Hati Hati Diabetes Dan Depresi Saling Terkait

33

Hati Hati Diabetes Dan Depresi Saling Terkait – Saat Anda tertular HCV, infeksi virus bisa menjadi kronis atau bertahan lama. Infeksi HCV kronis dapat meningkatkan risiko penyakit lain, termasuk diabetes.

Disampaikan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, Hepatitis C dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. “Jadi tidak bisa menyebabkan penyakit metabolik,” ujarnya.

Hati Hati Diabetes Dan Depresi Saling Terkait

Hati Hati Diabetes Dan Depresi Saling Terkait

Sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2017 menyebutkan bahwa orang dengan hepatitis C kronis berisiko lebih tinggi mengalami resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Hal ini dibandingkan dengan orang yang tidak terinfeksi HCV.

Depresi Wanita Vs Depresi Pria, Ini Dia Perbedaannya

“Hal ini karena kerusakan hati akibat infeksi hepatitis C mengganggu fungsi hati untuk mengeluarkan glukosa dari darah,” jelas dr. Astrid.

Hati sendiri bertugas menyimpan kelebihan gula di dalam darah, untuk digunakan bila perlu. Kerusakan hati akan menyebabkan kelebihan gula darah menumpuk di dalam darah.

Sebuah studi tahun 2015 mengungkapkan bahwa sejumlah kerusakan hati akibat infeksi HCV yang dapat meningkatkan risiko diabetes antara lain:

Kerusakan hati juga mengganggu produksi insulin dan respon tubuh terhadap hormon. Dalam dunia kedokteran, kondisi ini disebut resistensi insulin.

Diabetes Mellitus Pada Lanjut Usia

Insulin adalah hormon yang tugasnya membantu sel-sel tubuh mengubah gula darah menjadi energi. Ketika resistensi insulin terjadi, gula darah menumpuk. Kondisi ini berkontribusi pada diabetes tipe 2.

Untuk mengelola diabetes tipe 2, pasien harus menjaga keseimbangan kadar insulin dan gula darah. Ini harus dilakukan dengan hati-hati dan hati-hati.

Namun, peneliti menemukan bahwa orang dengan HCV yang mengidap diabetes memiliki kontrol glikemik yang lebih baik. Ini terjadi jika pasien menerima terapi pengobatan antivirus.

Hati Hati Diabetes Dan Depresi Saling Terkait

Hasil studi tahun 2019 mengungkapkan bahwa penderita diabetes (penderita diabetes) yang sudah mengidap penyakit tersebut selama lebih dari lima tahun memiliki risiko lebih tinggi terinfeksi hepatitis C.

Kenali Tanda Depresi Pada Orang Orang Tercinta

Namun, belum diketahui secara pasti mengapa diabetes meningkatkan risiko infeksi HCV. Salah satu dugaannya, karena dalam situasi darurat, komplikasi diabetes ditangani dengan jarum suntik.

Hepatitis C telah terbukti meningkatkan risiko diabetes. Oleh karena itu, pemeriksaan dan pengobatan dini untuk mengobati HCV sangat penting, terutama bagi orang yang berisiko mengalami penyakit metabolik ini.

Diabetes sendiri tidak dapat disembuhkan. Namun, perkembangannya dapat dicegah dengan mengobati infeksi HCV. Pada umumnya dokter akan meresepkan obat antivirus seperti diabetes tipe 2 yang sulit disembuhkan, selain itu cara mengatasinya juga membutuhkan tenaga dan waktu yang ekstra.

Faktanya adalah bahwa Anda dapat mengakses sumber daya yang Anda butuhkan untuk hidup bahagia dan sehat jika Anda dididik tentang penyakit ini.

Iklim Ektrem Sebabkan Masalah Kesehatan Mental

Seperti memahami bagaimana resistensi insulin mulai berkembang dan cara membantu meredakannya, mengetahui cara memperhatikan tanda-tanda diabetes, dan mempelajari apa yang harus dimakan.

Alasannya terutama disebabkan oleh dua masalah yang saling berhubungan, resistensi insulin berkembang di sel otot, lemak dan hati.

Baca Juga: Prediksi Skor Final Kayserispor vs Sivasspor Final Piala Turki 2022: Ini H2H dan Susunan Pemain

Hati Hati Diabetes Dan Depresi Saling Terkait

Tipe pertama adalah kondisi genetik yang sering bermanifestasi di awal kehidupan, sedangkan tipe kedua adalah kondisi terkait gaya hidup yang berkembang seiring waktu.

Farmakoterapi 2 Depresi

Sistem kekebalan Anda menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin di pankreas Anda jika Anda menderita diabetes tipe 1.

Atau, berat badan Anda. Itu berarti Anda tidak dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 1 dengan mengubah gaya hidup Anda.

Pencegahan dapat dilakukan, dengan menjaga berat badan yang sehat, makan makanan yang sehat, dan berolahraga secara teratur semuanya dapat membantu.

Diabetes dapat diobati dan dikendalikan lebih efektif jika terdeteksi dini dan Anda bahkan dapat bergabung dengan kelompok pendukung diabetes untuk bertemu orang-orang yang memiliki hal yang sama. ***

Ini Tanda Mengalami Frustrasi, Cek Dampak Negatifnya

Tidak perlu antre untuk mendapatkan set-top box gratis, cukup instal aplikasi untuk segera menerima siaran TV digital “Frustrasi dapat memicu efek negatif dalam jangka pendek dan panjang. Oleh karena itu, kenali tanda-tanda frustrasi untuk mengurangi efeknya. “

, Jakarta – Frustrasi adalah perasaan kecewa ketika seseorang gagal mencapai sesuatu. Kondisi ini berkaitan erat dengan stres. Pasalnya, stres bisa membuat seseorang frustasi, begitu pula sebaliknya, situasi frustasi seringkali memicu stres.

Frustrasi bisa berlangsung dalam jangka pendek atau panjang. Jika tidak diperiksa, masalah ini bisa berkembang menjadi depresi. Makanya, kenali tanda-tanda frustasi agar efeknya bisa diminimalisir.

Hati Hati Diabetes Dan Depresi Saling Terkait

Frustrasi dapat memiliki efek jangka panjang ketika akar penyebabnya tidak ditangani. Akibatnya, orang yang frustrasi cenderung mengalami serangkaian efek negatif berikut:

Pdf) Subjective Well Being Pada Penderita Diabetes Melitus (dm) Tipe Ii Di Srikandi Wound Care, Kabupaten Semarang

Karena frustrasi dan stres saling terkait, Anda perlu belajar mengatasi stres dengan menemukan koping terbaik. Koping ini bisa berupa hobi yang Anda senangi, menghindari konflik atau sekadar menghabiskan waktu bersama kerabat dekat.

Agar siklus tersebut tidak berulang, Anda juga perlu mencari akar penyebab masalah yang memicu rasa frustasi Anda. Baik itu masalah pekerjaan, keuangan atau masalah rumah tangga. Jangan menghindarinya atau membiarkannya berlarut-larut. Temukan solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Beberapa tips yang bisa Anda coba antara lain:

Jika Anda membutuhkan saran dari psikolog atau psikiater, buatlah janji melalui aplikasi. Jangan tunda sebelum kondisi semakin parah, download sekarang juga!

Referensi: WebMD. Diakses tahun 2022. Tanda-tanda frustrasi. Sangat baik. Diakses tahun 2022. Cara mengatasi frustrasi.

Mengenal Gejala Depresi Dan Mania Pada Penderita Bipolar, Perubahan Suasana Hati Yang Ekstrem