Faktor Risiko Dari Tumor Wilms Kanker Ginjal Pada Anak – Kanker ginjal adalah penyakit yang menjadi ganas (kanker) karena sel-sel ginjal tumbuh tidak terkendali dan membentuk gumpalan.

– Kanker ginjal berbahaya bagi kesehatan. Jika kanker ginjal ditemukan sebelum menyebar ke organ lain, lebih mudah untuk diobati dan disembuhkan.

Faktor Risiko Dari Tumor Wilms Kanker Ginjal Pada Anak

Faktor Risiko Dari Tumor Wilms Kanker Ginjal Pada Anak

Musisi Vidi Aldiano mengumumkan status kesehatannya di Instagram pada Jumat (13/12/2019). Penyanyi solo berusia 29 tahun itu pekan lalu mengaku didiagnosa mengidap kanker ginjal.

Apakah Tumor Wilms Bisa Sembuh Total?

Vidi mengaku awalnya didiagnosa memiliki kelainan yang diduga kista beberapa bulan lalu. “Jadi beberapa bulan lalu saya mengalami anomali. Padahal, mereka telah didiagnosis menderita kista sejak Oktober lalu. Kemudian berubah menjadi sesuatu yang lain,” kata Vidi Aldiano.

Semua penelitian dilakukan sebelum keputusan terbaik dibuat tentang operasi untuk mengangkat kanker. Untuk itu, penyanyi Nuance Bening meminta doa dari semua orang yang menonton video tersebut.

“Insya Allah hari ini saya operasikan. Itu terjadi lagi di rumah sakit, saya pikir pada saat video ini keluar, insya Allah saya sudah di ruang operasi,” kata penyanyi berusia 29 tahun itu.

Sekitar 90 persen kanker ginjal adalah jenis yang disebut karsinoma sel ginjal, biasanya tumor tunggal di satu atau kedua ginjal.

Kanker Ginjal: Jenis, Penyebab, Dan Pengobatan

Kanker ginjal adalah penyakit yang menjadi ganas (kanker) karena sel-sel ginjal tumbuh tidak terkendali dan membentuk gumpalan. Rata-rata, kanker ginjal berkembang di lapisan tabung kecil yang disebut tubulus di daerah ginjal dan biasa disebut karsinoma sel ginjal.

Jika kanker ginjal ditemukan sebelum menyebar ke organ lain, lebih mudah untuk diobati dan disembuhkan.

Alasan mengapa sel-sel ginjal menjadi kanker sering dikaitkan dengan sejumlah faktor risiko, seperti merokok, kelebihan berat badan, tekanan darah, dan keturunan.

Faktor Risiko Dari Tumor Wilms Kanker Ginjal Pada Anak

Faktor risiko lainnya adalah tekanan darah tinggi, yang dapat merusak ginjal. Pria memiliki penyakit ini dua kali lebih sering daripada wanita.

Askep Penyakit Dengan Tindakan Pembedahan

Penyebabnya mungkin juga terkait dengan penggunaan jangka panjang dari pereda nyeri yang disebut phenacetin. Obat ini dilarang di AS pada awal 1980-an.

Saudara kandung dengan kanker ginjal memiliki peluang yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit ini. Ini mungkin karena gen yang sama atau sesuatu yang dipengaruhi lingkungan Anda, atau keduanya.

Seseorang dapat mengurangi risiko kanker ginjal dengan menghindari faktor risiko yang dapat dikontrol. Misalnya, berhenti merokok dapat menurunkan risiko Anda, dan mengendalikan berat badan serta tekanan darah tinggi juga dapat membantu. Menghindari kontak dengan bahan kimia berbahaya juga penting.

Sekitar 90 persen tumor ginjal adalah karsinoma sel ginjal. Tumor ini berkembang di lapisan tubulus kecil di dalam ginjal Anda yang menyaring darah dan menghasilkan urin.

Jenis Kanker Yang Paling Sering Menyerang Anak

Biasanya tumbuh sebagai massa tunggal di ginjal. Terkadang ada dua atau lebih tumor di satu ginjal atau bahkan tumor di kedua ginjal secara bersamaan.

Karsinoma sel transisional menyumbang 5-10 persen dari semua kanker ginjal. Tumor ini juga disebut karsinoma urothelial. Jenis kanker ini dimulai di panggul ginjal, bukan ginjal

Sarkoma ginjal adalah kanker ginjal yang paling langka dan hanya menyumbang satu persen dari semua kasus kanker ginjal. Jenis kanker ini biasanya diobati seperti sarkoma lainnya.

Faktor Risiko Dari Tumor Wilms Kanker Ginjal Pada Anak

Pada awal pertumbuhan sel kanker, kanker ginjal sebagian besar tidak menunjukkan gejala sampai sel kanker tumbuh.

