Benarkah Hemofilia Lebih Mudah Menyerang Pria

43

Benarkah Hemofilia Lebih Mudah Menyerang Pria – Hari ini, setiap tahun tepatnya tanggal 17 April, kita memperingati Hari Hemofilia Sedunia atau World Hemophilia Day. Banyak orang mungkin tidak tahu apa itu hemofilia, yang disebut-sebut sebagai penyakit langka.

Hemofilia dikaitkan dengan gangguan pembekuan darah, sehingga bisa sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Oh iya, ada dua jenis penyakit hemofilia yang disebabkan oleh kekurangan faktor tertentu di dalam darah.

Benarkah Hemofilia Lebih Mudah Menyerang Pria

Benarkah Hemofilia Lebih Mudah Menyerang Pria

Menurut NHS, hemofilia adalah penyakit genetik langka yang terjadi di dalam tubuh akibat ketidakmampuan darah menggumpal. Meskipun KBBI mendefinisikan, bagaimanapun, hemofilia adalah penyakit di mana darah pasien cenderung tidak menggumpal dan karena itu terus mengalir saat terluka (biasanya turun-temurun).

Asuhan Keperawatan Hemofilia

Orang dengan hemofilia mudah berdarah dan membutuhkan waktu lama untuk menggumpal. Lebih buruk lagi, penderita hemofilia mengalami pendarahan internal dan pembengkakan sendi akibat pendarahan sendi.

Hemofilia sangat jarang, tetapi sangat mematikan. Tidak ada obat untuk penyakit ini, tetapi pengobatan dapat membuatnya sembuh tanpa efek samping yang fatal. FYI, penyebabnya adalah kurangnya protein tertentu yang dibutuhkan untuk faktor pembekuan di tubuh pasien.

Menurut Federasi Hemofilia Dunia (WFH), 1 dari 10.000 orang dilahirkan dengan kondisi tersebut. CDC mengatakan itu mempengaruhi 1 dari 5.000 pria, jadi pria lebih mungkin mendapatkannya.

Alasan pria lebih mungkin mengembangkan hemofilia adalah karena mereka hanya memiliki satu kromosom X, sedangkan wanita memiliki dua. Jadi, jika gen Faktor VIII pada satu kromosom tidak berfungsi, kromosom perempuan lainnya dapat membuat Faktor VIII.

Cara Mengenali Hemofilia Sejak Dini

Ini tidak terjadi pada pria dengan hanya satu kromosom X. Jika gen Faktor VIII hilang, dia akan menderita hemofilia. Jika seorang wanita memiliki gen faktor VIII yang rusak, dia bisa menjadi pembawa dan menularkannya kepada anak-anaknya.

Anak laki-laki yang lahir dari wanita yang kekurangan faktor VIII memiliki peluang 50% untuk mengembangkan hemofilia. Anak perempuan, di sisi lain, memiliki peluang 50% untuk menjadi pembawa. Semua anak perempuan penderita hemofilia harus menjadi pembawa.

Ada tiga jenis hemofilia, hemofilia A, B, dan C. Hemofilia A, bentuk paling umum dari hemofilia, terjadi karena kekurangan faktor VIII dalam darah. Delapan dari 10 orang dengan hemofilia biasanya memiliki hemofilia A.

Benarkah Hemofilia Lebih Mudah Menyerang Pria

Hemofilia B, juga dikenal sebagai kelainan bawaan, disebabkan oleh kekurangan faktor IX. Hemofilia C adalah bentuk paling ringan dari hemofilia yang disebabkan oleh defisiensi faktor XI. Orang dengan bentuk hemofilia C yang langka ini biasanya tidak mengalami pendarahan secara tiba-tiba, melainkan ketika mereka terluka atau menjalani operasi.

Fakta Tentang Hemofilia, Penyakit Langka Yang Diderita Ratu Victoria

Gejala hemofilia bervariasi tergantung pada tingkat faktor pembekuan yang hilang. Gejala utamanya adalah pendarahan. Kalau derajatnya cukup parah, di sini orang tiba-tiba berdarah. Gejala pada anak biasanya muncul pada usia 2 tahun.

Terkadang, Anda akan melihat penderita hemofilia memiliki kombinasi gejala dan mengalami pendarahan di otak. Gejala yang muncul antara lain:

Jika Anda sedang hamil, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit hemofilia, ya, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter saat mengalami gejala tersebut.

