9 Gejala Leukemia Yang Tak Boleh Diabaikan

22

9 Gejala Leukemia Yang Tak Boleh Diabaikan – Gejala kanker bisa sangat ringan dan sepele sehingga penderitanya, termasuk pria, seringkali mengabaikannya. Kenali gejala kanker ini.

Kanker merupakan penyakit mematikan yang ditakuti banyak orang. Namun, gejala yang menandakan perkembangan kanker seringkali tampak ringan dan sepele. Akibatnya, penderitanya, termasuk pria, kerap mengabaikan kondisi tersebut. Inilah sebabnya mengapa kanker sering terlambat terdeteksi dan didiagnosis hanya pada stadium lanjut.

9 Gejala Leukemia Yang Tak Boleh Diabaikan

9 Gejala Leukemia Yang Tak Boleh Diabaikan

Tentu saja, jika kanker baru terdeteksi ketika sudah dalam stadium lanjut, penyakit ini menjadi lebih sulit untuk disembuhkan. Itulah mengapa sangat penting untuk mengenali berbagai gejala kanker pada pria sejak dini.

Hebat! Shakira Masih Semangat Menulis Meski Lebam Karena Leukemia

Banyak jenis kanker yang diketahui menyerang pria secara spesifik, dengan gejala yang berbeda-beda. Itulah mengapa penting bagi pria untuk mengenali tanda-tanda ini.

Jika Anda melihat adanya benjolan, rasa berat, atau perubahan lain pada testis atau buah zakar Anda, jangan tunda untuk memeriksakannya.

Menurut dr. Alvin, benjolan tersebut merupakan tanda awal kanker testis, yaitu akibat pembesaran buah zakar. Benjolan ini dapat mengubah bentuk testis. Jika tidak ada benjolan, tekanan pada testis atau perut bagian bawah menandakan ada yang tidak beres.

“Biasanya, pasien menggambarkan keluhan tersebut seperti merasakan tekanan kuat pada skrotum (skrotum) atau perut bagian bawah,” kata dr Alvin.

Ini 7 Gangguan Kesehatan Yang Umum Menyerang Jantung

Jenis tumor testis tertentu dapat menurunkan kadar testosteron atau meningkatkan kadar estrogen dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan perubahan ukuran testis.

Gejala lain berupa kaki bengkak (tanda tumor sudah menyebar ke kelenjar getah bening, sehingga aliran kelenjar ini menjadi terhambat dan aliran getah bening tidak lancar), nyeri punggung bawah dan sesak napas.

, jika celana atau baju Anda tiba-tiba kebesaran padahal Anda tidak sedang diet atau berolahraga, bisa jadi hal itu disebabkan oleh gangguan tiroid. Standar penurunan berat badan 4,5 kg tanpa diet atau olahraga tidaklah normal.

9 Gejala Leukemia Yang Tak Boleh Diabaikan

Meskipun sebagian besar penurunan berat badan yang tidak diinginkan bukanlah gejala kanker, ini bisa menjadi tanda kanker pankreas, lambung, atau paru-paru. Saat check-out, dokter mungkin melakukan tes darah, CT atau PET scan.

Kenali 3 Jenis Kanker Darah, Gejala, Bahaya Dan Cara Mengobatinya, Waspada Penurunan Berat Badan

Demam biasanya merupakan cara tubuh melawan infeksi. Namun, ciri demam yang bisa menjadi tanda leukemia atau kanker darah lainnya adalah demam yang datang dan pergi.

“Sel kanker dapat menyebabkan demam dengan mengeluarkan zat yang bertindak seperti racun di dalam tubuh. Biasanya tidak ada tanda lain yang menjelaskan munculnya demam ini. Dan demam akibat kanker biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari,” ujar dr. Fiona Amelia, MPH, dari

Meski sering dialami, misalnya pada kasus sakit tenggorokan, jika keluhan tidak kunjung sembuh atau disertai gejala lain, seperti penurunan berat badan atau muntah, penyebabnya bisa jadi kanker tenggorokan atau kanker perut.

Pada bukan perokok, batuk yang mengganggu biasanya bukan kanker, yang biasanya hilang setelah 3-4 minggu. Jika tidak, dan Anda mengalami gejala sesak napas atau batuk darah, segera periksakan, terutama jika Anda seorang perokok. Kanker paru-paru harus dicurigai.

