Bolehkah Makan Es Krim Saat Radang Tenggorokan – Mungkin tidak sedikit orang yang menolak makan es krim saat sakit tenggorokan, karena takut tidak enak. Apa kata dokter tentang ini?

Radang tenggorokan membuat penderita tidak bisa makan banyak jenis makanan. Pemilihan makanan tidak boleh sembarangan karena dikhawatirkan akan semakin mengiritasi tenggorokan. Salah satu pantangan sakit tenggorokan yang dipercaya banyak orang adalah es krim. Namun, apakah didukung oleh fakta medis?

Bolehkah Makan Es Krim Saat Radang Tenggorokan

Bolehkah Makan Es Krim Saat Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan adalah masalah kesehatan yang umum, biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Radang tenggorokan biasanya menyebar melalui paparan ludah atau ludah dari orang yang sakit.

Serba Serbi Es Krim, Punya Berbagai Macam Rasa Hingga Bentuk Yang Unik!

Gejala radang tenggorokan biasanya demam, pembesaran kelenjar getah bening di leher (sering disertai sakit tenggorokan), kering, sakit tenggorokan, dan bercak merah di langit-langit mulut, mulut, dan amandel. Selain itu, ada gejala lain yang cukup merepotkan penderitanya, yaitu nyeri saat menelan.

Tak heran, penderitanya selektif dalam memilih makanan, biasanya dianjurkan agar lancar di badan, untuk mencegah radang tenggorokan yang tidak enak. Lalu bagaimana dengan es krim?

Klaim bahwa es krim adalah musuh penderita radang tenggorokan hanyalah mitos belaka. Kata dr. Karin Wiradarma, M. Nutrisi, dari

“Jadi, kalau makan makanan yang dingin, itu bukan penyebab atau sesuatu yang merusak peradangannya,” kata dr. Karin.

Apa Bedanya Radang Tenggorokan Dan Radang Amandel? #akubacaakutahu

Saat radang tenggorokan menyerang, apapun yang tertelan, termasuk minuman, akan terasa tidak enak. Akibatnya tidak makan, minum terlalu banyak kemalasan. Padahal, malas minum air putih justru bisa menimbulkan masalah kesehatan lain yang disebut dehidrasi, tapi kurang minum air putih.

“Untuk mengatasi situasi ini, Anda bisa memilih makan es krim dengan buah-buahan dan sedikit gula. Selain terbuat dari air dan susu yang dipercaya bisa mengatasi masalah pengerasan, es krim juga bisa melegakan tenggorokan karena dingin,” ujar dr. Karin.

Untuk meningkatkan dan memulihkan fungsi sistem kekebalan, Anda perlu menggunakan kalori dengan benar. Salah satu sumber kalori nikmat yang bisa dinikmati kapan saja adalah es krim.

Bolehkah Makan Es Krim Saat Radang Tenggorokan

Anda bisa makan sesendok es krim saat sakit tenggorokan, guna mempercepat penggunaan sistem pertahanan tubuh agar kembali normal.

Ini Yang Terjadi Pada Otak Ketika Mengonsumsi Makanan Dingin

Sakit dan nyeri akibat radang tenggorokan dapat menurunkan produktivitas sehari-hari. Sifat es krim yang mendinginkan dikatakan menyejukkan tenggorokan dan menghilangkan rasa sakit akibat keluhan.

Makan es krim saat sakit tenggorokan diperbolehkan, tentunya atas anjuran dokter. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda harus mengikuti rekomendasi yang sesuai. Terkait hal ini, dr. Karin merekomendasikan sebagai berikut:

Es krim bukanlah jenis makanan yang diharamkan bagi penderita radang tenggorokan, karena sebaliknya dalam kondisi tertentu dianjurkan. Meski makan diperbolehkan, konsumsi es krim tidak boleh berlebihan.

Jika radang tenggorokan tidak kunjung sembuh atau semakin membengkak, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Ini mungkin penyebab infeksi dan membutuhkan pengobatan antibiotik… Anak rewel yang minta es krim saat batuk pilek biasanya membuat khawatir orang tua. Karena banyak orang yang percaya bahwa es krim dapat memperparah flu.

Ternyata Bisa Menular, Ini Penyebab Hingga Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Tapi ternyata sebaliknya. Adalah mitos bahwa susu dalam es krim meningkatkan dahak, kata James Steckelberg, MD, seorang konsultan di divisi penyakit menular dan profesor kedokteran di Mayo Medical School Rochester, Minnesota.

