5 Kondisi Akibat Kadar Kolesterol Tinggi – Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan jika kadarnya terlalu tinggi. Salah satu dampak kolesterol tinggi adalah penumpukan plak di pembuluh darah arteri yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi, seperti pola hidup yang tidak sehat, merokok, kurang olahraga, dan sering mengonsumsi makanan berlemak.

5 Kondisi Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

5 Kondisi Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Dalam kebanyakan kasus, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala. Artinya, kondisi ini seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Namun jika dibiarkan, kolesterol tinggi dapat menyebabkan aterosklerosis atau penumpukan plak pada dinding pembuluh darah.

Selain Makanan, Ini Dia Faktor Penyebab Kolesterol Tinggi

Akibatnya, aliran darah ke beberapa organ bisa jadi tidak lancar, bahkan tersumbat. Kondisi ini dapat memicu munculnya sejumlah penyakit, seperti:

Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang sebenarnya memiliki fungsi yang baik di dalam tubuh. Kolesterol terikat dengan protein dan terbagi menjadi 3 jenis, yaitu LDL (low density lipoprotein), HDL (high density lipoprotein), dan TGL (trigliserida).

Idealnya, kadar kolesterol total pada anak-anak dan remaja berusia 19 tahun ke bawah adalah kurang dari 170 mg/dL. Sedangkan pada orang dewasa, kadar kolesterol total normal berkisar antara 125-200 mg/dL.

Pengobatan kolesterol tinggi akan disesuaikan dengan kadar kolesterol total dan perbandingan kadar ketiga jenis kolesterol tersebut. Kolesterol tinggi umumnya dapat diobati dengan perubahan gaya hidup dan penggunaan obat penurun kolesterol.

Okezone Edukasi :: Berita Edukasi Seputar Pendidikan Di Indonesia

Olahraga sedang secara teratur setiap hari, dengan total 2,5 jam seminggu, dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL. Beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda lakukan adalah jalan cepat, berenang, atau bersepeda.

Zat kimia dalam rokok dapat meningkatkan kadar kolesterol. Jika Anda merokok, hentikan kebiasaan ini sesegera mungkin. Berhenti merokok dan menerapkan gaya hidup sehat akan menurunkan kadar kolesterol sehingga mengurangi risiko berbagai penyakit akibat kolesterol tinggi.

Cara lain untuk mengatasi kolesterol tinggi adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, seperti kacang-kacangan, terutama almond dan kenari, serta ikan yang mengandung omega-3, seperti salmon atau mackerel.

5 Kondisi Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Selain itu, pilihan makanan lain seperti oat, dark chocolate, dan buah-buahan seperti berry dan anggur juga baik untuk mencegah kolesterol tinggi.

Benarkah Kolesterol Tinggi Berisiko Sebabkan Stroke?

Makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi adalah makanan yang tinggi lemak trans, yaitu sejenis lemak tak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL dan menurunkan kadar kolesterol HDL.

Beberapa makanan tinggi lemak trans adalah makanan cepat saji yang digoreng (seperti kentang goreng atau ayam goreng), makanan ringan kemasan (seperti keripik kentang), kue, roti, biskuit, pizza, dan sosis.

Memilih jenis dan bahan makanan yang tidak sehat, termasuk memilih jenis minyak goreng, dapat meningkatkan kadar kolesterol. Salah satu hal yang harus diperhatikan saat memilih minyak goreng adalah titik asapnya.

Jika ingin menggoreng, gunakan minyak goreng yang memiliki titik asap tinggi atau tahan panas. Salah satu jenis minyak yang memiliki titik asap tinggi adalah minyak kedelai. Selain memiliki titik asap yang tinggi, minyak kedelai juga mengandung asam lemak tak jenuh dan fitosterol yang sering dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol.

Jual Madu Stroke Karena Gejala Kolesterol Tinggi Yang Manjur

Seperti disebutkan di atas, kolesterol tinggi biasanya tidak menimbulkan gejala apapun. Jadi, jika Anda memiliki gaya hidup yang tidak sehat, menderita diabetes, obesitas, atau memiliki riwayat penyakit jantung dalam keluarga, periksakan kadar kolesterol Anda secara rutin ke dokter.