Kenali 10 Tanda Penyakit Kanker

Perokok memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker mulut. Jika Anda melihat bintik-bintik putih, merah, abu-abu atau kuning di mulut atau bibir Anda, temui dokter Anda. Begitu juga jika Anda memiliki luka terbuka di mulut yang sering disalahartikan sebagai sariawan.

Ini adalah gejala yang sering diabaikan pria, padahal bisa jadi itu adalah tanda kanker. Sederhananya, jika suatu gejala bersifat intermiten atau berkepanjangan, atau disertai dengan gejala lain yang tidak biasa dan mengkhawatirkan, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar penyebabnya dapat segera ditemukan dan ditangani. Leukemia seringkali tidak menimbulkan gejala yang spesifik. Namun, diketahui bahwa leukemia memiliki gejala yang tidak boleh diabaikan. Setiap?

Leukimia atau kanker darah merupakan penyakit mematikan yang bisa menimpa siapa saja. Jika diketahui lebih awal, angka kesembuhan leukemia bisa lebih tinggi. Sayangnya, banyak pasien yang terdiagnosis pada stadium lanjut karena tidak mengetahui gejalanya atau karena tidak adanya gejala yang spesifik. Namun, nyatanya, ada gejala leukemia tertentu yang tidak boleh diabaikan.

9 Gejala Leukemia Yang Tak Boleh Diabaikan

Leukemia adalah penyakit keganasan sel darah dari sumsum tulang belakang yang menyebabkan sel darah putih tumbuh dengan cepat dan tidak terkendali.

Gejala Kanker Yang Tak Boleh Diabaikan

Ada dua jenis leukemia yaitu akut dan kronis. Saat akut, leukemia biasanya muncul secara tiba-tiba. Sedangkan leukemia kronis biasanya terjadi pada orang dewasa dan perjalanan penyakitnya lambat.

Gejala leukemia dapat bervariasi dari pasien ke pasien, tergantung pada jenis leukemia yang mereka miliki. Pada leukemia akut, pasien biasanya mengalami demam, menggigil, sakit tenggorokan dan kehilangan nafsu makan. Sementara itu, gejala nonspesifik juga dapat muncul pada leukemia kronis, seperti kelelahan, malas, pusing, jantung berdebar.

, karena pasien menjadi lebih lemah dan lebih mudah lelah, mereka lebih mungkin mengalami sesak napas akibat anemia atau, dalam kasus yang jarang terjadi, benjolan di dada.

“Memar yang tidak dapat dijelaskan tanpa trauma fisik dapat menjadi salah satu dari banyak gejala leukemia,” kata Pamela Crilley, DO, ketua Divisi Onkologi Medis.

Penyakit Ini Ditandai Gusi Berdarah, Salah Satunya Leukemia

Sehubungan dengan hal tersebut, dr. Menurut Levis, memar yang tidak biasa adalah hasil dari jumlah trombosit yang rendah atau masalah pembekuan darah.

“Memar akan muncul secara spontan padahal belum pernah melakukan apa-apa sebelumnya. Itu bisa terjadi di mana saja, tapi biasanya di ekstremitas, seperti kaki dan lengan,” jelasnya.

Seperti memar, mimisan yang tidak biasa atau pendarahan dari gusi, usus, paru-paru, atau kepala dapat mengindikasikan kurangnya trombosit dan masalah pembekuan darah, yang dapat mengindikasikan bentuk leukemia akut.

9 Gejala Leukemia Yang Tak Boleh Diabaikan

Bintik-bintik yang mungkin tidak Anda sadari karena menunjukkan jumlah trombosit yang rendah dan merupakan gejala leukemia. dr. jins Levis,

Gejala Kanker Yang Sering Diabaikan Pria

Mereka biasanya ditemukan di sekitar pergelangan kaki karena gravitasi menyebabkan cairan tubuh menumpuk di kaki bagian bawah sepanjang hari.

Pembesaran gusi – juga dikenal sebagai hiperplasia gingiva – hanya terjadi pada sejumlah kecil pasien leukemia akut. Namun, kondisi ini merupakan gejala leukemia yang paling jelas.

Meski jarang, sakit kepala berdenyut bisa menjadi tanda anemia terkait leukemia atau bahkan pendarahan yang mengancam jiwa di kepala.

Periksa leher, ketiak, dan selangkangan apakah ada pembengkakan kelenjar getah bening yang terlihat jelas tetapi tidak nyeri. Faktanya, ukuran normal kelenjar getah bening berfluktuasi selama periode infeksi. Namun jika kelenjar tersebut masih membesar, bisa jadi itu merupakan tanda leukemia atau limfoma.

