5 Fakta Tentang Kista Yang Wajib Anda Ketahui

43

5 Fakta Tentang Kista Yang Wajib Anda Ketahui – Ladies, menjaga kesehatan reproduksi sangat penting bagi wanita. Kista merupakan salah satu penyakit yang banyak menyerang wanita. Penyakit yang satu ini seringkali tidak disadari oleh penderita dan menghilang sebelum keberadaan kista diketahui

Tapi apa sebenarnya kista itu? Pada dasarnya kista dimiliki oleh semua manusia baik pria maupun wanita. Namun, kista di tubuh pria kecil kemungkinannya untuk berubah menjadi penyakit. Sedangkan pada wanita, kista berpotensi menjadi penyakit berbahaya begitu aktif di tubuh wanita.

5 Fakta Tentang Kista Yang Wajib Anda Ketahui

5 Fakta Tentang Kista Yang Wajib Anda Ketahui

Kista adalah struktur jaringan abnormal seperti kantung yang berisi gas, cairan, atau bahan semi padat, dan memiliki dinding luar berbentuk kapsul. Ukuran kista bervariasi, ada yang kecil dan hanya bisa dilihat melalui mikroskop, ada pula yang sangat besar. Kista dapat tumbuh di mana saja di tubuh.

Cek Fakta: Tidak Benar Air Nanas Bisa Membunuh Sel Kanker

Anda mungkin merasakan benjolan kistik, terutama yang terletak di kulit atau jaringan subkutan. Kista biasanya baru terdeteksi saat pasien menjalani pemeriksaan ultrasonografi (USG), rontgen atau CAT scan, karena gejala kista seringkali tidak ada. Gejala kista bervariasi tergantung ukuran dan lokasinya.

Ada beberapa jenis penyakit kista, umumnya diberi nama sesuai dengan letaknya. Beberapa jenis yang lebih umum adalah kista ovarium, kista payudara, kista hati, kista ginjal, kista pankreas, kista vagina, kista kulit, dan kista tiroid.

Seperti gejalanya, penyebab penyakit kista berbeda-beda menurut jenis dan lokasinya. Namun, penyebab umum termasuk infeksi, tumor, peradangan kronis, warisan genetik, dan kelainan pada perkembangan janin.

Dalam sebuah hubungan, pria bukanlah satu-satunya yang ingin menyenangkan pasangannya. Wanita juga sering bertanya-tanya bagaimana cara sebenarnya untuk menyenangkan pasangannya, wanita mana pun bisa terserang kista meski dalam keadaan sehat, dan seringkali kista ini tidak terasa hingga tumor jinak ini berukuran besar. Salah satu kista yang paling umum dan berbahaya adalah kista ovarium.

Ciri Ciri Kista Berbahaya Yang Berisiko Kanker, Waspadai Penyebabnya

Banyak wanita tidak mengetahui apa saja gejala kista ovarium. Tarane Shirassian, MD, seorang ginekolog di NYU Langone Health, dikutip dari Women’s Health. mengatakan, “Sebagian besar kista ovarium adalah kista folikel jinak yang datang bersamaan dengan siklus menstruasi dan tidak memerlukan penanganan lebih lanjut. Namun sekitar 20 persen wanita mengalami kista. Jangan mengobati diri sendiri, pembedahan diperlukan.

Nyeri ini merupakan nyeri yang paling umum dialami oleh banyak wanita. Nyeri bisa terjadi di sisi kanan atau kiri panggul bagian bawah tempat rahim berada. Anda bisa mengalaminya tidak hanya saat menstruasi, tapi juga saat berolahraga, aktivitas berat, atau berhubungan seks. Nyeri yang memburuk biasanya merupakan gejala dari kista yang tumbuh. Tapi itu menghilang setelah menstruasi.

Pembengkakan di perut bagian bawah adalah gejala umum. Orang mungkin mengira dia gemuk padahal kista di dalamnya besar dan berat. Kista ini dapat menekan dan membuat gas sulit keluar sehingga menimbulkan rasa sakit dan bengkak di perut.

5 Fakta Tentang Kista Yang Wajib Anda Ketahui

Bahkan jika Anda jarang makan, Anda mudah merasa kenyang. Rasa berat di perut ini patut dicurigai, apalagi jika disertai rasa nyeri. Peningkatan ukuran kista dapat menekan area perut, membuatnya sempit atau kosong. Jika Anda tidak sembelit tetapi masih merasa seperti itu, segera periksakan diri Anda.

