Benarkah Terapi Garam Epsom Mampu Atasi Asam Urat

28

Benarkah Terapi Garam Epsom Mampu Atasi Asam Urat – Sarmoko tidak bekerja untuk, berkonsultasi, memiliki saham atau menerima dana dari perusahaan atau organisasi mana pun yang akan mendapat manfaat dari artikel ini, dan mengungkapkan tidak ada afiliasi yang relevan di luar penunjukan akademik.

Penyakit asam urat banyak diderita masyarakat Indonesia. Data Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 menunjukkan penyakit asam urat yang termasuk dalam kelompok penyakit sendi memiliki prevalensi sebesar 24,7%, menempati urutan kedua setelah tekanan darah tinggi.

Benarkah Terapi Garam Epsom Mampu Atasi Asam Urat

Benarkah Terapi Garam Epsom Mampu Atasi Asam Urat

Penelitian sebelumnya yang dipublikasikan pada tahun 1992 dalam Journal of Rheumatology menyatakan bahwa angka prevalensi gout mencapai 1,7% dan hyperuricemia (tingginya kadar asam urat dalam darah) sebesar 24,3% pada laki-laki di desa-desa di Jawa.

Obat Pengapuran Tulang Alami Tanpa Efek Samping

Artinya, 24 dari 100 laki-laki dewasa di pedesaan Jawa memiliki kadar asam urat yang tinggi. Survei ini mengambil sampel sebanyak 4683 orang dewasa di pedesaan Pulau Jawa.

, serta konsumsi alkohol. Namun, sekarang diketahui bahwa konsumsi gula fruktosa yang tinggi berkontribusi secara signifikan terhadap perkembangan asam urat.

Mekanisme molekuler dari penyakit yang dapat menimbulkan gejala nyeri yang tak tertahankan ini masih menjadi misteri. Rutin menggunakan obat-obatan penurun asam urat atau meredakan nyeri tetap saja tidak memberikan hasil pengobatan yang memuaskan.

Namun, mulai tahun 2000-an, asam urat telah dipelajari pada tingkat molekuler, yang berguna untuk mengembangkan pengobatan yang lebih efektif. Pengetahuan baru ini memberikan harapan untuk masa depan pengobatan asam urat.

Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Kopi?

Penderita asam urat seringkali memiliki penyakit penyerta seperti gagal ginjal, hipertensi, diabetes melitus, penyakit kardiovaskular, gangguan lipid (lemak), dan sindrom metabolik lainnya.

Salah satu konsep yang diajukan, penyakit asam urat adalah penyakit “peradangan steril”, yaitu peradangan yang penyebabnya bukan berasal dari infeksi mikroba, yang mungkin berhubungan dengan penyakit-penyakit di atas. Pada kasus asam urat, penyebab peradangan adalah kristal monosodium urat (MSU crystals), yang dapat mengaktifkan “mesin” biologis tertentu dan kemudian dapat mempengaruhi sistem tubuh lainnya.

Bagaimana mekanisme molekuler asam urat? Apakah kedepannya akan ada obat selain allopurinol, colchicine, atau pereda nyeri NSAID (

Benarkah Terapi Garam Epsom Mampu Atasi Asam Urat

Asam urat merupakan hasil reaksi akhir pemecahan senyawa purin, komponen asam nukleat (DNA/RNA) di dalam inti sel. Asam urat diproduksi ketika purin dioksidasi oleh enzim

Pengobatan Alami Untuk Nyeri Tumit

Pada orang sehat, asam urat terdapat dalam darah dengan konsentrasi sekitar 6 mg/dL. Sedangkan ambang saturasi molekul ini dalam cairan biologis adalah sekitar 7 mg/dL. Asam urat disimpan dalam sel penyimpanan khusus dan memiliki fungsi utama sebagai antioksidan.

Ketika sel penyimpanan mati, sel pecah dan asam urat meninggalkan sel. Ketika seseorang mengalami hiperurisemia (asam urat memenuhi cairan tubuh), seseorang akan berisiko mengalami pengendapan asam urat dalam kristal monosodium urat, terutama di persendian. Dari sini, terjadinya kristal monosodium urat dapat mengungkapkan bahwa asam urat bukanlah penyakit radang biasa.

Tubuh manusia memiliki sistem pelindung yang super canggih yaitu sistem imun yang bertugas untuk mengenali benda asing dan menghilangkannya. Tujuan perlindungan tubuh dicapai dengan adanya sistem imun alami dan sistem imun adaptif. Sistem imun bawaan dimainkan oleh sel-sel imun seperti makrofag, neutrofil dan sel darah putih lainnya. Sementara itu, sistem imun adaptif dimainkan oleh berbagai komponen seperti limfosit (sel B dan sel T), antibodi, dan sel penyaji antigen (sel dendritik).

