9 Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkannya – Kecerdasan anak tidak hanya dinilai dengan skor standar, seperti tes IQ. Thomas Armstrong, seorang spesialis pendidikan di Universitas Harvard, AS, menunjukkan bahwa tidak ada anak yang bodoh. Setiap anak memiliki kecerdasannya masing-masing, Bu.

Howard Gardner, seorang profesor pendidikan di Universitas Harvard, AS, mengajukan teori yang disebut The Theory of Multiple Intelligences. Howard membagi kecerdasan anak menjadi 8 jenis.

9 Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkannya

9 Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkannya

Setiap anak bisa memiliki 8 jenis kecerdasan ini. Untungnya, ada anak yang unggul dalam satu atau dua jenis kecerdasan.

Webinar Pendidikan Gratis: Memotivasi Belajar Anak Via Online Dan Peran Orang Tua Dimasa Pandemi

Anda tidak bisa memaksa anak Anda untuk menjadi hebat dalam segala hal. Namun, Anda dapat membantu meningkatkan semua potensi di setiap bidang kecerdasan mereka.

Kecerdasan jenis ini berkaitan dengan kemampuan anak dalam berbicara, baik tulisan maupun lisan. Kecerdasan dapat dilihat ketika anak senang membaca, menulis cepat, menulis, berbicara dan mendengarkan cerita.

Anda bisa mendukung kecerdasan anak dengan rutin mengajaknya bercerita, membaca bersama, bercerita, dan berbicara sendiri dengan anak.

Kecerdasan jenis ini dapat ditandai ketika seorang anak tertarik pada angka, menyukai matematika, hal-hal yang berbau sains, dan juga yang berhubungan dengan logika.

Pdf) Children’s Intelligence Development Training For Aisyiyah Kindergarten Teachers

Untuk meningkatkan keterampilan ini, bekali anak dengan alat hitung yang menarik, benda untuk dihitung, balok dengan angka tertulis di atasnya, teka-teki, dan timbangan.

Anak-anak dengan tipe kecerdasan dominan seringkali memiliki ambisi dan sudah tahu apa yang mereka inginkan ketika mereka besar nanti. Ia juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan dapat mengomunikasikan emosinya dengan baik.

Anda bisa mengajak anak Anda untuk membicarakan perasaannya dan menanyakan pendapatnya tentang berbagai hal. Anda juga bisa mengajak mereka melakukan aktivitas meditasi seperti yoga.

9 Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkannya

Berbeda dengan anak yang cerdas diri, anak dengan jenis kecerdasan ini lebih suka bermain dengan banyak orang. Anak juga memiliki empati, dapat memahami perasaan orang lain, serta cenderung unik dan suka memimpin saat bermain.

Tipe Kecerdasan Anak

Anda bisa mengajak anak Anda bermain bersama di luar rumah atau sering-seringlah mengajak anak Anda datang ke kegiatan keluarga untuk bersosialisasi.

Kecerdasan musikal tampaknya menjadi salah satu jenis kecerdasan yang paling mudah dideteksi oleh orang tua. Anak dengan kecerdasan ini antara lain suka menyanyi, menggerakkan badan atau menari ketika mendengar musik, suka mendengarkan musik, mengingat lagu, suka bermain drum, dan bermain piano.

Untuk menunjang minat anak pada musik, berikan ia alat musik seperti gendang kecil, keyboard, piano, piano, dan berbagai alat musik. Ajaklah anak-anak Anda bermain musik bersama, bernyanyi, mendengarkan musik, ya, bahkan mengajak mereka menonton pertunjukan musik anak-anak.

Anak-anak dengan kecerdasan ini sering ditemukan suka menggambar, menulis di atas kertas, mewarnai, berimajinasi, dan bermain dengan balok.

Yuk, Kenali Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkan Yang Tepat!

Untuk mendukung kecerdasannya, beri dia buku gambar, alat lukis seperti kuas dan cat serta kamera. Sering-seringlah menggambar untuk mengunjungi museum seni.

Anak-anak dengan kecerdasan kinetik umumnya sangat aktif, seperti berolahraga, menari, menyentuh berbagai benda dan mempelajarinya, atau melakukan sesuatu dengan tangan mereka.

Untuk menunjang kecerdasannya, Anda bisa memberikan anak Anda kerikil kayu, karung pasir agar ia bisa membangun rumah atau rumah. Anda juga bisa memberi anak Anda tali untuk bermain lompat tali.

9 Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkannya

Anak-anak dengan kecerdasan seperti ini sangat senang jika diajak berolahraga bersama keluarga, mengerjakan kerajinan tangan, atau menonton tari atau teater.