Seputar Kanker Terbaru

Jika Anda memiliki infeksi ringan yang tidak kunjung sembuh, mungkin sudah waktunya untuk melakukan pemeriksaan darah lengkap untuk memeriksa kelainan pada sel darah putih, hemoglobin, dan trombosit.

Kadar sel darah putih yang tidak normal menyebabkan gangguan pada sistem kekebalan tubuh. Orang yang mengalami hal ini sering menderita infeksi dan merasa selalu di ambang terserang flu atau pilek. Ini, bersama dengan tanda lain seperti kelelahan atau memar, sudah cukup untuk mengingatkan Anda dan mencari pertolongan medis.

Leukemia memiliki tingkat kesembuhan yang lebih tinggi jika terdeteksi dan diobati sedini mungkin. Ingat, gejala leukemia seringkali tidak spesifik, jadi ketahuilah bahwa satu atau lebih gejala leukemia yang muncul tidak dapat diabaikan. Faktor risiko berikut sering diabaikan untuk leukemia

9 Gejala Leukemia Yang Tak Boleh Diabaikan

Penyebab yang mendasari leukemia tidak diketahui secara pasti. Namun, ada kondisi yang diduga memicu terbentuknya sel leukemia di dalam tubuh. Siapa mereka? Lihat berbagai faktor risiko leukemia di bawah ini.

Pdf) Oral Hygiene Normal Saline Vs Air Steril

Leukemia adalah salah satu bentuk kanker yang diawali dengan kelainan pada sel darah putih dan tumbuh hingga mengganggu sel darah lainnya, yaitu sel darah merah dan trombosit.

Iklan dikirim langsung oleh Beli Obat! Gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia ✔️ Cash on delivery ✔️ GRATIS konsultasi apoteker ✔️ Pesan sekarang

Gejala pertama yang mungkin Anda rasakan adalah kelelahan dan sakit kepala akibat anemia atau kekurangan sel darah merah. Perdarahan juga muncul secara bertahap pada kulit berupa memar/memar atau gusi berdarah, retina atau epistaksis. Hingga berakhir dengan infeksi berulang atau benjolan kanker sebagai tanda meningkatnya jumlah sel leukemia.

Gejala ini dapat muncul dengan cepat atau bertahap, tergantung jenis leukemia yang Anda derita. Untuk pemahaman yang lebih jelas, baca Mengenali Gejala Leukemia (kanker darah putih) menurut jenisnya.

Fakta Kanker Terbaru

Berbagai faktor risiko yang diidentifikasi oleh para ahli dapat meningkatkan kemungkinan berkembangnya leukemia. Setiap jenis mungkin memiliki faktor risiko yang sama atau berbeda. Simak uraian lengkapnya di bawah ini:

Faktor lain yang masih dipelajari untuk ALL termasuk paparan medan elektromagnetik (seperti berada di dekat saluran listrik), sering terpapar bahan bakar diesel, bensin, pestisida, dan bahan kimia tertentu lainnya, merokok, paparan pewarna rambut, dan kelahiran anak kembar satu telur. . DENGAN SEGALANYA.

Pada sebagian besar kasus leukemia myelogenous kronis (CML), faktor risiko yang memicu perkembangannya tidak diketahui dengan jelas. Satu-satunya faktor yang dicurigai adalah tingkat radiasi yang tinggi. Tidak ada faktor risiko lain yang terbukti untuk CML.

9 Gejala Leukemia Yang Tak Boleh Diabaikan

Risiko mengembangkan leukemia myelogenous kronis tidak terkait dengan kebiasaan buruk seperti merokok dan pola makan yang buruk, paparan bahan kimia, infeksi, atau riwayat keluarga. Namun, tetap fokus pada gaya hidup sehat dan segera temui dokter jika Anda menemukan gejala yang tidak biasa.

Hal Menarik Tentang Deteksi Dini Kanker Pada Anak (webinar Dr. Aisyi Dan Lcjm)

Para editor berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses pengeditan kami di sini.

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. kami menyarankan Anda untuk tetap berkonsultasi langsung dengan pakar di bidang Anda.

DVT adalah kondisi yang berpotensi mengancam jiwa di mana gumpalan darah terbentuk di pembuluh darah dalam tubuh Anda, biasanya di salah satu kaki Anda. Gumpalan darah ini sangat berbahaya karena dapat pecah dan berpindah ke paru-paru, yang dapat menyebabkan kemacetan.