahkan kanker mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mental Dan Imun Di Masa Pandemi Covid 19

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat melindungi mata dari sinar UVA dan UVB atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di siang hari.

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena katarak, degenerasi makula, dan kerusakan saraf optik yang dapat menyebabkan kebutaan dan merusak retina mata. Oleh karena itu, jika Anda adalah perokok aktif, berhentilah merokok mulai sekarang.

Make-up dalam bentuk cair atau krim umumnya rentan terhadap pertumbuhan bakteri jika tidak digunakan terlalu lama. Oleh karena itu, buang dan ganti riasan Anda setelah 3 bulan pemakaian. Selain itu, hindari berbagi alat rias.

Selain itu, pastikan untuk mencuci muka dengan bersih sebelum dan sesudah merias wajah. Jika Anda mengalami iritasi mata atau infeksi saat memakai riasan, hapus riasan tersebut dan segera konsultasikan ke dokter.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Yang Benar Menurut Dokter

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit mata bahkan mengurangi risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol tinggi.

Cara menjaga kesehatan mata juga bisa dilakukan dengan tidak mengabaikan berbagai masalah mata. Namun, jika keluhan mata menetap atau mata terasa nyeri, bengkak dan mengganggu penglihatan, jangan ragu untuk segera memeriksakan mata ke dokter.Kesehatan mata harus dijaga agar tidak cepat memburuk. . Pasalnya, peran mata sebagai organ penglihatan tidak bisa digantikan oleh organ tubuh lainnya.

Ada lima tips untuk meningkatkan kesehatan mata yang sebaiknya Anda lakukan, seperti dilansir dari Medline Plus. Apakah ada sesuatu?

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah makan makanan yang sehat dan seimbang. Salah satunya adalah buah dan sayuran.

Yuk, Rawat Kulit Area Mata Dengan 5 Cara Mudah Ini

Selain itu, konsumsi ikan juga tidak boleh diabaikan. Karena sumber seperti asam lemak omega-3 dapat membantu merawat mata Anda.

Ternyata menjaga berat badan juga memengaruhi kesehatan mata Anda. Dan jika Anda kelebihan berat badan, itu akan menyebabkan masalah kesehatan.

Baca Juga: Viral Siswa Masak Telur Sapi di Kelas, Saat Kamera Dipindahkan ke Mobil Depan Bikin Terkejut

Salah satunya adalah obesitas dan risiko terkena diabetes. Tentu saja jika diabetesnya tinggi, mata akan menyebabkan retinopati diabetik dan glaukoma.

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Mata?

Jarang diperhatikan, ternyata olahraga tidak hanya memberikan dampak positif bagi fisik dan mental. Tentu saja, olahraga juga dapat membantu mencegah diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi.

Untuk mencegah masalah mata, sebaiknya gunakan pelindung mata saat berolahraga atau bekerja, terutama jika Anda bekerja di pabrik, konstruksi, atau proyek.

Terakhir, untuk meningkatkan kesehatan mata Anda adalah dengan menghindari rokok. Mengapa? Karena merokok tidak hanya berpotensi kanker, tapi juga bisa berisiko terkena penyakit mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan saraf optik.

5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anda

7 Efek Negatif Stres pada Kesehatan Rambut dan Kecantikan Kulit, Bisa Bikin Berjerawat dan Terlihat Gaya Hidup Cepat Tua

Cara Menjaga Kesehatan Telinga