Hati Hati Diabetes Juga Menyerang Usia Muda – Liputan6.com, Jakarta Diabetes tidak hanya menyerang orang dewasa, tetapi juga remaja di usia muda. Ini adalah kondisi dimana hormon insulin terganggu dalam mengontrol kadar gula darah dalam tubuh dan dapat membahayakan kesehatan.

Diabetes adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh. Peningkatan kadar gula darah disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya karena gaya hidup yang tidak sehat dan konsumsi makanan yang tidak teratur.

Hati Hati Diabetes Juga Menyerang Usia Muda

Hati Hati Diabetes Juga Menyerang Usia Muda

Pada penderita diabetes, tubuh tidak dapat menyerap insulin dengan baik. Jadi terlalu banyak insulin tetap berada di dalam darah dan menyebabkan diabetes. Meski demikian, masih banyak orang yang beranggapan bahwa diabetes hanya menyerang orang lanjut usia.

Penyakit Jantung Di Usia Muda

Mengetahui ciri-ciri diabetes di usia muda sedini mungkin dapat meminimalisir terjadinya komplikasi yang berbahaya bagi kesehatan. Memulai gaya hidup sehat, makan dengan benar dan berolahraga secara teratur adalah cara terbaik untuk menghindari komplikasi dari diabetes. Berikut rangkuman Liputan6.com dari berbagai sumber mengenai ciri-ciri diabetes, penyebab dan cara mengatasinya, Jumat (26/3/2021).

**Gempa di Cianjur meluluhlantakkan Tanah Pasundan, mari kita bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: BCA Nomor Rekening: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Mengetahui ciri-ciri penyakit diabetes, kita bisa bereaksi cepat dalam melawannya. Berikut ciri-ciri diabetes pada anak muda yang harus Anda perhatikan.

Ciri-ciri diabetes yang pertama adalah Anda memiliki gejala mudah dehidrasi atau haus, padahal kebutuhan cairan tubuh Anda sudah tercukupi dan tidak melakukan aktivitas fisik yang berlebihan. Hal ini terjadi karena kelebihan gula dalam darah akan terus menerus menyerap air sehingga menimbulkan polidipsia atau rasa haus yang berlebihan.

Diabetes Melitus Pada Anak

Ciri penyakit diabetes selanjutnya adalah gejala sering buang air kecil, meskipun wajar jika kondisi ini terjadi karena konsumsi air dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh atau karena rasa haus yang berlebihan. Namun, Anda harus memperhatikan ciri-ciri tersebut jika Anda sering buang air kecil, terutama pada malam hari, yang melebihi batas normal seseorang yang hanya mengeluarkan urine sebanyak dua liter per hari.

Ciri penderita diabetes selanjutnya adalah selalu merasa lapar. Hal ini terjadi karena produksi insulin yang berkurang drastis dapat mempersulit gula masuk ke dalam sel, menyebabkan otot dan organ melemah sehingga tubuh kehilangan energi.

Akibat kekurangan energi ini, otak akan mengirimkan sinyal lapar agar tubuh segera mendapatkan energi melalui makanan. Keadaan merasa lapar juga dikenal sebagai polifagia.

Hati Hati Diabetes Juga Menyerang Usia Muda

Ciri lain dari diabetes adalah penurunan berat badan yang drastis. Walaupun penderita diabetes memiliki gejala mudah lapar dan sudah banyak mengkonsumsi makanan, namun tetap saja mengalami penurunan berat badan yang tidak normal, hal ini merupakan faktor utama terjadinya penyakit diabetes.

Benarkah Aspartame Dan Minuman Manis Bikin Anak Diabetes?

Hal ini terjadi karena adanya gangguan metabolisme pada glukosa, yang menyebabkan tubuh membuat energi alternatif lain dengan membakar otot dan lemak sehingga orang terlihat kurus.

Melihat ciri-ciri diabetes di atas yang membuat orang mudah lapar dan haus, belum tentu akan terhindar dari kelelahan. Penurunan berat badan yang disebabkan oleh pembakaran otot dan lemak yang tidak normal akan membuat tubuh penderita diabetes merasa lelah meskipun tidak banyak melakukan aktivitas.

Dehidrasi ekstrem akibat gula darah tinggi akan menyebabkan penglihatan kabur karena tubuh juga menyerap cairan di lensa mata. Jika gangguan penglihatan ini sudah terjadi, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Jika tidak ditangani dengan cepat, ada risiko kehilangan penglihatan total.

Setidaknya ada faktor-faktor penyebab berkembangnya penyakit diabetes pada remaja, orang tua harus mengetahuinya. Berikut penjelasannya.

