Benarkah Lemak Tubuh Pengaruhi Volume Otak – Obesitas dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa obesitas juga bisa menyebabkan penyusutan otak? Periksa deskripsi!

Kelebihan berat badan hingga obesitas dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. Hal ini karena obesitas dapat mempengaruhi fungsi dan kinerja sistem tubuh. Dimulai dengan sistem saraf, pernapasan, kardiovaskular, dan pencernaan.

Benarkah Lemak Tubuh Pengaruhi Volume Otak

Benarkah Lemak Tubuh Pengaruhi Volume Otak

Studi terbaru menemukan efek obesitas pada penyusutan otak. Peneliti menemukan bahwa memiliki lebih banyak lemak di sekitar perut dikaitkan dengan ukuran otak yang lebih kecil.

Superfood Di Paket Detox Untuk Mens Teratur

Peneliti sebelumnya mengetahui bahwa ukuran otak dapat menentukan kesehatan dan fungsi otak. Namun, tidak banyak yang diketahui tentang apa yang memengaruhi ukuran otak.

Studi saat ini telah mengaitkan pengurangan volume otak dengan kehilangan ingatan dan peningkatan risiko demensia, menurut Profesor Mark Hammer dari Universitas Loughborough di Inggris. Sementara itu, penelitian mengenai apakah kelebihan lemak tubuh bersifat protektif atau merugikan ukuran otak.

Untuk itu, Hammer mencoba meneliti lemak tubuh dan ukuran otak. Dalam studi tersebut, Hammer mendaftarkan 9.652 orang dengan usia rata-rata 55 tahun.

Setiap peserta menjalani beberapa penilaian untuk menentukan jumlah lemak tubuh. Indeks massa tubuh (BMI), rasio pinggang-pinggul, dan total lemak tubuh digunakan.

Awas, Pemilik Perut Buncit Rentan Kena Alzheimer

Peserta diklasifikasikan sebagai obesitas jika BMI mereka 30 kg/m2 atau lebih. Namun, obesitas perut atau obesitas sentral sedikit berbeda: jika rasio pinggang-pinggul lebih besar dari 0,90 untuk pria atau 0,85 untuk wanita.

(MRI) juga digunakan untuk mengukur ukuran otak, volume materi putih dan abu-abu otak. Area abu-abu otak mengontrol otot dan persepsi sensorik. Sedangkan materi putih mengatur serabut saraf yang menghubungkan bagian-bagian otak.

Peserta dengan BMI tertinggi dan rasio pinggang-pinggul memiliki ukuran otak terkecil secara keseluruhan dan volume materi abu-abu terkecil.

Benarkah Lemak Tubuh Pengaruhi Volume Otak

Dari hasil penelitian tersebut, peneliti dapat menjelaskan bahwa obesitas sentral mungkin berpengaruh pada penyusutan otak. Namun, mereka tidak dapat menentukan apakah obesitas menyebabkan perubahan volume otak, atau apakah obesitas disebabkan oleh kelainan pada struktur otak.

Cara Suplemen Vitamin Bisa Bantu Obati Cedera Otak Traumatis

Studi ini merekrut hanya 5% dari total jumlah yang diundang, sehingga sulit untuk diterapkan pada populasi umum. Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memungkinkan pengukuran BMI dan rasio pinggang-pinggul secara rutin untuk menentukan kesehatan mental.

Meski penelitian menunjukkan kemungkinan adanya kaitan antara obesitas dan penyusutan otak, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Yang terpenting, lakukan berbagai tindakan untuk mencegah atau mengobati obesitas.

Obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, stroke, bahkan kematian. Makan makanan bergizi dan seimbang dan berolahraga secara teratur untuk menghindari kelebihan berat badan.

Untuk pertanyaan lainnya seputar obesitas, kesehatan mental, atau kondisi medis lainnya, tanyakan langsung kepada ahlinya melalui fitur live chat yang tersedia di aplikasi. Setiap cedera otak ringan dapat berakibat serius, bahkan fatal. Meskipun tulang tengkorak sangat stabil dan melindungi otak, dampak kuat dari pukulan atau jatuh dapat merusak tengkorak, merusak otak dan pembuluh darah di dalamnya, menyebabkan cedera intrakranial atau cedera otak traumatis (TBI) dapat terjadi. terjadi.

