Duh Bau Badan Mengganggu Ini 7 Cara Mengatasinya

27

Duh Bau Badan Mengganggu Ini 7 Cara Mengatasinya – Inilah penyebab bau badan dan cara mengatasi bau badan yang ampuh untuk mencegah dan menghilangkan bau badan yang tidak sedap.

Bau badan merupakan masalah kulit yang sering dialami banyak orang. Sayangnya, bau badan tak hanya berbahaya bagi yang mengalaminya, tapi juga bisa mengganggu orang di sekitarnya. Kebanyakan orang awalnya tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah bau badan. Bahkan, kebanyakan orang menyadari masalah ini setelah diberitahu oleh orang lain. Penyebab bau badan sebaiknya diketahui sejak dini agar Anda bisa mengatasinya dengan baik.

Duh Bau Badan Mengganggu Ini 7 Cara Mengatasinya

Duh Bau Badan Mengganggu Ini 7 Cara Mengatasinya

Orang gemuk lebih berisiko mengalami masalah bau badan dibandingkan orang kurus. Hal ini karena penimbunan lemak dalam tubuh menimbulkan lekukan yang mudah berkeringat, menimbulkan biang keringat, lembab, dan sulit dibersihkan. Tak hanya itu, bagian tubuh yang tersusun dari timbunan lemak juga cenderung menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme. Untuk menghindari penyebab tunggal bau badan ini, orang yang bertubuh lebih gemuk sebaiknya lebih sering membersihkan badannya dan mengganti pakaiannya.

Batu Penghilang Bau Badan Tawas Kotak White Stone Penghilang Bau Badan

Jangan anggap remeh infeksi yang terjadi di permukaan kulit. Karena jika tidak ditangani dengan serius, infeksi tersebut dapat menghasilkan keringat yang mengandung urea berlebih. Akibatnya, Anda berisiko mengalami bau badan. Mulailah mengobati infeksi kulit dengan hati-hati untuk meminimalkan risiko bau badan.

Racun yang menumpuk di dalam tubuh bisa berasal dari berbagai hal, seperti makanan, polusi udara, dan konsumsi obat dalam jangka panjang. Ketika tubuh tidak mampu mengeluarkan toksin, maka toksin akan disimpan di berbagai organ tubuh seperti ginjal, hati, dan organ pencernaan. Akumulasi racun menyebabkan penyumbatan hati dan usus besar, sehingga menimbulkan bau tak sedap di dalam tubuh. Penyebab bau badan ini bisa dihilangkan dengan proses detoksifikasi secara teratur.

Tidak banyak orang tahu bahwa kekurangan gizi juga menyebabkan bau badan. Tubuh membutuhkan asupan seng dan magnesium untuk menjaga keseimbangan metabolisme dan meminimalkan risiko bau badan. Untuk mendapatkan nutrisi tersebut, Anda harus mengonsumsi makanan yang bervariasi dalam porsi yang seimbang. Namun, Anda juga harus membatasi konsumsi makanan berbau tajam. Jenis makanan tertentu, seperti bawang bombay, keju, daging kambing, dan kandungan kafein dapat menyebabkan bau badan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Mandi secara teratur tidak hanya membuat Anda merasa segar. Terlebih lagi, Anda terhindar dari risiko bau badan. Jika Anda jarang mandi, tubuh Anda akan basah oleh keringat dan memicu perkembangbiakan mikroorganisme secara cepat. Mikroorganisme tersebut akan menghasilkan bau tidak sedap yang menempel pada tubuh. Itu sebabnya Anda harus mandi secara teratur dan mengeringkan tubuh Anda secara menyeluruh.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami, Aman, Dan Ampuh

Selain mandi secara rutin, Anda juga harus rutin mengganti pakaian. Hal ini karena keringat dan kotoran yang menempel di pakaian juga sering menimbulkan bau badan. Cobalah untuk mengganti pakaian dalam Anda setidaknya sekali sehari. Singkirkan celana dalam yang sudah lama dipakai dan segera ganti. Bahkan jika Anda mencuci pakaian dalam secara teratur, Anda tetap berisiko menyimpan bakteri penyebab bau badan.

