Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin

35

Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin – Bayi usia 6 bulan ke atas harus diberikan makanan padat. Namun, menyusui harus dilanjutkan sampai usia 2 tahun. Pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) sebaiknya dilakukan secara bertahap dimulai dari makanan bertekstur semi padat. Tentunya, semakin tua usia anak, semakin banyak nutrisi yang dibutuhkannya. Bayi usia 6 bulan ke atas membutuhkan tambahan vitamin dan mineral untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Lalu apa saja vitamin untuk bayi 10 bulan ini?

Salah satu kebutuhan mikronutrien yang sangat penting bagi bayi adalah vitamin. Asupan vitamin untuk bayi dapat diperoleh dari berbagai makanan dan suplemen.

Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin

Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin

Vitamin sama pentingnya dengan makronutrien, karbohidrat, protein, dan lemak. Ada berbagai jenis vitamin mikronutrien. Vitamin di dunia ini terbagi menjadi dua golongan, yaitu vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.

Perlukah Anak Minum Vitamin?

Seperti namanya, vitamin larut lemak adalah jenis vitamin yang larut dalam lemak, termasuk vitamin A, D, E, dan K, dan penyerapan vitamin ini akan lebih optimal dan maksimal bila dikonsumsi bersama makanan berlemak.

Sebaliknya, vitamin yang larut dalam air tidak bercampur dengan lemak, hanya air. Kelompok vitamin yang larut dalam air ini termasuk vitamin C dan B, dan vitamin B sendiri memiliki 8 jenis: B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Fungsi dari rangkaian vitamin ini tentu berbeda.

Vitamin A baik untuk mendukung daya tahan tubuh bayi serta menjaga kesehatan kulit, rambut, dan mata. Bayi antara 6 bulan dan 3 tahun membutuhkan 400 mg vitamin A per hari.

Sumber vitamin A terdapat secara alami pada beberapa makanan, seperti wortel, ubi jalar, kuning telur, bayam, brokoli, hati ayam, ikan, minyak ikan, dan hati sapi.

Rekomendasi Vitamin C Untuk Ibu Menyusui

Tiamin adalah nama lain dari vitamin B1, yang membantu tubuh mengubah karbohidrat, protein, dan lemak dari makanan menjadi energi. Energi ini diperlukan untuk pertumbuhan, perkembangan dan fungsi sel-sel tubuh bayi, terutama sel saraf. Berdasarkan pedoman kecukupan gizi, bayi harus memenuhi sekitar 0,3 miligram (mg) vitamin B1 per hari.

Sumber alami tiamin dapat ditemukan pada nasi, daging sapi, hati sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian. Beberapa produk sereal dan makanan bayi diperkaya dengan vitamin B1.

Riboflavin memainkan peran serupa dalam produksi energi tubuh. Selain itu, vitamin B2 membantu tubuh menggunakan energi ini dan melindungi sel dari kerusakan. Riboflavin juga dapat melindungi kesehatan mata, kulit, dan sistem saraf anak.

Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin

Bayi dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B2 hingga 0,3 mg setiap hari. Beberapa makanan yang mengandung vitamin B2 adalah susu, daging sapi, telur, dan sayuran.

Blackmores Multivitamin Minerals

Niasin dibutuhkan oleh tubuh untuk mengubah protein dan lemak menjadi energi. Selain itu, niasin mendukung fungsi dan perawatan kulit dan sistem saraf. Mereka membutuhkan 2-4 mg vitamin B3 setiap hari.

Daging ayam dan hati, ikan, jamur, alpukat, kentang, dan kacang-kacangan merupakan sumber vitamin B3 yang bisa ditambahkan ke dalam menu makanan pendamping ASI anak.

Piridoksin berperan dalam menjaga kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh. Kebutuhan ini sekitar 0,1 hingga 0,3 mg per hari. Makanan yang kaya vitamin B6 antara lain daging ayam, ikan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan susu.

Folat merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat penting untuk kesehatan bayi. Asupan folat makanan yang cukup dapat mengurangi risiko cacat lahir. Setelah lahir, folat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah dan daya tahan tubuh bayi, serta mencegah anemia.

