Bahaya Kekurangan Vitamin A Bagi Kesehatan

34

Bahaya Kekurangan Vitamin A Bagi Kesehatan – (Kotamobagu, 09/08/2022) Kekurangan vitamin A tersebar luas di seluruh dunia, terutama di negara berkembang, dan dapat terjadi pada semua usia, terutama pada masa pertumbuhan. Akibat kekurangan vitamin A adalah penyakit mata yang terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 4 tahun dan merupakan penyebab utama kebutaan, serta meningkatkan risiko terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernapasan atas. Campak dan diare.

Masalah kekurangan vitamin A dapat terjadi tidak hanya pada keluarga berpenghasilan rendah, tetapi juga pada keluarga dengan pendapatan yang cukup. Hal ini disebabkan karena orang tua terutama ibu kurang memiliki pengetahuan tentang gizi yang baik.

Bahaya Kekurangan Vitamin A Bagi Kesehatan

Bahaya Kekurangan Vitamin A Bagi Kesehatan

Jadi bawalah anak Anda ke Posyandu atau Puskesmas pada bulan Februari dan Agustus. Februari dan Agustus adalah bulan vitamin A. Pada kedua bulan tersebut, suplemen vitamin A tersedia untuk anak dalam bentuk kapsul biru (100.000 IU). Kapsul Merah (dosis 200.000 IU) untuk anak usia 6-11 bulan dan 12-59 bulan. Vitamin A juga diberikan pada ibu nifas dalam bentuk kapsul berwarna merah.

Ketahui Akibat Kekurangan Vitamin B

Vitamin A/retinol membantu sel darah merah, sel limfosit; Terlibat dalam antibodi dan integritas sel epitel dalam tubuh.

Vitamin A rabun senja. xeroftalmia Ini juga mencegah kerusakan retina dan kebutaan, serta mencegah anemia pada ibu pasca melahirkan. Pada saat yang sama, jika seorang anak kekurangan vitamin A, anak tersebut lebih mungkin terkena infeksi saluran pernapasan atas; Penyakit menular seperti campak dan diare mungkin terjadi.

Kapsul vitamin A di rumah sakit, Departemen Kesehatan pustu Poskesdes/Polindes, klinik, dokter Tersedia gratis untuk bidan swasta atau posyandu. Sahabat Kesehatan Artikel kali ini akan membahas tentang gejala-gejala dari vitamin A. Anjuran kekurangan dan asupan harian dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Vitamin A adalah vitamin yang larut dalam lemak yang merupakan antioksidan kuat dan mendukung penglihatan yang sehat, fungsi neurologis; Ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kulit dan banyak lagi. Vitamin A bertindak sebagai antioksidan untuk melawan kerusakan akibat radikal bebas, mengurangi peradangan; memperkuat tulang; regulasi gen; menjaga kulit yang sehat dan bersih; Memfasilitasi diferensiasi sel dan mendukung fungsi kekebalan tubuh.

Orang dengan malabsorpsi kronis (kesulitan menyerap nutrisi) sangat rentan terhadap kekurangan vitamin A. Masalah kesehatan paling umum yang menyebabkan malabsorpsi vitamin A adalah masalah sensitivitas gluten; sindrom usus bocor dan respons autoimun; penyakit radang usus; , Gangguan pankreas. Pecandu alkohol dengan kadar vitamin A rendah;

Apa Yang Terjadi Saat Tubuh Kekurangan Vitamin A?

Di Afrika dan Asia Tenggara, kekurangan vitamin A merupakan masalah kesehatan, terutama pada anak-anak dan ibu hamil. Pada anak-anak, ini adalah masalah serius karena dapat menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan yang parah.

Asupan vitamin A harian yang rendah atau gangguan penyerapan vitamin A oleh tubuh dapat menyebabkan, misalnya, penebalan kornea dan kebutaan. Xerophthalmia, salah satu penyakit akibat kekurangan vitamin A, dapat menyebabkan kebutaan akibat kelainan anatomi bola mata dan gangguan fungsi sel optik. Hal ini dapat disebabkan oleh kondisi kering pada selaput lendir mata (konjungtiva) dan selaput bening mata (kornea).

