Benarkah Diet Keto Bisa Sebabkan Diare – Keto Flu: Efek Samping Diet Keto Tanggal Diterbitkan: 10 Februari 2020 Terakhir Diperbarui: 28 Mei 2021 Dilihat pada 18 Februari 2020 Waktu Baca: 2 menit

Diet keto adalah metode diet atau program penurunan berat badan yang berfokus pada pengurangan asupan karbohidrat dan peningkatan asupan lemak. Namun, pengurangan asupan karbohidrat yang berlebihan juga dapat memengaruhi kesehatan, termasuk sumber energi saat menjalankan fungsi tubuh.

Benarkah Diet Keto Bisa Sebabkan Diare

Benarkah Diet Keto Bisa Sebabkan Diare

Tidak hanya itu, diet keto juga dapat menimbulkan efek samping berupa gejala yang terjadi akibat perubahan pola makan dan umumnya terjadi pada awal diet. Gejala yang timbul juga mirip dengan flu, sehingga dikenal dengan keto flu atau flu karbohidrat.

Mengenal Diet Keto: Manfaat Dan Tips Sukses Dietnya

Iklan dari Beli IMBOOST FORCE 10TAB 1 STRIP via HDmall Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ Konsultasi Apoteker GRATIS ✔️ Pesan Sekarang Apa itu Keto Flu?

Keto flu dapat terjadi saat tubuh menyesuaikan diri dengan perubahan metabolisme, dimana asupan karbohidrat yang berkurang menyebabkan tubuh membakar keton sebagai sumber energi. Keton adalah hasil pemecahan lemak, yang merupakan sumber bahan bakar utama selama diet keto.

Namun, jika diet berhasil melewati minggu pertama, berarti tubuh sudah bisa beradaptasi dengan pembakaran keton sebagai pengganti energi, sehingga mengurangi efek samping yang muncul.

Pada dasarnya cadangan lemak yang tersimpan biasanya hanya digunakan sebagai sumber bahan bakar saat asupan glukosa tidak tersedia. Proses penggunaan atau pembakaran lemak untuk energi disebut juga dengan ketosis, yang juga sering digunakan saat kelaparan atau puasa.

Bisakah Makanan Pedas Menyebabkan Ambeien?

Dalam diet keto sendiri, asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh biasanya di bawah 50 gram per hari. Hal ini secara alami dapat mengejutkan tubuh sehingga menimbulkan gejala penurunan fungsi tubuh dan terjadinya keto flu.

Efek samping dari diet keto atau biasa disebut keto flu bisa terjadi saat Anda memulai diet keto, antara lain:

Iklan dari Beli Obat Diet via HDmall Gratis Ongkos Kirim Seluruh Indonesia ✔️ Bisa COD ✔️ Konsultasi Apoteker GRATIS ✔️ Pesan Sekarang

Benarkah Diet Keto Bisa Sebabkan Diare

Menjalani diet keto untuk menurunkan berat badan dapat menimbulkan efek samping seperti di atas dan umumnya terjadi pada minggu pertama atau lebih diet atau mungkin lebih. Namun, efek samping diet keto (keto flu) secara bertahap akan mulai berkurang seiring dengan membiasakan tubuh mengubah keton menjadi energi dalam pola makan yang Anda jalani.

Daftar Makanan Yang Bisa Dikonsumsi Saat Diet Keto

Beberapa gejala yang cukup parah juga terjadi pada mereka yang tidak bisa menjalani diet keto, antara lain demam, muntah, keringat berlebih, dan diare berkepanjangan yang dapat menimbulkan komplikasi, termasuk dehidrasi. Jika hal ini terjadi, segera periksakan diri Anda dan konsultasikan ke dokter.

Diet keto merupakan metode penurunan berat badan yang sudah banyak diikuti oleh banyak orang untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Namun, beberapa orang mungkin tidak fit dan mengalami gejala flu keto.