Tips Jitu Memilih Suplemen Vitamin Untuk Anak

Bayi membutuhkan 65-80 mg folat setiap hari. Mikronutrien tunggal ini dapat ditemukan pada bayam, brokoli, kacang-kacangan, jagung, alpukat, dan telur. Beberapa jenis susu dan sereal diperkaya dengan asam folat.

Cobalamin bekerja untuk menjaga kesehatan dan fungsi sel saraf dan darah. Peran vitamin B12 termasuk membuat DNA, materi genetik di setiap sel tubuh bayi.

Kebutuhan harian vitamin B12 adalah 0,4 hingga 0,5 mikrogram. Asupan mikronutrien ini dapat dicapai dengan mengonsumsi telur, daging sapi, keju, susu, dan ikan.

Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin

Asam askorbat melindungi tubuh dari infeksi, mengoptimalkan penyerapan zat besi, membangun tulang dan otot, serta dapat menyembuhkan luka. Anak-anak membutuhkan hingga 40-50 mg asam askorbat per hari.

Jaga Daya Tahan Tubuh Anak Dengan Interlac + Vitamin D3

Sumber makanan yang secara alami mengandung vitamin C adalah buah dan sayur seperti jeruk, pepaya, strawberry, kiwi, mangga, jambu biji, kembang kol, kentang dan brokoli.

Juga dikenal sebagai “vitamin sinar matahari”, vitamin D membantu tubuh menyerap kalsium dan menjaga tulang dan gigi tetap kuat. Rekomendasi vitamin D untuk bayi adalah 5 mg per hari.

Sumber utama vitamin D adalah sinar matahari. Matahari pagi akan terbenam dan anak akan menerima. Selain itu, vitamin D juga bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan seperti daging atau hati sapi, kuning telur, ikan, susu kedelai, dan sereal atau jus yang diperkaya vitamin D.

Untuk melindungi sel dari kerusakan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta melindungi kesehatan kulit dan mata. Berdasarkan rekomendasi dalam pedoman gizi Kementerian Kesehatan RI, bayi membutuhkan 4-5 mg vitamin E setiap hari.

Rekomendasi Produk Blackmores Terbaik

Terdiri dari dua jenis, vitamin K1 dan K2, mikronutrien ini membantu proses pembekuan darah dan mempercepat proses penyembuhan luka. Asupan harian yang direkomendasikan untuk bayi adalah 5-10 mg vitamin K.

Makanan kaya vitamin untuk bayi bisa ditemukan pada bayam, brokoli, kembang kol, kol, ikan, hati, daging, dan telur.

Anak-anak yang sedang tumbuh, terutama yang mengonsumsi makanan yang sama, tidak akan mendapatkan cukup vitamin A dan C, serta vitamin D, yang tidak dapat dipenuhi hanya dengan mengandalkan sumber makanan saja.

Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin

Oleh karena itu, anak usia 6 bulan hingga 5 tahun dianjurkan untuk diberikan suplemen vitamin harian yang mengandung vitamin A, C, dan D. Bayi yang disusui juga diharuskan menerima suplemen vitamin D sejak lahir.

Rekomendasi Vitamin B Kompleks Untuk Anak

Catatan untuk bayi yang minum susu formula lebih dari 500 ml per hari. Mereka tidak perlu diberikan suplemen vitamin karena susu formula mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin D.

Untuk bayi berusia di bawah 10 bulan, mengonsumsi suplemen vitamin, terutama dalam jangka waktu lama, sebaiknya dilakukan atas anjuran dokter. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

Di usia ini, saluran pencernaan anak biasanya cukup sensitif. Oleh karena itu, penggunaan suplemen yang tidak tepat dapat menyebabkan gangguan saluran cerna seperti mual, muntah, dan diare. Selain itu, kecenderungan bayi untuk mengalami alergi masih sangat tinggi.

Jika bayi Anda tidak memiliki masalah menyusu dan Anda mampu memberikan ASI yang cukup untuk memenuhi kebutuhannya, tidak perlu memberikan bayi vitamin selama 10 bulan. Satu hal yang penting bagi Anda adalah tetap memantau tumbuh kembang si kecil dengan rutin memeriksakan kesehatannya ke fasilitas kesehatan terdekat.