Mengenal Kista Bartholin, Kista Yang Bisa Menyebabkan Sakit Saat Berhubungan Seksual

Kista yang membesar memberikan tekanan pada area kandung kemih, sehingga ketika Anda mencoba untuk buang air kecil, tidak bisa keluar atau sulit keluar. Banyak wanita mengalami hal ini ketika mereka mengembangkan kista ovarium.

Bukan karena baru pertama kali jatuh cinta, tapi jatuh cinta selalu menyakitkan. Ini adalah gejala umum dari kista ovarium. Kista yang membesar dapat menekan rahim dan leher rahim, menyebabkan rasa sakit yang luar biasa saat menyerang saat berhubungan seks.

Area indung telurnya tidak besar, sehingga bila terjadi kista besar dapat menekan bagian tubuh mana saja, termasuk punggung atau punggung sehingga menimbulkan nyeri punggung dan nyeri kaki saat berjalan.

Jika gejalanya sudah berlebihan, segera periksakan diri Anda dan tunjukkan rasa sakit yang tidak biasa yang bisa Anda toleransi, nona.

Fakta Internet: Sudahkah Semua Orang Menikmatinya?

Dalam sebuah hubungan, pria bukanlah satu-satunya yang ingin menyenangkan pasangannya. Wanita juga sering bertanya-tanya bagaimana sebenarnya cara menyenangkan pasangannya, indung telur atau indung telur merupakan organ reproduksi utama pada wanita yang seringkali terabaikan. Ada beberapa fakta menarik tentang ovarium, khususnya bagi wanita. Meski ukurannya kecil, perannya dalam fungsi reproduksi dan kesehatan wanita sangat penting.

Setiap wanita memiliki dua indung telur, satu di kiri dan satu lagi di sisi kanan rahim. Telur betina disimpan di organ ini. Banyak ovula berkembang setiap bulan. Namun, hanya satu atau dua yang matang dan kemudian dilepaskan dari ovarium (ovulasi).

Dalam hidup, sekitar 400-450 sel telur mengalami ovulasi. Karena ovulasi biasanya terjadi setiap bulan, angka ini mewakili jumlah rata-rata siklus menstruasi normal sepanjang hidup seorang wanita.

5 Fakta Tentang Kista Yang Wajib Anda Ketahui

(oval), tempat bertemunya spermatozoa. Setelah pembuahan terjadi, keduanya bergabung membentuk embrio, yang kemudian berkembang menjadi janin. Jika tidak, seorang wanita akan mengalami menstruasi.

Ciri Ciri Kista Ovarium Pada Wanita, Patut Diwaspadai Ya!

Betina dilahirkan dengan 1-2 juta telur. Namun seiring bertambahnya usia, jumlah sel telur berangsur-angsur berkurang karena proses alami yang disebut apoptosis. Saat pubertas, hanya 300.000 oosit yang tersisa, dan saat menopause tidak ada lagi. Kualitas sel telur menurun seiring waktu, itulah sebabnya wanita berusia 30 tahun ke atas lebih sulit hamil.

Selain menjadi tempat berkembangnya oosit, ovarium juga memproduksi hormon. Perkembangan seksual sekunder wanita terutama disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron. Misalnya pertumbuhan payudara, bulu ketiak dan kemaluan, serta timbulnya menstruasi. Kedua hormon ini berperan dalam mempersiapkan tubuh wanita untuk menghadapi kehamilan. Oleh karena itu, jika jumlahnya tidak mencukupi atau tidak seimbang, wanita sulit hamil.

Ovarium menghasilkan hormon pria, testosteron, atau sejumlah kecil hormon pria. Hormon ini bertanggung jawab untuk rangsangan seksual pada wanita.

Tidak seperti organ lain, ukuran ovarium tidak tetap dan dapat berubah seiring berjalannya siklus menstruasi dan seiring bertambahnya usia. Selama ovulasi, ukuran normal ovarium berdiameter 3-5 cm dan sedikit lebih besar dari biasanya. Namun, perubahan ini berhenti ketika seorang wanita mencapai menopause, di mana ovulasi tidak lagi terjadi.

Operasi Yang Ditanggung Bpjs Kesehatan Halaman All

Stres mental dan fisik selama ovulasi dapat memengaruhi fungsi ovarium. Setelah seorang wanita mengalami peristiwa traumatis atau mengalami perubahan fisik yang parah, seperti penurunan berat badan yang tidak normal, pelepasan sel telur dapat terhenti. Ini adalah cara alami tubuh untuk mencegah kehamilan saat seorang wanita sedang stres.

Ketika ovarium memproduksi lebih banyak testosteron dari biasanya, gejala seperti jerawat, pertumbuhan rambut di area yang biasa ditemukan pada pria, dan penambahan berat badan dapat terjadi.

