Benarkah Kangkung Sebabkan Kantuk – Murah dan enak, mungkin itu yang membuat kangkung begitu populer di Indonesia. Teksturnya yang renyah memang sangat cocok jika dicampur dengan bumbu khas Indonesia, ditumis, direbus dan disajikan dengan sambal pedas, bahkan diolah menjadi campuran urap atau pecel.

Namun dibalik kelezatannya, ternyata banyak juga orang yang khawatir makan kangkung karena bisa menyebabkan tidur tidak nyenyak. Padahal, kepercayaan ini sudah diyakini banyak orang sejak lama. Tapi benarkah makan kangkung bisa membuat tubuh lemas dan mengantuk?

Benarkah Kangkung Sebabkan Kantuk

Benarkah Kangkung Sebabkan Kantuk

Menurut dokter spesialis konsultasi gizi klinis, dr. Jovita Amelia, Sp.GK, dalam selada air terdapat senyawa yang dapat merelaksasikan tubuh. Dikombinasikan dengan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dikandungnya, inilah yang meningkatkan rasa tenang dan relaksasi untuk rasa kantuk.

Hal Menarik Tentang Tanaman Kangkung

“Menurut penelitian, kangkung memiliki zat yang menenangkan dan membuat ngantuk. Oleh karena itu, kangkung mengandung antioksidan yang mengandung fenol. Itu memiliki efek menenangkan,” ujar Dr. Jovita Amelia saat dihubungi FOOD via telepon (25/10).

“Kangkung juga banyak mengandung vitamin dan mineral yang membantu metabolisme tubuh sehingga tubuh kita dapat berfungsi dengan lebih baik,” imbuhnya.

Namun, bukan berarti makan kangkung akan membuat tubuh terasa lemas dan mudah mengantuk. menurut dr. Jovita, meski ada komponen yang membuat tubuh rileks, namun jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, tubuh akan tetap sejuk dan bisa beraktivitas produktif meski makan kangkung.

Selain dapat merilekskan tubuh, kandungan sayuran yang renyah ini juga dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap stabil. Serat yang cukup tinggi akan membantu kelancaran proses pencernaan dan mencegah konstipasi atau konstipasi.

Mitos Kangkung Yang Bikin Ngantuk

“Kale rendah kalori, sekitar 20 kkal per 100 gram, dan seratnya cukup tinggi, sekitar 2 gram, rendah lemak dan rendah protein. Jadi baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan karena tinggi serat, dapat membantu melancarkan buang air besar.Kale juga mengandung beberapa vitamin dan mineral.Ada lebih banyak vitamin A daripada kebutuhan RDA (rekomendasi diet) kita, vitamin C hampir memenuhi kebutuhan RDA, B kompleks, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, seng dan masih banyak lagi,” ujar dr. Jovita menjelaskan kandungan dalam kangkung.

Meski begitu, tempat tumbuh kangkung yang tidak sehat, seperti rawa atau bantaran sungai, kerap membuat orang khawatir untuk memakannya. Padahal, di Amerika Serikat, kangkung merupakan salah satu sayuran yang dilarang peredarannya, lho. Selain menyumbat saluran air karena pertumbuhannya yang sangat cepat, lingkungan yang tidak bersih juga membuat kangkung mudah ditempeli bakteri, cacing, atau parasit lainnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya ada beberapa cara agar kangkung lebih aman dikonsumsi. Salah satunya adalah dengan mencuci bersih kangkung kemudian merendamnya dalam air garam untuk membunuh bakteri atau parasit.

Benarkah Kangkung Sebabkan Kantuk

“Kangkung tumbuh di rawa-rawa, sehingga rawan mengandung bakteri. Kita harus mencegahnya dengan cara mencuci dan memastikan tidak ada bakteri. Lalu rendam dalam air garam setelah masak dan jangan dimakan mentah-mentah,” pungkas Dr. Jovita. Selama puasa Ramadhan, sebagian orang cenderung menahan rasa kantuk setelah sahur agar bisa langsung beraktivitas. Akhirnya, kangkung untuk sahur dihindari.

Mitos Atau Fakta, Benarkah Kangkung Bisa Bikin Ngantuk?

Benarkah kangkung menyebabkan kantuk saat dimakan di pagi hari? Yuk, simak data medis yang dilansir Klikdokter.com, pada Sabtu, 8 Mei 2021.

