Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Anak

26

Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Anak – Tidur adalah aktivitas penting yang diatur oleh mekanisme kompleks sistem saraf otak. Tidur sangat diperlukan untuk kesehatan karena digunakan untuk mengkonsolidasikan energi, memori, memperbaiki sel-sel yang rusak setelah beraktivitas seharian, untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta sebagai sistem kekebalan tubuh yang sangat baik.

Bervariasi berdasarkan usia. Untuk dewasa muda, waktu tidur yang disarankan adalah 7-9 jam sehari, sedangkan untuk orang berusia di atas 65 tahun, waktu tidur yang disarankan adalah 7-8 jam sehari. Durasi tidur yang kurang dapat berdampak pada menurunnya imunitas dan gangguan metabolisme dalam tubuh, yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Anak

Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Anak

5) Orang yang menderita gangguan tidur yang menyebabkan kurang tidur, seperti fase tidur tertunda, gangguan tidur lingkungan, insomnia psikofisiologis atau insomnia khawatir yang dapat menyebabkan insomnia, dan gerakan tungkai berkala dan sindrom kaki bergerak

Anak Sering Tidur Larut Malam, Kenali Dampak Negatifnya Bagi Kesehatan

Kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi, serangan jantung, obesitas, dan diabetes. Satu-satunya cara pasti untuk mengatasi kurang tidur adalah dengan menambah waktu tidur di malam hari untuk memenuhi kebutuhan tidur biologisnya, dan tidak ada cara lain yang dapat menggantikan tidur yang cukup.

Siapapun dapat menderita kurang tidur, baik muda maupun tua, dan dapat terjadi secara akut atau kronis, yang dapat berdampak negatif pada kesehatan seseorang. Jika Anda mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan tidur Anda, yang mengakibatkan kurang tidur berkepanjangan dan komplikasi, segera dapatkan bantuan medis dan konsultasikan dengan dokter spesialis, fakta yang tidak dapat disangkal bahwa tumbuh kembang anak harus ditunjang dengan tidur yang cukup. Pada anak, tidur yang cukup tidak hanya penting untuk istirahat, tetapi juga penting untuk kesehatan tubuh dan perkembangan otak. Jika memungkinkan, jangan biarkan anak Anda kurang tidur.

Sayangnya, tak sedikit anak yang ternyata kurang tidur. Meski terlihat sepele, dampaknya bisa sangat besar terhadap proses belajar, tumbuh kembang dan masa depan mereka.

Pola tidur dan kebutuhan tidur setiap anak mungkin berbeda. Salah satu yang paling menentukan adalah rentang usia. Misalnya pada bayi baru lahir, pola tidurnya umumnya masih sangat tidak teratur.

Waspadai Dampak Buruk Game Online Untuk Anak

Bisa jadi dia banyak tidur di siang hari dan tetap terjaga di malam hari. Namun seiring bertambahnya usia, pola tidur ini akan menjadi lebih teratur. Anak akan lebih aktif di siang hari dan membutuhkan banyak istirahat di malam hari.

Tentu saja, Anda harus memastikan bahwa anak Anda mendapatkan jam tidur yang cukup, baik siang maupun malam hari. Berikut adalah waktu tidur ideal setiap hari berdasarkan usia anak Anda:

Bayi usia 0-3 bulan membutuhkan waktu tidur 10-18 jam dengan ritme yang tidak teratur. Bayi biasanya mengantuk 1-3 jam setelah bangun tidur.

Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Anak

Bayi usia 4-11 bulan biasanya membutuhkan waktu tidur 9-12 jam setiap malam. Pada siang hari, ia akan tetap tidur beberapa kali dalam sehari, mulai dari 30 menit hingga 2 jam per tidur.

Yuk, Cegah Coronasomnia! Gangguan Tidur Akibat Virus Corona

Pada usia 1 tahun, bayi menghabiskan lebih banyak jam tidur di malam hari dan biasanya hanya tidur sekali sehari. Secara total, ia membutuhkan 11-14 jam tidur per hari.

Seiring bertambahnya usia anak, mereka umumnya berhenti tidur siang. Namun, orang tua perlu memastikan bahwa anak cukup tidur di malam hari selama 11-13 jam.