Kadar kolesterol bisa mulai diperiksa pada masa remaja. Pada orang dewasa, pemeriksaan kolesterol sebaiknya dilakukan secara rutin setiap 4-6 tahun sekali. Ada 5 penyakit yang muncul akibat kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular.

Kolesterol adalah zat mirip lipid yang diproduksi oleh hati untuk membentuk hormon. Jika kadar kolesterol tinggi, dapat membuat penumpukan plak di pembuluh darah.

5 Kondisi Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Penyakit kardiovaskular adalah salah satu risiko utama kolesterol tinggi. Sayangnya, kolesterol tinggi yang tidak diobati dapat menyebabkan kematian akibat serangan jantung.

Faktor Penyebab Kadar Kolestrol Tinggi Dalam Tubuh, Ternyata Bukan Hanya Berasal Dari Makanan Berlemak

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dan menumpuk di dinding pembuluh darah dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah atau aterosklerosis. Kondisi ini juga menyebabkan penyempitan pada area tertentu (focal narrowing) dan memperburuk aliran darah ke bagian otot jantung.

Selain itu, plak kolesterol yang pecah dapat mengapung dan mengalir ke pembuluh darah yang lebih kecil. Plak dapat menyebabkan penyumbatan sebagian atau seluruhnya.

Dengan cara ini, aliran air mengurangi aliran darah dalam tubuh. Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan nyeri dada yang dikenal sebagai angina, atau serangan jantung.

Plak kolesterol tidak hanya melapisi pembuluh darah di dalam dan sekitar jantung, tetapi juga mempersempit arteri yang menuju ke otak. Jika pembuluh darah yang membawa darah ke otak tersumbat total, bisa menyebabkan stroke.

Kadar Kolesterol Tinggi Bisa Fatal, Ini Akibatnya

Diabetes adalah penyakit silent killer yang dapat mengganggu keseimbangan antara kadar kolesterol baik dan jahat. Penderita diabetes cenderung memiliki endapan kolesterol yang menempel pada arteri dan lebih mudah merusak dinding pembuluh darah.

Kolesterol yang mengandung gula diketahui dapat membentuk plak di pembuluh darah dengan lebih mudah. Diabetes, terutama diabetes tipe 2, dapat memiliki kadar kolesterol baik yang rendah dan kadar kolesterol jahat dan trigliserida yang tinggi (jenis kebocoran darah lainnya).

Kolesterol tinggi juga memicu peradangan dan pelepasan hormon tertentu yang menyebabkan pembuluh darah menyempit sehingga meningkatkan tekanan darah. Tidak heran orang dengan kolesterol tinggi juga memiliki tekanan darah tinggi. Diketahui juga bahwa keduanya terkait dengan penyakit jantung Kolesterol tinggi, masalah datang dan pergi. Meski kondisi ini banyak dijumpai di masyarakat Indonesia, namun sedikit yang mengetahui dampak yang ditimbulkannya. apakah kamu salah satunya?

5 Kondisi Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Konsekuensi utama dari kadar kolesterol tinggi adalah serangan jantung. Di Indonesia, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian. Kalaupun lolos dari maut, korban sangat mungkin mengalami gagal jantung. Gagal jantung adalah kondisi dimana jantung sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh tidak dapat berfungsi secara normal.

Gejala Kolesterol Tinggi, Waspadai Sebelum Makin Parah

Kadar kolesterol yang tinggi mempercepat dan memperburuk pembentukan plak di pembuluh darah. Dinding pembuluh darah yang mengeras dan menguat akibat proses ini menyebabkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol atau tidak diobati dapat menyebabkan perubahan struktur pembuluh darah. Ini adalah salah satu faktor risiko utama serangan jantung, stroke, dan kerusakan ginjal. Selain itu, tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan perubahan struktur jantung, penebalan dinding jantung. Dan dalam waktu tertentu menyebabkan penurunan fungsi jantung.

