Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

26

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi – Kuku Anda sering patah tanpa sebab yang jelas? Hati-hati, bisa jadi itu pertanda penyakit. Artinya kuku mudah patah demi kesehatan Anda.

Perhatikan kondisi kuku Anda. Apakah terlihat sehat dan tidak ada masalah? Mungkinkah, Anda sering mengalami patah kuku tanpa sebab yang jelas? Jika demikian, waspadalah. Ini bisa menjadi pertanda buruk bagi kesehatan Anda!

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

Perlu diperhatikan bahwa kuku tersusun atas protein keratin, seperti yang terdapat pada rambut. Bagian tubuh ini memiliki fungsi utama untuk melindungi ujung jari yang lembut dan penuh saraf, serta meningkatkan sensasi sentuhan.

Kuku Mudah Patah, Benarkah Tanda Penyakit Berbahaya?

Melalui kuku, Anda bisa mengetahui tentang apa yang terjadi di dalam tubuh. Dengan kata lain, jika kuku Anda mudah patah, bisa jadi itu pertanda adanya masalah kesehatan pada tubuh Anda.

Kuku yang mudah patah bisa menjadi tanda bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin dan mineral, seperti zat besi, vitamin B, C, D, atau E.

Kuku patah yang sering terjadi juga bisa menjadi tanda tubuh kekurangan asupan protein. Ini karena protein berperan penting dalam menjaga kuku tetap sehat.

Selain menyebabkan pusing dan urin berwarna gelap, dehidrasi juga merupakan faktor utama penyebab kuku mudah patah.

Cara Menggunting Kuku Anjing Secara Aman & Tidak Berontak

Kuku membutuhkan kelembapan dari dalam dan luar. Kelembaban dari dalam didukung dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari.

Sedangkan kelembapan dari luar dapat diwujudkan dengan mengoleskan pelembap pada kuku dan sekitarnya secara rutin dan teratur.

Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan langkah yang tepat untuk mengurangi risiko penyakit menular. Sayangnya, terlalu sering mencuci tangan juga bisa menyebabkan kuku patah.

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

Cat kuku atau nail polish memang bisa menambah nilai estetika jari-jari Anda. Namun, penggunaan cat kuku lebih dari 5 hari dapat menghambat laju ‘pernafasan’ kuku.

Tips Ala Radio Kucing

Faktanya, kondisi stres dapat memicu pertumbuhan kuku yang lebih cepat dan lemah, sehingga kuku mudah patah.

Adanya infeksi bakteri atau jamur pada kuku dapat menyebabkan kuku rapuh sehingga kuku patah tidak terhindarkan.

Salah satu contoh penyakit yang dimaksud adalah hipertiroidisme. Penyakit ini menyebabkan terganggunya asupan oksigen pada kuku sehingga permukaan kuku menjadi lebih cembung dan mudah patah. Kondisi ini disebut sindrom jari tabuh.

Terlepas dari ada atau tidaknya berbagai gangguan kesehatan penyebab kuku patah, Anda tetap harus menjaga kesehatan kuku dengan baik.

Hati Hati, Makanan Ini Bisa Sebabkan Penyakit Hati Berlemak

Tak perlu ke salon, Anda bisa melakukan perawatan kuku secara rutin di rumah. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan.

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun Anda masih sering mengalami patah kuku, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

Ingatlah selalu bahwa kuku yang sering patah bisa menjadi pertanda kondisi kesehatan tertentu. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kondisi ini padahal sudah merawatnya dengan seksama, jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

Sebagai langkah awal untuk mendeteksi penyebab kuku patah, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi LiveChat 24 jam. Ilustrasi: Larangan potong kuku setelah magrib ternyata bukan sekadar mitos belaka. Namun, ada penjelasan mengapa ini perlu. (Produksi RODNAE dari Pexels)

Mengatasi Kucing Susah Buang Air Kecil!

Salah satu alasan dilarang memotong kuku setelah matahari terbenam adalah karena orang menggunakan lentera dan lampu untuk penerangan dan tidak ada listrik pada masa itu.

Oleh karena itu, orang merasa sulit untuk memotong kuku tanpa cahaya yang tepat dan mencegah kemungkinan melukai diri sendiri.

Selain itu, mereka menggunakan alat, bilah, dan bilah primitif untuk memotong kuku mereka, yang meningkatkan kemungkinan cedera dalam kegelapan.

Dikutip AGTV News dari Lingkar Madiun berjudul Mitos Memotong Kuku Sebagai Masalah Setelah Matahari Terbenam, Simak Penjelasannya Disini, kuku yang melampaui kulit adalah sel mati.