Ternyata, ada beberapa masalah kesehatan yang bisa menjadi penyebab bau badan. Beberapa adalah HIV, leukemia, hipertiroidisme, dan diabetes. Gangguan kesehatan tersebut menyebabkan kekacauan pada metabolisme tubuh dan menyebabkan tubuh memproduksi bau yang lebih kuat dibandingkan bau badan orang sehat.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah bau badan, salah satunya adalah dengan membatasi konsumsi makanan dan minuman yang memicunya. Makanan seperti bawang, daging kambing, daging sapi, dan makanan pedas adalah beberapa pemicu bau badan. Minuman berkafein juga bisa memicu bau badan. Hal ini karena kafein dapat merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak keringat. Keringat berlebih inilah yang menyebabkan tubuh akhirnya menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau badan. Oleh karena itu, Anda perlu membatasi konsumsi bahan-bahan tersebut untuk menghilangkan bau badan.

Duh Bau Badan Mengganggu Ini 7 Cara Mengatasinya

Aktivitas yang padat dan cuaca yang panas membuat tubuh lebih mudah berkeringat. Juga, jika Anda sering mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau badan. Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan tubuh. Salah satu caranya adalah dengan segera membersihkan tubuh sambil berkeringat. Siapkan tisu, saputangan atau handuk kecil untuk menyeka keringat Anda. Dengan demikian, Anda tidak membiarkan bakteri penyebab bau badan berkembang biak di kulit Anda.

Pria, Intip 7 Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami

Bau badan biasanya disebabkan karena Anda malas berganti pakaian, terutama saat berkeringat. Kondisi pakaian yang basah oleh keringat membuat tubuh semakin lembab. Hal ini cenderung memicu perkembangbiakan bakteri penyebab bau badan. Anda harus lebih sering mengganti pakaian untuk meminimalkan risiko bau badan. Pilih pakaian yang nyaman dan mudah menyerap keringat, sehingga Anda bisa leluasa bergerak dan tidak kepanasan seharian.

Bulu ketiak juga harus dicukur untuk menghilangkan bau badan. Perlu diingat bahwa bulu ketiak yang dibiarkan tumbuh dapat menjadi tempat berkembang biaknya kuman. Selain itu, bulu ketiak dapat mencegah keringat menguap. Akibatnya, risiko bau badan meningkat karena keringat mengendap di ketiak. Jangan biarkan bau badan Anda mengurangi rasa percaya diri Anda. Segera hilangkan bulu ketiak dengan mencukur atau waxing.

Penggunaan deodoran dianjurkan sebagai cara mengatasi bau badan. Namun, pemilihan deodoran seringkali dilakukan sembarangan tanpa mempertimbangkan bahan aktifnya. Inilah alasan mengapa banyak orang mengeluhkan bau badan tidak kunjung berkurang bahkan setelah menggunakan deodoran. Jika Anda juga mengalaminya, ganti deodoran yang Anda gunakan dengan produk lain yang mengandung aluminium klorida. Senyawa tersebut dapat mencegah keringat berlebih agar ketiak tetap kering saat beraktivitas. Risiko bau badan akibat keringat berlebih juga bisa diminimalisir.

Jika Anda tidak menjaga kebersihan tubuh, sama sekali tidak berguna untuk menerapkan semua metode perlindungan di atas. Pasalnya, sumber masalah bau badan akibat pembersihan badan sebenarnya bisa diatasi. Karena penyebab utama bau badan adalah karena pengaruh aktivitas bakteri, langkah paling efektif untuk mencegahnya adalah dengan mandi dengan hati-hati setidaknya dua kali sehari. Ingat, pilih juga sabun yang bersifat antibakteri sehingga lebih efektif membasmi kuman penyebab bau badan. Setelah mandi, keringkan tubuh Anda dengan handuk hingga benar-benar kering. Menjemur tubuh setelah mandi sebaiknya dilakukan dengan hati-hati karena tubuh yang lembap bisa menjadi sarang bakteri penyebab bau badan.

