Arti Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga Anda

28

Arti Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga Anda – Mengorek telinga sudah menjadi kebiasaan sebagian orang, untuk menghilangkan rasa gatal dan sekedar untuk membersihkan kotoran yang ada di dalamnya. Kotoran telinga sendiri memiliki banyak warna yang masing-masing memiliki arti.

Lalu warna kotoran telinga apa yang masih dianggap normal dan apa yang harus diwaspadai? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Arti Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga Anda

Arti Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga Anda

Kotoran telinga, juga dikenal sebagai serumen, adalah zat yang diproduksi secara alami oleh organ pendengaran melalui kelenjar sebum dan ceruminous. Serumen berfungsi melindungi saluran dan bagian gendang telinga dari kontak dengan partikel asing dan kuman.

Pengiriman Instan] Cincin Cantik Semua 4 Warna

Serumen umumnya berperan aktif dalam mengangkat kotoran dan sel kulit mati. Jika sudah terbentuk, serumen secara alami akan keluar dari telinga dengan sendirinya. Bergerak berbicara atau mengunyah makanan dapat membantunya keluar.

Namun, terkadang tubuh bisa memproduksi lebih banyak serumen pada waktu-waktu tertentu, seperti saat stres dan ketakutan.

Ada dua jenis warna kotoran telinga yang paling umum, kuning kecokelatan (cenderung basah) dan putih keabu-abuan (kering). Namun, serumen seringkali memiliki warna yang berbeda-beda, antara lain:

Kelima warna serumen di atas masih dianggap normal. Ada juga warna lilin yang bisa menandakan kondisi tertentu pada telinga, seperti:

Ini Bahaya Jika Telinga Kemasukan Air

Untuk membersihkan kotoran telinga. Nyatanya, langkah tersebut bukanlah hal yang tepat. Menempatkan benda apa pun di telinga justru bisa menimbulkan masalah baru.

Bahkan bisa membuat serumen terdorong lebih dalam. Belum lagi, saat menggali terlalu dalam, gendang telinga juga berisiko pecah.

Padahal, tidak perlu secara khusus membersihkan telinga. Satu-satunya hal yang dapat Anda lakukan adalah mengeringkan bagian luarnya, bukan memasukkan apa pun ke dalamnya. Seperti yang sudah disebutkan, serumen bisa keluar dengan sendirinya bersama kotoran.

Arti Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga Anda

Namun jika kotoran menumpuk dan muncul rasa gatal, Anda bisa menggunakan obat tetes telinga komersial untuk melembutkan kotoran telinga. Keesokan harinya, gunakan alat suntik karet (syringe) untuk menyemprotkan air hangat ke dalam telinga.

Buah Alat Pembersih Kotoran Telinga Penghapus Lilin Telinga Pembersih Peralatan Kawat Gagang Plastik Kecil

Setelah itu, miringkan kepala dan tarik telinga luar ke atas dan ke belakang. Ini akan membantu air keluar bersama dengan kotoran yang dibawanya.

Jika Anda menemukan serumen yang berwarna hijau atau kemerahan, Anda juga tidak perlu ragu untuk memeriksakannya. Karena kedua warna ini bisa menandakan adanya infeksi atau kelainan lain yang memerlukan pengobatan.

Nah itulah ulasan tentang warna kotoran telinga dan cara membersihkannya. Meskipun dapat dilakukan di rumah, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis Telinga, Hidung, Tenggorokan (THT) jika Anda tidak yakin melakukannya sendiri.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui layanan Dokter Baik 24/7. Mitra dokter kami siap memberikan solusi. Yuk, download program Good Doctor disini!

Temukan Rahasia Kesehatan Anda Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga, Simak Penjelasannya!

Kami menggunakan cookie untuk menyesuaikan pengalaman Anda, mengukur kinerja situs, dan menayangkan iklan yang relevan. Dengan mengeklik tombol ‘terima’, Anda setuju bahwa cookie dapat diatur sesuai dengan Kebijakan Privasi kami. Variasi warna kotoran telinga juga memiliki arti kesehatan yang berbeda. Cari tahu lebih lanjut melalui fakta-fakta berikut!

Tahukah Anda bahwa kotoran telinga merupakan hal yang wajar terjadi pada indera pendengaran? Dalam istilah medis, kotoran di telinga disebut serumen (

Faktanya, kotoran telinga membantu menghilangkan benda atau partikel asing (puing-puing) dan mencegahnya masuk lebih dalam. Selain itu, serumen juga dapat melindungi indra pendengaran Anda dari paparan kuman.

