Bernarkah Jumlah Sperma Pria Obesitas Lebih Sedikit – Pria gemuk tiga kali lebih mungkin memiliki sperma lebih sedikit daripada pria dengan berat badan normal

Pria gemuk tiga kali lebih mungkin memiliki sperma lebih sedikit daripada pria dengan berat badan normal. Hal ini disimpulkan dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Fertility and Sterility dan dikutip oleh Xinhua. “Pria yang kelebihan berat badan memiliki risiko tiga kali lipat memiliki sperma motil yang semakin berkurang,” kata temuan penelitian oleh Dr. Ahmad O. Hammoud dari Universitas Utah, Salt Lake City, dan rekan.

Bernarkah Jumlah Sperma Pria Obesitas Lebih Sedikit

Bernarkah Jumlah Sperma Pria Obesitas Lebih Sedikit

“Ada hubungan kuat antara kelebihan berat badan dan obesitas dengan perubahan parameter sperma,” kata Hammoud dan timnya. Obesitas dapat memengaruhi kesuburan pada pria, kata para peneliti, sementara peningkatan lemak tubuh dapat berkontribusi pada penurunan kadar testosteron dan kadar estrogen yang lebih tinggi.

Survei: Wanita Kini Lebih Pilih Pria Gemuk Ketimbang Pria Perut Six Pack

Untuk mempelajari bagaimana indeks massa tubuh (BMI) memengaruhi kualitas sperma, mereka mengevaluasi 390 pria yang mencoba perawatan kesuburan dengan pasangannya selama dua tahun. Sebanyak 24 persen pria memiliki berat badan normal, sedangkan 43 persen kelebihan berat badan, dan 33 persen kelebihan berat badan. Secara keseluruhan, 10,5 persen memiliki sel sperma yang rendah.

Prevalensi jumlah sperma yang rendah muncul saat BMI meningkat; Pria gemuk 3,3 kali lebih mungkin memiliki jumlah sperma yang rendah dibandingkan pria dengan berat badan normal. Risiko memiliki jumlah sperma bergerak progresif yang rendah juga meningkat dengan BMI; laki-laki yang sangat gemuk 3,4 kali lebih mungkin dibandingkan laki-laki bertubuh normal untuk memiliki jumlah sperma bergerak yang sedikit lebih tinggi.

Pria yang sangat gemuk juga 1,6 kali lebih mungkin memiliki bentuk sperma yang tidak normal dibandingkan dengan pria yang kelebihan berat badan atau berat badan normal. Fakta itu membuat kemungkinan kelompok studi memiliki kualitas sperma yang lebih buruk daripada rata-rata pria, kata Hammoud dan rekannya. Sudah menikah lebih dari setahun, tetapi tidak hamil? Padahal, berhubungan intim secara teratur dan bukan dengan bantuan alat kontrasepsi. Padahal, wanita tersebut sudah memeriksakan kesuburannya dan kondisi rahimnya baik. Hmm, bisa jadi pria tersebut memiliki masalah kesuburan atau ada hal yang menurunkan kualitas sperma.

Diperkirakan satu dari tujuh pasangan suami istri mengalami kesulitan untuk hamil. Kebanyakan menganggap, masalah kesuburan itu terjadi pada wanita. Padahal sebenarnya sekitar 40% kasus infertilitas terjadi pada pria.

Ini Kebiasaan Yang Menyebabkan Sperma Jadi Sedikit, Termasuk Simpan Ponsel Di Saku Celana

Infertilitas pada pria sendiri bisa bermacam-macam. Dimulai dengan jumlah sperma yang sedikit, bentuk (morfologi) sperma yang tidak normal, atau pergerakan (motilitas) sperma yang kurang optimal.

Berdasarkan data, sekitar seperlima pria muda di Inggris didiagnosis mengalami masalah jumlah sperma rendah. Ini menunjukkan bahwa masalah kesuburan pria tidak boleh dianggap remeh!

Namun, banyak juga pria yang bertanya-tanya hal apa saja yang bisa menurunkan kualitas sperma? Nah, calon ayah inilah jawabannya:

Bernarkah Jumlah Sperma Pria Obesitas Lebih Sedikit

Sr. Dev Sarmah, seorang konsultan urolog di Rumah Sakit Spire Parkway di Solihull, mengatakan: “Merokok dapat menurunkan kadar antioksidan dalam tubuh yang melindungi sperma dari serangan radikal bebas.

Apa Yang Membunuh Sperma Anda?

Tes kesuburan pada pria perokok menunjukkan hasil yang buruk. Merokok lebih dari 20 batang sehari telah terbukti mengurangi jumlah sperma dan motilitas sperma. Berhenti merokok memang tidak mudah, perlu niat yang serius dan dukungan penuh dari pasangan.