Cara Mengatasi Bau Badan Dengan Blue Shower Gel

Salah satu upaya mengatasi bau badan yang disebabkan oleh kuman dan bakteri adalah dengan memilih sabun mandi yang tepat, seperti sabun batangan atau sabun cair. Karena semua produk sabun mandi dirancang dengan formula anti bakteri sehingga efektif melindungi tubuh dari bakteri penyebab bau badan. Anda dan keluarga bisa menggunakan body lotion Lemon Fresh atau Cool Fresh untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghilangkan masalah bau badan. Tidak diragukan lagi manfaat lemon terutama untuk kulit. Manfaat lemon untuk kulit juga ditawarkan melalui produk sabun mandi Lemon Fresh. Sabun mandi ini dapat merevitalisasi kulit dan membersihkan pori-pori secara mendalam sehingga membuat tubuh lebih segar sepanjang hari. Sedangkan Cool Fresh body shampoo mengandung organic menthol crystals dari minyak daun peppermint yang dapat memberikan kesegaran maksimal. Yuk, ucapkan selamat tinggal pada masalah penyebab bau badan dengan selalu menjaga kebersihan dan memilih sabun mandi yang tepat!Pada dasarnya bau badan tercipta saat keringat Anda bercampur dengan bakteri di permukaan kulit sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap. Keringat sendiri sebenarnya diproduksi untuk mengontrol suhu tubuh. Plus, keringat tidak memiliki bau yang kuat. Lalu apa penyebab bau badan tidak sedap? Lalu bagaimana cara menghilangkan bau badan dan ketiak?

Secara medis, bau badan disebut juga bromhidrosis. Seperti disebutkan di atas, keringat tidak berbau. Nah, yang berbau dan disebut bau badan ini adalah senyawa asam dari protein keringat Anda yang diurai oleh bakteri di permukaan kulit.

Keringat dihasilkan oleh dua kelenjar, ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin ditemukan di seluruh kulit, tetapi paling sering ditemukan di telapak tangan, telapak kaki, dan dahi. Eccrine ini terdapat pada lapisan kulit terdalam atau di tempat yang disebut dermis.

Duh Bau Badan Mengganggu Ini 7 Cara Mengatasinya

Kelenjar ekrin mengeluarkan keringat ke permukaan kulit melalui saluran. Keringat yang dihasilkan membantu mendinginkan kulit dan mengatur suhu tubuh Anda.

Ini Penyebab Dan Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami

Yang harus Anda ketahui adalah keringat yang keluar dari kelenjar eccrine memiliki tekstur yang encer dan tidak berbau. Selain itu, keringat ini mengandung garam dalam jumlah yang tinggi, sehingga bakteri sulit memecah protein di dalamnya. Oleh karena itu, keringat yang dihasilkan oleh kelenjar eccrine cenderung tidak berbau.

Berbeda dengan kelenjar ekrin, kelenjar apokrin terdapat pada bagian tubuh yang banyak terdapat folikel rambut, seperti kulit kepala, ketiak, dan selangkangan. Keringat yang dihasilkan oleh Apocrine tidak dimaksudkan untuk mengatur suhu tubuh. Selain itu, apokrin mengeluarkan keringat dari folikel rambut, bukan dari salurannya.

Kelenjar apokrin menghasilkan keringat yang lebih pekat dan berminyak saat Anda stres. Minyak ini akan dipecah oleh bakteri dan mengeluarkan bau busuk. Hasil pemecahan lemak inilah yang membuat setiap orang memiliki bau badan yang berbeda.

Kelenjar keringat tunggal ini baru aktif saat seseorang memasuki masa pubertas. Lebih tepatnya, kapan hormon androgen mulai bekerja dan meningkat. Oleh karena itu, bau badan merupakan keluhan dan masalah yang paling banyak terjadi pada remaja.

Orang Bau Badan, Tegur Atau Biarkan?

Beberapa hal berikut diketahui dapat memperparah bau keringat yang dihasilkan oleh kelenjar keringat di atas, yaitu:

Menggunakan daun sirih merupakan salah satu cara yang dianggap efektif untuk menghilangkan bau badan. Cara menghilangkan bau badan dengan daun sirih ini dibuat dengan merebus beberapa lembar daun sirih dengan dua gelas air.

Setelah mendidih, tuangkan air rebusan daun sirih ke dalam bak mandi. Untuk hasil yang maksimal, gunakan air rebusan untuk mandi dua kali sehari.

Duh Bau Badan Mengganggu Ini 7 Cara Mengatasinya

Soda kue ternyata bisa digunakan sebagai pengganti deodoran. Cake improver ini berguna untuk menetralkan asam dan basa sehingga dapat menghilangkan bau badan yang Anda alami.

Penyebab Bau Mulut Dan Cara Mengatasinya, Aman Dan Mudah

Selain itu, baking soda tidak menodai pakaian Anda seperti kebanyakan deodoran dan antiperspirant yang ada di pasaran. Soda kue juga bisa digunakan untuk beberapa, bukan hanya bau badan.