Amankah Naik Pesawat Saat Hamil

43

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil – Saat hamil, bentuk tanda lahir memang harus bervariasi, Moms! Ada yang ingin makan dan mencicipi hidangan langka bahkan aneh. Ada juga yang menginginkan hal-hal tertentu, misalnya pergi berwisata ke suatu tempat.

Ini benar-benar lebih menyenangkan karena Anda bisa jalan-jalan, menghilangkan stres dan menyegarkan pikiran. Jika tujuan wisata yang dipilih jauh atau keluar daerah, lebih praktis menggunakan transportasi udara atau udara.

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil

Lantas apakah aman jika ibu terbang saat hamil? Baik itu kehamilan muda atau bahkan kondisi perut yang sangat besar. Pastinya moms and dads tidak mau kan jika ada masalah dengan kondisi fisik atau kesehatan janin dalam kandungan?

Hamil Anak Kedua, Sandra Dewi Hampir Tiap Hari Naik Pesawat, Amankah?

Asal Moms tahu ya, tidak ada pantangan atau larangan terbang saat hamil. Ini hanyalah mitos yang tidak ada kaitannya dengan kesehatan ibu hamil. Lagipula naik pesawat juga sangat aman, tidak ada benturan berlebihan seperti kalau naik mobil biasanya.

Hal ini didukung oleh pernyataan dari sebuah lembaga atau organisasi, American College of Obstetrician and Gynecologist atau ACOG. Mengatakan bahwa perjalanan udara dengan pesawat dinilai sangat aman untuk ibu hamil.

Namun ada pengecualian, yaitu tidak sering dilakukan, hanya sesekali saja. Jadi terbang pun saat hamil sebaiknya dilakukan saat usia kehamilan kurang dari 36 minggu dan ibu tidak memiliki penyakit atau komplikasi apapun selama kehamilan tersebut.

Kemudian ada juga kebijakan dari organisasi penerbangan internasional yaitu International Transports Association atau IATA. Ia mengatakan ibu hamil boleh naik pesawat asalkan dalam kondisi fisik yang prima dan tidak mengalami gangguan kesehatan selama penerbangan.

Bolehkah Ibu Hamil Melakukan Perjalanan Jauh Naik Motor, Mobil, Kapal Laut Atau Pesawat?

Meski terbang saat hamil diperbolehkan, tetap ada batasan usia kandungan lho Moms. Jadi jangan naik pesawat sembarangan dan sembarangan. Usia kehamilan yang diizinkan tidak melebihi 36 minggu.

Alasannya karena kondisi konten terlalu besar dan sangat rentan terhadap gangguan dari lingkungan luar. Apalagi di pesawat, ibu-ibu bisa saja bertabrakan dan bertabrakan dengan banyak penumpang lainnya.

Jika Anda berada dalam posisi yang sulit dan harus terbang dengan pesawat, Anda memerlukan izin dokter atau surat keterangan dokter terlebih dahulu.

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil

Selain memperhatikan masalah usia kehamilan, ada juga hal lain yang perlu diperhatikan saat ingin terbang saat hamil. Kondisi fisik dan kandungan yang sama pun tak kalah pentingnya, Moms! Pastikan moms tidak mengalami gangguan kesehatan seperti mual, sering pusing, gejala anemia, tekanan darah rendah, sering nyeri dan masih banyak lagi.

Naik Pesawat Saat Hamil? Perhatikan Hal Hal Berikut Ini

Jika terlalu dipaksakan dan lolos pemeriksaan bandara, bisa berdampak pada kesehatan janin. Oleh karena itu, ibu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan perjalanan udara.

Jangan lupa juga untuk meminta tambahan vitamin dan obat-obatan yang Anda anggap perlu. Hal ini harus diatasi jika terjadi sesuatu pada kesehatan ibu dan janin dalam kandungan.

Agar perjalanan Moms dan Dads berjalan lancar tanpa gangguan, simak tips terbang saat hamil di bawah ini!

Jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan fisik dan kebidanan Anda ke dokter sebelum melakukan perjalanan udara. Jika dokter tidak mengizinkan, Moms jangan gegabah dan memaksakan diri agar tidak membahayakan kesehatan.

Peneliti: Naik Pesawat Saat Covid 19 Lebih Aman Daripada Makan Di Restoran

Memilih jenis maskapai yang berkualitas sangat penting lho! Ceroboh saat naik pesawat seringkali memiliki struktur yang tidak nyaman, misalnya tremor yang lebih terasa, kebisingan, kondisi tempat duduk yang tidak nyaman, dan lain sebagainya, hal ini tentunya dapat mengganggu ibu dan dapat berdampak negatif pada janin.

