5 Makanan Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi – Arthritis adalah istilah untuk penyakit yang menyebabkan nyeri, bengkak, dan kaku pada persendian. Penyakit ini dapat terjadi pada orang-orang dari segala usia, jenis kelamin dan latar belakang etnis.

Ada banyak jenis radang sendi. Osteoarthritis adalah jenis yang sering berkembang di persendian. Jenis lainnya adalah rheumatoid arthritis, penyakit autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyerang persendian.

5 Makanan Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

5 Makanan Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

Jika Ibu atau Ayah menderita radang sendi, maka sebaiknya pilih dan makan makanan yang tepat.

Manfaat Vitamin E: Ampuh Cegah Berbagai Penyakit

“Penelitian sedang berlangsung, tetapi para ilmuwan menemukan bahwa makanan tertentu dapat mengurangi peradangan dan rasa sakit yang terkait dengan radang sendi,” kata Andrea Dunn, RD, LD, CDE, ahli diet bersertifikat di Institut Penyakit Pencernaan Klinik Cleveland. org.

Varietas ikan berlemak seperti salmon, mackerel, sarden, dan trout kaya akan asam lemak omega-3, yang telah terbukti memiliki efek antiinflamasi yang kuat.

Dalam satu penelitian, 33 peserta survei diberi makan ikan berlemak, ikan tanpa lemak, atau daging tanpa lemak empat kali seminggu.

Belakangan, analisis terhadap 17 penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi suplemen asam lemak omega-3 mengurangi intensitas nyeri sendi, kekakuan di pagi hari, jumlah nyeri sendi, dan merupakan pereda nyeri pada pasien rheumatoid arthritis.

Makanan Penyebab Pengapuran Tulang

Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 mengurangi beberapa penanda inflamasi yang terkait dengan osteoarthritis.

Ikan juga merupakan sumber vitamin D yang dapat mencegah defisiensi. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa rheumatoid arthritis dapat dikaitkan dengan rendahnya kadar vitamin D, yang dapat menimbulkan gejala.

The American Heart Association juga merekomendasikan untuk memasukkan setidaknya dua porsi ikan berlemak dalam makanan Anda setiap minggu untuk memanfaatkan sifat anti-inflamasinya yang bermanfaat.

5 Makanan Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

Bawang putih penuh dengan manfaat kesehatan. Dalam beberapa penelitian, bawang putih dan komponennya telah terbukti memiliki sifat anti kanker.

Makanan Pantangan Asam Urat Dan Kolesterol, Harus Dihindari

Bawang putih juga mengandung senyawa yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan demensia. Selain itu, bawang putih terbukti memiliki efek antiradang yang dapat mengurangi gejala radang sendi.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat meningkatkan fungsi sel imun tertentu untuk membantu memperkuat sistem imun.

Dalam satu penelitian, peneliti menganalisis pola makan 1.082 anak kembar. Mereka menemukan bahwa mereka yang makan lebih banyak bawang putih memiliki risiko lebih rendah terkena osteoarthritis pinggul.

Ini karena sifat anti-inflamasi bawang putih yang kuat. Oleh karena itu, menambahkan bawang putih ke dalam makanan Anda dapat bermanfaat bagi gejala radang sendi dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Benarkah Konsumsi Banyak Tomat Memicu Gejala Radang Sendi ?

Selain menambah rasa yang kuat pada teh, sup, dan permen, jahe juga dapat membantu meringankan gejala radang sendi. Sebuah studi tahun 2001 menyelidiki efek ekstrak jahe pada 261 pasien osteoarthritis lutut.

Setelah enam minggu, nyeri lutut yang dialami oleh 63 persen pasien membaik. Studi lain juga menemukan bahwa mengobati tikus dengan ekstrak jahe mengurangi tingkat peradangan spesifik yang terlibat dalam radang sendi.

Oleh karena itu, mengonsumsi jahe dalam bentuk segar, bubuk, atau kering dapat mengurangi peradangan dan membantu mengurangi gejala radang sendi.

5 Makanan Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

Bukan rahasia lagi bahwa brokoli adalah salah satu makanan tersehat. Sebuah studi yang mengamati pola makan 1.005 wanita menemukan bahwa asupan sayuran silangan seperti brokoli dikaitkan dengan penurunan tingkat peradangan.

Manfaat Kunyit Putih, Mengurangi Nyeri Sendi Dan Peradangan

Misalnya, sulforaphane, senyawa yang ditemukan dalam brokoli, dapat menghalangi pembentukan sejenis sel yang terlibat dalam perkembangan artritis orangoid.

Penelitian pada hewan juga menemukan bahwa sulforaphane dapat mengurangi produksi penanda inflamasi tertentu yang berkontribusi terhadap rheumatoid arthritis.