Arti Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga Anda

Ada berbagai warna kotoran telinga, dengan tekstur yang berbeda. Warnanya bervariasi, tergantung kapan kotoran itu diproduksi. Semakin lama, semakin gelap warnanya.

Nirkabel Otoscope 3.9mm Ultra Tipis Akses Internet Nirkabel Telinga Kamera Lingkup Dengan Kotoran Telinga Removal Tool Dan 6 Led Dengan Tmperature Control Untuk Iphone|kamera Pengintai|

Seperti sebelumnya, warna kotoran telinga yang kuning hingga jingga juga menandakan bahwa kotoran telinga tersebut masih tergolong baru. Ini juga merupakan warna normal dari kotoran telinga.

Warna ini menandakan kotoran telinga yang normal, dimana kotoran telinga sudah ada sejak lama dan telah membawa kotoran atau sel kulit mati.

Kotoran telinga oranye hingga coklat relatif normal. Artinya, serumen sudah lama diproduksi sehingga lengket dan kental.

Warna ini berarti kotoran telinga telah diproduksi dalam waktu lama dan sudah kering. Kotoran telinga ini masih dalam kategori normal.

Telinga Keluar Cairan: Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Kotoran telinga yang berwarna kuning hingga hijau dapat menandakan adanya nanah dan telah terjadi infeksi pada organ pendengaran Anda. Infeksi dapat disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Kotoran telinga berwarna hijau yang berbau tidak sedap menandakan adanya infeksi yang serius. Jika fesesnya cair dan keluar terus menerus, bisa jadi itu adalah infeksi yang menetap atau akut.

Berdasarkan daftar di atas, tidak semua kotoran telinga berbahaya atau tidak normal. Namun, Anda perlu waspada jika menemui kondisi berikut:

Arti Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga Anda

Jika Anda mengalaminya, ada kemungkinan Anda mengalami infeksi yang melibatkan organ pendengaran dan keseimbangan di telinga bagian dalam. Atas dasar itu, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami satu atau beberapa gejala di atas.

Kiat Tepat Menjaga Kebersihan Telinga Anak

Jika dirasa kotoran telinga banyak dan mengganggu, konsultasikan ke dokter THT untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Untuk mengetahui fakta lain seputar kesehatan telinga dan pendengaran, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi Kolaborasi dengan Maudy Ayunda, Aeris Beaute Ciptakan Produk Kecantikan Berkelas Internasional The Fly Band Group Luncurkan Single Musik Biar Hadirkan Puluhan Art Works, artina.Sarinah Exhibition Resmi Buka Penjelasan Menparekraf Soal Pola Wisata BToC INIAJAITU Menggebrak Dunia Musik Lewat Single Fake News

| Jakarta – Kotoran telinga atau dikenal juga dengan cerumen merupakan kumpulan sel kulit mati, rambut atau kotoran di bagian luar liang telinga. Meski menjijikkan, warna kotoran telinga bisa berubah yang menunjukkan kebersihan dan kesehatan telinga Anda. Kotoran tersebut melumasi dan melindungi telinga dari bakteri atau serangga kecil yang masuk ke dalam telinga.

Saat telinga dibersihkan, warna kotoran sering berubah. Terkadang kuning, abu-abu, atau hitam. Lantas apa sebenarnya arti dari warna kotoran di telinga Anda tersebut? dr. Handri Irawan, MMRS menjelaskan, telinga secara alami menghasilkan kotoran untuk mencegah masuknya zat asing penyebab infeksi ke liang telinga. Selama beberapa hari, zat lilin akan menumpuk bersama sel kulit mati untuk membentuk serum.

Cara Untuk Merawat Infeksi Jamur Pada Telinga

“Saat serumen menumpuk, kotoran akan terdorong sendiri menuju telinga bagian luar untuk dikeluarkan. Jadi, jangan heran jika suatu saat Anda menemukan kotoran telinga keluar dengan sendirinya. Namun, kotoran yang menumpuk seringkali membuat telinga gatal,” cuit Dr Handri di akun Twitternya @drhandri dikutip Rabu (07/06/2022).

“Anda pasti ingin sekali menghilangkan kotoran tersebut dengan berbagai alat, mulai dari cotton buds, cotton buds plastik atau metal dan serum wax. Namun, hal ini sebaiknya tidak Anda lakukan karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan telinga Anda,” lanjutnya.