Menopause adalah saat ovarium berhenti berfungsi sepenuhnya. Beberapa tahun sebelum menopause — disebut perimenopause — keluhan tentang menstruasi yang tidak teratur atau jarang, perubahan suasana hati, gangguan tidur, dll.

5 Fakta Tentang Kista Yang Wajib Anda Ketahui

Seberapa menarik fakta tentang ovarium? Meski ukurannya kecil, perannya sebagai organ reproduksi wanita sangat penting. Oleh karena itu, jagalah kesehatan organ ini dengan melakukan pemeriksaan kesehatan reproduksi secara rutin setiap 2-3 tahun setelah memulai hubungan intim. Selain itu, hindari merokok dan jaga berat badan Anda dalam batas normal. Begitu juga ketika haid Anda sering tidak teratur, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan jika haid Anda tidak teratur.JAKARTA – Selama berbulan-bulan, Kayla Rahn bergelut dengan sakit perut, kembung, dan sesak napas. Dia juga merasa bahwa berat badannya bertambah bahkan ketika dia berolahraga keras.

Mengenal Penyakit Ganglion, Benjolan Keras Di Lengan, Kaki Atau Pergelangan Tangan, Ketahui Cara Mengobati

Beberapa mengira dia hamil karena perutnya membesar. Rahan baru saja menemukan apa yang terjadi pada tubuhnya.

Akibatnya, kista seukuran semangka tumbuh di dalam ovariumnya. Ukuran kista yang besar menekan organ lain dan dia merasakan sakit. Situasi ini kemungkinan besar akan membahayakan Rahn.

Pada akhir Mei, Rahan menjalani operasi pengangkatan ovarium dan kista seberat 22 kilogram. Itu diyakini sebagai yang terbesar yang pernah dikeluarkan dari tubuh manusia.

**Gempa Sianjur meluluhlantakkan tanah Pasundan, mari kita bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Sianjur: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Kista Pada Payudara, Apakah Berbahaya ?

Pejabat di Rumah Sakit Jackson di Montgomery, Alabama, mengumumkan operasi tersebut dalam rilis akhir bulan lalu. Rilis melaporkan bahwa Rahn menderita cystadenoma mucinosum, sejenis tumor kistik ovarium yang tidak menguntungkan. Usai pengangkatan, wanita itu mengaku langsung turun 34 kg.

“Itu bukan operasi yang nyaman dan ada kalanya saya sangat kesakitan. Untungnya saya mendapat dukungan semua orang,” kata Rahan.

Kemudian wanita itu bercerita tentang penderitaannya. Menurut Rahn, setelah berbulan-bulan mengalami masalah kesehatan tanpa penyelesaian, ibunya membawanya ke ruang gawat darurat di Rumah Sakit Jackson, tidak jauh dari tempat tinggalnya.

5 Fakta Tentang Kista Yang Wajib Anda Ketahui

Di sana, dokter menemukan massa besar di perutnya. Lalu kata dokter tersangkut di salah satu indung telurnya dan harus segera diangkat.

Ciri Ciri Kista Ovarium, Salah Satunya Perut Gampang Begah

Ketika para dokter memberi tahu dia apa yang dia temukan, Rahan tidak tampak terkejut, kata Dr. Gregory Jones dari rumah sakit.

“Dia tahu ada yang tidak beres dengan tubuhnya. Dia merasa lega setelah diberitahu apa yang sebenarnya terjadi,” kata Jones.

Beruntung, operasi berjalan lancar. Kista ovarium sering terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Banyak wanita bahkan tidak tahu mereka memiliki kista karena mereka datang dan pergi tanpa menimbulkan masalah.

Tidak jelas berapa lama Rahn memiliki kista tersebut, tetapi ahli bedahnya memperkirakannya lebih dari setahun. Sekarang setelah semua yang dia lalui, dia sembuh kembali.

Ciri Ciri Dan Jenis Tumor Payudara Yang Perlu Kamu Ketahui

സിസ്റ്റുകൾ പിണ്ഡങ്ങളുടെ ആകൃതിയിലാണ്

Apa yang anda ketahui tentang cloud computing, jelaskan yang anda ketahui tentang network security, apa yang anda ketahui tentang bisnis online, apa yang anda ketahui tentang hosting, apa yang anda ketahui tentang asuransi, apa yang anda ketahui tentang analisis swot, apa yang anda ketahui tentang analisis word, apa yang anda ketahui tentang sepak bola, apa yang anda ketahui tentang vps, apa yang anda ketahui tentang digital marketing, apa yang anda ketahui tentang erp, apa yang anda ketahui tentang asuransi syariah