Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit – Karsinoma sel skuamosa (SCC) atau karsinoma sel skuamosa (SCC) adalah jenis kanker kulit yang sering terjadi bersamaan dengan karsinoma sel basal (BCC) dan melanoma yang menyerang lapisan bawah epidermis. Kanker kulit ini paling sering menyerang bagian tubuh yang terpapar sinar matahari, yaitu wajah dan kepala, leher, dan punggung tangan. Pada tahun 2015, jumlah penderita KSS mencapai 2,2 juta di seluruh dunia.

Seperti BCC, KSS menyebabkan kerusakan lokal pada jaringan kulit, namun berpotensi menyebar (metastasize). Jika didiagnosis lebih awal, dapat diobati dan pasien dapat pulih. Sebaliknya, jika tidak segera diobati, KSS dapat menyebar ke jaringan sekitar dan kelenjar getah bening 1-3 tahun setelah terdiagnosis.

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Gejala awal KSS ditandai dengan munculnya benjolan keras dengan batas yang tidak jelas di kulit. Benjolan ini umumnya halus seperti kulit normal pada awalnya, kemudian berkembang dengan permukaan yang kasar dan dapat terjadi lesi seperti bisul.

Ciri Ciri Hamil Atau Tanda Ovulasi Berhasil Dibuahi

Seperti jenis kanker kulit lainnya, penyebab utama SCC adalah paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari. SCC juga dapat terjadi akibat kelainan kulit prakanker sebelumnya seperti keratosis aktinik dan penyakit Bowen. Faktor risiko lainnya adalah infeksi human papillomavirus, peradangan kulit kronis, dan paparan karsinogen.

1. Profesi. Seseorang yang pekerjaannya mengharuskannya terpapar sinar ultraviolet terus menerus sepanjang hari, seperti petani, pelaut, atau pekerja perkebunan.

3. Jenis Kelamin. Mayoritas penderita KSS adalah laki-laki. Dari sudut pandang medis, sebenarnya tidak ada hubungan langsung antara gender dan SCC. Kemungkinan besar karena kebanyakan dari mereka yang bekerja di ruang terbuka dengan paparan sinar UV yang tinggi adalah laki-laki.

5. Penggunaan mesin tanning. Mesin tanning yang biasa digunakan di negara Barat dapat meningkatkan resiko 2 kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak menggunakan mesin tersebut.

Kenali Penyebab Dan Cara Penanganan Polisitemia Vera

6. Penyakit kulit. Warna kulit lebih terang, mereka yang memiliki luka kulit kronis memiliki risiko lebih tinggi terkena KSS.

Cara paling efektif untuk mencegah KSS adalah dengan mengurangi paparan radiasi UV dan menggunakan tabir surya dengan benar setiap hari, serta segera memulai pengobatan jika penyakit prakanker terdeteksi.

1. Prosedur pembedahan. Operasi eksisi dapat dilakukan pada sel kanker kecil. Untuk sel kanker yang besar, operasi Mohs dapat digunakan untuk memastikan kulit bebas dari sel kanker.

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

2. Radioterapi. Ini dilakukan pada pasien yang kankernya lebih besar dan berada di lokasi yang sulit dijangkau atau sudah menyebar.

Penyebab, Gejala, Dan Penyebaran Penyakit Kusta Yang Viral Di Tiktok

Gejala kanker kulit KSS cenderung mudah dikenali. Jika menemukan kelainan kulit yang mencurigakan KSS, segera konsultasikan ke dokter spesialis kulit. Lindungi diri Anda secara preventif dari sinar matahari langsung dan gunakan tabir surya setiap hari.Exfoliant yang kuat ini berasal dari tebu. Glycolic acid atau asam glikolat adalah asam alfa hidroksi yang berfungsi mengangkat sel kulit mati dan perubahan warna pada permukaan kulit.

. Produk yang mengandung asam glikolat sekitar 10 persen sangat bagus untuk mereka yang menginginkan eksfoliasi yang lebih kuat tanpa melalui fase wajah merah.

Asam laktat atau asam laktat mirip dengan asam glikolat. Asam laktat juga merupakan asam alfa hidroksi atau exfoliant. Bahan-bahan ini melarutkan lapisan atas kulit mati dan mengelupas sel-sel tua dengan lembut.

Asam hialuronat (HA) adalah gula alami di kulit kita yang menahan air dan membantu menjaganya tetap terhidrasi dan kenyal.