Top 8 Apa Yang Harus Kamu Lakukan Untuk Mengembangkan Kecerdasan Yang Kamu Miliki 2022

Anak-anak dengan kecerdasan alami senang bermain di alam. Dia juga mencintai binatang, peduli terhadap lingkungan dan mencintai tanaman. Untuk mendukungnya, beri anak hewan peliharaan, akuarium, atau beri mereka lahan untuk berkebun.

Kecerdasan moral adalah kemampuan memahami tuntutan lingkungan, mengetahui mana yang benar dan mana yang salah.

Dalam kaitannya dengan teori kecerdasan majemuk Gardner, kecerdasan moral dapat dimasukkan atau dikaitkan dengan kecerdasan interpersonal. Tentunya hal ini perlu diketahui dan dikembangkan juga ya Bunda, setiap anak memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Artinya tidak ada yang namanya anak bodoh. Namun, tunjangan satu anak berbeda dengan yang lain. Dalam ulasan ini kami akan menunjukkan apa itu kecerdasan? ada berapa jenis? bagaimana mengembangkannya dan sebagainya. Ayo lihat!

Sebelum membahas jenis-jenis kecerdasan, ada baiknya kita simak dulu apa itu kecerdasan. Berikut ini adalah pengertian cerdas menurut para ahli:

Cerita Diary Pink Tian: Kenali Minat Bakat Dan Gaya Belajar Anak

Kecerdasan sendiri berasal dari kata smart yang artinya pintar dan cerdas, bertanggung jawab dalam menghadapi masalah dan cepat tanggap saat mendengar informasi.

Menurut para ahli, kecerdasan dapat diturunkan dari berbagai macam pengertian, kemampuan setiap orang untuk memecahkan masalah yang dihadapinya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang jenis-jenis kecerdasan yang dimiliki anak, atau yang kita sebut dengan kecerdasan majemuk. Kecerdasan majemuk adalah teori yang dikembangkan oleh psikolog Harvard University Howard Gardner. Menurut Gardner, kecerdasan adalah kemampuan memecahkan masalah dan menciptakan produk yang bernilai budaya.

9 Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkannya

Pada artikel ulasan kali ini akan kami sajikan 9 jenis kecerdasan anak dan cara mengembangkannya. Apa yang menarik minat Anda? Ayo lihat.

Pekerja Yang Baik, Kompetensi Global, Dan Kecerdasan Ganda

Yang pertama adalah kata cerdas (kecerdasan linguistik). Kata cerdas (kecerdasan linguistik) adalah jenis kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan anak untuk berbicara dengan baik, baik dalam hal menulis maupun pengucapan saat berkomunikasi.

Kecerdasan seperti ini dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari anak-anak, seperti anak-anak yang suka mengemudi, menulis kata dengan cepat, suka menulis, mendengarkan cerita, bahkan belajar bahasa asing.

Untuk mendorong perkembangan kemampuan berbahasa anak, hal pertama yang harus dilakukan orang tua adalah mengidentifikasi macam-macam “hal” yang disukai anak. Misalnya, jika anak Anda suka membaca buku cerita. Orang tua dapat mendukung hal tersebut dengan menyediakan berbagai buku cerita, karya tulis dan lain sebagainya. Lebih penting lagi, orang tua harus bersama anak-anak mereka ketika mereka membacakan cerita, membacakan dongeng, membaca bersama, berbicara dengan mereka, dan sebagainya.

Tanda-tanda yang dapat dilihat jika anak memiliki jenis kecerdasan ini adalah ketika anak tertarik pada angka, menyukai matematika, berhitung dan hal-hal yang berbau sains atau yang berhubungan dengan logika.

Tipe Kecerdasan Anak, Penting Diketahui Orangtua!

Orang tua dapat meningkatkan jenis kecerdasan ini dengan memberi anak alat berhitung yang menarik dan mendidik, seperti balok dengan angka tertulis di atasnya, teka-teki, timbangan mainan, dll.

Hal ini juga dapat dilakukan dengan memberikan buku-buku sejarah yang berisi tentang pengetahuan tentang hal-hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, misalnya buku tentang planet, hewan, tumbuhan dan lain-lain. Jangan lupa untuk bermain dengan anak Anda, dan ajukan pertanyaan yang jelas tentang alam.

