Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis

29

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis – Banyak mitos yang muncul bahwa sinusitis hanya menyerang orang dewasa. Daya tahan tubuh anak memang masih sangat lemah, namun risiko infeksi, termasuk infeksi sinus, sangat tinggi.

Namun, dr. David Sherris, seorang peneliti di Laboratorium Penelitian Penyakit Alergi Mayo Clinic, mengatakan penyebab sinusitis kronis pada bayi tidak diketahui.

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis

“Penelitian kami menemukan bahwa jamur kemungkinan menjadi penyebab hampir semua masalah sinus. “Ini bukan reaksi alergi, tapi respon imun,” kata dr. Dikutip dari Sherris, MomJunction.com.

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Sherris juga menjelaskan bahwa URI dapat menyebabkan radang saluran hidung yang menghalangi bukaan sinus paranasal, yang pada akhirnya menyebabkan infeksi sinus dengan pilek.

Sinusitis bakteri adalah infeksi sekunder yang disebabkan oleh bakteri yang terperangkap di sinus selama alergi atau pilek.

Amerika Serikat, Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information (NCBI). Menurut National Library of Medicine, komplikasi sinusitis pada bayi dapat dibagi menjadi tiga kategori.

Komplikasi orbita paling sering terjadi pada anak-anak. Komplikasi ini disebabkan penyebaran infeksi melalui lamina papyracea (tulang yang melapisi dinding medial orbita) atau dari tromboflebitis vena melalui rute yang sama.

Cara Melegakan Tekanan Sinus (dengan Gambar)

Komplikasi sinusitis pada bayi jarang terjadi, tetapi sinusitis yang tidak diobati dapat menyebar ke area tengkorak lainnya. Misalnya, anak tidak boleh makan makanan pedas atau makanan yang terlalu dingin.

Hal ini karena dapat menyebabkan sinusitis datang kembali. Tidak hanya itu, untuk memperparah sinus, anak-anak tidak diperbolehkan berenang.

Sinusitis adalah peradangan pada dinding sinus. Sinus adalah bukaan kecil yang berisi udara dan terletak di belakang dahi dan tulang pipi.

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis

Tidak seperti flu biasa. Sinusitis berulang dan tingkat keparahannya sangat parah. Oleh karena itu, penderita lebih terganggu saat gejala sinusitis muncul.

Saat Sinus Menyerang

“Gejala sinus cenderung memburuk pada malam hari. Jadi, penderita sinusitis bisa saja mengalami hidung tersumbat atau pilek saat ingin tidur. Namun pada kasus yang ringan, umumnya gejala sinus mereda setelah 7 hingga 21 hari,” kata dr. Devi.

Berenang adalah olahraga yang bagus untuk anak-anak. Selain melatih otot tubuh, renang juga melatih pernapasan anak.

Menanggapi hal tersebut, dr. Devia menyarankan agar penderita sinusitis harus menghindari berenang sejak awal. Pasalnya, berenang meningkatkan risiko air masuk ke kolam.

“Selain melukai hidung bayi, klorin pada air kolam juga bisa merusak selaput lendir. Hal ini dapat memperparah kondisi sinusitis pada anak di kemudian hari,” ujar dr. Devi.

Tanpa Obat, Ini 7 Cara Alami Meredakan Sinus Saat Hamil

Juga, jangan biarkan anak-anak berenang di air yang sangat dalam atau menyelam di laut. Jika ingin berenang, gunakan penjepit hidung untuk menahan air keluar.

“Juga, Anda harus mencari pendapat dari dokter THT. Hal ini dikarenakan kondisi sinus setiap orang berbeda dan tingkat keparahannya juga berbeda. Jadi jangan langsung mengambil keputusan sebelum berkonsultasi dengan dokter yang menangani penyakit sinus anak,” kata dr. Devi.

Pada saat yang sama, Jika seseorang memiliki infeksi jamur di sinus mereka. Dokter akan meresepkan obat antijamur. Ketika obat antijamur tidak bekerja untuk sinus. Dokter Anda mungkin meresepkan steroid oral.

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis

Inhaler juga dapat diresepkan untuk mengurangi pembengkakan di hidung Anda. Tujuannya agar lendir mudah keluar.

Gejala Sinusitis Pada Anak

Obat-obatan ini hanya dapat diperoleh setelah berkonsultasi dengan dokter. Dalam kasus ekstrim, Seseorang mungkin memerlukan pembedahan untuk membersihkan sumbatan pada sinus.

