Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia

35

Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia – Di Rumah Sakit Kasturba di negara bagian Maharashtra, India barat, para dokter berjuang melawan “infeksi kuman super” yang kebal antibiotik.

Nama bakteri yang telah berubah dari waktu ke waktu dan menjadi kebal terhadap obat yang seharusnya mengalahkan mereka dan mengobati infeksi yang disebabkannya.

Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia

Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia

Menurut jurnal medis Lancet, kekebalan ini secara langsung bertanggung jawab atas 1,27 juta kematian di seluruh dunia pada tahun 2019. Antibiotik, yang dianggap sebagai garis pertahanan pertama melawan infeksi serius, tidak bekerja pada sebagian besar kasus ini.

Rekomendasi Obat Sakit Tipes Dari Dokter Agar Cepat Sembuh

India adalah salah satu negara yang paling parah terkena dampak apa yang oleh dokter disebut “resistensi antimikroba” – hampir 60.000 bayi baru lahir meninggal setiap tahun hanya karena infeksi neonatal yang kebal antibiotik.

Serangkaian tes yang dilakukan di Rumah Sakit Katurba untuk menemukan antibiotik yang paling efektif melawan lima bakteri patogen paling umum mengungkapkan bahwa banyak obat yang biasa digunakan tidak lagi efektif.

), biasanya ada di usus manusia dan hewan setelah menelan makanan yang terkontaminasi; Klebsiella pneumoniae, yang dapat menginfeksi paru-paru, menyebabkan pneumonia serta darah, luka kulit, dan meningitis; dan

Dokter telah menemukan bahwa beberapa antibiotik arus utama kurang dari 15% efektif dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh patogen ini.

Tipe Tipe Pneumonia Yang Harus Diketahui

“Karena hampir semua pasien kami tidak dapat menerima antibiotik dosis tinggi, mereka berisiko meninggal ketika mengembangkan pneumonia yang perlu dirawat di ICU,” ujar Dr. SP Kalantri, Inspektur Medis, Rumah Sakit.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh Dewan Riset Medis India (ICMR) mengatakan bahwa resistensi terhadap antibiotik kuat yang disebut carbapenems, yang membunuh beberapa patogen, telah meningkat sebesar 10% hanya dalam satu tahun.

“Ini mengkhawatirkan karena carabapenem adalah obat yang sangat baik untuk pengobatan sepsis (yang mengancam jiwa) dan terkadang digunakan sebagai pengobatan lini pertama di rumah sakit untuk pasien yang sakit kritis di ICU,” kata Dr. Kamini Walia adalah seorang ilmuwan di ICMR dan peneliti utama dalam proyek tersebut.

Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia

Antibiotik spektrum luas menyumbang 75% dari semua obat resep yang diberikan di rumah sakit India (Getty Images)

Bahaya Konsumsi Antibiotik Sembarangan, Bisa Picu Penyakit Serius

Situasinya sangat memprihatinkan sehingga hanya 43% infeksi pneumonia yang disebabkan oleh satu patogen di India yang dapat diobati dengan antibiotik lini pertama pada tahun 2021, turun dari 65% pada tahun 2016.

Saswati Sinha, spesialis perawatan kritis di Rumah Sakit AMRI di Calcutta, India timur, mengatakan “enam dari 10” di ICU menderita infeksi yang resistan terhadap obat.

“Kenyataannya benar-benar memprihatinkan. Kami sampai pada titik di mana kami tidak memiliki banyak kesempatan untuk menyembuhkan beberapa pasien ini.”

Resistensi antibiotik juga ditemukan pada pasien rawat jalan dari desa dan kota kecil dengan kondisi seperti pneumonia dan infeksi saluran kemih, kata dokter di Rumah Sakit Kasturba.

Selain Merokok, Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Infeksi Pada Paru Paru

Karena banyak dari pasien ini tidak membawa resep dan tidak mengingat obat yang diresepkan, sulit bagi dokter untuk mendapatkan riwayat paparan antibiotik.

Mengobati pasien seperti itu adalah tugas yang sulit. “Kondisinya sangat serius dan tindakannya sangat sulit – meresepkan lebih banyak antibiotik lebih berbahaya daripada kebaikannya,” kata Dr. Kalantri.