Jangan selalu fokus pada area mata; Kekurangan vitamin A menyebabkan kulit kering; Penipisan dan penebalan. Keratinisasi kulit terjadi ketika sel epitel kehilangan kelembapan dan menjadi keras dan kering. saluran pernafasan Ini dapat terjadi pada selaput lendir saluran pencernaan dan saluran kemih.

Bahaya Kekurangan Vitamin A Bagi Kesehatan

Kekurangan vitamin A dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, menyebabkan infeksi pernapasan. semakin muda pasien; Semakin parah efeknya. Bayi dengan defisiensi vitamin A memiliki angka kematian lebih dari 50%.

Seramnya Dampak Kekurangan Vitamin D. Harian Disway. 27 Januari 2022. Hal. 42 43

Asupan vitamin A bagi ibu hamil paling tinggi pada trimester terakhir. Jika ibu hamil tidak mengonsumsi cukup vitamin A, ia mungkin mengalami rabun senja.

Kebanyakan orang mendapatkan cukup vitamin A, tetapi jika Anda kekurangan vitamin A, dokter Anda mungkin merekomendasikan suplemen vitamin A. Orang dengan gangguan pencernaan atau kekurangan makanan mungkin memerlukan suplemen untuk memenuhi asupan vitamin A harian yang direkomendasikan. Rekomendasi Vitamin A dari makanan dan suplemen yang Anda konsumsi adalah sebagai berikut; Setiap bulan Februari dan Agustus yang merupakan bulan Vitamin A, vitamin A dibagikan secara gratis di posyandu atau puskesmas untuk anak balita. (KVA) masih lazim di seluruh dunia dan dapat terjadi pada semua usia, terutama di negara berkembang. Salah satu dampak kekurangan vitamin A adalah penyakit mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan sampai 4 tahun, yang merupakan penyebab utama kebutaan di negara berkembang.

Manfaat vitamin A, juga dikenal sebagai retinol, antara lain membantu mata beradaptasi terhadap perubahan dari terang ke gelap; mencegah selaput lendir mata mengering, disebut xerosis conjunctiva; Perlindungan dari masuknya bakteri; Kulit dan saluran pernapasan, yang mendukung pertumbuhan tulang dan sistem reproduksi, serta pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. pembelahan sel; Diferensiasi sel adalah antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menetralisir radikal bebas dari kerusakan sel dan jaringan.

Pemerintah menanggapi masalah kekurangan vitamin A dengan memberikan vitamin A dosis tinggi kepada anak-anak di bawah usia lima tahun. A (KVA) masih tinggi pada anak-anak.

Dampak Anemia Terhadap Remaja

Sasaran program ini adalah anak usia 6 bulan sampai dengan 59 bulan. Vitamin A sangat terdistribusi. Ada 2 jenis vitamin A yang diberikan, biru (100.000 IU) untuk bayi usia 6 hingga 11 bulan dan merah (200.000 IU) untuk bayi usia 12 hingga 59 bulan.

Vitamin A juga diberikan pada ibu nifas (bayi yang disusui sampai usia 42 hari). Tinjauan berbagai penelitian menunjukkan bahwa vitamin A merupakan nutrisi yang sangat penting bagi manusia, karena nutrisi ini sangat penting agar proses biologis tubuh dapat berjalan normal. pertumbuhan sel; meningkatkan penglihatan; tindakan Meningkatkan imunitas dan pertumbuhan tubuh. Asupan vitamin A yang tinggi penting untuk anak di bawah usia lima tahun. Tidak hanya ibu setelah melahirkan, axerophthalmia, Juga diberikan pada kondisi tertentu seperti campak dan anak kurang gizi.