Meminum Suplemen, Perlu Atau Tidak? • Hello Sehat

Bagaimanapun, suplemen mineral dan vitamin saling melengkapi. Jangan mengganti sumber utama vitamin, yaitu makanan. Suplemen vitamin atau mineral direkomendasikan hanya untuk bayi dan anak-anak dengan defisiensi mikronutrien.

Mikronutrien dari ASI dan makanan dianggap tidak mencukupi untuk kelompok bayi ini. Oleh karena itu, mereka perlu diberikan suplemen vitamin atau mineral tambahan. Jika Anda merasa perlu memberikan suplemen atau vitamin bayi usia 10 bulan untuk membantunya menambah berat badan, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Omega 3 DHA penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, terutama pada 1 tahun pertama kehidupannya. Asam lemak ini mendukung perkembangan pesat otak, mata, dan sistem saraf bayi.

Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin

Müller’s My First Omega-3 kaya akan asam lemak esensial DHA dan EPA. Omega 3 bukan sekedar vitamin otak untuk bayi usia 10 bulan, tapi asam lemak esensial bagi tubuh.

Rekomendasi Vitamin Yang Baik Untuk Daya Tahan Tubuh

Kedua jenis lemak sehat, EPA dan DHA, dapat mendukung pertumbuhan dan melindungi penglihatan dan fungsi otak si Kecil. Asupan asam lemak omega-3 penting untuk kesehatan bayi dan ibu, baik sebelum maupun sesudah melahirkan.

Sementara vitamin A berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang normal dan sehat, vitamin D dalam suplemen ini membantu memperkuat tulang dan gigi bayi Anda.

Dosis yang dianjurkan untuk usia 6 bulan ke atas adalah 1 sendok teh atau 5 mililiter.

Hampir identik dengan My First Omega-3, Muller’s Tran Tutti Frutti juga merupakan suplemen minyak ikan cod. Minyak ini juga mengandung 1,2 gram omega 3 dari cod Arktik Norwegia liar.

Rekomendasi Suplemen Multi Mineral Terbaik (terbaru Tahun 2022)

Tran Tutti Frutti juga dapat memberikan vitamin otak untuk bayi usia 10 bulan, mengandung vitamin A, D dan E, serta perasa alami. Dosis yang dianjurkan untuk bayi usia 10 bulan adalah ½ sendok makan atau setara 5 mL per hari.

5 ml mengandung 5000 IU (international unit) vitamin A, 3 mg vitamin B1, 2 mg vitamin B2, 1 mg vitamin B6, 5 mg vitamin B12, 50 mg vitamin C, 1000 IU vitamin D3, dan 3 mg D-panthenol. , L-Lysine HCl 300 mg, Niacinamide 20 mg.

Sirup ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan asam amino dan vitamin di atas. Amino lysine di dalamnya juga membantu menjaga kekebalan tubuh dan merupakan salah satu vitamin untuk menambah nafsu makan bayi usia 10 bulan.

Kapan Si Kecil Butuh Suplemen Multivitamin

Suplemen yang mengandung berbagai vitamin dan mineral ini berfungsi untuk menambah nafsu makan anak dan mempercepat proses penyembuhan. Dosis harian yang dianjurkan adalah 0,3 ml, dan diminum sekali sebelum atau sesudah makan. Produk vitamin ini aman digunakan selama mengikuti dosis dan petunjuk penggunaan.

Promo Blackmores Koalakids Body Shield [60 Tablet] Diskon 25% Di Seller Blackmores Official Store

Kandungan antioksidan vitamin A, C, dan E membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sedangkan vitamin B dan asam amino lysine HCl akan menjaga kesehatan bayi Anda. Dikombinasikan dengan vitaminnya, itu akan memperkuat tulang dan gigi Anda.

Suplemen ini dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi

Caviplex suplemen multivitamin dan mineral, suplemen multivitamin terbaik, suplemen dan multivitamin, suplemen multivitamin dan mineral, multivitamin suplemen makanan, suplemen makanan caviplex multivitamin & mineral, suplemen multivitamin yang bagus, suplemen multivitamin dewasa, perbedaan multivitamin dan suplemen, suplemen multivitamin, suplemen multivitamin untuk remaja, daftar suplemen multivitamin