Kenari padat nutrisi dan mengandung senyawa yang dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan penyakit sendi.

Analisis terhadap 13 penelitian menunjukkan bahwa makan kenari dikaitkan dengan berkurangnya peradangan. Kenari mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Kandungan omega-3 ini terbukti dapat mengurangi gejala radang sendi.

Pola Makan Ini Perlu Dihindari Agar Tak Alami Nyeri Sendi

Dibandingkan dengan kelompok minyak zaitun, mereka yang menerima asam lemak omega-3 mengalami tingkat nyeri yang lebih rendah dan dapat menggunakan lebih sedikit obat radang sendi.

Banyak antioksidan, vitamin, dan mineral hadir dalam setiap porsi buah beri. Kandungan vitamin dan mineral membuat buah ini memiliki kemampuan untuk mengurangi peradangan.

Dalam sebuah penelitian terhadap 38.176 wanita, mereka yang makan setidaknya dua porsi stroberi per minggu memiliki kemungkinan 14 persen lebih kecil untuk mengalami peningkatan kadar penanda peradangan dalam darah.

5 Makanan Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

Selain itu, buah beri kaya akan quercetin dan rutin, dua senyawa tumbuhan yang memiliki banyak manfaat kesehatan.

Makanan Penyebab Nyeri Sendi Yang Perlu Dihindari

Jika ingin memetik manfaat kesehatan dari buah ini, ternyata ada banyak jenis buah beri yang bisa dipilih. Diantaranya, strawberry, blackberry, dan blueberry.

Sayuran hijau seperti bayam dikemas dengan nutrisi. Bayam juga mengandung beberapa komponen yang dapat membantu mengurangi peradangan akibat radang sendi.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa asupan buah dan sayuran yang lebih tinggi dikaitkan dengan tingkat peradangan yang lebih rendah.

Bayam juga tinggi antioksidan kaempferol. Bahan ini telah terbukti mengurangi efek agen inflamasi yang terkait dengan rheumatoid arthritis.

Vitamin Untuk Tulang Dan Sendi Lutut Pada Lansia ยป Klinik Patella

Anggur juga sangat bergizi, tinggi antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi. Dalam sebuah penelitian, 24 pria diberi bubuk anggur pekat yang setara dengan sekitar 1,5 cangkir (252 gram) anggur segar, atau plasebo setiap hari selama tiga minggu.

Bubuk anggur ini efektif menurunkan tingkat penanda inflamasi dalam darah. Selain itu, buah anggur mengandung beberapa senyawa yang telah terbukti bermanfaat dalam pengobatan radang sendi. Misalnya, resveratrol adalah antioksidan yang ditemukan pada kulit anggur.

Dalam sebuah penelitian, resveratrol menunjukkan potensi untuk mencegah penebalan sendi yang terkait dengan artritis dengan menghalangi pembentukan sel artritis reumatoid.

5 Makanan Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

Anggur juga mengandung senyawa tumbuhan yang disebut proanthocyanidins, yang mungkin memiliki efek menenangkan pada radang sendi. Misalnya, satu penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak proanthocyanidin biji anggur mengurangi peradangan terkait penyakit.

Makanan Yang Mampu Memelihara Kesehatan Sendi

Dikenal karena sifat anti-inflamasinya, minyak zaitun memiliki efek menguntungkan pada gejala radang sendi. Dalam sebuah penelitian, tikus diberi minyak zaitun extra virgin selama enam minggu.

Dalam studi lain, 49 peserta dengan rheumatoid arthritis mengonsumsi minyak ikan atau kapsul minyak zaitun setiap hari selama 24 minggu.

Pada akhir penelitian, tingkat penanda inflamasi spesifik menurun pada kedua kelompok, sebesar 38,5 persen, pada kelompok minyak zaitun dan antara 40-55 persen pada kelompok minyak ikan.

Selain tinggi nutrisi dan antioksidan, teh hijau juga dikenal dapat mengurangi peradangan. Penelitian pada hewan juga menemukan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi kejadian dan keparahan rheumatoid arthritis.

Minuman Bisa Meredakan Rasa Sakit Pada Radang Sendi

Untuk itu, cobalah minum teh sehat ini dua kali sehari, panas atau dingin. Pastikan untuk menggunakan teh celup, bukan campuran teh bubuk, yang lebih banyak diproses.Kesehatan sendi adalah alasan tubuh dapat bergerak dengan fleksibel, tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman yang tidak menyenangkan. Sayangnya, usia dan cedera dapat merusak tulang rawan dan merusak sendi. Ini akhirnya menyebabkan peradangan.