Bahkan, Steckelberg menyarankan penderita batuk pilek untuk minum atau makan berbagai jenis produk susu seperti es krim dan puding. Karena bisa meredakan sakit tenggorokan dan menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh saat anak tidak lapar.

Jika anak lebih parah setelah makan es krim, seperti radang sinus atau infeksi telinga. Sepertinya anak itu alergi susu. Bawalah anak Anda ke dokter untuk memastikan hal ini.

Bolehkah Makan Es Krim Saat Radang Tenggorokan

Es loli yang terbuat dari buah juga bisa disajikan. Es loli kaya akan vitamin C yang dapat menenangkan tenggorokan yang sakit, bengkak, atau kering.

Usir Sakit Dengan Obat Radang Tenggorokan Yang Ampuh

Es krim dan es loli juga dapat mencegah anak mengalami dehidrasi, yang penting saat melawan flu. Namun, pastikan es krim dan es loli dibuat dari bahan-bahan yang sehat, dan sebaiknya yang rendah gula.

Anak Anda pasti suka makan manisan, minuman es, atau jajanan pinggir jalan yang menggoda. Namun terkadang anak Anda akan sangat keras kepala saat disarankan untuk tidak makan gratis. Apalagi jika sang anak mengalami gejala batuk pilek yang membuat ibu khawatir jika sang anak tidak menganggapnya enteng. Apakah baik untuk balita Anda makan es krim saat sedang flu? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Ketika anak Anda masuk angin, orang tua pasti khawatir tentang makanan apa yang dimakan anak. Sebagian besar waktu anak-anak akan bosan meminta minuman es yang lebih mudah didapat dengan batuk dan pilek. Ini karena orang tua percaya bahwa minum es akan membuat anak lebih dingin.

Menurut seorang konsultan di divisi penyakit menular dan seorang profesor kedokteran di Mayo Medical School Rochester, ia mengatakan bahwa susu dalam es yang diyakini dapat meningkatkan dahak adalah fiksi. Minum susu tidak akan membuat tubuh Anda makan berlebihan saat sakit, jadi Anda bisa memberikan es krim yang mengandung susu.

Bolehkah Makan Es Krim Saat Radang Tenggorokan?

Bahkan, menurut Steckelberg, ia menganjurkan minum atau mengonsumsi makanan yang mengandung produk susu, seperti es krim dan puding. Ini karena akan membantu meredakan sakit tenggorokan dan menyediakan kalori yang dibutuhkan tubuh saat anak tidak mau makan.

Jika anak Anda lebih parah setelah minum susu dingin, seperti radang sinus atau infeksi telinga. Anak itu tampaknya alergi terhadap susu. Anda dapat membawa anak Anda ke dokter untuk memastikannya. Jika anak Anda alergi susu, Anda bisa memberinya es loli buah.

Es loli sendiri kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk menenangkan tenggorokan yang sakit, meradang, atau kering. Es loli juga dapat melindungi anak dari diare, yang merupakan kunci untuk melawan flu. Tapi selalu pastikan es loli terbuat dari bahan yang sehat, dan sebaiknya rendah gula.

Bolehkah Makan Es Krim Saat Radang Tenggorokan

Agar anak terhindar dari junk food, Moms bisa membuat es loli sendiri di rumah. Agar ibu mengetahui kandungan es yang ada di dalamnya agar tidak berdampak buruk pada anak. Anda bisa membuat es loli atau puding susu dengan bahan segar dan baru yang membantu melindungi anak dari berbagai penyakit.

Jenis Makanan Untuk Radang Tenggorokan, Ayo Dicoba!

Demikian anjuran jika anak boleh mengkonsumsi es saat batuk dan pilek. Ternyata es batu yang diyakini berpengaruh pada kambuhnya sakit tenggorokan, bukanlah mitos yang benar. Anda dapat memberikan es krim yang mengandung susu dan buah untuk membantu memenuhi kebutuhan anak Anda.

Apakah menjadi orang tua membuatmu pusing? Ayo, ajukan pertanyaan langsung dan dapatkan jawaban dari sesama Orang Tua dan pakar di aplikasi Asianparent! Tersedia di iOS dan Andro. Selain bakteri dan virus, radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh udara kering, polusi, asap rokok, atau alergi.