Kale mengandung potasium dalam jumlah besar, yaitu kurang lebih 175 mg dalam 1 cangkir. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah dalam batas normal.

Sebuah penelitian mengklaim bahwa kangkung mengandung senyawa yang menyerupai LSD (lysergic acid dietilamid). Senyawa ini membuat seseorang merasakan sensasi nyaman.

Tryptophan adalah protein untuk memproduksi serotonin dalam tubuh. Serotonin bekerja untuk memperlambat saraf di otak. Bisa jadi zat ini menimbulkan efek mengantuk setelah makan kangkung.

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Ketahui Efek Sampingnya

Meski begitu, belum ada penelitian yang berhasil menunjukkan bahwa efek makan kangkung bisa menyebabkan kantuk. Rasa kantuk juga bisa datang dari konsumsi nasi yang Anda makan saat sahur.

Anemia adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh kurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh. Penyakit ini bisa menyebabkan banyak hal, di antaranya kelelahan, sulit berkonsentrasi, dan kulit pucat.

Sebagian besar waktu, anemia disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena tidak terpenuhinya kebutuhan zat besi harian yang dapat memburuk saat berpuasa.

Benarkah Kangkung Sebabkan Kantuk

Kangkung memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, bahkan hingga 1,5 kali lipat dari bayam. Oleh karena itu, sahur dengan kangkung dapat membantu mencegah anemia.

Kupas Tuntas Kangkung

Sayuran hijau seperti kangkung merupakan sumber serat yang baik. Salah satu manfaat mengonsumsi serat adalah menunda rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Pencernaan yang terganggu dapat menimbulkan rasa mual yang tentunya mengganggu aktivitas. Makan kangkung dapat membantu mencegah kondisi ini.

Efek makan kangkung bikin ngantuk mungkin relatif. Karena tidak semua orang mengalami efek yang sama setelah makan kangkung dalam porsi yang sama.

Jadi makan kangkung untuk sarapan sebenarnya tidak ada hubungannya dengan rasa kantuk yang datang setelahnya. Yang terpenting adalah mengatur porsi karbohidrat terutama nasi agar tidak lemas usai sahur.*** Bagi Anda yang sedang menjalani diet atau gaya hidup dan pola makan sehat, makanlah sayuran yang bervariasi. Tidak diragukan lagi, ini adalah menu wajib. Kangkung sebagai salah satu jenis sayuran merupakan bahan alami yang memiliki banyak kandungan sehat. Seperti dilansir Researchgate, sebuah penelitian mengklaim bahwa kandungan kangkung meliputi vitamin A, vitamin C, dan protein yang sangat tinggi. Meski begitu, ada beberapa mitos tentang kangkung yang sering kita dengar dan mungkin masih banyak yang percaya kebenarannya.

Cara Menanam Kangkung Di Dalam Pot Atau Polybag

[Cek Fakta] Jemaah Umrah Lombok Diduga Tertinggal Perjalanan Di Malaysia, Benarkah? Fakta Kenaikan Gaji PNS yang Disinggung BW 5 Fakta Lukisan Perawan Maria ‘Jawa’ Karya Basoeki Abdullah 6 Fakta Pesta Ulang Tahun Jordi Onsu yang Bikin Kebisingan

[Fact Check] Jemaah haji Lombok diduga ditinggal mudik ke Malaysia, benarkah? Berita tentang jamaah umrah yang tertinggal di Malaysia viral di media sosial. Cek dulu faktanya.

Fakta kenaikan gaji PNS yang dirujuk tim kuasa hukum BW Prabowo-Sandiaga Uno menyampaikan sejumlah hal yang dinilai mencurangi pelaksanaan Pilpres 2019. Salah satunya soal kenaikan gaji PNS. pelayan. ‘ gaji. Naik gaji Molo gila 😂 Program pemerintah selama 5 tahun di Mosoook belum terwujud, malu pejabatnya… gaji 13 saya juga mau di gugat hehehe… fix Govlog 4.0😁 ketawa…hahahaha. ..