Ciri Ciri Diabetes Di Usia Muda: Kenali Penyebab, & Pencegahan

Faktor utama terjadinya diabetes adalah faktor genetik atau riwayat keturunan. Perhatikan bahwa faktor ini bukan hanya garis orang tua langsung. Artinya, jika kedua orang tua Anda tidak ada yang memiliki riwayat diabetes, namun kakek dan nenek Anda memiliki riwayat diabetes, maka seseorang berpotensi terkena penyakit tersebut.

Selain faktor genetik, diabetes juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, terutama pola makan yang buruk. Kebiasaan mengonsumsi junk food, soft drink, minuman yang mengandung gula atau makanan tinggi karbohidrat, tanpa diimbangi dengan mengonsumsi makanan kaya serat yang terdapat pada buah dan sayur.

Penyebab diabetes yang terakhir adalah terlalu malas berolahraga. Hal ini dikarenakan sebagian besar anak muda saat ini malas bergerak, sehingga berisiko tinggi terkena penyakit diabetes. Karena gerakan akan membantu membakar lemak dalam tubuh.

Hati Hati Diabetes Juga Menyerang Usia Muda

Pengobatan dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah agar bisa mendekati normal. Perawatan ini juga bertujuan untuk mengatasi ciri-ciri diabetes di masa muda dan mencegah komplikasi diabetes.Di bawah ini adalah cara paling penting untuk mengobati gejala diabetes.

Mengenal Apa Itu Diabetes

Saat Anda mengetahui ciri-ciri diabetes pada diri sendiri atau orang lain, segera berikan insulin agar tidak berakibat fatal di kemudian hari.

Mengubah pola makan adalah hal pertama yang bisa dilakukan di usia muda jika tidak ingin terkena diabetes. Jika selama ini Anda sering mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, mengandung kadar gula tinggi dan diolah secara lengkap.

Pilih makanan yang rendah lemak dan kalori serta tinggi serat. Makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan, yang merupakan sumber vitamin dan serat yang baik untuk tubuh. Selain itu, dapatkan asupan protein yang baik dari makanan seperti telur, tahu, tempe dan daging tanpa lemak. Untuk karbohidrat, Anda bisa mengganti nasi putih dengan karbohidrat lain yang lebih sehat, seperti nasi merah, jagung, atau ubi.

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, menghilangkan 7 persen dari berat badan Anda dapat membantu mencegah diabetes. Untuk mempertahankan berat badan ideal Anda, fokuslah untuk membuat perubahan yang bertahan lama dalam kebiasaan makan dan olahraga Anda. Motivasi diri Anda dengan mengingat manfaat menurunkan berat badan, seperti jantung yang lebih sehat, energi yang lebih kuat, dan kepercayaan diri yang meningkat.

Menderita Diabetes Dan Covid 19, Harus Apa?

Kurang tidur bisa meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2, lho. Ini karena kurang tidur kemungkinan memicu respons stres dalam tubuh, yang menyebabkan pelepasan hormon stres, yaitu kortisol dan norepinefrin, yang berhubungan dengan resistensi insulin. Jadi, meski di usia muda, Anda masih memiliki banyak energi dan semangat untuk melakukan segudang aktivitas, namun sebaiknya begadang dan pastikan kebutuhan istirahat Anda terpenuhi dengan baik.

Anda juga harus membatasi alkohol dan merokok saat masih muda untuk mencegah diabetes. Hal ini karena kandungan nikotin pada rokok dapat merusak sel pankreas yang berfungsi memproduksi insulin sehingga meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes.

Itulah beberapa ciri penyakit diabetes, penyebab dan cara mengatasinya. Jika Anda atau anak Anda benar-benar mengalami salah satu ciri diabetes di atas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Hati Hati Diabetes Juga Menyerang Usia Muda

* Fakta atau kebohongan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebar, silahkan kirim WhatsApp ke nomor fact check Liputan6.com 0811 9787 670 dengan hanya memasukkan kata kunci yang diinginkan.

Waspada Penyakit Diabetes! Gejala Dan Penyebab

Prancis vs Denmark sudah dimulai, download link live streaming Piala Dunia 2022 di SCTV, Vidio, Moji dan NEKS Parabola. Meskipun diabetes tipe 2 juga menyerang anak-anak, kemungkinan besar disebabkan oleh obesitas, prevalensinya lebih rendah dibandingkan orang dewasa.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2018, kejadian diabetes tipe 1 meningkat pada anak-anak dan remaja, dengan sekitar 22,9 kasus baru setiap tahun per juta anak di bawah usia 15 tahun.