Pengaruh Berat Badan Terhadap Siklus Haid

Tidak mudah untuk melihat segera setelah kecelakaan seberapa parah cedera otak itu. Pendarahan otak atau pembengkakan berbahaya sering terjadi beberapa jam atau beberapa hari kemudian.

Oleh karena itu, dokter sering menilai tingkat keparahan cedera kepala hanya dengan tanda-tanda eksternal – misalnya, bagaimana perilaku pasien, apakah matanya terbuka saat dipanggil, apakah pasien dapat mengontrol gerakannya, apakah dia bereaksi terhadap rangsangan yang menyakitkan, dan untuk berapa lama, mereka tidak tahu.

Cedera otak traumatis bisa tidak berbahaya – atau bisa mengancam jiwa. Dokter selanjutnya membagi tingkat keparahan cedera otak menjadi beberapa tingkatan: Cedera pertama dan paling ringan disebut gegar otak. Pemindaian tidak menunjukkan bahaya, dan jika fungsi otak terganggu, biasanya dapat kembali normal dalam waktu empat hari.

Benarkah Lemak Tubuh Pengaruhi Volume Otak

Tahap kedua terjadi ketika pasien tidak sadarkan diri dalam waktu yang lama yaitu 15 menit atau lebih. Sebagai patokan, semakin lama pasien tidak sadarkan diri, semakin besar risiko kerusakan fisik dan mental permanen. Dalam kasus cedera otak sedang, gejala stroke biasanya mereda setelah empat minggu. Tapi kemudian gangguan lain — seperti masalah konsentrasi, pusing, atau gejala sakit kepala — bisa bertahan selama bertahun-tahun.

Dampak Stres Terhadap Otak

Pasien dengan cedera otak yang parah biasanya tidak sadarkan diri selama lebih dari satu jam dan akibatnya pada sistem saraf sangat serius. Seorang pasien dengan cedera otak yang parah dapat menderita kejang, kelumpuhan, dan bahkan perubahan kepribadian. Jenis kerusakan ini biasanya tidak dapat diubah.

Diagnosis akurat tentang tingkat keparahan cedera otak dapat diperoleh dengan teknologi pencitraan, seperti computed tomography (CAT), yang menyediakan pemindaian sinar-X otak tiga dimensi. Ini memungkinkan dokter untuk mencari tanda-tanda perdarahan, memar (atau hematoma) dan bengkak (atau bengkak).

Pasien dengan cedera otak traumatis sedang atau berat harus berada di bawah perawatan intensif. Operasi darurat seringkali diperlukan untuk menghilangkan tekanan berbahaya di dalam tengkorak, karena selaput tulang tidak memungkinkan otak membengkak.

Dalam kasus seperti itu, dokter harus membuat lubang kecil di tengkorak untuk mengurangi tekanan darah atau cairan lain yang menumpuk. Tekanan pada otak harus terus dipantau, sedangkan obat yang merangsang produksi urin juga dapat membantu mengurangi tekanan.

Reaksi Tubuh Bila Kelaparan

Banyak yang, setelah mati suri, bercerita tentang melihat cahaya terang. Maka dianggap melihat ‘akhirat’ yaitu kehidupan setelah mati. Tetapi para ilmuwan mengatakan ini tidak benar. (14.08.2013)

Untuk pertama kalinya, para peneliti dapat merekam dendrit saraf yang memproses sinyal optik dari otak utuh. Terobosan ini memberikan pemahaman baru tentang dendrit dan bagaimana otak memproses gambar. (31.10.2013), New York – Anda mungkin sudah memiliki penyaring udara di mobil atau pembersih udara di rumah. Namun bagaimana cara melindungi diri dari polusi udara dalam hal nutrisi bagi tubuh?

Selain itu, menurut penelitian terbaru, Anda dapat melewati toko perangkat keras dan langsung pergi ke toko bahan makanan, supermarket, atau pasar.

Benarkah Lemak Tubuh Pengaruhi Volume Otak

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Neurology, jurnal medis dari American Academy of Neurology, wanita yang lebih tua yang makan lebih dari satu atau dua porsi ikan atau kerang seminggu mendapatkan asam lemak omega-3 yang cukup untuk melindungi dari efek polusi udara. Bisa bersaing. di otak.