Antibiotik tidak dapat mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu atau flu biasa. Antibiotik sering diresepkan untuk pasien dengan demam dan infeksi virus yang disebabkan oleh parasit bersel tunggal.

Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia

Sebuah studi ICMR terhadap 17.534 pasien Covid-19 di rumah sakit India tahun lalu menemukan bahwa lebih dari setengah dari mereka dengan infeksi yang resistan terhadap obat meninggal.

India Hadapi Pandemi ‘kuman Super’ Yang Kebal Antibiotik

Obat-obatan yang harus digunakan hanya untuk mengobati infeksi bakteri yang paling serius dan sulit diobati—menyumbang 75% dari semua resep yang dibagikan di rumah sakit India, menurut sebuah penelitian.

Dokter sebenarnya tidak bisa disalahkan. dr. Kalantari.

Kurangnya pengetahuan tentang antibiotik membuat banyak pasien – di daerah pedesaan dan perkotaan – tidak menyadari adanya resistensi antibiotik.

Bahkan orang kaya dan terpelajar pun minum antibiotik atau menelepon dokter untuk meresepkannya ketika mereka sakit.

Jual Azithromycin Dexa Ds 15ml 200mg/5ml

Sebuah studi terhadap pasien Covid-19 menemukan bahwa lebih dari setengah dari mereka yang mengalami infeksi yang resistan terhadap obat meninggal. (AFP)

Ketika biaya diagnostik naik dan harga antibiotik turun, dokter lebih suka meresepkan obat daripada memesan tes laboratorium.

“Dokter terkadang tidak mengerti apa yang mereka obati secara khusus dan ingin mengobati semua kemungkinan penyakit dengan obat-obatan berspektrum luas,” kata dr. Walia.

Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia

Infeksi rumah sakit juga harus disalahkan. Pasien sering diberi antibiotik untuk mengkompensasi kebersihan dan sanitasi rumah sakit, “karena tidak ada dokter yang mau menulari pasien.”

Surya Husadha Hospital

“Ini adalah badai yang sempurna dalam situasi India. Ada banyak penyakit menular, kurangnya pengendalian infeksi dan antibiotik yang tidak perlu,” kata Ramanan Laxminarayan, direktur One Health Trust, sebuah kelompok penelitian kesehatan masyarakat global.

Para ahli percaya India perlu berinvestasi lebih banyak di laboratorium diagnostik, meningkatkan kapasitas yang ada, mempekerjakan lebih banyak dokter penyakit menular, mengurangi infeksi yang didapat di rumah sakit, dan melatih dokter untuk menggunakan antibiotik yang diuji di laboratorium untuk melawan ancaman infeksi yang semakin meningkat. Bawang putih mentah. mengandung antibiotik alami, sehingga dapat membunuh bakteri pneumonia. Apakah ini benar atau hanya mitos?

Manfaat bawang putih mentah sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sejak zaman dahulu umbi ini telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai infeksi, gangguan pencernaan dan mengontrol tekanan darah.

Tidak hanya itu. Saking besarnya manfaat bawang putih, konon ramuan yang sering ada di dapur rumah Anda ini juga bisa digunakan sebagai obat radang paru-paru.

Pemilihan Tata Laksana Pneumonia Pada Kehamilan

Skeptisisme ini bermula dari laporan bahwa bawang putih mentah mengandung senyawa antibiotik dan efektif membunuh bakteri penyebab pneumonia.

Pneumonia adalah radang paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau jamur. Infeksi paru-paru dapat mempengaruhi kedua paru-paru atau hanya satu.

Pneumonia adalah penyakit yang sangat berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Artinya, apakah itu laki-laki atau perempuan; anak-anak, orang dewasa, atau orang tua dapat mengembangkan penyakit paru-paru.

Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia

Pneumonia tidak sulit menular. Jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang lemah dan terpapar udara dari bersin atau batuk penderita, kuman penyebab penyakit dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernapasan.

Waspadai 6 Komplikasi Yang Diakibatkan Pneumonia

Jadi, Anda akan segera terkena pneumonia. Gejala pneumonia meliputi:

Bawang putih sendiri merupakan bumbu yang sudah digunakan sejak zaman dahulu sebagai bumbu masak dan obat tradisional.