Tidur yang cukup pada anak sangat erat kaitannya dengan proses yang berlangsung di tubuhnya setiap kali tertidur. Karena ada dua fase dalam tubuh bayi Anda saat tidur:

NREM ini terjadi di awal tidur anak Anda, saat aliran darah ke otot meningkat dan sebagian besar energi disimpan untuk aktivitas esok hari. Tidak hanya itu, hormon pertumbuhan juga banyak dikeluarkan selama NREM ini.

Stop Kdrt Pada Anak, Dampak Buruknya Bisa Dirasakan Seumur Hidup

Tidak seperti NREM, REM terjadi saat tubuh benar-benar tertidur. Fase ini dimulai sekitar 90 menit setelah bayi Anda mulai tidur. Pada fase REM inilah seorang anak dapat mengalami mimpi yang menandakan bahwa aktivitas otak mulai meningkat.

Tak hanya itu, pada fase ini hasil belajar hari itu juga tersimpan dalam memori. Dengan demikian, baik NREM maupun REM sama pentingnya bagi kesehatan dan perkembangan anak. Oleh karena itu, porsi dan tidur bayi harus benar-benar terjaga.

Jika bayi Anda tidak tidur cukup lama, ada dua fase yang kemungkinan besar akan terganggu. Dalam jangka panjang, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh serta pertumbuhan otak. Bukan karena badan mudah lelah, tapi juga akan menyangkut keberhasilan anak dalam belajar.

Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Anak

Labil, mudah tersinggung, sulit berkonsentrasi saat mengerjakan sesuatu dan mengalami penurunan kemampuan belajar di sekolah.

Bahaya Kurang Tidur Bagi Ibu Menyusui Yang Wajib Kamu Tahu

Hal ini menunjukkan bahwa gangguan belajar, memori dan analisis pada anak usia sekolah dapat disebabkan karena kurang tidur saat anak masih balita. Jadi jangan pernah meremehkan kecukupan tidur anak.

Untuk mencegah segala dampak buruk kurang tidur pada anak, Anda sebagai orang tua perlu memastikan bahwa anak Anda cukup tidur.

Dengan jadwal dan pola tidur yang terjaga, kualitas dan volume tidur anak dapat lebih optimal. Kedepannya, kesehatan fisik akan terjaga, kemampuan belajar bisa dimaksimalkan.

Saat ini, banyak orang tua yang membiarkan anaknya begadang hingga tengah malam dengan berbagai alasan, seperti keinginan untuk mengikuti mereka

Stres Hingga Obesitas, Ini Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur

Atau pergi ke konser. Padahal, kurang tidur bisa menghambat tumbuh kembang anak, lho. Ikuti berbagai tips di atas sebisa mungkin untuk memastikan jatah tidur bayi Anda sesuai dengan tumbuh kembangnya, baik! Tidur malam yang nyenyak adalah salah satu kunci penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidur malam yang nyenyak memberikan manfaat terbaik bagi kesehatan fisik, mental, dan emosional Anda. Ketika Anda tidur, tubuh Anda memiliki kesempatan untuk beristirahat dan beregenerasi. Tidur juga memberikan manfaat sebagai berikut:

Kurang tidur selama satu hingga dua jam saja dapat merusak suasana hati dan kesehatan fisik kita.Biasanya, orang yang kurang tidur mungkin mengalami gejala berikut:

Dalam jangka panjang, kurang tidur bisa memicu penyakit kronis seperti diabetes, gangguan jantung, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Padahal, kurang tidur bisa memicu depresi dan penurunan imunitas. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pola tidur kita memengaruhi kadar gula darah, hormon yang mengontrol nafsu makan, dan bahkan persepsi otak terhadap makanan berkalori tinggi.

Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Anak

Sebuah studi skala kecil yang diterbitkan dalam jurnal The Annals of Internal Medicine menambah bukti, terutama pada tingkat sel. Kurang tidur mengurangi kemampuan sel-sel lemak untuk merespon insulin, hormon yang mengatur metabolisme dan berperan besar dalam diabetes. Dalam studi tersebut, partisipan diminta untuk tidur selama 8 malam di laboratorium tidur. Untuk 4 malam pertama mereka tidur pada jam normal, kemudian untuk 4 malam berikutnya tidur mereka dibatasi hingga 4,5 jam. Ternyata, setelah 4 malam tanpa tidur, sensitivitas insulin responden turun hingga 16 persen. Terlebih lagi, sensitivitas sel lemak terhadap insulin menurun hingga 30 persen ke tingkat normal yang dialami oleh orang yang mengalami obesitas atau menderita diabetes. “Sel-sel lemak membutuhkan tidur, dan jika kurang tidur, metabolisme mereka terganggu,” kata Matthew Brady, peneliti senior. Jika resistensi insulin sementara ini sering terjadi, kelebihan gula dan kolesterol menumpuk di aliran darah, memicu diabetes dan penyakit jantung. (DEP) Saat bayi, bayi yang kurang tidur akan rewel. Seiring bertambahnya usia, efek kurang tidur menjadi lebih parah.

Akibat Kurang Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Penasihat parenting New York dan penulis A Mother’s Circle Jean Kunhardt mengatakan tidur adalah nutrisi penting bagi kehidupan, seperti halnya makanan.

Sebuah penelitian menemukan bahwa kurang tidur dapat menurunkan kadar leptin. Leptin adalah hormon yang memberi sinyal bahwa tubuh sudah kenyang dan meningkatkan kadar ghrelin, yang merangsang nafsu makan.

Perubahan hormonal yang akan menyebabkan anak makan berlebihan. Penelitian yang dilakukan oleh American Journal of Human Biology telah menunjukkan bahwa jika seorang anak kurang tidur hanya satu jam semalam, itu dapat meningkatkan risiko obesitas hingga 80 persen pada remaja.

Kurang tidur akan membuat bayi Anda lelah. Anak yang kelelahan akan mudah kehilangan konsentrasi. Studi tersebut menemukan bahwa kantuk di siang hari membuat lebih sulit untuk fokus dan dapat menyebabkan hiperaktif.

Jangan Dibiasakan! Ini Dampak Negatif Anak Tidur Larut Malam

Kurang tidur dan mengantuk akan menyebabkan otak tidak berfungsi dengan baik. Sebuah studi tahun 2010 terhadap anak usia 8 tahun menemukan bahwa anak-anak yang mengantuk mendapat skor jauh di bawah anak-anak yang kurang tidur pada tes kognitif.

Sebuah penelitian terhadap orang dewasa muda yang terjaga selama 30 jam menemukan bahwa orang-orang ini tidak dapat membedakan antara ekspresi senang dan marah.

“Ini adalah gejala bahwa anak-anak dengan spektrum autisme mengalami kesulitan tidur,” kata Dennis Rosen, seorang dokter di Children’s Sleep Disorders Center di Boston Children’s Hospital.

Dampak Buruk Kurang Tidur Pada Anak

Ternyata kurang tidur berdampak sangat buruk bagi si kecil ya Moms. Mulai saat ini para ibu harus lebih memperhatikan tidur si kecil.Wanita di 3 bulan pertama kehamilan seringkali membutuhkan waktu tidur beberapa jam lebih lama dari biasanya. Namun, para ahli mengatakan bahwa jika Anda merasa mengantuk di siang hari, bahkan saat melakukan aktivitas yang membosankan, berarti Anda kurang tidur. Jumlah tidur yang dibutuhkan seseorang juga akan meningkat jika tidak tidur di hari sebelumnya. Terlalu sedikit tidur akan menghasilkan “hutang tidur”. akhirnya tubuh akan menuntut agar “hutang tidur” itu dibayar.

Inilah Efek Yang Terjadi Jika Mendengarkan Musik Sebelum Tidur

Banyak penelitian menjelaskan bahaya kurang tidur. Orang yang kurang tidur diuji pada simulator mengemudi atau melakukan tugas koordinasi tangan-mata yang dilakukan dengan buruk atau lebih buruk daripada orang mabuk. Kurang tidur juga memperbesar efek alkohol pada tubuh, sehingga orang yang kurang tidur akan jauh lebih lemah daripada orang yang cukup istirahat.

Menurut Badan Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional, kelelahan pengemudi adalah penyebab sekitar 83.000 kecelakaan mobil antara tahun 2005 dan 2009 dan 803 kematian