Ketika patogen seperti bakteri hadir, sel dendritik (sel penyaji antigen) akan memproses antigen dan menyajikannya ke limfosit yang sesuai. Dalam hal ini, bakteri merupakan sumber rangsangan yang mengaktifkan sel dendritik. Tanpa rangsangan ini, sistem kekebalan tubuh tidak dapat meningkat secara spontan.

Diet Batu Ginjal

(DAMPs)”. Nah, kristal monosodium urat ini merupakan salah satu sinyal bahaya (DAMPs) yang dapat membangunkan sistem kekebalan tubuh.

Peradangan adalah proses pengiriman sel-sel kekebalan dan faktor-faktor terlarut ke lokasi cedera untuk membatasi cedera, dengan tujuan akhir mempromosikan perbaikan jaringan yang cedera. Di sisi lain, peradangan menimbulkan gejala seperti “kemerahan”, panas, bengkak, dan juga dapat merusak jaringan itu sendiri.

Kristal monosodium urat dapat menyebabkan peradangan hebat, terutama di area sekitar persendian. Ini karena DAMP, yang mengandung kristal monosodium urat, dapat merangsang makrofag yang ada di jaringan untuk menghasilkan senyawa inflamasi.

Benarkah Terapi Garam Epsom Mampu Atasi Asam Urat

Salah satu senyawa inflamasi yang penting adalah interleukin-1 (IL-1). Peradangan yang didorong oleh IL-1 tanpa infeksi apa pun disebut “peradangan steril” dan berbeda dengan penyakit radang lainnya. Pada gout, peran IL-1 lebih dominan dibandingkan senyawa inflamasi lainnya.

Cara Mengatasi Nyeri Lutut Secara Alami, Jangan Sembarangan

IL-1 adalah senyawa inflamasi penting pada gout, terutama tipe IL-1β. Namun ketika tubuh selesai membuatnya, senyawa tersebut dalam bentuk inaktif (tidak aktif), dan untuk aktivasinya diperlukan bantuan protein kompleks yang disebut

Struktur inflammasome dengan sepuluh bilah di cincin bagian dalam, yang akhirnya membelah pro-IL-1β menjadi IL-1β aktif. James Tyrwhitt Drake/A.S. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan-NIH

? Ketika sel penyimpan asam urat mati, sel melepaskan kandungan asam urat dari sel. Ketika sel darah putih bertemu dengan kristal ini, kristal tersebut “dimakan” dan dihancurkan oleh sel darah putih. Begitu partikel kristal berada di dalam sel, partikel tersebut dapat merangsang pembentukan senyawa oksigen reaktif dan kemudian mengaktifkan “roda kematian”, peradangan.

Melalui bilah pisau, akan memotong IL-1β yang tidak aktif menjadi bentuk aktif. Selain itu, bentuk aktif IL-1β inilah yang bertanggung jawab atas banyak gejala peradangan pada persendian.

Manfaat Sehat Merendam Kaki Dengan Air Garam, Tak Sekadar Sentuhan Relaksasi

Seseorang dengan asam urat sering memiliki sindrom metabolik lainnya. Saat ini, sindrom metabolik dan aterosklerosis dianggap sebagai penyakit “peradangan steril” di mana IL-1 berperan penting dalam perkembangan penyakit.

. Selain itu, diproduksi IL-1 yang dapat bekerja secara lokal atau seluruh tubuh (sistemik). Oleh karena itu, asam urat dapat menjadi penyebab berkembangnya kondisi penyakit lain melalui aksi senyawa inflamasi IL-1.

Sebagai catatan, aterosklerosis dianggap sebagai penyakit inflamasi steril dengan adanya kristal kolesterol yang memicu aktivasi inflamasi, seperti aksi kristal asam urat, yang dapat hidup berdampingan dengan penyakit.

Benarkah Terapi Garam Epsom Mampu Atasi Asam Urat

Saat ini, obat utama untuk asam urat adalah pereda nyeri NSAID konvensional, colchicine, dan allopurinol. Terapi ini merupakan terapi yang rasional mengingat mekanisme penyakit yang telah dijelaskan di atas. Misalnya, pereda nyeri NSAID dapat mengurangi gejala peradangan dengan menghalangi aktivitas enzim siklooksigenase.

Obat Alami Untuk Menghilangkan Bau Badan Yang Perlu Diketahui Halaman All

Apakah ada obat yang menargetkan proses spesifik pada mekanisme asam urat di atas, yang berbeda dengan obat saat ini? Memahami asam urat pada tingkat molekuler membuka ide-ide baru, dalam hal strategi terapi.

IL-1 adalah senyawa peradangan utama pada penyakit ini dan uji coba obat yang menargetkan IL-1 untuk asam urat telah dilakukan. Obat-obatan ini adalah antagonis reseptor IL-1 (anakinra), reseptor IL-1 rekombinan (atau IL-1 Trap, disebut rilonacept), dan antibodi monoklonal anti-IL-1β (obat yang disebut canakinumab).