Jika kondisi ini tidak ditangani dan persendian tidak ditangani, maka dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius, seperti osteoarthritis. Agar selalu dapat berfungsi secara optimal, menjaga kesehatan sendi merupakan hal yang penting. Hal ini bisa dilakukan, salah satunya dengan memperbaiki pola makan.

Makanan berkarbohidrat yang tinggi gula, seperti roti dan roti tawar, dapat mengganggu respon sistem kekebalan tubuh terhadap patogen penyakit, yang dapat meningkatkan peradangan dan kerusakan sendi lebih lanjut.

5 Makanan Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

Tubuh membutuhkan asupan natrium yang diperoleh dari garam agar dapat menjalankan fungsinya. Namun, Anda tidak perlu mengonsumsinya terlalu banyak. Konsumsi garam yang berlebihan akan membuat sel-sel tubuh menahan air. Artinya, sel mengalami pembengkakan dan berisiko mengalami kerusakan sendi.

Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Untuk Jantung Sehat

Jika Anda tidak menyukai makanan hambar, coba ganti garam dengan bumbu lain, seperti lada hitam.

The Arthritis Foundation menjelaskan bahwa makanan tinggi lemak jenuh, seperti gorengan, meningkatkan risiko peradangan pada tubuh dan memperparah gejala osteoarthritis yang menyakitkan. Mengapa demikian?

Saat makanan yang digoreng dicerna, minyak yang digunakan untuk menggoreng makanan tersebut menimbulkan reaksi kimia dalam tubuh yang dapat meningkatkan kolesterol. Jadi, sebisa mungkin kurangi penggunaan minyak goreng atau ganti dengan minyak zaitun.

Produk gandum olahan, seperti roti, dapat menyebabkan reaksi peradangan pada tubuh. Jika Anda sering makan pasta, sereal, atau produk biji-bijian olahan lainnya, tubuh Anda akan menghasilkan produk akhir glikasi lanjutan (AGEs). AGEs adalah protein dan lemak yang terikat pada gula yang dapat menyebabkan proses oksidasi dan pembentukan radikal bebas. AGEs ini juga akan menyebabkan peradangan.

Nyeri Sendi? Ini 5 Herbal Mujarab Untuk Meredakan Rasa Sakitnya

Untuk mencegahnya, pilih biji-bijian yang kaya serat seperti quinoa dan hindari produk roti olahan. Namun, Anda perlu berhati-hati karena biji-bijian dan ragi yang mengandung gluten juga bisa menjadi risiko nyeri sendi.

Menurut para ahli dari Harvard Medical School, penderita arthritis sebaiknya mengurangi makanan yang mengandung omega 6, termasuk kuning telur dan daging merah. Tapi, bukankah asam lemak esensial baik untuk tubuh? Ternyata, menurutnya, lemak jenuh bisa meningkatkan risiko peradangan dan memperparah gejala osteoarthritis yang menyakitkan.

Dikenal sebagai MSG, senyawa ini dapat menyebabkan peradangan kronis. MSG ditemukan di banyak produk makanan Asia dan kecap. Meskipun sebenarnya tidak ada bukti ilmiah yang konkrit tentang hubungan antara MSG dan peradangan, para ahli merekomendasikan agar penderita osteoarthritis menghindarinya.

5 Makanan Yang Dapat Memicu Nyeri Sendi

Kurangi konsumsi minuman beralkohol untuk mencegah risiko peradangan, terutama pada penderita osteoarthritis. Kandungan purin yang tinggi pada alkohol diduga dapat menyebabkan reaksi inflamasi.

Makanan Penyebab Nyeri Sendi Yang Wajib Dijauhi

Sebenarnya, tidak ada pola makan khusus yang dapat menyembuhkan radang sendi, namun makanan tertentu dapat membantu melawan peradangan, memperkuat tulang, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Berikut adalah beberapa makanan terbaik untuk persendian yang sehat dan peradangan minimal.

Ikan berlemak seperti salmon, mackerel, dan sarden mengandung banyak asam lemak omega 3. Omega 3 dikenal dengan sifat anti-inflamasinya. Oleh karena itu, makanan tinggi omega 3 sangat ideal untuk menjaga kesehatan tulang dan persendian karena mengurangi keluhan peradangan, termasuk nyeri dan bengkak.

Makanan yang dapat memicu timbulnya jerawat, makanan yang dapat memicu asam lambung, nyeri sendi yang berpindah pindah, makanan yang dapat memicu asam urat, pantangan makanan untuk nyeri sendi, makanan yang dapat memicu jerawat, makanan yang menyebabkan nyeri sendi, makanan yang baik untuk nyeri sendi, makanan pereda nyeri sendi, makanan penyebab nyeri sendi, makanan untuk penderita nyeri sendi, dokter yang menangani nyeri sendi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here