Awas Obat Maag Bisa Sebabkan Efek Samping Ini – Meski dalam dunia medis, maag sebenarnya lebih tepat disebut GERD atau gastric reflux, namun entah kenapa, masyarakat di Indonesia lebih terbiasa menyebutnya sebagai penyakit maag.

Namun di luar itu, GERD sendiri merupakan kelainan berupa isi lambung yang mengalami refluks isi lambung berulang kali ke kerongkongan sehingga menimbulkan gejala dan/atau komplikasi yang menyusahkan.

Awas Obat Maag Bisa Sebabkan Efek Samping Ini

Awas Obat Maag Bisa Sebabkan Efek Samping Ini

Untuk meredakan nyeri gerd, obat maag ini sering menjadi solusi agar nyeri yang terjadi bisa berkurang.

Awas, 5 Kebiasaan Ini Berisiko Sebabkan Gigi Berlubang

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah BioMed Central Nephrology mencatat bahwa seringnya konsumsi obat anti maag lebih rentan terkena penyakit ginjal di kemudian hari.

Studi ini menemukan bahwa dari total 24.000 pasien CKD yang diteliti, satu dari empat pasien sering mengobati GERD mereka dengan obat maag penghambat pompa proton (PPI).

Dibandingkan jenis obat asam lambung lainnya, PPI sejauh ini menjadi favorit banyak orang karena khasiatnya yang ampuh dan bekerja cepat.

Tanpa disadari, terlalu sering mengonsumsi obat PPI untuk maag terbukti memberikan efek negatif pada organ tubuh lainnya, yaitu merusak ginjal.

Lambung Aman, Puasa Nyaman Bersama New Enzyplex

Sementara itu, studi terpisah yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA) juga membuktikan hal yang sama.

Menurut penelitian ini, orang yang sering mengonsumsi obat PPI untuk maag memiliki risiko 20-50% lebih tinggi terkena penyakit ginjal kronis.

Namun, salah satu teori yang dipercaya secara luas adalah efek samping dari PPI itu sendiri pada tubuh manusia.

Awas Obat Maag Bisa Sebabkan Efek Samping Ini

Obat anti maag diduga dapat menurunkan kadar magnesium secara drastis. Padahal, magnesium dibutuhkan oleh ginjal agar berfungsi dengan baik.

Bpom Temukan Banyak Penyalahgunaan Obat Di Bangka Belitung

Lihat posting ini di Instagram Salam. Obat-obatan sangat berguna saat kita merasakan sakit. Oleh karena itu, obat harus disimpan pada tempat yang tepat dan dengan cara yang benar. Karena jika cara penyimpanannya tidak tepat, maka akan membuat obat tersebut tidak layak untuk dikonsumsi. Jika mereka terpaksa mengkonsumsinya, tentu akan menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Berikut cara menyimpan obat dengan baik dan benar. Baca lebih lanjut atau klik link di bio #gridid​​​​​​ #inspiringbetter #racun #obat #menSaveobatyangbaik #lembab #panas #obatobat #kesehatan #konsumsi #layakkonsumsi #menSavingobat #obatcair #panas #konsumsiobat Postingan yang dibagikan oleh Grid (@ grid_id) pada 7 November 2019 pukul 08.23 PST

Berita hari ini mengejutkan sebuah keluarga yang diduga mati kelaparan, berapa lama orang benar-benar bisa bertahan hidup tanpa makanan?

Cerita saya saya punya penyakit langka dan berbahaya, sulit bagi Mike Tyson untuk mengatakan jika kambuh, apa itu linu panggul?

Ceritaku. Jangan abaikan! Sarwendah mengalaminya sendiri selama bertahun-tahun, berikut beberapa penyakit yang muncul saat sakit kepala kronis

Begini Cara Mengatasi Sakit Perut Melilit

Cerita tentang anak saya jarang muncul di layar kaca, ternyata anak Pierre Roland menderita diabetes sejak usia 3 tahun. Tipta Santa Tampubolon (23), seorang karyawan yang bekerja di departemen kreatif televisi swasta, mengalami mimpi buruk ini.

Tipta didiagnosa GERD setelah bekerja dari jam 08.00 sampai jam 04.00 pagi, tanpa makan, tapi minum kopi sampai 5 kali. Gejala GERD muncul saat tubuh Tipta mulai terasa tidak stabil, lemas, sakit perut, mual, muntah dan menggigil. Ini akan terjadi sekitar September 2021.

Diakui Tipta, selama ini gaya hidup dan pola makannya acak-acakan. Ia sering terlambat makan. Terkadang mereka hanya makan sekali sehari. Kopi bisa lima kali sehari. Untung dia tidak merokok.