Obat di atas telah disetujui untuk digunakan dalam pengobatan rheumatoid arthritis (RA) dan penyakit peradangan otomatis lainnya, tetapi belum disetujui untuk asam urat.

Apalagi obat-obatan di atas adalah obat berbasis biologis berupa protein atau antibodi monoklonal yang harus diberikan melalui suntikan dan harganya mahal (untuk anakinra, sekitar Rp 500.000 per hari). Oleh karena itu, para peneliti kini mencari banyak senyawa kimia yang tidak terlalu berat (

Cara Mengangkat Sel Kulit Mati Pada Kaki, Bisa Bantu Atasi Kulit Kaki Yang Kering Dan Kasar Jadi Halus Kembali

Gout masih menjadi beban besar bagi masyarakat. Memang benar, makanan yang tinggi purin memiliki hubungan dengan peningkatan asam urat dalam darah. Namun diet lain yang harus Anda waspadai adalah gula fruktosa, yang hampir selalu ada di setiap makanan dan minuman, yang terbukti meningkatkan risiko asam urat.

Tulis artikel dan bergabunglah dengan komunitas yang berkembang lebih dari 156.500 akademisi dan peneliti di 4.520 institusi Tidak hanya obat dokter, ada yang mengatakan lumpur panas dan garam dapat mengobati osteoarthritis. Benar atau salah?

Memiliki masalah persendian dan tulang, termasuk osteoarthritis, memang membuat Anda gigit jari. Pasalnya, nyeri di berbagai bagian tubuh kerap muncul meski Anda tidak melakukan aktivitas berat. Untuk mengobati osteoarthritis (OA), lumpur panas dan garam dikenal sebagai solusi yang tepat. Seberapa efektif itu?

Benarkah Terapi Garam Epsom Mampu Atasi Asam Urat

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, perlu diketahui apa itu radang sendi itu sendiri. Keluhan yang sering disebut ‘lutut berlubang’ oleh masyarakat adalah infeksi sendi dan tulang akibat pengapuran tulang.

Cara Mengatasi Kaki Bengkak

Penyakit ini disebut lutut berlubang karena umumnya terjadi pada lutut. Hal ini berbeda dengan osteoporosis dimana pengapuran terjadi hampir di seluruh tubuh.

“Selain itu, ada juga rasa nyeri yang menyebabkan keterbatasan gerak, ketergantungan obat dan orang lain, bahkan depresi,” jelas dr. Nadia.

Di Amerika Serikat, OA lutut menyerang 10 persen pria dan 13 persen wanita berusia 60 tahun ke atas. Dengan demikian, OA adalah gangguan sendi yang paling umum di negara ini.

Nah, saat ini dokter merekomendasikan terapi kombinasi, termasuk obat penghilang rasa sakit dan intervensi non-farmasi, seperti fisioterapi.

Cara Mudah Atasi Pegal Di Telapak Kaki

Tujuannya untuk meredakan nyeri dan memperlambat keparahan OA sehingga penderita bisa beraktivitas. Karena OA sangat umum dan tidak ada obatnya, para ilmuwan mencoba menemukan cara yang efektif dan bebas obat untuk meredakan gejala.

, sekelompok peneliti di Lithuania memutuskan untuk menyelidiki dua cara yang kurang terkenal untuk mengobati osteoartritis, yaitu terapi peloid dan balneoterapi. Penelitian tentang terapi ini dipublikasikan di

Terapi peloid menggunakan tanah liat atau lumpur panas untuk mengobati penyakit. Balneoterapi adalah pengobatan tradisional yang dilakukan dengan merendam tubuh dalam air mineral atau lumpur yang kaya mineral.

Benarkah Terapi Garam Epsom Mampu Atasi Asam Urat

Peserta dibagi menjadi tiga kelompok menerima terapi fisik standar, yang melibatkan sesi 30 menit. Terapi dilakukan setiap hari selama sebulan.

Sejuta Manfaat Garam Organik: Yuk, Cari Tahu!

Bersamaan dengan terapi fisik, kelompok pertama mendapat aplikasi lumpur gambut di area pinggang dan kaki. Suhu lumpur 36-42 derajat Celcius. Prosedur berlangsung 20 menit dan dilakukan setiap hari selama sebulan.

Kelompok kedua kemudian menerima terapi fisik ditambah mandi natrium klorida (garam) selama 15 menit. Suhu air 36-38 derajat Celcius. Peserta di kelompok tiga hanya mendapat terapi fisik.

Sebulan kemudian, para peneliti menemukan bahwa kelompok pertama dan kedua tampil lebih baik karena intensitas nyeri dan kekakuan sendi.