Diabetes tipe 1 menunjukkan gejala dengan cepat selama beberapa minggu, sedangkan gejala diabetes tipe 2 berkembang perlahan seiring waktu.

Baca Juga: Daftar Harga HP OPPO Edisi Terbaru 17 Juli 2022: Ada OPPO Reno 7 4G dan OPPO Find X5 Pro!

Punya Riwayat Keluarga Dengan Diabetes? Tak Perlu Khawatir, Begini Cara Mencegahnya

Pada diabetes tipe ini, terjadi ketidakseimbangan cairan dalam tubuh yang menyebabkan rasa haus yang berlebihan, padahal Anda sudah meminum sesuatu beberapa menit yang lalu.

Poliuria sering disertai dengan polidipsia. Ketika kadar glukosa tubuh meningkat, ginjal memberi sinyal untuk mengeluarkan kelebihan glukosa dari tubuh melalui buang air kecil.

Jika Anda memperhatikan bahwa anak Anda selalu lapar, dan bahkan asupan makanan yang berlebihan tidak dapat memuaskannya, konsultasikan dengan dokter karena ini mungkin merupakan tanda diabetes.

Hati Hati Diabetes Juga Menyerang Usia Muda

Ini karena ketika konversi glukosa menjadi energi dibatasi karena produksi insulin yang rendah, tubuh mulai membakar otot dan menyimpan lemak untuk energi, menyebabkan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Jenis Kencing Manis Dan Bahaya Yang Mengintai, Bisa Sebabkan Kebutaan

Baca Juga: Sinopsis Film Ghost Rider Spirit of Vengeance Hanya Pendeta Ini yang Bisa Menghilangkan Kutukan Johnny Blaze

Di sini, dengan tidak adanya glukosa, tubuh mulai membakar lemak untuk energi, dan proses tersebut menghasilkan keton (asam darah). Bau khas keton dapat dikenali dari bau buah pada nafas.

Sekitar 20 dari 80 anak penderita diabetes menunjukkan perilaku buruk seperti gangguan makan, kemarahan, introversi atau penolakan terhadap disiplin dan otoritas.

Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor seperti toleransi terhadap penyakit, pengaturan rumah tangga yang ketat, perhatian ekstra orang tua terhadap saudara kandung yang normal, atau perasaan bahwa mereka “berbeda” di antara yang lainnya.

Gejala Diabetes Tipe 1 Pada Anak Yang Perlu Diwaspadai

Gula darah tinggi merusak saraf optik dan menyebabkan masalah mata seperti penglihatan kabur atau kebutaan total jika diabetes tidak terkontrol setelah didiagnosis.

Sebuah studi menemukan bahwa infeksi jamur lebih sering terjadi pada anak-anak dengan diabetes melitus tipe 1, terutama pada anak perempuan yang memiliki penyakit tersebut.

Ketika kadar glukosa yang tinggi dalam tubuh mengganggu mikrobiota, hal itu memengaruhi pertumbuhan mikroorganisme, yang menyebabkan peningkatan produksi yang berkontribusi terhadap infeksi jamur.

Hati Hati Diabetes Juga Menyerang Usia Muda

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh, meningkatkan peradangan, mencegah konversi glukosa menjadi energi dan menyebabkan suplai darah ke bagian tubuh berkurang.

Kenali 3 Jenis Diabetes! Anak Muda Wajib Waspada

Jadwal TV Indosiar hari ini Sabtu 26 November 2022 menayangkan Patroli Inggris vs AS, Belanda vs Ekuador

Jadwal TV ANTV Hari Ini Sabtu 26 November 2022 Tayang Iehh Jada, MMA Satu Kebanggaan hingga Suami Titipan

Jadwal TV SCTV hari ini Sabtu 26 November 2022 FTV liputan 6 dan Cinta dua pilihan akan tayang

Jadwal MNCTV TV hari ini Sabtu 26 November 2022 Tayang Dapur Ngebor, Upin & Ipin dan Blockbuster

Penyakit Kulit Pada Diabetes

Prakiraan Argentina – Meksiko

Gejala diabetes usia muda, mencegah diabetes di usia muda, pengalaman diabetes di usia muda, cara mengobati penyakit diabetes di usia muda, diabetes di usia muda, cara mengatasi penyakit diabetes di usia muda, penyebab diabetes di usia muda, ciri ciri diabetes di usia muda, gejala diabetes pada wanita usia muda, cara mengobati diabetes di usia muda, diabetes usia muda, cara mencegah diabetes di usia muda