Benarkah Kangkung Sebabkan Kantuk

5 fakta tentang lukisan Bunda Maria ‘Jawa’ Basoeki Abdullah Apa saja fakta lukisan Bunda Maria ‘Jawa’ Basoeki Abdullah? Berikut 5 fakta yang dirangkum detikHOT:

Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan, Menyehatkan Ginjal Dan Jantung

6 fakta pesta ulang tahun Jordi Onsu yang bakal bikin kamu terdiam Jordi Onsu berusia 26 tahun dan merayakan ulang tahunnya di Singapura. Inilah fakta-fakta pesta ulang tahun adik perempuan Rubén Onsu yang bakal bikin kamu nggak bisa berkata-kata. Apa pun . saya suka melongo

Fakta Gaji PNS ke-13 yang Dicairkan 1 Juli 2018 Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS, prajurit TNI dan anggota Polri akan segera mendapat rejeki tak terduga. Bagaimana dengan durian yang roboh? Setiap tahun, gaji 13, min. Bagus jadi ayo kita semua lakukan 💪🏽 Bukankah itu sama dengan pohon durian yang tumbang?

Liputan6.Liputan6. Foto: Nadia Permatasari/Tim Infografis Jakarta – Kemarin, tim hukum Prabowo-Sandiaga Uno menyiarkan beberapa hal yang dianggap mencurangi pelaksanaan Pilpres 2019. Jumat, 14 Juni 2019 06:19 WIB Fendy Chow dan Stella Cornelia tidak dapat hamil pada tahun 2018.

Com, Jakarta – Sayuran merupakan salah satu makanan pokok yang dibutuhkan manusia. Kandungan vitamin dan mineralnya membuat sayuran seperti kangkung dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Tali identifikasi atau kartu identitas diikatkan di leher Anda. Bagi Anda yang sedang menjalani diet atau gaya hidup dan memiliki pola makan yang sehat, mengonsumsi aneka sayuran tentu menjadi menu wajib. Hal ini bertepatan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum, Kangkung sebagai salah satu jenis sayuran merupakan bahan alami yang memiliki banyak kandungan sehat. Baca Juga Muatannya Juga Viral, Sudah Tersebar Sebanyak 25. Menurut laporan ResearchGate, sebuah penelitian mengklaim bahwa kandungan kangkung meliputi vitamin A, vitamin C dan protein yang sangat tinggi. Koki Arnold Brother Marion Jola CELEB | Jumat 14 Juni 2019 06:17 WIB Ada fakta baru seputar kehidupan chef Arnold.

Obat Mabuk Perjalanan Yang Aman Digunakan Serta Pencegahan Nya!

Meski begitu, ada sejumlah mitos kangkung yang sering kita dengar dan diyakini banyak orang 200 kali lipat kebenarannya dan kita mengumpulkan 532 komentar. Baca Juga Sebut saja mitos bahwa kangkung bisa menyebabkan kantuk atau sakit perut. Hanya mitos atau memang fakta? Berikut lima fakta menarik tentang kangkung yang mungkin belum Anda ketahui. Farmady mengunggah konfirmasi terkait kabar agen perjalanan menurunkan jemaah di Kuala Lumpur, Malaysia pada Kamis, 13 Juni 2019. Makanan Dilarang Di Amerika Serikat (AS), khususnya di negara bagian Texas, kangkung dianggap tidak boleh dikonsumsi. -pergi menanam. Tanaman kangkung telah terdaftar sebagai “Ikan, Kerang, dan Tanaman Air Asing Berbahaya atau Berpotensi Berbahaya” sejak tahun 1990. Saya mendukung gerakan anti-vaksin.

Kale juga masuk dalam daftar gulma Departemen Pertanian AS. Ada beberapa kasus keracunan akibat makan kangkung, sehingga peredarannya diatur secara ketat. Ia menjelaskan, kejadian sebenarnya adalah rombongan umrah yang dihadiri sang kakek melakukan city tour di Masjid Putra Jaya, Malaysia, saat ia transit usai menunaikan ibadah umrah. Departemen tersebut juga melarang peredaran jual beli kangkung di Amerika Serikat. Atasi Gangguan Pencernaan Banyak mitos yang mengatakan bahwa kangkung bisa menyebabkan sakit perut. Dapat dimengerti bahwa dia sudah cukup tua dan agak pelupa. Bahkan jika ditangani dengan benar, tidak akan menyebabkan sakit perut. Kenalkan Kangen, Safeea dan Muhammad Ali Akting Dimanjakan Ahmad Dhani CELEB | Kamis 13 Jun 2019 21:15 WIB Ahmad Dhani tampil baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here