What’s Trending • A Podcast On Anchor

Jadi, jika tidak ada cahaya, sel kulit mati yang tidak higienis yang terpotong dari jari tangan dan kaki ini bisa tanpa sengaja mencemari makanan atau bisa juga menempel di pakaian.

Selain itu, sel kulit mati ini juga bisa menjadi rumah bagi mikroorganisme yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi. Oleh karena itu pengekangan.

Dan yang tak kalah pentingnya, orang dapat menetapkan aturan ini untuk memastikan bahwa aktivitas tertentu dilakukan dengan benar.

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

Oleh karena itu, untuk mencegah cedera, infeksi, dan menanamkan disiplin, masyarakat lebih memilih untuk tidak memotong kuku setelah matahari terbenam, namun penalaran logis malah disalahartikan sebagai takhayul.***

Awas! Kutu Air Menyerang Setelah Banjir Datang

Tidak lelah menguleni, 2 jam terjual habis! Sambel Uleg Dhe Sri Surabaya memang juaranya buka pagi sarapan enak murah

Banyak artis dan pejabat yang mencoba pecel yang satu ini, ini Warung Nasi Pecel Yu Gembrot Madiun yang beroperasi sejak tahun 1942 Masih panjang kuku di tangan dan kaki? Eits, jangan dibiarkan begitu saja! Kuku tangan dan kaki yang terlalu panjang ternyata bisa memicu munculnya berbagai penyakit.

Bisa dong, karena bakteri yang terkumpul di bawah kuku akan mengundang berbagai macam penyakit untuk bersarang di tubuh Anda. Apa lagi kalau kamu punya kebiasaan menggigit kuku, hiiii….

Perhatikan cara memotong kuku yang benar berikut ini agar tangan dan kaki bersih. Anda juga menjadi lebih sehat.

Tips Hindari Cantengan Pada Kaki

Ikuti delapan cara memotong kuku dengan benar berikut ini, simak cara membuat kuku lebih bersih. Lagi pula, kuku pendek cenderung tidak mengumpulkan bakteri. Tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Alat terbaik untuk memotong kuku adalah dengan menggunakan gunting kuku. Jadi, hindari memotong kuku menggunakan alat tajam lainnya seperti pisau atau silet.

Meskipun alat tajam lainnya dapat digunakan untuk memotong kuku, risikonya sangat besar. Pisau atau silet dapat memotong daging jari dan menyebabkan pendarahan.

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

Pilih gunting kuku dengan ukuran yang pas untuk kuku Anda. FYI, gunting kuku kecil untuk memotong kuku anak-anak, sedangkan gunting kuku besar digunakan untuk memotong kuku orang dewasa.

Jual Orthafit Bharata Original 100% Asli Herbal Efektif Untuk Herbal Untuk Infeksi Saluran Kencing, Kemih,penyakit Ginjal Maha Bharata Herbal

Sebelum memotong kuku, pastikan Anda merendamnya terlebih dahulu dengan air hangat. Tujuannya agar kuku lebih lembab dan terasa lembut saat digunting.

Jika kuku terlalu kering, akan sulit dipotong dan berpotensi menimbulkan luka. Jadi, luangkan waktu terbaik untuk memotong kuku saat masih basah.

Bagi Anda yang memiliki kuku tebal, Anda harus melunakkan kuku dengan cara merendamnya di air hangat terlebih dahulu dengan durasi yang lebih lama.

Jika kuku sudah cukup lunak, segera ambil gunting kuku, posisikan dalam garis lurus dan potong secara merata. Jangan miring!

Cegah Diabetes Dengan Pemeriksaan Glycated Albumin By Inna Pleasure

Memotong kuku dengan lurus akan membuatnya terlihat persegi, bukan lonjong atau melengkung. Memotong kuku dengan lurus juga dapat mencegah infeksi kuku.

Gunting kuku satu per satu, dari kanan ke kiri. Perhatikan baik-baik gerakan pemotongan yang Anda lakukan ya.

Jangan potong kuku terlalu pendek ya? Meski terlihat lebih rapi, memotong kuku terlalu pendek bisa menyebabkan kutikula kuku hilang.

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

Kutikula adalah lapisan tipis kulit mati yang mengelilingi sisi kuku tangan dan kaki. Saat kutikula dihilangkan, berbagai macam bakteri dan risiko kesehatan bisa muncul.