Vitamin A tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus dipasok dari luar tubuh, sebagian besar berasal dari daging, telur, beberapa makanan nabati yang mengandung betakaroten (vitamin A) dari produk hewani seperti susu dan hati; Wortel, yang diubah tubuh menjadi vitamin A; bayam, kubis, Brokoli, semangka, pepaya, buah mangga Vitamin A, yang berasal dari buah dan sayuran berwarna seperti tomat dan kacang-kacangan, merupakan sumber yang kaya dari banyak produk makanan. minyak goreng margarin Banyak jenis susu dan pasta siap saji mengandung vitamin A dan vitamin A yang diperkaya, yang mudah didapat secara gratis dan tersedia dalam jumlah yang cukup, menjadikannya sumber potensial vitamin A lainnya. Satu kapsul.

Bahaya Kekurangan Vitamin A Bagi Kesehatan

Teknis pelaksanaan vitamin A dosis tinggi akan mewajibkan semua anak usia 6-59 bulan di bawah lima tahun untuk diberikan secara bersamaan.

Hal Yang Mungkin Terjadi Pada Tubuh Akibat Kekurangan Vitamin A

Staf yang terlibat dalam pemberian vitamin A adalah: dokter; perawat, bidan Tenaga kesehatan seperti tenaga gizi atau kader kesehatan terlatih;

Tempat vitamin A. Departemen Kesehatan Vitamin A Putu, polandia, praktek dokter/bidan swasta; posyandu sekolah, TK dan PAUD disediakan secara cuma-cuma di fasilitas pelayanan kesehatan. Agustus sudah dimulai, Saatnya membawa anak-anak ke posyandu untuk mendapatkan vitaminnya. Bagi ibu yang tidak sempat datang ke posyandu karena keperluan mendesak, Pergi ke bidan desa atau yang terdekat. Dapatkan kapsul vitamin A gratis dari Puskesmas. dengan protokol kesehatan; gunakan masker Jaga jarak dan cuci tangan.

Pada tahun 2019, cakupan vitamin A (88%) untuk Dinas Kesehatan Kota Kotamobagu akan memenuhi (100%) target nasional bahwa semua anak usia 6 sampai 59 bulan harus mendapatkan fortifikasi vitamin A. Kekurangan vitamin A ada. Faktor dengan banyak efek; Misalnya, orang tua tidak membawa anaknya ke fasilitas kesehatan selama bulan Vitamin A dan petugas kesehatan tidak ada di rumah untuk membersihkan anak, yang sangat berpengaruh. Cakupan vitamin A (93,7%) pada Februari 2020 (100%) harus memenuhi target nasional, tetapi tenaga kesehatan; Secara khusus, pengelola program gizi berusaha memastikan bahwa semua anak di kota Kotamobagu menerima kapsulvitan A di bawah program pemerintah. A adalah visi; Vitamin yang larut dalam lemak yang dibutuhkan tubuh untuk banyak fungsinya, termasuk sistem kekebalan dan reproduksi serta kulit. Jika tubuh kekurangan vitamin ini, fungsi-fungsi tersebut akan terganggu.

Beberapa kelompok yang berisiko lebih tinggi untuk kekurangan vitamin ini adalah wanita hamil dan anak-anak; Terutama di negara berkembang termasuk Indonesia. Nutrisi tersebut dapat dipenuhi sehari-hari dengan memasukkan makanan yang mengandung provitamin A, seperti betakaroten.

Hati Hati, Ini Akibat Kekurangan Vitamin B, Termasuk Bisa Bikin Kelainan Janin

Pada dasarnya, Kekurangan vitamin A seringkali disebabkan karena tidak dapat memenuhi kebutuhannya melalui makanan atau suplemen. Istilah kekurangan vitamin adalah kondisi kekurangan vitamin yang serius, namun dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Kekurangan vitamin D umum terjadi di negara berkembang. Alasan utamanya adalah mengonsumsi makanan tinggi provitamin A, terutama produk hewani, serta membatasi sumber betakaroten. Selain itu, penyebab kemiskinan juga mempengaruhi hal ini.

Menurut data WHO, terdapat 190 juta anak dan 19,1 juta ibu hamil di seluruh dunia.

Bahaya Kekurangan Vitamin A Bagi Kesehatan