Kanker Pada Anak

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, terutama rasa sakit dan benjolan di sisi punggung bawah, segera temui dokter Anda.

Mendiagnosis kanker ginjal memerlukan pemeriksaan fisik menyeluruh dan serangkaian tes. Tes-tes ini termasuk urinalisis, tes darah, rontgen ginjal, ultrasound, CT scan, magnetic resonance imaging (MRI), dan arteriogram ginjal.

Gejala kanker ginjal menjadi lebih jelas seiring dengan meningkatnya stadium kanker ginjal. Kanker ginjal sendiri terdiri dari 4 stadium, yaitu:

Bergabunglah dengan buletin kami dan dapatkan pembaruan di kotak masuk Anda. Kami tidak mengirim spam kepada Anda dan menghormati privasi Anda.I. Kanker ginjal A. Tumor Gravitz B. Tumor Wilms II. Kanker saluran kemih III. Kanker testis IV. Karsinoma prostat V. Karsinoma penis

Waspada Tumor Wilms, Kanker Yang Menyerang Balita

2 I. TUMOR GINJAL A. HUBUNGAN : 1. Adenoma 2. Onkositoma 3. Angiomyolipoma 4. Leiomioma 5. Hemangioma B. Ganas 1. Karsinoma Adeno: R.C.C. “Tumor GRAVITZ” 2. NEPHROBLASTOMA: tumor WILMS B1. Karsinoma ginjal adeno = Karsinoma sel ginjal (RCC) = Gravitz tumor = Hypernephroma

Mortalitas ± 3% pasien kanker pada orang dewasa 85% kanker ginjal Usia: sebagian besar tahun dalam tahun Jenis Kelamin: / = 2/1 ETIOLOGI – Tidak diketahui (tidak diketahui) – Hipotesis: # Gangguan aberasi kromosom pada gen supresor tumor # Pengaruh lingkungan dan pekerjaan (lingkungan dan pekerjaan) – Perokok 2x risiko RCC > – Insiden RCC di pabrik asbes – Insiden RCC di pabrik “fajar”

4 ETIOLOGI (lanjutan) Penyakit Von Hippel herediter/ familier – Lindau Mutasi genetik PATOLOGI PRC E.M. & I.H.K RCC dimulai di epitel tubulus proksimal di korteks ginjal, tampak lebih > menonjol pada x-ray. Jenis histologis: – sel jernih – sel granular – sarkomatoid

Faktor Risiko Dari Tumor Wilms Kanker Ginjal Pada Anak

# Masuk ke kapsul ginjal # Masuk ke hematuria CSF # Metastasis jauh ke dalam vena ginjal: – Paru-paru (kebanyakan) – Hati, tulang, kelenjar adrenal, ginjal yang berlawanan, dll. # Distribusi limfogen: – lnn para-aorta.

Tanda Anak Mengalami Tumor Wilms

TAHAP 6 Tujuan dibagi menjadi beberapa tahap: – pemilihan metode terapi – penilaian hasil terapi – penentuan prognosis Tahapan ditentukan berdasarkan hasil sebagai berikut: – anamnesis – pemeriksaan fisik – pemeriksaan laboratorium – pemeriksaan rontgen: rontgen dada , IVP, CT, radionuklear

Tahap I: T terbatas pada ginjal N (-), trombus vena (-) Tahap II: menyerang lemak perirenal tanpa melibatkan fasia GEROTA Tahap IIIA: Vena ginjal (+) INF V cava (+) Tahap IIIB: N (+ ) Stadium IIIC: Vena dan Lnn (+) Stadium IVA: Organ Sekitar (+) Kolon, Pankreas dll. (+) Stadium IVB: Metastasis jauh (+)

Tumor primer tidak dapat dievaluasi T0 Tidak ada bukti tumor primer T1 Tumor terbatas pada ginjal 7,0 cm T2 Tumor terbatas pada lebih dari 7,0 ginjal T3 Tumor menyebar ke vena besar atau menginvasi kelenjar adrenal atau jaringan perinefrik tetapi tidak melampaui fasia Herot T3a Tumor kelenjar adrenal menginvasi kelenjar atau jaringan perinefrik tetapi tidak melampaui fasia Herot T3b Tumor meluas ke vena ginjal atau vena cava T3c Tumor meluas ke vena cava di atas diafragma T4 Tumor menginvasi di luar fasia Herot N-reginal lymph N-reginal lymph tidak dapat diidentifikasi. N0 Tidak ada metastasis kelenjar getah bening regional N1 Metastasis 2 cm atau kurang pada satu kelenjar getah bening regional N2 Metastasis pada lebih dari satu kelenjar getah bening regional M-Metastasis jauh MX Metastasis jauh tidak dapat dinilai MO Tidak ada metastasis jauh M1 Metastasis jauh