Berkurangnya fungsi jantung, gagal jantung atau kelemahan jantung yang disebabkan oleh serangan jantung. Hal ini akibat kurangnya aliran darah ke sel otot jantung akibat penyempitan pembuluh darah jantung. Kedua kondisi ini didahului oleh pembentukan plak pada pembuluh darah, dan salah satu penyebabnya adalah kadar kolesterol yang tinggi.

Seperti serangan jantung, mekanisme serupa juga bisa terjadi pada pembuluh darah di otak. Plak pada pembuluh darah jantung yang rusak dapat menyebabkan gumpalan darah terkumpul dan menghalangi aliran ke sel-sel otak. Kondisi ini terjadi secara tiba-tiba dan melumpuhkan sistem saraf pusat.

Nyeri kaki merupakan keluhan yang ringan, namun bisa juga disebabkan oleh plak pada pembuluh darah jantung. Mekanisme yang terjadi pada nyeri ini sebenarnya berawal dari proses penyakit yang mendasari serangan jantung dan stroke. Penderita diabetes melitus (penyakit kencing manis), tekanan darah tinggi, gangguan kolesterol tinggi, dan perokok berisiko lebih besar mengalami kondisi ini.

Gejala Kolesterol Tinggi Yang Perlu Diwaspadai

Konsekuensi dari kolesterol tinggi cukup mengerikan, bukan? Jika Anda tidak ingin mengalami kondisi di atas, pastikan Anda menerapkan pola hidup sehat, serta berolahraga secara rutin dan teratur.Walaupun benar, namun tanda dan gejala kolesterol tinggi dapat muncul di bagian tubuh manapun, termasuk mata. .

Disebut kolesterol jahat karena jika terlalu tinggi akan berisiko membentuk plak yang menyumbat pembuluh darah. Hal ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Tanda pertama kolesterol tinggi di mata adalah arcus senilis, munculnya batas abu-abu putih antara bagian mata yang hitam dan putih.

5 Kondisi Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO), senile arcus bukanlah kondisi yang berbahaya. Kondisi ini juga tidak mengganggu penglihatan.

Ciri Ciri Kolesterol Tinggi Yang Paling Sering Dirasakan Anak Muda

Namun, arcus pikun yang muncul di usia muda atau di bawah usia 40 tahun bisa menjadi tanda tingginya kolesterol jahat dalam darah.

Sebab, seperti dilansir laman Medical News Today, senile arcus terjadi karena penumpukan zat lemak atau lipid, salah satunya kolesterol, di luar kornea.

Dikutip dari laman WebMD, plak tersebut muncul di sudut mata dekat hidung, baik di kelopak mata maupun di bawahnya.

Xanthelasma terjadi karena kolesterol menumpuk di bawah kulit. Ini karena kadar kolesterol jahat dalam darah terlalu banyak.

Pencegahan Kolesterol Tinggi

Adapun kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita paruh baya atau lebih tua, dan orang dengan kolesterol tinggi.

Dapatkan pembaruan berita pilihan dan berita terbaru setiap hari dari . Yuk gabung di grup Telegram “News Update”, caranya klik link https://t.me/comupdate, lalu gabung. Pertama Anda harus menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Tanda kolesterol tinggi Tanda kolesterol tinggi Tanda kolesterol tinggi Tanda kolesterol tinggi yang muncul di mata Gejala kolesterol tinggi yang muncul di mata

5 Kondisi Akibat Kadar Kolesterol Tinggi

Berita Terkait Waspada Kolesterol Tinggi, Kenali Gejala yang Muncul di Kulit Anda Yang Harus Dihindari Cara Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol Tinggi Tanpa Obat

Sindografis: 10 Gejala Kolesterol Tinggi Yang Tak Disadari Dan Diabaikan

Jixie mencari berita yang dekat dengan kesukaan dan ketidaksukaan Anda. Newssets ini disajikan sebagai berita pilihan yang lebih sesuai dengan minat Anda.

Data Anda akan digunakan untuk verifikasi akun saat Anda membutuhkan bantuan atau saat aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda.