Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

22

Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan – Nyeri haid atau yang dalam dunia medis dikenal sebagai dismenore merupakan keluhan umum yang sering dialami wanita saat menstruasi. Nyeri haid biasanya muncul di awal haid, khususnya di perut bagian bawah, bisa terasa ringan dan tidak mengganggu sama sekali, hingga terasa berat dan tidak tertahankan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Nyeri haid primer akan menghasilkan kram pada perut bagian bawah yang biasanya terjadi sebelum dan selama masa haid.

Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

Nyeri haid sekunder disebabkan oleh kondisi atau gangguan pada sistem reproduksi wanita. Nyeri ini biasanya terjadi sebelum nyeri haid biasa dan berlangsung lebih lama.

Cara Cepat Hamil Yang Ampuh, Hitung Masa Subur Setelah Menstruasi

Penyebab nyeri haid biasanya terjadi karena kontraksi rahim menekan pembuluh darah yang mengelilingi rahim, sehingga memutus suplai darah dan oksigen ke rahim. Kekurangan oksigen ini menyebabkan jaringan rahim mengeluarkan prostaglandin yang menimbulkan rasa nyeri, meskipun ada juga penyebab lain seperti:

1. Endometriosis, yaitu jaringan yang melapisi rahim ditanamkan di luar rahim, paling sering di tuba falopi, ovarium, atau jaringan yang melapisi panggul.

4. Radang panggul (PID), yaitu infeksi pada organ reproduksi wanita yang disebabkan oleh bakteri menular seksual.

5. Stenosis serviks. Pada beberapa wanita, pembukaan serviks bisa sangat kecil sehingga menghalangi aliran menstruasi, menyebabkan peningkatan tekanan pada rahim dan nyeri.

Penyebab Nyeri Haid Dari Yang Normal Hingga Berbahaya

Mandi air hangat atau kompres perut Anda dengan bantalan pemanas, botol air panas, atau koyo perut panas.

Minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen, jika nyeri sangat menyiksa dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

1. USG. Alat ini menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar rahim, leher rahim, saluran tuba, dan ovarium.

Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

2. CT scan atau MRI. Alat ini dapat memberikan detail lebih dari USG. CT scan menggabungkan gambar sinar-X yang diambil dari berbagai sudut untuk menghasilkan gambar penampang tulang, organ, dan jaringan lunak lainnya di tubuh Anda. MRI menggunakan gelombang radio dan medan magnet yang kuat untuk menghasilkan gambar detail dari struktur internal.

Benarkah Minum Air Es Saat Menstruasi Bisa Pengaruhi Haid Tidak Lancar? Begini Penjelasannya

3. Laparoskopi. Biasanya tidak diperlukan untuk diagnosis kram menstruasi, tetapi laparoskopi dapat membantu mendeteksi kondisi yang mendasari seperti endometriosis, adhesi, fibroid, kista ovarium, dan kehamilan ektopik. Selama operasi rawat jalan ini, dokter melihat rongga perut dan organ reproduksi dengan membuat sayatan kecil di perut dan memasukkan tabung fiberoptik dengan kamera kecil.

Jika Anda mengalami nyeri haid yang berkepanjangan dan tidak kunjung membaik meski sudah minum obat, segera konsultasikan ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mengetahui penyebabnya.

Saat menstruasi, banyak wanita terkadang merasakan sakit perut yang parah sehingga mengganggu aktivitasnya. Tak hanya itu, terkadang menimbulkan kekhawatiran dan ketakutan jika juga mengganggu kesuburan.

Siklus haid atau haid merupakan siklus bulanan yang biasa terjadi pada wanita yang masih dalam masa subur. Menstruasi terjadi ketika lapisan rahim (uterus) luruh secara berkala kemudian dikeluarkan melalui lubang kecil di jalan lahir dan keluar sebagai darah haid.

Endometriosis, Penyebab Nyeri Hebat Saat Haid

Iklan Beli Obat dikirim langsung! Gratis Ongkos Kirim ke Seluruh Indonesia ✔️ Cash on Delivery ✔️ Konsultasi Farmasi GRATIS ✔️ Pesan Sekarang

Nyeri perut saat menstruasi, baik berupa nyeri atau kram, serta rasa tidak nyaman pada perut merupakan hal yang sering dialami wanita. Sebagian besar kondisi tersebut sebenarnya normal, namun nyeri saat haid yang berlebihan hingga mengganggu aktivitas mungkin memerlukan perhatian tambahan.

Pada dismenore primer mungkin tidak ada penyebab yang dapat diidentifikasi. Namun, ada beberapa faktor risiko penyebab nyeri perut saat menstruasi, seperti:

Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

Hormon seperti prostaglandin memicu kontraksi otot rahim untuk membantu pengeluaran darah haid setiap bulannya. Kontraksi ini dapat menyebabkan sakit perut saat menstruasi. Beberapa wanita yang memiliki kadar prostaglandin tinggi mungkin mengalami nyeri perut saat menstruasi (kram) yang lebih parah.

Jangan Asal Percaya! Berikut 7 Mitos Tentang Haid Yang Sering Kali Meresahkan Kaum Wanita

Selain itu, berbagai jenis KB, terutama alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) atau gulungan tembaga, dapat meningkatkan nyeri perut saat menstruasi.

Perawatan sederhana di rumah seringkali dapat mengurangi gejala dismenore yang menyakitkan. Berikut adalah hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit perut saat haid:

Jika pengobatan rumahan gagal mengurangi nyeri haid, ada beberapa pilihan pengobatan medis yang bisa ditempuh. Perawatan akan tergantung pada tingkat keparahan dan penyebab kram perut yang terjadi.

Jika nyeri disebabkan oleh PID atau IMS, nyeri tersebut harus ditangani secara medis. Dokter akan meresepkan antibiotik untuk menyembuhkan infeksi. Dokter juga akan meresepkan obat pereda nyeri (analgesik).

Payudara Kencang Wajar Terjadi Jelang Masa Subur?

Dokter sering menganjurkan untuk mencoba KB hormonal untuk mengatasi sakit perut saat menstruasi. Kontrasepsi hormonal tersedia dalam bentuk pil, implan, dan suntikan yang mencegah ovulasi.

Jika nyeri haid disebabkan oleh endometriosis atau fibroid rahim yang tidak berhasil diobati dengan obat-obatan, diperlukan prosedur pembedahan atau pembedahan. Bahkan dalam kasus yang sangat jarang, histerektomi (operasi pengangkatan rahim) juga merupakan upaya terakhir jika pengobatan lain tidak berhasil dan nyeri perut saat menstruasi (dismenore) parah.

Tim Redaksi berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat kepada pembaca kami. Kami bekerja dengan dokter dan profesional kesehatan dan menggunakan sumber terpercaya dari institusi terkait. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang proses editorial kami di sini.

Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

RigiN, dkk. (2012). Perbandingan efek analgesik patch pemanas yang mengandung keripik besi dan ibuprofen untuk dismenore primer: uji coba terkontrol secara acak. DOI: (https://doi.org/10.1186/1472-6874-12-25)

Hubungan Peningkatan Gumpalan Darah Menstruasi Terhadap Kesuburan

Dehnavi ZM, dkk. (2018). Pengaruh latihan aerobik pada dismenore primer: studi uji klinis. DOI: (https://doi.org/10.4103/jehp.jehp_79_17)

Artikel ini hanya untuk informasi kesehatan, bukan untuk diagnosis medis. Saya sarankan untuk tetap berkonsultasi langsung dengan dokter yang ahli di bidangnya.

Konten ini ditulis atau diulas oleh para profesional kesehatan dan didukung oleh setidaknya tiga referensi dan sumber yang dapat dipercaya.

Tim redaksi berkomitmen untuk menyediakan konten yang akurat, lengkap, mudah dipahami, terkini, dan dapat ditindaklanjuti. Anda dapat membaca proses editorial selengkapnya di sini.

Susah Hamil Padahal Haid Lancar? Ini Dia Penyebabnya!

Jika Anda memiliki pertanyaan atau komentar tentang artikel kami, Anda dapat memberi tahu kami melalui WhatsApp di 0821-2425-5233 atau melalui email di [email protected] Ketika saya belum memiliki anak, saya sering disarankan untuk sakit kelinci diperiksa, yang sering datang saat haid. Menurut mereka, nyeri saat menstruasi bisa menjadi salah satu penyebab wanita sulit hamil. Tidak masalah?

Nyeri yang kadang disebut kram menstruasi ini merupakan nyeri yang berlebihan pada perut bagian bawah. Nyeri ini bisa dirasakan sebelum atau sesudah masa menstruasi.

Ada beberapa penyebab rasa sakit ini. Penyebab ini kemudian membagi nyeri menjadi dua kelompok, yaitu nyeri primer dan sekunder.

Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

Ini adalah rasa sakit yang umum dialami oleh banyak wanita. Nyeri ini bisa muncul 1-2 hari sebelum masa haid tiba. Nyeri ini terjadi akibat peningkatan jumlah hormon protasgaldin di dalam saluran rahim.

Hubungan Nyeri Haid Dan Kesuburan Wanita

Pada hari pertama haid, jumlah hormon ini meningkat, saat ini juga terjadi pelepasan sel telur yang tidak dibuahi. Rasa nyeri akan hilang seiring dengan kondisi saluran rahim yang kembali normal dan kadar prostaglandin menurun.

Nyeri ha primer sering disertai dengan gejala lain seperti rasa bengkak, mual, kelelahan berlebihan, sakit kepala, mudah tersinggung.

Nyeri ini memang tidak membuat sulit hamil, namun kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Rasa sakit ini juga biasanya akan berkurang seiring bertambahnya usia orang tersebut.

Berbeda dengan nyeri primer yang terjadi saat wanita mengalami menstruasi pertama, gangguan menstruasi ini justru muncul beberapa tahun setelah wanita tersebut mengalami menstruasi pertama.

Nyeri Haid Pembalut Wanita & Panty Liner Charm

Nyeri sekunder juga tidak akan mereda bahkan seiring bertambahnya usia orang tersebut. Rasa nyeri yang dirasakan biasanya berlangsung lebih lama juga; misalnya nyeri ini sudah ada beberapa hari sebelum datang bulan dan berlanjut sampai haid berakhir.

1. Endometriosis – Pada kondisi ini, lapisan tipis endometrium yang seharusnya berada di dalam rahim tumbuh di luar rahim, misalnya di saluran tuba, ovarium, bagian belakang rahim, atau bahkan di dalam kandung kemih.

Seperti lapisan di dalam rahim, lapisan endometriosis di luar rahim juga bisa pecah dan berdarah sebagai reaksi terhadap perubahan hormonal.

Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

Pendarahan inilah yang memicu rasa sakit, terutama tepat sebelum menstruasi. Jaringan parut, biasa disebut adhesi, juga dapat terbentuk di rongga panggul tempat terjadi perdarahan. Adhesi ini dapat menyebabkan organ saling menempel dan menyebabkan rasa sakit yang berlebihan.

Cara Mengatasi Nyeri Pinggang Saat Menstruasi, Ketahui Gejalanya

Oleh karena itu, jika saat ini Bunda merasakan tanda-tanda nyeri sekunder (sensasi yang dirasakannya tidak berangsur-angsur hilang, tetapi meningkat hingga menstruasi berakhir), sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Jika nyeri yang Anda alami disebabkan oleh masalah pada saluran reproduksi Anda, maka kondisi tersebut akan segera ditangani sebelum semakin parah.

Apakah menjadi orang tua membuat Anda pusing? Yuk, langsung tanya-tanya dan dapatkan jawaban dari para orang tua dan pakar lainnya di aplikasi Asianparent juga! Tersedia di iOS dan Andro Ada beberapa gejala umum haid atau haid yang sering dirasakan wanita. Misalnya nyeri perut atau yang dikenal dengan nyeri haid. Ya moms, hal ini disebabkan oleh perubahan hormonal pada tubuh. Bahkan, beberapa wanita juga mengalami sakit perut yang parah dan semakin parah di kemudian hari.

Dikutip dari Baby Gaga, nyeri haid seharusnya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari seorang wanita. Meski kondisi ini normal, namun jika terus berlanjut bisa jadi menandakan ada sesuatu yang tidak normal pada tubuh. Lantas apakah benar bisa mempengaruhi kesuburan atau peluang hamil?

Penyebab Telat Haid 3 Bulan, Ketahui Batas Telat Menstruasi Dan Cara Melancarkan

Dalam istilah medis, nyeri perut saat menstruasi dikenal dengan dismenore. Seperti kutipan Baby Gaga, dismenore adalah sakit perut atau kram yang disebabkan oleh aktivitas umum prostaglandin.

Mengutip keluarga Very Well, prostaglandin merupakan bahan kimia yang ditemukan secara alami di jaringan tubuh, termasuk di dalam rahim. Zat ini berperan dalam pengaturan suhu tubuh, peradangan, pertumbuhan sel, serta penyempitan dan pelebaran otot polos.

Selain itu, prostaglandin dapat memicu kontraksi otot rahim dan membantu mengeluarkan lapisan rahim saat menstruasi. Sehingga jika kadar prostaglandin terlalu tinggi, wanita akan mengalami sakit perut yang parah. Namun, seiring bertambahnya usia, kadar bahan kimia ini akan berkurang, dan intensitas nyeri perut saat menstruasi dapat berkurang.

Benarkah Nyeri Haid Pengaruhi Kesuburan

Nah Moms, dismenore terbagi menjadi dua jenis, yaitu primer dan sekunder. Masih mengutip Keluarga Sangat Baik, dismenore

Tanda Nyeri Haid Yang Berbahaya

Asam lambung pengaruhi nyeri punggung dan bahu, benarkah kurma muda untuk kesuburan