Otak Manusia: Anatomi, Fungsi, Dan Penyakitnya

Asam lemak omega-3 telah terbukti melawan peradangan dan mempertahankan struktur otak pada penuaan. Mereka mengurangi kerusakan otak yang disebabkan oleh racun saraf seperti merkuri, kata penulis studi Dr. Ka Kah, profesor epidemiologi, kebidanan dan ginekologi di Universitas Columbia di New York.

“Jadi kami menyelidiki apakah asam lemak omega-3 memiliki efek perlindungan terhadap racun saraf lain, partikel halus yang ditemukan dalam polusi udara.”

Sinar UV, bahan kimia dan kuman dapat menyebabkan masalah kulit mulai dari flek hitam, jerawat, penuaan dini hingga kanker kulit. Ayo rawat kulit wajahmu dari sekarang dan lindungi dari efek buruk polusi udara…

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi ke: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Kelebihan Lemak Dalam Darah Merusak Kualitas Sperma

Studi tersebut menguji wanita berusia di atas 70 tahun yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi. Ditemukan bahwa orang dengan kadar asam lemak omega-3 terendah dalam darahnya memiliki penyusutan otak tertinggi.

Untuk melakukan penelitian, para peneliti menghitung rata-rata berapa banyak ikan yang mereka makan setiap minggu, mengukur jumlah asam lemak omega-3 dalam darah mereka dan paparan polusi udara wanita berdasarkan alamat rumah mereka selama tiga tahun. Pemindaian otak kemudian dilakukan untuk mengukur hippocampus, bagian otak yang berhubungan dengan memori, dan sumsum tulang belakang, yang membantu mengirimkan sinyal ke seluruh otak.

Para peneliti menemukan bahwa manfaat omega-3 dari ikan dapat menjaga massa otak dan ukuran hippocampus seiring bertambahnya usia wanita. Juga telah ditemukan bahwa itu mungkin dapat melindungi dari efek racun dari polusi udara.

Benarkah Lemak Tubuh Pengaruhi Volume Otak

Penulis utama studi tersebut, Cheng Chen, mengatakan kepada CNN bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat apakah temuan ini dapat digeneralisasikan ke populasi yang lebih luas.

Sering Lupa? Inilah Cara Meningkatkan Daya Ingat Kamu

“Studi kami adalah salah satu dari sekian banyak wawasan yang berguna tentang bagaimana gaya hidup sehat, seperti diet sehat, dapat mengurangi efek berbahaya dari polusi udara. Masyarakat umum masih mengikuti anjuran pemerintah. Perlu dilakukan. Tapi saya dapat mengatakan bahwa menambahkan lebih banyak suplemen omega-3 untuk konsumsi ikan dalam penelitian ini dapat bermanfaat bagi populasi,” kata Chen.

Meski begitu, peneliti tetap menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menambahkan lebih banyak ikan ke dalam makanan Anda.

Ikan berlemak panggang atau panggang seperti salmon liar, mackerel, sarden, dan tuna dikenal sebagai sumber omega-3 yang sangat baik. Sayangnya, ikan goreng tidak dimasukkan karena penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa menggoreng menghabiskan asam lemak omega-3.

Chen mengatakan penelitian itu adalah bagian dari Studi Memori Inisiatif Kesehatan Wanita yang lebih besar, yang sebelumnya menemukan bahwa wanita yang lebih tua yang tinggal di tempat dengan tingkat polusi tinggi memiliki lebih sedikit jaringan otak.

Fakta Sedot Lemak

Kehilangan volume otak dan hilangnya jaringan otak terjadi secara alami seiring bertambahnya usia, tetapi racun di lingkungan hidup dapat mempercepat proses tersebut.

“Ciri utama polusi udara adalah partikelnya yang sangat kecil sehingga mudah masuk ke paru-paru,” kata Dr. Richard Isaacson, seorang spesialis Alzheimer di New York Presbyterian dan Weill Cornell Medical Center, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

“Tidak sepenuhnya jelas mengapa polusi udara memengaruhi fungsi kognitif,” jelas Isaacson. Namun ternyata penelitian sebelumnya menemukan bahwa setelah masuk ke paru-paru, racun yang ada di udara dapat menyebar ke seluruh tubuh melalui darah.

Benarkah Lemak Tubuh Pengaruhi Volume Otak

Atau

Penyebab Terlambat Haid Yang Perlu Dipahami, Ketahui Cara Mengatasinya