Awas Obat Maag Bisa Sebabkan Efek Samping Ini

Sakitnya seperti melilit perut. Untuk tidur pun saya harus menopang perut dengan bantal, karena kalau salah posisi, sakit. Saya melanjutkan dengan diare, muntah. Ini pasti masalah perut. Soalnya saya merasa pusing, tapi saya minum panadol, pusingnya hilang, oh berarti begini

Jangan Sembarangan Minum Obat Sakit Maag, Risikonya Kerusakan Ginjal

Tipta menyadari bahwa itu tidak baik. Dia pergi ke rumah sakit karena obat bebas yang dia minum tidak bekerja. Di sana, dokter mendiagnosa Tipta terkena GERD akibat asam lambung yang meningkat.

Selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa. GERD mengubah gaya hidup Tipta. Ia mengaku minum kopi membuatnya trauma. Makan mie atau makanan pedas juga tidak gratis seperti dulu. Tipta mengaku perutnya sering sakit saat mengonsumsi makanan tertentu.

“Saya mulai memperhatikan diet saya. Jadi sekarang Anda selalu membawa biskuit untuk dimakan di tas Anda. Saya juga tidak makan sebanyak dulu,” kata Tipta. “Saya biasa makan makanan pedas. Sekarang saya tidak bisa lagi. Saya juga tidak bisa makan mie. Jeruk nipis, lemon, juga tidak bisa. Langsung sakit.”

Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah gangguan pencernaan akibat penumpukan asam lambung dalam jangka panjang ke dalam esofagus atau kerongkongan. Dengan kata lain, GERD akan terjadi ketika asam lambung seseorang meningkat.

Awas Bahaya Stres Dan Asam Lambung! Atasi Dengan Cara Ini

Jika GERD terjadi karena asam lambung naik ke kerongkongan, maka terbentuklah maag akibat peradangan, iritasi, atau pengikisan lapisan lambung. Gejalanya berbeda. Selain nyeri di perut bagian bawah, GERD biasanya menimbulkan rasa tegang dan mulas. Sedangkan gejala maag berupa nyeri di perut bagian bawah dan nyeri di perut tanpa ada rasa panas di dada.

Menurut dr Dewangga Gegap Gempita, Ketua Dewan Pembina Ikatan Dokter Umum Indonesia Kota Depok, banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena GERD, salah satunya adalah gaya hidup. Orang yang sering merokok, minum alkohol dan minuman berkarbonasi, mengonsumsi makanan cepat saji dan junk food, serta begadang dua kali atau lebih rentan terhadap GERD.

Gaya hidup begadang juga menjadi pemicu mengapa GERD meningkat. Karena ketika seseorang begadang, biasanya mereka mengkonsumsi makanan setelah jam 10 malam ketika perut sebenarnya perlu istirahat. Hal inilah yang dapat memicu peningkatan asam lambung di dalam tubuh.

Awas Obat Maag Bisa Sebabkan Efek Samping Ini

Tubuh manusia membutuhkan 90 hingga 120 menit untuk mencerna makanan di perut. Pada saat proses mencerna makanan, terdapat katup pada esofagus atau kerongkongan yang terbuka. Ketika proses pencernaan makanan belum selesai, dan orang tersebut sedang berbaring, maka asam lambung yang berbentuk cairan akan menempati tempat paling bawah dan tetap terperangkap di kerongkongan.

Penyebab Gastritis, Gejala Serta Cara Mengatasinya

Dan ingat, asam lambung bersifat asam. Jadi, sifat asamnya telah melukai organ dalam yang bukan tempatnya, salah satunya kerongkongan. Kemudian akan timbul rasa panas atau perih di area dada dan menjadi GERD.

Gejala GERD yang paling umum adalah mulas atau sensasi terbakar di dada. Gejala GERD juga dapat disertai dengan gejala lain, antara lain:

Penting untuk diketahui bahwa gejala GERD sering disalahartikan sebagai serangan jantung. Ini tidak lain karena keduanya sama-sama menyebabkan rasa panas di dada dan nyeri di perut bagian bawah.

Gejala serangan jantung dan GERD bisa berbeda. Serangan jantung biasanya menyebabkan nyeri ulu hati dan nyeri dada yang sangat parah dan menyebar ke lengan, leher, dan rahang. Biasanya terjadi setelah aktivitas fisik yang berat.

Jual Obat Sakit Tenggorokan Karena Asam Lambung Tanpa Efek Samping Bpom Dan Halal Mui Propolis Sm Brazil

Sedangkan sakit maag dan dada akibat GERD biasanya disertai dengan rasa asam di mulut, diikuti rasa mual dan ingin muntah. Penderita akan semakin merasakan nyeri saat berbaring.