Kecerdasan jenis ini seringkali ditandai dengan kebiasaan anak yang bahkan sering suka bermain sendiri. Namun, ia masih bisa mengendalikan emosinya dengan baik. Anak-anak dengan jenis kecerdasan ini seringkali memiliki ambisi atau tekad yang besar untuk mencapai apa yang mereka inginkan saat dewasa nanti. Makanya bagus punya rasa percaya diri yang tinggi. Jadi selalu tampil menjadi orang yang optimis.

9 Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkannya

Orang tua memberikan dukungan dengan menyediakan peralatan yang sesuai untuk anak. Misalnya, menyediakan tempat yang nyaman untuk bermain sendiri, memberikan mainan edukatif kepada anak untuk meningkatkan bakatnya. Dan hal ini juga bisa didukung dengan bermain bersama dengan anak Anda, dan melatihnya menjadi pribadi yang terbuka, seperti mengajaknya berbicara dan mengutarakan pendapatnya tentang banyak hal.

Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkannya

Jenis kecerdasan ini adalah kebalikan dari kecerdasan diri. Kecerdasan individu ditandai dengan kebiasaan anak yang suka bekerja sendiri.

. Tercatat bahwa anak-anak suka bermain dengan banyak orang. Ia lebih terbuka dan mudah menampung empati dan perasaan orang lain. Ciri lain yang menonjol adalah kepribadiannya yang cenderung memimpin saat bermain.

Anak-anak seperti itu sangat mungkin diberi pakaian untuk pertunjukan atau teater boneka. Orang tua bisa mengajaknya bermain di luar rumah atau sering mengajak anaknya yang masih kecil untuk datang ke acara keluarga untuk bersosialisasi.

Kecerdasan musikal jenis ini terlihat pada sifat anak yang menyukai musik, bernyanyi, menari/menari ketika mendengar musik yang dimainkan, mudah mengingat lagu dan terkadang menyanyikannya serta suka memainkan alat musik seperti gendang. gitar, piano dan sejenisnya.

Apakah Seseorang Bisa Memiliki Lebih Dari Satu Kecerdasan?

Untuk mendorong anak mengembangkan jenis kecerdasan yang dimilikinya, sebaiknya orang tua memfasilitasi anaknya dengan berbagai jenis alat musik yang disukai oleh si kecil.

Piano bagus, drum kecil, piano dan sebagainya. Terkadang, orang tua bisa ikut anak-anaknya menari, menyanyi atau bermain musik. Dan yang paling penting, selalu hadiahi diri sendiri

Anak-anak dengan kecerdasan ini sering terlihat dalam pilihan kegiatan artistik mereka, seperti menggambar, menulis di atas kertas, mewarnai, berimajinasi, dan bermain dengan membangun benda menggunakan balok.

9 Jenis Kecerdasan Anak Dan Cara Mengembangkannya

Pictue smart, orang tua bisa menyediakan berbagai alat untuk menggambar dan melukis sesuai dengan usia anaknya. Misalnya seperti crayon, kertas gambar, pensil warna, kamera mainan dan sebagainya.

Bermacam Kecerdasaan Dan Cara Pengembangannya

Dampingi anak Anda saat dia melakukan sesuatu yang disukainya, seperti menggambar dan mewarnai. Terkadang ada baiknya orang tua membimbing anaknya, memilih warna yang tepat untuk jenis gambar yang mereka lukis, teknik menggambar dasar, menunjukkan berbagai contoh lukisan dan gambar menarik di ponsel/ipad mereka atau Anda bisa mengajak sendiri. anak-anak untuk mengunjungi pameran lukisan. Dengan begitu, kecintaan anak pada menggambar dan sebagainya akan meningkat.

Anak-anak dengan kecerdasan fisik sangat aktif, seperti berolahraga, menari, menyentuh berbagai benda dan mempelajarinya, atau melakukan sesuatu dengan tangan mereka. Untuk menunjang kecerdasannya, beri anak mainan kayu, karung pasir agar bisa membangun rumah atau rumah. Anda juga bisa memberi anak Anda tali untuk bermain lompat tali. Anak-anak seperti itu sangat senang diajak berolahraga bersama keluarga, membuat kerajinan tangan, atau menonton pertunjukan tari atau teater.

Anak dengan kecerdasan natural dapat dilihat dari sifat naturalistiknya. Dia suka bermain dengan hewan, tumbuhan dan memiliki kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan alam.

RAKYAT

Mengasah Kecerdasan Logika Matematika Dengan Bermain

Jenis jenis kecerdasan anak, potensi diri dan cara mengembangkannya, cara melatih kecerdasan anak, contoh potensi diri dan cara mengembangkannya, sumber peluang usaha dan cara mengembangkannya, cara meningkatkan daya ingat dan kecerdasan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here