Selain itu, dr. Devia mengatakan bahwa banyak istirahat di sinus juga merupakan cara yang efektif untuk mengatasi ketika bayi kambuh.

“Makan buah dan sayur yang cukup. Kemudian minum banyak air untuk melegakan hidung dan membuat bayi bernafas lebih lega. “Cairan hangat seperti teh melarutkan lendir yang menyempit dan membuat anak dapat bernapas tanpa gangguan,” pungkas Dr. Aung. Devi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sinusitis dan renang pada anak, baca artikel kesehatan ya? Jika ingin berkonsultasi dengan dokter, gunakan fitur LiveChat 24 jam. Pilek anak tidak bisa diremehkan. Ini bisa menjadi gejala sinusitis pada anak-anak. Kenali fitur-fiturnya di bawah ini.

Penyakit Polip Hidung: Ketahui Penyebab, Gejala, Dan Cara Mengatasinya

Pilek adalah gejala dari kondisi medis atau penyakit. Gejala ini sering dialami oleh bayi. Padahal, anak bisa masuk angin hingga 4-6 kali dalam setahun.

Pilek disebabkan oleh radang selaput hidung dan sinus. Hal ini menyebabkan hidung bayi mengeluarkan lendir atau ingus.

Memang sering menyerang anak-anak, namun sebaiknya berhati-hati jika anak Anda sedang pilek atau pilek yang lama sembuhnya. Pilek pada anak yang ringan namun tidak kunjung sembuh bisa jadi menandakan adanya infeksi serius seperti sinusitis.

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis

Infeksi sinus adalah infeksi yang terjadi pada sinus, yaitu lubang di dekat lubang hidung. Apa saja gejala pilek akibat sinusitis? Apa penyebab infeksi sinus pada anak dan pilek yang tidak kunjung sembuh? datang, Temukan

Ciri Ciri Hidung Bayi Tersumbat

Biasanya, sinus hanya mengandung sedikit udara dan cairan. Namun, terkadang sinus menjadi meradang dan menimbulkan gejala yang mirip dengan flu biasa.

Sebaliknya, pilek dapat menyebabkan sinusitis. Selama pilek, dinding dan rongga di dalam hidung membengkak dan menutup celahnya.

Gejala sinusitis akibat pilek pada anak Anak Anda sering mengalami pilek. Jadi, jika anak Anda sering masuk angin, jangan dianggap enteng.

Anak yang terkena pilek umumnya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 5-10 hari. Sedangkan anak dengan sinusitis akan tetap mengalami pilek hingga 4 minggu. Kondisi ini disebut sinusitis akut.

Rhinitis Alergi Pada Anak: Penyebab Dan Cara Mencegahnya

Sedangkan bila anak Anda pilek lebih dari 3 bulan, itu menandakan anak Anda mengalami sinusitis kronis.

Pilek dan sinus adalah keluhan utama; Hidung tersumbat dengan lendir bening atau kuning kehijauan; Kadang-kadang, Kondisi ini disertai keluhan demam ringan kurang dari 38,5 derajat Celcius.

Oleh karena itu, anak yang mengalami pilek akibat sinusitis biasanya memiliki gejala yang berlangsung selama 10-14 hari. Infeksi sinus bisa membuat bayi Anda lebih gelisah dan rewel dari biasanya.

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis

Pada beberapa anak, Sinusitis juga dapat menyebabkan batuk terus-menerus, terutama saat anak berbaring atau tidur. Batuk juga mungkin muncul beberapa saat setelah anak Anda bangun tidur.

Kenali Sinusitis Pada Anak, Dari Gejala Hingga Pengobatannya

Selain dari keluhan yang disebutkan di atas, sinusitis disebabkan oleh gigi, rahang atas Itu juga bisa menyebabkan rasa sakit di telinga dan wajah.

Selain itu, hidung Nyeri juga muncul di pipi dan dahi. Nyeri wajah akibat infeksi hidung

Perawatan sinus lebih spesifik daripada flu biasa. Selain itu, sinusitis yang disebabkan oleh bakteri perlu diobati dengan antibiotik.

Namun, obat ini hanya tersedia atas saran dokter. Dokter sering meresepkan obat dekongestan dan obat bebas untuk mengurangi keluhan pilek dan hidung tersumbat.