Stres dapat mengganggu hormon yang mengontrol produksi sperma. “Penelitian menunjukkan bahwa stres mempengaruhi kualitas sperma sehingga menjadi buruk,” ujar ahli gizi Dr. Marilyn Glenville PHD, penulis ‘Mendapatkan Lebih Cepat Hamil’.

Untuk mengatasi stres, sangat penting untuk menerapkan pola makan seimbang, tidur yang cukup, dan olahraga teratur. Atasi penyebab stres lainnya, seperti masalah di tempat kerja. “Yoga atau meditasi bisa membantu mengatasi stres. Sebaiknya temui konselor karena kemandulan itu sendiri bisa memicu stres,” ujar dr. Glenville.

Pola makan yang buruk dapat mempengaruhi kesehatan secara umum, termasuk menurunkan kesuburan. Maka pola makan seimbang dengan banyak buah dan sayur sebagai sumber antioksidan bisa menjadi solusinya.

Cara Agar Sperma Sehat Dan Siap Membuahi

Dr. Glenville berkata, “Salah satu nutrisi terpenting untuk kesuburan pria adalah seng, yang diperlukan untuk produksi sperma dan hormon pria. Beberapa penelitian menemukan bahwa gonad dan sperma pria mengandung konsentrasi seng yang tinggi.”

Selain itu, masalah lain, “Pola diet yang banyak diterapkan saat ini justru cenderung rendah seng. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan seperti ikan, sarden, telur, biji-bijian utuh, beras merah, dan kacang-kacangan.”

“Semua orang didorong untuk tetap fit, tapi ‘overtraining’ menurunkan kualitas sperma. Ada kemungkinan penggunaan testosteron yang berlebihan yang harus disalahkan. Tapi saya tidak ingin melarang orang untuk berolahraga secara teratur dan banyak,” jelas Sarmah.

Bernarkah Jumlah Sperma Pria Obesitas Lebih Sedikit

Banyak laporan menyebutkan manfaat kesehatan dari konsumsi kopi secara teratur. Namun, terlalu banyak kafein juga bisa berbahaya. “Studi menunjukkan bahwa masalah kesuburan meningkat karena Anda minum terlalu banyak kopi dalam sehari.

Hal Tentang Pcos Yang Perlu Diketahui Wanita

Ini mungkin karena kafein memiliki efek diuretik (sehingga sering buang air kecil), sehingga dapat memecah nutrisi yang mempengaruhi kesuburan, seperti seng dan kalsium,” kata dr Glenville.

“Minum alkohol berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron dan sangat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma. Alkohol juga menurunkan libido pria dan menyebabkan impotensi,” ujar Sarmah. Minum berlebihan juga memengaruhi kesehatan mental.

“Kegemukan atau obesitas bisa menyebabkan perubahan hormonal, sehingga kualitas sperma menurun dan pria kurang berminat untuk berhubungan seks,” ujar Sarmah.

Pria yang kelebihan berat badan juga lebih cenderung mengalami masalah ereksi. Memang benar kelebihan lemak di tubuh bisa menaikkan suhu tubuh di sekitar testis, sehingga memengaruhi kualitas sperma.

Penyebab Jumlah Sperma Menurun Drastis, Hati Hati Dengan Celana Dalam Dan Air Panas

Penelitian Harvard menemukan bahwa pria yang kelebihan berat badan 11% lebih mungkin memiliki jumlah sperma yang rendah dan 39% lebih mungkin tidak memiliki sperma saat ejakulasi.

Kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan dalam banyak hal, termasuk kesuburan. “Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, jumlah sperma Anda akan turun,” kata Sarmah.

“Penyebab kurang tidur juga perlu diketahui, apakah karena stres atau pola hidup yang tidak sehat? Kedua faktor tersebut dapat mempengaruhi kualitas sperma.”

Bernarkah Jumlah Sperma Pria Obesitas Lebih Sedikit

Daging olahan seperti bacon dan sosis juga bisa menurunkan jumlah sperma. Dalam studi Harvard lainnya, para peneliti menemukan bahwa pria yang makan antara satu dan tiga porsi daging olahan per hari memiliki kualitas sperma yang lebih rendah daripada mereka yang makan lebih sedikit daging.

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh Untuk Panduan Diet Sehat

Sebagai perbandingan, kualitas sperma yang baik ditemukan pada pria yang mengonsumsi ikan (misalnya cod atau halibut). Pria yang mengonsumsi ikan berlemak seperti salmon, bluefish, atau tuna memiliki jumlah sperma 34% lebih tinggi.

Penyakit menular yang tidak diobati dapat menurunkan jumlah dan kualitas sperma. Penyakit juga dapat menyebabkan jaringan parut yang menghalangi jalannya sperma. Penyakit menular ini termasuk radang epididimis (epididimitis) atau testis (orkitis) dan beberapa infeksi menular seksual (IMS).