Nah, saat kamu sakit tenggorokan, biasanya orang tua melarang kamu makan apapun yang dingin, seperti air es atau es krim.

Pada tahun 2013, seorang profesor bernama Ron Eccles menjelaskan dalam sebuah artikel bahwa makan es krim dapat mengurangi rasa panas di ujung saraf di tenggorokan.

Penderita Amandel Tidak Boleh Konsumsi Es Guesehat.com

Es krim baik untuk sakit tenggorokan karena dapat meredakan sakit tenggorokan dan menghilangkan rasa sakit untuk sementara.

Selain makan es krim dingin, ternyata masih banyak makanan lain yang juga enak disantap saat sakit tenggorokan.

Selain itu puding atau jeli, yogurt tanpa gula dan tambahan buah, jus manis dan tidak asam juga baik dikonsumsi saat sakit tenggorokan.

Bolehkah Makan Es Krim Saat Radang Tenggorokan

Es krim memang bagus untuk sakit tenggorokan, tapi tidak semua jenis es krim enak dimakan lho.

Bolehkah Makan Es Krim Saat Radang Tenggorokan?

Es krim halus berarti es krim tanpa berbagai bahan tambahan, seperti kacang, kerupuk, atau bahan tambahan lain yang sulit ditelan atau kasar.

Selain itu, sebaiknya pilih juga es krim yang tidak terlalu manis, karena es krim dengan kadar gula yang tinggi dapat mengiritasi tenggorokan dan merusak tenggorokan. Diagnosis Eksim Penyakit Alzheimer Dini

Bagan Pertumbuhan Anak Anak-anak dapat tumbuh dengan kecepatan yang berbeda-beda. Bagan pertumbuhan membantu memperkirakan data rata-rata yang diberikan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan hasil tes anak Anda jika tumbuh dengan baik Lihat lebih lanjut Kalkulator BMI Hitung BMI Anda dan cari tahu apakah berat badan Anda sehat makan lebih banyak Kalori yang Dibutuhkan Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari? Baca di sini! Lihat lebih banyak

RS Mayapada Jakarta Selatan RS Mayapada Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B di bawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki IGD 24 jam yang dilengkapi dengan tenaga medis khusus dan peralatan medis yang dapat memberikan pelayanan terbaik bagi semua pasien yang berobat, baik rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan pelayanan yang baik tersedia di Mayapada Hospital, Jakarta Selatan, antara lain Tahir Uro-Nephrology Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetri & Ginekologi, Pusat Kardiovaskular, vaksin pneumonia, dll. Lihat selengkapnya Rumah Sakit Mayapada Tangerang Rumah Sakit Mayapada Tangerang didirikan pada tanggal 1 Juni 2008, yang berada di bawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki pelayanan khusus mulai dari kamar VIP sampai kelas 3, konsultasi dokter umum, klinik khusus. Selain itu, alat laboratorium, alat radio & CT Scan, dan Apotek dengan jam kerja penuh 24 jam dari Senin sampai Minggu. Fasilitas dan pelayanan yang baik tersedia di Mayapada Hospital Tangerang antara lain rumah sakit khusus, Medical Check Up seperti pemeriksaan otak, pemeriksaan nyeri sendi, pemeriksaan stroke, pemeriksaan saluran cerna, pemeriksaan tiroid, dll, kemudian Tahir Neuroscience Center, Tahir Uro-Nephrology Pusat , Pusat Kardiovaskular, Gastrohepatologi, Pusat Onkologi, Pusat Ortopedi, Pusat Kebidanan dan Kandungan, sunat anak Lihat selengkapnya RS Mayapada Kuningan RS Mayapada Kuningan

Sakit Tenggorokan / Radang? Penyebab Dan Cara Mengobati

Bolehkah makan mie saat radang tenggorokan, bolehkah makan bakso saat radang tenggorokan, saat radang tenggorokan sebaiknya makan apa, bolehkah radang tenggorokan makan bakso, larangan saat radang tenggorokan, radang tenggorokan dilarang makan, radang tenggorokan makan apa, bolehkah minum es saat radang tenggorokan, bolehkah radang tenggorokan makan mie instan, bolehkah makan mie ayam saat radang tenggorokan, bolehkah minum air hangat saat radang tenggorokan, makanan saat radang tenggorokan