Hormon Estrogen Pada Wanita Bisa Cegah Demensia – Baru-baru ini, para peneliti di Konferensi Internasional Asosiasi Alzheimer (AAIC) di Chicago menemukan hubungan antara demensia dan tingkat estrogen, menurut sebuah laporan.

Mereka menemukan bahwa semakin banyak estrogen yang diproduksi selama kehamilan, semakin rendah risiko penyakit otak seperti demensia dan penyakit Alzheimer.

Hormon Estrogen Pada Wanita Bisa Cegah Demensia

Hormon Estrogen Pada Wanita Bisa Cegah Demensia

Para peneliti mengamati periode pertama wanita, jumlah anak, dan waktu menopause untuk melihat apakah ada hubungan dengan risiko demensia. Mereka menemukan bahwa wanita dengan tiga anak atau lebih memiliki risiko 12 persen lebih rendah terkena demensia dibandingkan wanita dengan hanya satu anak.

Pdf) Pemanfaatan Isoflavon Dengan Bahan Dasar Kulit Kopi Robusta Dengan Penanda Bmd (bone Marrow Density) Pada Wanita Peri/post Menopause

Tidak hanya itu, wanita yang mendapatkan menstruasi pertama pada usia 16 tahun atau lebih memiliki risiko 31% lebih tinggi terkena demensia dibandingkan mereka yang mendapatkan menstruasi pada usia 13 tahun. Fakta lain menunjukkan bahwa wanita yang memasuki masa menopause pada usia 45 tahun atau lebih muda memiliki risiko demensia 28 persen lebih tinggi daripada wanita di atas 45 tahun.

Konferensi lain melaporkan juga tidak menemukan efek kognitif negatif pada wanita yang memulai terapi hormon antara usia 50 dan 54 tahun. Namun, mereka yang menggunakan terapi hormon antara usia 65 dan 79 memiliki kognisi global, memori, dan fungsi eksekutif yang lebih buruk.

Wanita dengan diabetes tipe 2 yang menerima terapi hormon juga berisiko lebih besar mengalami gangguan kognitif. Kondisi ini dibandingkan dengan wanita non-diabetes yang mendapat terapi hormon dan wanita diabetes yang mendapat plasebo.

Temuan ini menambah penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa terapi hormon estrogen dan progestin meningkatkan risiko demensia pada wanita pascamenopause berusia 65 tahun ke atas.

Jual Obat Hormon Estrogen Rendah

Namun, ada pertanyaan yang masih belum terjawab oleh para peneliti. Mereka belum tahu apakah estrogen secara langsung memengaruhi fungsi kognitif atau hal lain.

Hormon estrogen terdapat dalam tubuh baik pria maupun wanita, namun lebih banyak terdapat pada tubuh wanita. Estrogen tidak hanya mempertahankan karakteristik kelamin perempuan sekunder (seperti payudara, pinggul lebar, rambut kemaluan, dan bulu ketiak), tetapi juga mengatur siklus menstruasi.

Selama masa kehamilan, plasenta juga akan memproduksi estrogen, khususnya hormon estriol. Estrogen mengontrol laktasi dan perubahan lain pada payudara, termasuk selama masa remaja dan kehamilan.

Hormon Estrogen Pada Wanita Bisa Cegah Demensia

Selain itu, estrogen juga bermanfaat dalam mengurangi risiko osteoporosis. Estrogen bekerja dengan menghalangi produksi sel yang merusak tulang.

Jual Obat Herbal Penambah Hormon Estrogen Pada Wanita Dewasa

Ternyata mengonsumsi makanan tertentu yang mengandung estrogen alami juga bisa meningkatkan kadar estrogen Anda. Berdasarkan rekomendasi dr. Alvin Nursalim dari

Kadar estrogen akan menurun selama menopause. Terapi penggantian hormon dapat digunakan untuk mengobati efek dari kadar estrogen yang rendah, tetapi Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Namun, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung estrogen untuk membantu memicu kadar estrogen. Mengingat hormon ini baik untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah demensia. STRUKTUR OTAK DAN KOGNISI 3 TAHUN SETELAH AKHIR DAN AWAL MENOPAUSE HORMON TRIAL TRIAL DEBUT SHIRLEY AMANDA 161.0221.109.