Hemofilia didiagnosis dengan tes darah. Dokter akan mengambil sampel darah dan mengukur kadar faktor pembekuan. Sampel darah kemudian akan dinilai menurut tingkat keparahan cacat pada faktor genetik berikut:

Terapi Gen X Hemofilia Halaman 1

Salah satu pengobatan untuk penderita hemofilia adalah mengganti faktor pembekuan yang hilang. Anda akan menerima konsentrat faktor VIII. Jumlah konsentrat yang dibutuhkan tergantung pada:

Hemofilia ringan dapat diobati dengan desmopressin (DDAVP). Obat ini membantu tubuh melepaskan faktor VIII yang tersimpan di lapisan pembuluh darah. Untuk mencegah perdarahan hebat, penderita hemofilia dan keluarganya dapat mempraktekkan pemberian konsentrat faktor VIII di rumah.

Ini dapat dilakukan jika orang tersebut membutuhkan perawatan pencegahan rutin. Konsentrat DDAVP atau faktor VIII mungkin juga diperlukan sebelum pencabutan gigi atau pembedahan.

Benarkah Hemofilia Lebih Mudah Menyerang Pria

Vaksin hepatitis B juga penting bagi penderita hemofilia. Alasannya, mereka rentan terhadap hepatitis B karena sering membutuhkan darah.

Pria Yang Tidak Sunat Rentan Kena Penyakit Ini

Beberapa orang dengan hemofilia A mengembangkan antibodi yang membunuh Faktor VIII. Antibodi ini disebut inhibitor. Jika demikian, pasien harus disuntik dengan faktor pembekuan buatan yang disebut VIIa.

Hemofilia adalah penyakit genetik yang diturunkan dari orang tua ke anak. Jadi ketika seorang wanita hamil, Anda tidak tahu apa yang terjadi pada janin kecuali Anda tahu suami atau ayah Anda menderita hemofilia.

Jika kehamilan Anda karena IVF ya, Anda dapat menguji penyakit dari kualitas sel telur Anda sehingga hanya sel telur yang bebas hemofilia yang dipilih. Konseling kesehatan pranikah adalah salah satu cara paling efektif untuk mengetahui tentang Anda dan pasangan.

Sekarang Anda tahu lebih banyak tentang hemofilia. Kondisi ini memang tergolong langka, namun bisa berbahaya jika tidak dikelola dengan baik.

Pengertian Hemofilia Serta Pengobatannya

Di Hari Hemofilia ini, semoga kita bisa belajar lebih banyak lagi tentang penyakit ini. Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, yuk, segera berobat ke medis.

Jika Anda menderita hemofilia, tetap sehat dan tetap kuat! Saya harap Anda dapat terus berhati-hati dan tidak mudah terluka. Ada yang mau sharing pengalamannya terkena hemophilia dengan saudara atau teman yang hemophilia? Jangan malu, silakan tinggalkan komentar di bawah.

Penulis konten gaya hidup di siang hari dan peneliti di malam hari. Peduli dengan kesehatan mental, lingkungan dan gaya hidup sehat. Sangat menyukai kue-kue dan suka mencoba tempat makan siang yang berbeda dan bar yang bagus. Jalan Kurangi Makan Daging Puskesmas Kaligondang_Hemofilia mengalami gangguan pada sistem pembekuan darah, darah sulit menggumpal, dan waktu perdarahan menjadi lebih lama. Hemofilia disebabkan oleh berbagai penyakit

Benarkah Hemofilia Lebih Mudah Menyerang Pria

Jika terjadi pendarahan, tubuh secara otomatis membentuk gumpalan darah yang menghentikan pendarahan. Proses ini terjadi karena adanya faktor yang mendorong terjadinya pembekuan darah (coagulation factor). Hemofilia disebabkan oleh kekurangan faktor pembekuan ini.

Pages 1 50

Gen penyebab hemofilia A atau B terdapat pada kromosom X, sehingga hemofilia A atau B hampir selalu terjadi pada anak laki-laki yang mewarisi salah satu gen hemofilia dari ibu. Kebanyakan wanita yang membawa gen hemofilia adalah pembawa dan tidak menimbulkan tanda atau gejala.

Hemofilia A atau B juga bisa menjadi hasil mutasi gen spontan. Pada hemofilia C, gen penyebab hemofilia C dapat diturunkan dari kedua orang tua kepada anaknya. Hemofilia C dapat terjadi pada anak laki-laki maupun perempuan.

Biasanya perdarahan pertama terjadi sebelum 18 bulan dan seringkali terjadi setelah cedera ringan. Anak-anak mudah memar. Sendi dan otot dapat berdarah berulang kali, yang pada akhirnya menyebabkan kecacatan.