Anak-anak, ibu hamil, dan remaja adalah kelompok yang tidak boleh menjalani diet keto. Hal ini karena mereka sangat membutuhkan kandungan gizi dan nutrisi yang seimbang selama masa pertumbuhannya.

Selain itu, mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti menderita penyakit ginjal, penyakit hati, gangguan pankreas, penderita diabetes, atau yang sensitif terhadap bahan makanan tertentu, juga tidak disarankan untuk menjalani diet keto.

Berikan 9 Makanan Untuk Anak Diare Ini Agar Cepat Sembuh

Untuk mengatasi flu keto, para pelaku diet keto juga disarankan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, mencukupi kebutuhan tidur, memperbanyak asupan serat, mengurangi aktivitas fisik yang berlebihan dan memperbanyak asupan lemak agar dapat digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh.

Para editor berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja sama dengan dokter dan praktisi kesehatan serta menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan diagnosis medis. menyarankan Anda untuk tetap berkonsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Benarkah Diet Keto Bisa Sebabkan Diare

Konten ini telah ditulis atau diulas oleh praktisi kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Cek Fakta Lengkap Diet Karbohidrat Dan Cara Melakukannya

Para editor berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, komprehensif, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau email di [email protected] Dalam beberapa tahun terakhir, istilah diet keto cukup populer. Terutama di kalangan pemerhati kesehatan dan orang yang ingin menurunkan berat badan. Diet keto dianggap sebagai salah satu cara paling efektif untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Oleh karena itu, banyak orang yang langsung mencoba menerapkan cara diet ini dalam kesehariannya. Banyak yang berhasil, namun tak jarang juga yang gagal menurunkan berat badan dengan diet keto. Pasalnya, untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, sebaiknya Anda tidak hanya melakukan diet keto saja. Ada sederet cara dan menu diet keto yang perlu Anda pahami agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang cukup setiap harinya. Jika Anda ingin menggunakan diet keto, ada baiknya Anda mempelajari terlebih dahulu cara dan menu diet keto yang tepat agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Pada artikel kali ini kita akan membahas lebih dalam tentang menu diet keto untuk pemula dan cara melakukan diet keto yang benar.

Diet ketogenik atau diet keto adalah pola makan yang mengurangi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi lemak sehat, seperti alpukat dan ikan berlemak, atau sumber lemak baik lainnya. Prinsip di balik diet keto adalah tubuh menggunakan dua sumber bahan bakar untuk melakukan aktivitas sehari-hari, yaitu glukosa (gula) dan keton (lemak). Diet keto dianggap sebagai anugerah untuk menurunkan berat badan dengan menggunakan lemak tubuh sebagai sumber energi.

Awalnya, metode diet keto digunakan untuk anak-anak penderita epilepsi dan resisten obat. Pasalnya, jenis diet ini bisa mengurangi frekuensi serangan. Selain itu, diet keto juga bermanfaat untuk membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2, mengurangi risiko penyakit jantung, dan mengurangi risiko berkembangnya gangguan sistem saraf.

Benarkah Probiotik Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak?

Ada tiga tahapan yang harus dilakukan saat memulai diet keto. Untuk itu, jika ingin memulai melakukan diet keto, Anda harus memahami terlebih dahulu ketiga tahapan tersebut, agar hasilnya maksimal. Berikut pembahasan tahapan diet keto.

Tahapan pertama ini dilakukan untuk mendorong tubuh mencapai keadaan ketosis, yaitu kondisi di mana tubuh beradaptasi untuk menggunakan lemak sebagai sumber energinya. Cara memulai pada tahap ini adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat dan makanan hewani, seperti telur, daging, ayam, dan ikan, hingga 10 gram per hari. Maka Anda disarankan berpuasa selama 16-18 jam. Selama masa puasa ini, Anda tetap disarankan untuk menjaga asupan air dan minuman tanpa kalori, agar tubuh tidak dehidrasi. Tahap induksi ini biasanya berlangsung 2-3 hari.