Ibu hamil sebenarnya bisa terbang menggunakan pesawat, namun sebaiknya Moms membaca syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Jangan beli tiket mahal, tapi dilarang terbang.

Mungkin dari rumah kondisi fisik masih fit dan bagus. Nama ibu hamil seharusnya tidak bisa ditebak dan mudah dipengaruhi oleh kondisi sekitarnya. Misalnya, tiba-tiba merasa mual, pusing, lemas, dan sebagainya. Oleh karena itu, para ibu membawa sendiri obat-obatan dan vitamin pribadi di dalam tas. Ketika Anda merasa tidak enak badan, Anda dapat langsung meminum obatnya.

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil

Nah, sekarang moms tidak perlu lagi khawatir saat ingin terbang saat hamil. Tidak ada batasan dalam hal ini. Namun, memang ada beberapa syarat dan ketentuan, apalagi kondisi ibu hamil sangat rentan, pesawat sering digunakan sebagai alat transportasi untuk menempuh jarak jauh atau dekat karena memakan waktu yang lebih singkat. Namun, bagaimana dengan ibu hamil? Banyak ibu hamil yang merasa bingung dan dilema tentang perjalanan udara. Apakah aman bagi ibu hamil untuk terbang?

Mulai Oktober 2021, Syarat Naik Pesawat Selama Ppkm Tanpa Aplikasi Pedulilindungi

Jika kehamilannya normal dan sehat, Anda tentu diperbolehkan naik pesawat. Namun sebelum memesan tiket pesawat atau melakukan perjalanan dengan pesawat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Dalam beberapa kasus berisiko tinggi, dokter Anda mungkin menyarankan Anda untuk tidak naik pesawat.

Beberapa ahli berpendapat bahwa waktu yang tepat untuk melakukan perjalanan udara adalah pada usia kehamilan 14 hingga 27 minggu. Pasalnya, dalam jangka waktu ini ibu sudah lulus

Biasanya dialami pada trimester pertama. Ibu hamil juga biasanya disarankan untuk tidak naik pesawat jika usia kehamilan sudah lebih dari 36 minggu.

Tidak hanya memperhatikan anjuran dokter sebelum melakukan perjalanan, Anda juga perlu mengetahui syarat ibu hamil untuk naik ke pesawat maskapai yang akan Anda gunakan. Hal ini agar perjalanan Anda berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ini Penjelasan Kemenhub Soal Penerbangan Codeshare

Maskapai yang berbeda memiliki persyaratan yang berbeda untuk wanita hamil. Beberapa mengharuskan Anda memiliki surat rekomendasi penerbangan dari dokter untuk mengisi pernyataan atau formulir yang disediakan maskapai. Karena itu, Anda harus mencari tahu terlebih dahulu.

Beberapa wanita hamil mungkin juga khawatir tentang apakah aman melewati mesin skrining atau detektor di bandara. menurut dr. Anthony Scialli, ginekolog dan ahli toksikologi reproduksi, ibu hamil tak perlu takut melewati mesin skrining.

“Detektor di bandara menggunakan medan magnet, gelombang radio berenergi rendah, atau sinar-X untuk menyaring penumpang yang membawa barang berbahaya. Paparan mesin ini terlalu rendah, sehingga tidak membahayakan janin dalam kandungan,” jelasnya.

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil

Banyak wanita hamil dapat melakukan perjalanan melalui udara selama mereka dalam keadaan sehat. Namun, ibu hamil dengan komplikasi tidak disarankan melakukan perjalanan udara. Wanita hamil dengan diabetes gestasional, tekanan darah tinggi, dan solusio plasenta juga tidak diperbolehkan naik ke pesawat.

Hal Penting Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dilakukan Ibu Hamil

Wanita hamil yang mengalami persalinan prematur, keguguran, dan komplikasi lainnya tidak diperbolehkan naik ke pesawat. Oleh karena itu, sebelum merencanakan perjalanan dengan pesawat, selalu konsultasikan dulu kondisi Anda ke dokter.

Sebelum membeli tiket, buatlah daftar maskapai penerbangan yang menawarkan bantuan atau dukungan khusus untuk ibu hamil. Namun, jangan lupa perhatikan kebijakan maskapai terkait penerbangan untuk ibu hamil. Mintalah tempat duduk di dekat toilet selama penerbangan agar mudah buang air kecil.

Anda dapat membawa bantal leher, botol air kosong, dan camilan sehat. Anda akan rentan mengalami dehidrasi selama dan setelah penerbangan, sehingga disarankan untuk banyak minum air putih. Ibu juga harus membawa obat-obatan yang dianjurkan oleh dokter.