Presentasi berjudul: “STRUKTUR OTAK DAN KOGNISI 3 TAHUN SETELAH AKHIR MENOPAUSE DAN AWAL PERCOBAAN TERAPI HORMON DEBUT SHIRLEY AMANDA 161.0221.109.”— Transcript presentasi:

2 RINGKASAN TUJUAN – Selama 3 tahun terakhir, studi persiapan 2 MHT pada struktur dan perkembangan kognitif otak METODE Peserta: tahun  5-36 bulan pasca menopause Pengambilan sampel acak Pengobatan:  diberikan oCEE 0,45 mg/d  patch TE2 17B -estradiol) 50 ug/hari tablet plasebo dan patch  4 tahun progesteron oral 400 mg/hari  12 hari MRI: dilakukan pada awal dan akhir setelah 4 tahun menggunakan MHT dan 3 tahun setelah menghentikan MHT

Obat Gangguan Hormon Pada Wanita 100% Herbal Alami Yang Aman Sudah Bpom

3 RINGKASAN HASIL Volume ventrikel meningkat pada kelompok oCEE dibandingkan dengan plasebo selama 4 tahun terapi MHT.Namun, peningkatan volume ventrikel tidak berbeda dengan plasebo 3 tahun setelah penghentian MHT. Korteks dapat dicegah pada kelompok perlakuan TE2 dibandingkan dengan kelompok perlakuan plasebo

4 ABSTRAK KESIMPULAN Efek penghentian oCEE pada struktur otak secara keseluruhan menurun, tetapi WMH terus meningkatkan volume korteks prefrontal dorsolateral dengan penggunaan TE2 selama lebih dari 7 tahun, efek jangka panjang pada otak. KLASIFIKASI BUKTI Studi ini memberikan bukti bahwa perubahan volume otak global dan fungsi kognitif pada wanita menopause baru yang menerima MHT tidak berbeda dengan wanita yang menerima plasebo setelah penghentian MHT setelah 3 tahun pengobatan.

5 PENDAHULUAN Berdasarkan studi observasional  terapi hormon (estrogen)  mempertahankan fungsi saraf dan mengurangi risiko demensia  diberikan pada menopause dini tetapi tidak berefek atau bahkan berbahaya jika diberikan belakangan. Butuh waktu lama untuk melihat dampak MHT pada demensia. waktu yang lama jika MHT diberikan lama setelah menopause.Pemeriksaan otak dengan menggunakan MRI mampu menilai perubahan struktur otak secara keseluruhan. Dan mampu melihat fungsi kognitif otak

Hormon Estrogen Pada Wanita Bisa Cegah Demensia

6 METODE Peserta diacak untuk kontrol plasebo dari 2 bentuk MHT yang biasa digunakan dalam terapi. Peserta memiliki kesehatan jantung yang baik Usia: tahun  5-36 bulan setelah menopause MRI: 4 tahun selama terapi MHT dan 3 tahun setelah berhenti terapi MHT MRI telah dilakukan setiap 18, 36 dan 48 bulan setelah 4 tahun selama penggunaan. Digunakan MHT  oCEE (premarin, 0.45 mg/h)  TE2 patch (kulit klimar 50 ug/h)  tablet dan patch plasebo Perlindungan endometrium:  progesteron oral (prometrium) 200 mg/h  12 hari, pemberian setiap terapi pada awal bulan, pencitraan PIB-PET digunakan jika ada kontraindikasi untuk MRI

Pdf) Menopause Dan Alzheimer`s Disease

7 Analisis statistik Karakteristik oCEE, TE2 dan kelompok plasebo dibandingkan dengan menggunakan analisis varian diikuti dengan uji eksak Pairwise Tukey atau Fisher. Perubahan hasil dari awal ditampilkan menggunakan grafik nilai rata-rata dan interval kepercayaan 95% pada setiap titik waktu. Asosiasi antara variabel hasil dinilai menggunakan scatterplot dengan koefisien korelasi Pearson dan nilai p yang sesuai. Persen perubahan volume ventrikel dan seluruh otak, volume WMH, dan skor kognitif global tahunan dari waktu ke waktu dimodelkan untuk membandingkan setiap kelompok yang diobati dengan MHT dengan plasebo.