Fase konsolidasi adalah tahap kedua saat memulai diet keto. Pada tahap ini Anda diperbolehkan untuk mengkonsumsi sayuran dan sumber protein nabati, namun tetap tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Namun bila pada tahap ini konsumsi sayuran menyebabkan gula darah lebih dari 90 mg/dl, maka Anda harus kembali ke tahap induksi. Fase konsolidasi ini sebaiknya dilakukan selama 1 minggu hingga 1 bulan.

Benarkah Diet Keto Bisa Sebabkan Diare

Pada tahap pemeliharaan ini dapat dikatakan tubuh sudah beradaptasi dengan pembakaran lemak sebagai sumber energi. Pada tahap ketiga ini, Anda juga boleh mengonsumsi buah dan sayur, namun asupan karbohidrat Anda dibatasi maksimal 20 gram per hari. Selain itu, jika Anda sedang menjalani diet keto, Anda disarankan untuk rutin mengecek kadar gula darah dan disiplin menjaga kadar gula darah agar tidak melebihi 90 mg/dl. Kemudian asupan makanan yang dianjurkan pada tahap ini adalah 75% lemak dengan 25% protein dan 10% karbohidrat.

Apakah Diet Alkali (alkaline Diet) Termasuk Salah Satu Diet Sehat?

Cara diet keto yang pertama adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Hal ini dilakukan agar tubuh terbiasa membakar lemak sebagai sumber energi untuk beraktivitas sehari-hari. Jika Anda menjalani diet keto, sebaiknya kurangi asupan karbohidrat hingga di bawah 50 gram per hari. Oleh karena itu, cara paling mudah bagi pemula untuk melakukan diet keto adalah dengan mengurangi konsumsi nasi putih. Karena nasi putih merupakan salah satu sumber utama karbohidrat. Selain itu, sebaiknya hindari juga penggunaan umbi-umbian atau umbi-umbian, seperti ubi jalar atau ubi.

Selanjutnya untuk mengadaptasi cara diet keto yang benar yaitu dengan meningkatkan porsi konsumsi protein. Namun, suatu hari Anda tidak bisa hanya makan protein. Pasalnya, saat menjalani diet keto, total kandungan protein yang masuk dibatasi hanya sekitar 20% dari total asupan harian. Selain itu, Anda juga perlu memilih sumber asupan protein yang tepat. Pada tahap awal diet keto, Anda disarankan mengonsumsi protein hewani, seperti daging merah atau dada ayam. Selanjutnya, pada tahap konsolidasi atau tahap kedua, barulah Anda bisa mengonsumsi protein nabati.

Seperti yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, saat menjalani diet keto, pemilihan makanan tidak boleh asal-asalan. Meski dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein dan lemak, lemak yang dikonsumsi pada diet keto juga harus lemak baik atau lemak tak jenuh. Berikut beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk diet keto:

Selain makanan yang dianjurkan, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang sebaiknya dihindari saat menjalani diet keto. Makanan yang harus dihindari adalah makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat. Berikut jenis makanan yang harus dihindari pada diet keto:

Cara Mengatasi Keto Flu Saat Diet Keto

Sebagai pemula yang baru menjalani diet keto, Anda mungkin sering bingung menu makanan apa yang cocok untuk disantap saat menjalani diet keto. Pasalnya, asupan makanan saat menjalani diet keto harus diperhatikan dengan baik agar hasilnya maksimal. Jenis asupan makanan pada diet keto sebaiknya memenuhi kebutuhan harian tubuh atau mengandung 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat. Agar Anda tidak bingung dan bisa mengikuti diet keto dengan benar, berikut daftar menu diet keto mingguan untuk pemula yang bisa Anda coba.

Makan malam: Sup daging sapi dengan tomat, lalu bumbui dengan mentega, keju, bumbu dengan garam,

Asam lambung sebabkan diare, maag sebabkan diare, diare di sebabkan oleh, diare di sebabkan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here