Warna kotoran telinga sangat bervariasi, tergantung kesehatan dan etnis seseorang. Namun umumnya serumen akan berwarna kuning kecokelatan dan lengket atau kuning keabu-abuan dan kering. Sekali serumen bisa berubah warna dari biasanya yaitu merah atau hitam. Berikut penjelasan mengenai tekstur dan warna kotoran telinga yang perlu Anda ketahui:

Arti Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga Anda

Kotoran yang terlihat menguning dan terasa lembek adalah lilin baru. Hal ini tidak menjadi masalah, asalkan kotoran telinga tidak terlalu encer dan keluar dari liang telinga Anda.

Jual Alat Pembersih Telinga Korek Kuping Stainless Steel Ear Cleaner Kotoran Anti Karat W 027

“Jika serumen yang dihasilkan lebih banyak, bahkan hampir menetes dari telinga, lalu muncul gejala lain yang membuat telinga tidak nyaman, segera periksakan ke dokter. Kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh infeksi telinga tengah,” tegas dr. Handri.

Kotoran telinga tidak segera dikeluarkan dari tubuh. Kotoran akan mengendap dan terus menumpuk dengan sel kulit mati. Kotoran lama ini biasanya berwarna coklat kehitaman dan cenderung mengering.

“Warna gelap itu berasal dari kotoran dan bakteri yang terperangkap di dalam telinga. Orang dewasa cenderung memiliki serumen yang lebih gelap dan keras,” katanya.

Menurut Handi, saat kotoran berwarna coklat mulai menyembul, warnanya bisa berubah menjadi kuning pucat dan sangat kering, seperti serpihan kulit yang mengelupas. Namun, bisa juga tetap berwarna cokelat tua.

Obat Curek Telinga Kering

“Etnis mempengaruhi perbedaan warna kotoran telinga. Orang keturunan Kaukasia dan Afrika-Amerika cenderung memiliki lilin yang warnanya lebih gelap dan lebih lengket. Sedangkan penduduk asli Amerika dan orang keturunan Asia Timur cenderung memiliki lilin yang kering dan encer,” jelas Dr. Handri.

Namun perlu diwaspadai jika gejala lain menyertai serum ringan, seperti kulit cepat mengelupas atau muncul ruam. Kondisi ini mungkin mengindikasikan bahwa Anda mengalami eksim atau psoriasis.

Adanya warna kemerahan pada serum Anda menandakan adanya luka. Kondisi ini bisa terjadi akibat gesekan yang terlalu berlebihan saat Anda membersihkan telinga atau mengalami luka di sekitar telinga.

Arti Dari Warna Dan Bentuk Kotoran Telinga Anda

“Bila ini terjadi, sebaiknya berhenti membersihkan telinga sampai lukanya kering. Jika darah yang keluar banyak, segera periksakan ke dokter agar kondisinya tidak semakin parah,” tutur dr Handri.

Pakai Cotton Bud Malah Bahaya, Mending Coba Teteskan 1 Bahan Ini Agar Telinga Bisa Bebas Dari Kotoran, Coba Dan Buktikan Hasilnya!

Kotoran telinga yang berwarna hitam menandakan bahwa kotoran yang terkumpul terlalu banyak dan sulit untuk dikeluarkan. Produksi kotoran telinga yang berlebihan ini biasanya terjadi saat Anda merasa stres, cemas, atau takut.

“Meski umumnya berwarna kuning atau coklat, serumen bisa berwarna hitam pekat. Kondisi ini umum terjadi dan jarang menunjukkan kondisi yang serius. Kondisi berikut dapat menyebabkan serumen hitam:

Dikutip dari Mayo Clinic, pembersihan kotoran telinga memang tidak perlu dilakukan dengan menggunakan alat apapun. Serumen biasanya akan keluar dengan sendirinya. Namun, pilihan perawatan dapat membantu dalam merawat kotoran telinga yang menumpuk atau menyumbat telinga Anda.

Menggunakan jari atau cotton bud bukanlah cara yang bijak untuk mengatasi serum yang menumpuk. Anda membutuhkan obat tetes telinga untuk melunakkan kotoran telinga agar lebih mudah dikeluarkan. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis obat tetes telinga di apotek, seperti gliserin, hidrogen peroksida, peroksida, minyak zaitun, atau baby oil. Cara pemakaiannya cukup mudah yaitu dengan meneteskan 2 hingga 3 tetes obat ke dalam telinga. Tunggu beberapa detik, lalu telinga dibersihkan.

Apakah Benar Membersihkan Telinga Pakai Cotton Bud Berbahaya? Begini Penjelasannya

Jika obat tetes telinga tidak mempan, segera temui dokter THT. Dokter akan merekomendasikan beberapa perawatan untuk menghilangkan kotoran telinga yang menumpuk, seperti: Jakarta – Kotoran telinga merupakan zat alami yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak. Kotoran ini pasti ada