Studi juga menjelaskan, tindakan atau aktivitas yang dapat meningkatkan suhu testis dapat menurunkan jumlah sperma. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak menggunakan laptop di pangkuan, mandi sauna air panas, memakai celana terlalu ketat.

Analisis air mani akan menunjukkan varikokel abnormal, yaitu pembesaran (pelebaran pembuluh darah vena) di skrotum yang menghasilkan suhu tinggi di testis sehingga menyebabkan masalah kesuburan.

Manfaat Berhubungan Intim Pagi Hari, Benarkah Bikin Cepat Hamil?

Paparan sinar-X atau terapi kanker juga diduga dapat mengurangi produksi sperma. Padahal, panas dan radiasi dari ponsel berpengaruh terhadap kesehatan sperma. Studi menunjukkan bahwa menggunakan Wi-Fi dapat mengurangi kesuburan pria dengan mengurangi motilitas sperma dan meningkatkan fragmentasi DNA sperma.

Selain itu, kesehatan sperma juga dipengaruhi oleh paparan yang berlebihan seperti bahan kimia industri (misalnya benzene, toluene), pestisida dan logam berat.

Sebuah studi Harvard tahun 2015 menemukan bahwa pria yang makan buah dan sayuran memiliki tingkat residu pestisida yang lebih tinggi (mis.

Bernarkah Jumlah Sperma Pria Obesitas Lebih Sedikit

Jadi, jika Anda sudah menikah lebih dari setahun, tetapi belum juga hamil, coba cari tahu alasannya. Pria dapat melakukan tes analisis sperma secara menyeluruh, sehingga diketahui jumlah sperma, motilitas sperma dan morfologinya secara detail (untuk mengetahui apakah ada cacat sperma pada bagian kepala, badan, ekor, dll).

Kanker Prostat Adalah Penyakit Orang Tua? Ketahui Faktanya!

Dengan pemeriksaan menyeluruh terhadap riwayat kesehatan, melakukan tes, mengubah gaya hidup yang lebih sehat, serta program individu untuk pengobatan/pengobatan, diharapkan Jakarta Memiliki jumlah sperma yang sedikit tidak hanya membuat pria sulit hamil, tetapi juga membahayakan. mereka. penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan diabetes. . Penelitian menunjukkan bahwa.

Sebuah penelitian terhadap 5.000 pria menemukan kemungkinan tekanan darah tinggi, kolesterol dan lemak menjadi pemicu utama pria mengalami penurunan jumlah sperma. Satu dari 20 pria memiliki masalah kesuburan.

Peneliti dari University of Pandova, Italia, menjelaskan bahwa hasil penelitian ini bisa dijadikan referensi bagi para dokter fertilitas. Dimana seharusnya mereka melihat jumlah sperma sebagai indikator penyakit mematikan, bukan hanya untuk kesuburan.

Pasalnya, pria dengan jumlah sperma sedikit juga berisiko mengalami sindrom metabolik lebih tinggi. Sindrom metabolik mengacu pada kombinasi diabetes, tekanan darah tinggi dan obesitas. Ini memicu stroke, penyakit jantung koroner, dan kondisi lain di kemudian hari.

Pria Wajib Catat, 4 Cara Biar Sperma Tokcer!

Pria yang mengalami obesitas akan mengalami penurunan hormon testosteron, suatu kondisi yang dikenal dengan istilah hipogonadisme. Yang pada akhirnya membuat pria berada di garis kemandulan, dan dia akan mengalami kepadatan tulang yang rendah, awal halaman

Ilmuwan Israel menemukan risiko buruk penggunaan ponsel untuk sperma bagi pria yang menelepon setidaknya satu jam sehari. Aktivitas elektromagnetik dan panas dari ponsel dapat mematangkan sperma, sehingga merusak kualitas kesuburan.

** Gempa Cianjur meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan diberikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Bernarkah Jumlah Sperma Pria Obesitas Lebih Sedikit

Pada pria, testosteron dapat diubah menjadi estrogen, yang merupakan hormon penting untuk produksi bahan tulang baru, menjaga kerangka tetap kuat dan kuat.

Pria Berbadan Gemuk Bisa Sebabkan Istri Sulit Hamil, Benarkah?

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa kondisi ini akan menjadi tanda adanya indikasi resistensi insulin. Tanda-tanda diabetes akan muncul.

Oleh karena itu, ketika pria mengalami kemandulan, mereka juga harus mewaspadai penyakit yang menarik mereka. Jumlah sperma menjadi cermin

Jumlah sperma, menambah jumlah sperma, sperma sedikit, jumlah sperma sedikit, cara memperbanyak jumlah sperma, faktor penyebab jumlah sperma sedikit, penyebab jumlah sperma sedikit, meningkatkan jumlah sperma, cara mengatasi jumlah sperma sedikit, jumlah sperma sedikit disebut, cara menambah jumlah sperma, sperma keluar sedikit