Jika GERD berlanjut dan tidak ditangani maka akan menyebabkan inflamasi atau peradangan pada organ pencernaan salah satunya esofagus atau tenggorokan yang disebut penyakit LPR (Laryngopharyngeal reflux).

LPR adalah kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan kemudian ke bagian belakang tenggorokan (faring) atau kotak suara (laring). Hal ini akan menyebabkan rasa panas di tenggorokan, kesulitan menelan, suara serak, batuk dan postnasal drip kronis atau bahkan menimbulkan komplikasi seperti jaringan parut, bronkitis, emfisema dan kanker.

Awas Obat Maag Bisa Sebabkan Efek Samping Ini

GERD yang dibiarkan dalam waktu lama juga bisa menyebabkan tukak lambung. Ulkus peptikum adalah luka pada lapisan esofagus, lambung, atau usus kecil.

Sering Konsumsi Obat Maag Bisa Sebabkan Penyakit Lain Yang Berisiko

“Jadi antara lambung dan saluran usus ada tempat yang sangat riskan, dalam hal mudah bocor. Jika luka tersebut dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan luka pada lambung sehingga menyebabkan kebocoran,” kata Dewangga.

Kalau ada kebocoran, ini bisnis yang perlu dibedah. Ini adalah sesuatu yang terkadang tidak diperhatikan oleh penderita tukak lambung atau GERD.

Baik GERD maupun asam lambung dapat diobati dengan perubahan gaya hidup, termasuk pola makan seperti menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu reaksi asam lambung serta mengurangi kebiasaan merokok.

Dewangga menegaskan bahwa GERD, maag dan asam lambung bukanlah penyakit keturunan. GERD murni disebabkan oleh gaya hidup seseorang yang tidak sehat, terutama dalam menjaga pola makan.

Daun Kelor Bisa Sembuhkan Diabetes Dan 16 Jenis Penyakit Lainnya

Kalau dibilang kronis, GERD memang penyakit kronis karena bisa bertahan cukup lama. Kondisi tersebut bukan karena tidak sembuh-sembuh, melainkan karena gaya hidup yang tidak berubah. Makanan yang dikonsumsi juga tidak berubah, sehingga akan terus muncul. Sehingga bisa menjadi penyakit kronis.

Ketika seseorang mengalami gejala mirip GERD, hal pertama yang harus dilakukan adalah segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah gejala tersebut sudah menjadi GERD atau tukak lambung sederhana.

Kedua, hindari rokok, alkohol, minuman berkarbonasi, fast food, junk food, makanan instan, termasuk kopi. Ketiga, jangan langsung berbaring setelah makan, tidurlah minimal 90 hingga 120 menit setelah makan. Menjaga gaya hidup adalah yang paling penting, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat sakit maag atau riwayat GERD. Ketiga hal di atas sangat penting dilakukan untuk menjaga asam lambung dan terhindar dari GERD kronis.

Awas Obat Maag Bisa Sebabkan Efek Samping Ini

Hal ini pula yang kemudian dilakukan Tipta untuk mencegah GERD berulang. Sekarang Tipta tidak mau makan sampai larut dan sangat peduli dengan kesehatannya. Makanan yang sangat pemilih dalam konsumsi. Hindari makanan asam dan berhenti minum kopi, bukan untuk mencegah GERD berulang dan membuat hari-hari Anda menjadi repot.

Produk Obat Obatan Di Super Indo Duren Tiga

GERD (gastroesophageal reflux disease) umumnya menimbulkan gejala seperti terbakar atau perih di area dada. Ini terjadi karena naiknya asam lambung secara terus menerus dalam jangka panjang ke kerongkongan. Cari tahu lebih lanjut dengan mengklik di bawah ini. Asam lambung yang meningkat sering terjadi pada banyak orang. Refluks asam terjadi ketika isi lambung naik ke kerongkongan. Kondisi ini juga disebut regurgitasi asam atau gastroesophageal reflux.

Dalam hal ini, mulas adalah rasa sakit atau tidak nyaman yang disebabkan oleh asam yang naik dari perut ke tengah

Efek samping obat ambeien, efek samping obat keputihan, efek samping obat diet herbal, efek samping obat gula, efek samping obat gula darah, efek samping masagi obat diabetes, efek samping kolagit obat diabetes, obat penggemuk tanpa efek samping, efek samping minum obat diabetes, efek samping obat diabetes, efek samping obat susut lemak, efek samping obat diet sera

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here