Begini Merawat Anak Sinusitis!

Sebagai tambahan, Anda dapat membasuh saluran hidung anak Anda dengan larutan garam isotonik dengan kandungan natrium klorida 0,9 persen. Larutan garam isotonik 2-3 kali sehari.

Larutan garam isotonik dapat disesuaikan dengan usia anak. Tetes hidung untuk bayi dan anak di bawah usia 2 tahun. Semprotan hidung untuk anak usia 2-5 tahun. Saat itu, bilas hidung untuk anak 4 tahun ke atas.

Untuk mengurangi risiko kemungkinan sinusitis pada anak yang masuk angin, kelembapan di rumah bisa dijaga pada kisaran 45-50 persen.

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis

Punya pertanyaan lain seputar sinusitis pada anak? ayo Konsultasikan langsung dengan dokter anak kami. Anda dapat bertanya kepada dokter secara online. Seperti yang dijelaskan oleh situs web American College of Allergy, Asthma, and Immunology, sinusitis adalah peradangan dan pembengkakan sinus di dalam tubuh.

Bolehkah Anak Pengidap Sinusitis Berenang? Ini Kata Dokter!

Ibu harus curiga sampai anaknya mengalami bau mulut jika anaknya pilek dan tidak sering kambuh.

“Beberapa orang dengan sinusitis mengalami sakit telinga, sakit gigi Sakit tenggorokan Saya juga mengalami batuk dan bau mulut,” jelas Landon Duyka, spesialis THT di Northwestern Medicine Lake Forest Hospital, seperti dikutip dari situs Health.

Salah satu cara mengatasi sinusitis pada anak adalah dengan memperhatikan jumlah cairan yang masuk ke tubuh anak setiap harinya.

“Pasien perlu minum air yang cukup untuk membantu lendir (dahak) keluar dengan mudah,” kata MD. Ahli alergi dan imunologi Joseph E. Kelleher menjelaskan seperti dikutip dari situs Everyday Health.

Kenali Penyebab Hidung Tersumbat Pada Anak

Selain air putih, ibu bisa meminum air perasan jeruk lemon dan jahe yang dicampur madu dan diminum dalam keadaan hangat untuk meredakan sinusitis pada bayi.

Semprotan hidung sangat berguna untuk sinusitis pada anak-anak. Meski cara yang digunakan seringkali merepotkan, semprotan hidung bisa membantu meredakan hidung tersumbat pada anak.

Semprotan hidung juga disebut instilasi garam. Ini adalah metode penyemprotan air garam ke hidung bayi untuk membersihkan lubang hidung.

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis

Anda bisa membuatnya di rumah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan satu liter air panas.

Alergi Dingin Dan Sinusitis Sering Dianggap Sama? Ternyata Ini Perbedaannya

Ibu kemudian bisa menyemprotkan cairan tersebut ke lubang hidung bayi. Saat Anda menyemprot, air mengalir keluar dari lubang hidung lainnya.

Air yang digunakan sebaiknya cukup hangat dan tidak terlalu panas agar hidung tidak perih saat ditekan.

Pada anak-anak, sinusitis seringkali menyumbat hidung anak. Bayi perlu menghirup udara lembab untuk mengurangi hidung tersumbat.

Gunakan pelembab udara dan simpan perangkat di tempat yang paling sering digunakan anak. Udara kering dapat mengiritasi sinus anak.

Kenali Gejala Dan Obat Sinusitis Untuk Bayi Yang Aman Diberikan

Mengatasi sinus pada anak dapat dilakukan dengan melihat penyebab dari sinus itu sendiri; Antibiotik jika disebabkan oleh sinusitis Dapat diobati dengan pemberian dekongestan (obat flu) dan mukolitik (obat batuk yang mengencerkan lendir). .

Jika penyebab sinusitis adalah karena alergi. Obat alergi dan semprotan hidung dapat diberikan. Sebagai tambahan, များများအနားယူခြင်းသည် အနာကျက်ခြင်းလုပ်ငန်းစဉ်ကို ကူညီပေးနိုင်ပြီး ဓာတ်မတည့်မှုကို ရှောင်ရှားနိုင်သည်။

ထိပ်ကပ်နာရှိသောကလေးများအတွက် အချို့သောအစားအစာများသည် မိခင်များဖြစ်နိုင်ပါသည်။

Bisakah Si Kecil Mengalami Sinusitis