Pendarahan juga dapat menyebabkan pangkal lidah membengkak, menghalangi jalan napas dan menyebabkan kesulitan bernapas. Pukulan kecil di kepala dapat memicu pendarahan di tengkorak, yang dapat menyebabkan kerusakan otak dan kematian.

Peringati Hari Hemophilia Sedunia, Momen Belajar Mengenai Penyakit Hemophilia

Hemofilia dicurigai jika anak laki-laki mengalami perdarahan abnormal. Tes darah dapat mendeteksi keterlambatan dalam proses pembekuan. Jika ada keterlambatan, maka untuk memperkuat diagnosis dan menentukan jenis dan keparahan, dilakukan pemeriksaan aktivitas faktor koagulasi.

Perawatan untuk hemofilia biasanya melibatkan transfusi darah untuk menggantikan faktor pembekuan yang hilang. Namun, beberapa pasien mengembangkan antibodi terhadap faktor pembekuan yang diinfuskan, membuat infus menjadi tidak efektif.

Jika persendian mengalami pendarahan, terapi fisik juga diperlukan untuk menjaga mobilitas dan mencegah kekakuan persendian. Dalam beberapa kasus, sendi mungkin perlu diganti dengan sendi buatan karena kerusakan sendi akibat pendarahan internal yang berulang.

Benarkah Hemofilia Lebih Mudah Menyerang Pria

Jika pasien mengalami cedera ringan, seperti luka kecil atau goresan, tekanan dan perban dapat membantu menghentikan pendarahan. Untuk pendarahan kulit kecil, kompres es dapat digunakan untuk membantu menghentikan pendarahan.

Tubuh Anak Gampang Lebam? Waspada Hemofilia

Orang dengan hemofilia harus menghindari situasi yang dapat menyebabkan perdarahan. Mereka harus merawat gigi mereka dengan baik sehingga mereka tidak perlu mencabutnya.

Pasien juga harus menghindari obat-obatan seperti aspirin, warfarin, heparin, dan pereda nyeri tertentu (seperti NSAID seperti ibuprofen), yang dapat memperburuk gangguan perdarahan. 24 November 2017 pukul 22:36 24 November 2017 pukul 22:36 24 November 2017 pukul 22:36 24 November 2017 pukul 22:46 24 November 1340 0 0

Hallo sobat pembaca, kali ini saya akan membahas tentang darah, dan penyakit yang berhubungan dengan darah yang banyak di kenal oleh kalian. Selamat membaca dan menambah ilmu. Sebelum itu, saya akan memperkenalkan darah secara singkat dan beberapa fungsi darah.

Darah adalah jaringan ikat khusus yang terdiri dari sel darah, trombosit dan matriks cair (plasma). Darah memiliki banyak fungsi yang sangat dibutuhkan tubuh manusia, beberapa di antaranya adalah untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh jaringan melalui kombinasi oksigen dan hemoglobin, yang membuat darah kita berwarna merah cerah, yaitu sel darah merah yang berfungsi (eritrosit). Fungsi kedua adalah untuk melindungi tubuh (antibodi) dari zat asing yaitu virus dan bakteri sehingga mengurangi resiko mudah sakit yaitu fungsi dari sel darah putih (white blood cell). Yang terakhir adalah koagulasi, yang merupakan fungsi dari trombosit. Kali ini saya akan membahas penyakit yang disebut hemofilia. Hemofilia adalah kelainan genetik, penyakit yang diturunkan dari orang tua yang menyebabkan gangguan perdarahan karena rendahnya kadar protein tertentu (faktor pembekuan). Akibatnya, perdarahan akan terus berlanjut dan berlangsung lebih lama dari seharusnya. Dibandingkan dengan orang normal yang tidak mudah berdarah, penderita hemofilia lebih mungkin terluka, bahkan karena alasan kecil.

Waspada, Minggu 8 Desember 2013 By Harian Waspada

Seperti disebutkan sebelumnya, hemofilia adalah penyakit genetik. Ini disebabkan oleh cacat pada gen yang menentukan bagaimana tubuh membuat faktor VIII, IX, atau XI. Gen ini terletak pada kromosom X, sehingga penderita hemofilia mudah dipengaruhi oleh kromosom X, yang merupakan klasifikasi hemofilia.

Setiap orang mewarisi dua kromosom dari orang tuanya. Wanita memiliki dua kromosom X