8 Analisis statistik Untuk memeriksa perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah MHT, kelompok OCEE dan TE2 dibandingkan dengan plasebo untuk persentase perubahan tahunan pada volume otak keseluruhan dan ventrikel, perubahan total pada volume WMH, dan skor kognitif global menggunakan hasil uji-t 2 kelompok MHT dibandingkan satu sama lain tetapi tidak dikelompokkan karena perbedaan persiapan dan administrasi. Perubahan regional dalam volume kortikal masing-masing pada kelompok OCEE dan TE2, dibandingkan dengan plasebo menggunakan analisis kurva area di bawah karakteristik kinerja asupan dari 21 ROI. membandingkan daerah belahan kanan dan kiri ke kiri.

9 HASIL Semua wanita yang menghadiri KEEP di Mayo Clinic di Rochester, MN (n = 118) diundang untuk berpartisipasi dalam studi pendukung KEEPS-MRI. Dua belas wanita menolak untuk berpartisipasi dalam MRI dan 5 peserta dikeluarkan karena gangguan neurologis atau kontraindikasi MRI. Dari peserta yang memiliki MRI pada awal (n = 101), mereka yang menyelesaikan tindak lanjut MRI 3 tahun setelah akhir fase MHT (n = 75, 84 bulan setelah penilaian awal) dimasukkan. Faktor risiko kardiovaskular dan kinerja kognitif global tidak berbeda secara signifikan pada awal. Namun, di antara wanita yang diberikan MHT atau plasebo, wanita yang diberikan TE2 memiliki frekuensi pembawa APOE e4 yang lebih tinggi (48%) dibandingkan dengan wanita yang diberikan plasebo (16%; p = 0,03). ).

11 HASIL Interaksi pengobatan x waktu menunjukkan bahwa WMH meningkat lebih cepat pada kelompok OCEE daripada plasebo (p <0,05).

Hormon Estrogen Pada Wanita Bisa Cegah Demensia?

Pada 48 bulan tE2 lebih tinggi dari oCEE tetapi efek plasebo lebih besar dari keduanya 84 bulan: efek oCEE lebih tinggi dari tE2 tetapi lebih rendah dari plasebo

48 bulan: tE2 memiliki efek tertinggi dibandingkan oCEE dan plasebo 84 bulan: oCEE memiliki efek tertinggi dibandingkan tE2 dan plasebo

16 HASIL Setelah disesuaikan dengan usia, peningkatan WMH tidak mencapai signifikansi statistik pada kelompok TE2 dibandingkan dengan plasebo. Perubahan skor kognitif global, ventrikel, seluruh otak, dan volume WMH tidak berbeda antara kelompok OCEE dan TE2

Hormon Estrogen Pada Wanita Bisa Cegah Demensia

18 DISKUSI Studi ini melaporkan bahwa tingkat perubahan volume otak secara keseluruhan dan fungsi kognitif pada TE2 atau OCEE tidak berbeda dari plasebo 3 tahun setelah paparan MHT. Volume WMH meningkat pada kelompok OCEE dan TE2, dan tingkat peningkatan volume WMH secara statistik lebih besar secara signifikan daripada kelompok plasebo. Kelompok OCEE memiliki nilai lebih tinggi dari TE2

Ini Suplemen Vitamin Yang Dibutuhkan Wanita Menopause

19 PEMBAHASAN Volume korteks prefrontal dorsolateral dipertahankan pada kelompok TE2. tetapi dibandingkan dengan plasebo selama pengobatan dan 3 tahun setelah pengobatan Selanjutnya, pemeliharaan volume korteks prefrontal dorsolateral yang lebih besar terkait dengan deposisi beta amiloid kortikal global pada kelompok TE2 kurang dari 4 tahun MHT  volume ventrikel  jumlah yang lebih tinggi pada kelompok OCEE daripada kelompok plasebo 3 tahun setelah akhir MHT, tingkat pelebaran ventrikel tidak lagi berbeda dengan kelompok plasebo.

20 PEMBAHASAN Fungsi kognitif global  Tidak ada perbedaan signifikan efek terapi MHT terhadap fungsi kognitif selama dan segera setelah MTH. Studi Intervensi Awal dan Akhir dengan Estradiol  Wanita Menopause Muda  Tidak ada efek kognitif menopause dini pada terapi MTH Tidak ada efek pada kognitif. fungsi  tidak menutup kemungkinan efek kognitif jangka panjang pada perubahan struktur otak pada kelompok OCEE selama fase MHT Perubahan struktur otak  ada kemungkinan mempengaruhi fungsi kognitif

21 PEMBAHASAN WMH  meningkat selama dan setelah MHT  terdeteksi