Satuan Acara Penyuluhan Kesehatan Haji Juni 2017

Jadi, berhati-hatilah saat memotong kuku! Pastikan jangan terlalu pendek ya, karena jika kutikula dihilangkan, infeksi juga bisa menyerang tubuh.

Tak lupa, ratakan juga pinggiran kuku agar terlihat lebih cantik dan bersih. Anda bisa menghaluskan ujung-ujung kuku yang tidak rapi dengan mengikir kuku.

Caranya: gunakan kikir yang terdapat pada gunting kuku. Tekan dengan lembut, kerjakan dari ujung ke ujung. Namun, ingat untuk tidak melakukannya bolak-balik agar kuku tidak terkelupas.

Setelah memotong kuku, bakteri yang bersarang di gunting kuku akan mempengaruhi luas permukaan kuku dan membuatnya kotor.

Ini Akibatnya Kalau Malas Cuci Tangan

Oleh karena itu, setelah memotong kuku, segera bersihkan kuku terlebih dahulu menggunakan sabun, oleskan pelembab agar kuku tidak pecah-pecah.

Gunting kuku harus dibersihkan kembali sebelum dan sesudah digunakan agar bakteri tidak mengotori bagian bawah kuku dan juga jari tangan Anda.

Salah satu trik terbaik untuk membersihkan gunting kuku adalah dengan menggunakan alkohol gosok dan air dengan perbandingan 1:10. Kemudian, keringkan gunting kuku menggunakan kain atau tisu kering.

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

Memotong kuku merupakan salah satu kegiatan yang sebenarnya harus rutin dilakukan. Kuku panjang memang terlihat cantik dan mempercantik penampilan.

Every Post Has Its Own Story: Obat Cacing Konvermex

Sayangnya, risiko kesehatan bagi pemilik kuku panjang juga sangat tinggi. Kuku yang dibiarkan panjang akan mudah patah sehingga berisiko terjadi ingrown hair.

Tentunya kuku yang terlalu panjang juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Akibatnya, penyakit pun mudah masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, kuku yang terlalu panjang dapat menghambat aktivitas Anda sehari-hari. Saat digunakan untuk mencuci baju atau mengetik, disini kuku yang panjang bisa mengganggu aktivitas Anda.

Bukan tanpa alasan, kuku pendek memberikan manfaat terbaik bagi tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Department of Dermatology di University of Pennsylvania menyatakan bahwa kuku yang pendek dapat mencegah tubuh terkena penyakit.

Modul Modul 1

Bagian bawah kuku, yang disebut area subungual, dapat menampung ratusan ribu bakteri. Nah, ternyata jumlah bakteri di area ini lebih banyak daripada di bagian tangan yang lain.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa kuku palsu mengandung lebih banyak bakteri daripada kuku pendek. Oleh karena itu, sebaiknya tampil apa adanya dengan kuku pendek yang natural dan tidak perlu terlalu sering menggunakan kuku palsu.

Jika memang ingin memanjangkan kuku untuk tujuan estetika seperti supermodel, bersihkan area di bawah kuku secara rutin menggunakan sabun. Lebih baik menjaga kesehatan tubuh, bukan dari sekedar estetika?

Awas Salah Potong Kuku Bisa Sebabkan Infeksi

Itulah delapan cara memotong kuku yang benar dan perlu Anda ketahui. Selama ini mungkin masih banyak yang belum tahu

Kenali Bahaya Tato Permanen Di Tubuh, Picu Alergi Hingga Kanker

Sedang mencari kos eksklusif di Jakarta dan sekitarnya yang strategis dan berperabotan lengkap? Ayo, mari kita naik! Kost akan membuat kamu #NyamanDiRumah dengan berbagai kelebihannya yang berbeda dengan kost pada umumnya. Tidak percaya? Intip videonya di atas!

Yuk download aplikasi yang bisa kamu download di Play Store atau App Store untuk pengalaman boarding yang lebih praktis dan seru. Anda juga bisa langsung menghubungi Nikita (customer service) di +62 811-1546-477 atau kunjungi. LINGKAR MADIUN – Pernahkah Anda memperhatikan area keputihan berbentuk bulan sabit di ujung kuku Anda? Ini bukan hanya area perubahan pigmen di bawah kuku. sebenarnya, ini adalah area yang sangat sensitif dan Anda harus memastikannya tidak rusak.

Area keputihan berbentuk bulan sabit pada kuku kita, yang dilihat mata sebagai bulan sabit putih adalah bagian yang sangat sensitif dan sangat penting.