Senyawa aktif yang dapat bertindak sebagai antibiotik alami melawan pneumonia dan infeksi paru-paru.

Tidak hanya membunuh virus yang menyebabkan pilek dan flu biasa, tetapi juga terbukti efektif melawan bakteri gram positif, gram negatif, jamur dan parasit.

Herba Androbi Antibiotik Alami Redakan Demam Hepatitis Radang Tenggorokan Kencing Nanah Gondongan Pencernaan Imun Kekebalan Tubuh Ekstrak Sambiloto

Sejalan dengan temuan tersebut, penelitian lain oleh University of California menemukan hal yang sama. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mencari tahu manfaat jus bawang putih mentah setelah mengkonsumsinya.

Jus bawang putih mentah kemudian diuji di laboratorium terhadap spektrum patogen potensial yang luas, termasuk beberapa jenis bakteri yang kebal antibiotik.

Kesimpulannya, jus bawang putih menunjukkan aktivitas yang signifikan terhadap patogen. Lebih menarik lagi, efek jus bawang putih mentah dipertahankan secara signifikan bahkan pada pengenceran 1:128 dari jus asli.

Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia

Sayangnya, penelitian ini terbatas pada percobaan laboratorium sederhana dan hanya dilakukan pada hewan. Sejauh ini, belum ada penelitian langsung pada manusia tentang manfaat bawang putih mentah untuk mengobati pneumonia.

Perbedaan Antivirus Dan Antibiotik: Adakah Antivirus Untuk Covid 19?

Meski belum terbukti bisa digunakan sebagai obat radang paru-paru, bawang putih mentah tentunya memiliki manfaat kesehatan lain yang sayang untuk Anda lewatkan.

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Studi manusia telah menemukan bahwa suplemen bawang putih memiliki efek yang signifikan pada orang dengan tekanan darah tinggi.

Menurunkan tekanan darah selama 24 minggu. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, dosis suplemen harus cukup tinggi. Diperkirakan setara dengan empat siung bawang putih sehari.

Dijelaskan bahwa 23 relawan dengan kolesterol tinggi yang diberi ekstrak bawang putih mentah selama 4 bulan memiliki hasil yang signifikan dalam profil lipid darah dan peningkatan kapasitas antioksidan darah.

Antibiotik Bisa Resisten, Mengapa ?

Dengan kata lain, ekstrak bawang putih mampu menurunkan kolesterol tinggi pada para relawan tersebut. Namun, para ilmuwan mengatakan penelitian itu kecil dan diperlukan lebih banyak penelitian.

Seiring bertambahnya usia, arteri (pembuluh darah) kehilangan elastisitasnya. Artinya, pembentukan plak aterosklerotik yang memicu serangan jantung dan stroke akan meningkat.

Penelitian telah melaporkan bahwa suplemen bubuk bawang putih yang diminum dua kali sehari selama 24 bulan dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah. Namun, dosis yang digunakan harus cukup tinggi untuk mendapatkan efek ini.

Apakah Antibiotik Selalu Efektif Sembuhkan Pneumonia

Menambahkan bawang putih mentah ke dalam diet harian Anda dapat membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan. Bahkan, peradangan atau iritasi pada saluran cerna berkurang dengan menggunakan ramuan ini.

Ciprofloxacin: Fungsi, Cara Penggunaan, Dan Efek Samping

Ini karena bawang putih dapat membantu membersihkan banyak masalah usus, termasuk disentri, diare, dan kolitis. Perannya dalam mengusir cacing sangat baik.

Lebih baik lagi, mengolah dan memakan bawang putih tidak memengaruhi bakteri baik di usus Anda. Akar ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan gas dari perut.

Manfaat kesehatan bawang putih sangat beragam, bukan? Meskipun banyak dari manfaat ini memerlukan lebih banyak penelitian, namun telah dibuktikan oleh penelitian.

Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi bawang putih setiap hari. Anda bisa mencampurnya dengan makanan atau memakannya langsung agar nutrisinya tetap terjaga. Lihatlah

Pdf) Efektivitas Strategi Pengendalian Pneumonia Untuk Menurunkan Kematian Anak Di Indonesia