Nyeri pinggang % (+) hanya 10-15% pasien memiliki tumor rongga perut Stadium lanjut # Manifestasi klinis akibat M pada 30% pasien: – sesak napas – batuk M paru – sakit kepala – nyeri tulang # Ditemukan kebetulan: – selama pemeriksaan ultrasonografi – tahap awal lainnya selama CT untuk tujuan

Tumor Traktus Urogenital

Eritrosit Hiperkalsemia Hipertensi Disfungsi hati TES LABORATORIUM Hb , ESR , ERY , Ca Hematuria Tumor : tidak spesifik

Pemeriksaan X-ray X-ray dada: BOF dengan lesi Mcoin: kontur ginjal > / kesedihan IVP: AKURASI dalam diagnosis: 75% Fitur tumor intrarenal: – sumbu ginjal tetap dalam arah – Distorsi ultrasound PCS: Keuntungan: – non- invasif – murah (relatif ) – kistik dan keras Abd. CT: – menDx lebih sensitif daripada USG/IVP di RCC – penting untuk menentukan kriteria T seputar invasi dan viabilitas Angiografi ginjal: – neovaskular – AV shunt Tanda-tanda kanker

CT lebih baik untuk mengevaluasi penyebaran vaskular tumor Tidak diperlukan kontras Biopsi tidak dibenarkan penyebaran sel tumor – dapat dilakukan jika tumor dapat dioperasi dan hasil PA merupakan persyaratan mutlak untuk terapi, misalnya ALAT radiologi # Sistoskopi ketika terjadi hematuria, tentukan asal darah

Faktor Risiko Dari Tumor Wilms Kanker Ginjal Pada Anak

15 PENGOBATAN Pengobatan pilihan: Nefrektomi radikal Pengangkatan: * ginjal * Arteri ilar/para-aorta * Kelenjar adrenal * Perifatty ginjal dan ureter ke vena iliaka Spesimen PA PUSAT PATOLOGI

Jenis Kanker Yang Sering Menyerang Pada Anak, Salah Satunya Leukemia

Resistensi terhadap kemoradioterapi hanya paliatif Terapi imun? interferon 2a? HARAPAN: 5 tahun. T188-100% 5 thn. T2-T3a 60% T3b 15-20%

19 SEJARAH TIM WILM 1899 : – Penyakit ini dijelaskan secara rinci oleh MAX WILLS. – Prognosis buruk hampir selalu berakibat fatal. 1938: – LADD merekomendasikan operasi → 25% sembuh. 1950: Gross dan Neuhauser: Tumor ini disembuhkan dengan operasi radiosensitif + radiasi → 47,3%. 1956: Faber: Tumor sensitif aktinomisin D. Pembedahan + Radiasi + Kemoterapi → 80 – 90% sembuh 1969: Didirikan di Amerika: National Wilms Tumor Study (NWTS) Group.

Insiden TW: 7,8/1 juta penduduk berusia 1-14 tahun. – 500 pasien baru setiap tahun – 77% pasien 5 tahun – 90% pasien 7 tahun – Pasien – Faktor Ras – Faktor Lingkungan Rumah Sakit. dr. Sutomo: – 4 tahun 20 pasien – < 5 tahun : 17 pasien – : = 13 : 7 – Kanan 14 ; Sisi kiri 6

Histologi TW akan: I. Menguntungkan → prognosis baik II. Kurang baik → prognosis buruk A. Anaplastik : – Nukleus besar, sp 3 x N. – Hiperkromatik – Mitosis B. Rhabdoid : – Sel besar, seragam – Nukleus besar – Nukleus menonjol C. Sarkomatoid: – Sitoplasma sedikit dan berbeda.

Penyebab Sakit Ginjal Menurut Jenisnya, Waspadai Sedini Mungkin

Sakit perut (30%) → biasanya karena pendarahan intratumoral Mual dan muntah (20%) Anda bisa pergi ke dokter untuk perut akut karena pecahnya tumor. 50% pasien dengan hipertensi, 12% pasien dengan M.

Aniridia hemihipertrofi Anomali genital: – Kriptorkismus – Hipospadia – Anomali varikokel

Faktor risiko gagal ginjal, faktor risiko kanker, tumor pada ginjal, tumor ginjal pada anak, faktor penyebab kanker ginjal, tumor ginjal pada dewasa, faktor risiko kanker ovarium, faktor risiko anemia pada ibu hamil, faktor risiko kanker serviks, faktor risiko kanker payudara dan penjelasannya, faktor risiko gagal ginjal kronik, faktor penyebab tumor dan kanker

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here