Sekarang apakah Anda tahu apakah wanita hamil aman di pesawat terbang? Yuk, lakukan tips di atas saat naik pesawat. Oh iya, jika ingin bertanya atau berbagi pengalaman dengan ibu-ibu lainnya, jangan lupa untuk menggunakan fitur Forum di aplikasi Sahabat Hamil ya! (IT/AS)

Kenali Kontraksi Ringan Ketika Menyusui Saat Hamil

Ada banyak perubahan pada tubuh yang dialami wanita saat hamil, salah satunya yang paling penting. Namun bagaimana jika perut mengecil saat hamil, apa dampaknya bagi janin?

Stunting bukan hanya anak pendek, tetapi juga kualitas kecerdasan yang buruk karena IQ yang rendah. Anak stunted memiliki masa depan yang suram, sehingga perlu dicegah!

Mengidam permen selama kehamilan? Ingat, batasi jumlahnya. Karena menurut penelitian, terlalu banyak mengonsumsi gula saat hamil bisa berdampak pada janin lho!

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil

Anovulasi adalah suatu kondisi di mana sel telur tidak dapat dilepaskan dari ovarium. Lantas, apakah benar anovulasi menjadi penyebab tidak bisa hamil?

Amankah Ibu Hamil Naik Pesawat? Berikut Penjelasan Dan Tipsnya!

Saat Anda hamil, Anda mungkin merasa memiliki tubuh baru. Selain mengalami kenaikan berat badan, kulit Anda lebih sensitif saat hamil. Berikut penjelasannya Moms, mungkin Moms bingung, ingin traveling, tapi tidak yakin keamanannya karena sedang hamil. Jangan takut ibu. Jika Anda memiliki kehamilan yang sehat, bepergian dengan pesawat kemungkinan besar akan aman.

“Kuartal kedua mungkin waktu terbaik untuk terbang. Anda tidak lagi berjuang dengan mual di pagi hari. Kalau di trimester terakhir, perut yang membesar bisa membuat traveling jadi lebih menantang,” ujar Traci C Johnson, MD, seorang ob-gyn.

Namun sebelum memesan, konsultasikan dengan dokter Anda dan jelaskan detail perjalanannya. Jika dokter Anda mengizinkan ibu untuk terbang, jangan lakukan hal berikut saat naik pesawat saat hamil. Banyak wanita hamil mungkin kehilangannya, sehingga berisiko untuk kehamilan.

Maskapai melarang perjalanan udara selama kehamilan di atas 36 minggu. Namun, beberapa maskapai mungkin memiliki kebijakan sendiri. Hubungi maskapai dan tanyakan tentang kebijakan mereka untuk penumpang hamil. Tanyakan apakah Anda memerlukan catatan dari dokter Anda untuk memverifikasi waktu pengiriman.

Jangan Nekat Terbang Kalau Hamil Sudah 5 Bulan

Moms juga sering lupa mengecek paket asuransi kesehatannya. Bagaimana jika Anda membutuhkan bantuan medis atau melahirkan di tempat tujuan? Apakah ibu dilindungi?

Sebelum naik pesawat saat hamil, ada baiknya ibu memeriksakan diri ke dokter. Sangat penting untuk mendapatkan izin lepas landas jika Anda memiliki masalah medis kronis seperti masalah pernapasan.

Selain itu, ibu sebaiknya menanyakan beberapa hal yang berkaitan dengan kesehatan kehamilan. Misalnya, jika Anda mudah mabuk perjalanan, tanyakan tentang obat yang aman untuk mual. Sedikit bukti ilmiah yang mendukung metode pengurangan mual ini. Tetapi beberapa orang menganggapnya berguna.

Amankah Naik Pesawat Saat Hamil

Berikutnya adalah penggunaan obat-obatan untuk masalah diare atau lambung. Peningkatan ketinggian selama penerbangan dapat menyebabkan gas usus mengembang dan menyebabkan ketidaknyamanan. Hindari makanan yang mengandung gas sebelum penerbangan.

Amankah Sering Traveling Saat Hamil Muda Seperti Meghan Markle?

Perjalanan internasional dapat membuat Anda terkena bakteri yang dapat menyebabkan diare. Tanyakan tentang obat diare yang aman untuk kehamilan. Selanjutnya adalah mempersiapkan dukungan medis setibanya di tempat tujuan Anda.

Perawatan ini

Naik pesawat saat hamil 7 bulan, naik pesawat saat hamil, amankah ibu hamil naik motor, bahaya naik pesawat saat hamil muda, syarat naik pesawat saat hamil, bolehkah naik pesawat saat hamil muda, amankah naik pesawat saat hamil muda, naik pesawat saat hamil muda, syarat ibu hamil naik pesawat saat pandemi, amankah ibu hamil naik pesawat, pengalaman naik pesawat saat hamil muda, amankah hamil muda naik pesawat