Mengenal Struktur Kulit Epidermis Dan Fungsinya Bagi Tubuh

Asam hialuronat dikenal manfaatnya dalam merawat kulit kering, mengurangi munculnya garis halus dan kerutan, serta mempercepat penyembuhan luka.

Retinol adalah bentuk vitamin A dan pada dasarnya mengobati setiap masalah kulit utama yang Anda miliki. Retinol mempercepat pergantian sel, mencegah penyumbatan pori-pori dan membersihkan jerawat.

Seiring waktu, retinol membantu meringankan perubahan warna, mengurangi garis-garis halus dan kerutan, serta memperbaiki tekstur dan kejernihan kulit. Jika dana terbatas, bahan yang satu ini cukup untuk merawat kulit.

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Bahan-bahan yang diekstraksi dari tanaman ini merangsang kulit untuk menghasilkan sel-sel kekebalan. Sederhananya, beta glucan membuat kulit tampak lebih halus

Indonesia Cancer Care Community

Dalam perawatan kulit, beta glucan berfungsi untuk menenangkan dan menenangkan kulit yang teriritasi. Beta glucan juga bertindak sebagai agen anti-penuaan yang efektif untuk mengencangkan dan mengisi garis-garis halus dan kerutan.

Asam alfa hidroksi adalah sekelompok bahan alami dan sintetis yang jika digabungkan dengan benar dapat mengelupas lapisan atas kulit.

Hasilnya adalah kulit yang lebih segar dan halus yang terasa lebih halus, lebih terhidrasi, dan tampak lebih kencang dari waktu ke waktu.

Siapa pun yang ingin terlihat lebih muda harus mempertimbangkan untuk menambahkan produk alfa-hidroksi ke rutinitas perawatan kulit mereka. Namun, Anda juga harus berhati-hati saat berjemur.

Jaringan Pada Tumbuhan, Yuk Kenali Lebih Dekat

Kojic acid, ditemukan pada tahun 1989, bekerja mirip dengan hydroquinone. Asam kojic berasal dari jamur dan penelitian menunjukkan bahwa bahan ini efektif sebagai bahan pencerah yang memperlambat produksi melanin (pigmen coklat). Selain dunia perawatan kulit, kenapa kamu tidak tahu lebih banyak tentang lapisan kulit manusia? Apa itu anatomi, berikut penjelasannya.

Berbicara tentang organ, pikiran Anda mungkin langsung tertuju pada jantung, paru-paru, ginjal, dan organ dalam lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa kulit sebenarnya adalah organ?

Kulit adalah organ terbesar pada manusia. Kulit juga tersusun atas beberapa lapisan atau struktur, sehingga mampu menyelimuti dan melindungi tubuh.

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Tiga lapisan utama kulit manusia adalah epidermis, dermis, dan hipodermis. Pada lapisan dermis terdapat folikel dan batang rambut, kelenjar sebaceous, kelenjar keringat dan pembuluh darah hingga ujung saraf.

Kenalan Dengan Glycolic Acid Yang Atasi Permasalahan Umum Kulit

Anatomi kulit ini adalah bagian luar. Jika Anda bertanya-tanya di mana sel kulit mati berubah menjadi kulit baru, jawabannya ada di lapisan epidermis!

Selain untuk menciptakan sel kulit baru, fungsi dari lapisan ini adalah untuk menambah warna pada kulit. Tak kalah pentingnya, lapisan ini juga memiliki tugas untuk melindungi lapisan lain yang letaknya lebih dalam dari berbagai kuman dan suhu.

Lapisan ini merupakan lapisan terluar dan paling tebal dari epidermis. Perannya untuk melindungi tubuh dari bakteri, virus, atau jamur yang mencoba masuk ke dalam tubuh.

Meski tidak setebal stratum korneum, struktur kulit ini juga memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari dunia luar.

Kenali 4 Manfaat Vitamin C Untuk Wajah

Lapisan kulit ini berperan untuk mencegah masuknya cairan berlebih ke dalam tubuh dan mencegah penguapan cairan yang berlebihan dari tubuh.

Lapisan ini disebut juga stratum basalis. Struktur kulit ini berada di lapisan terdalam dari epidermis. Fungsinya untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen melalui proses difusi.

Lapisan ini akan menghasilkan keratin dan sebum. Tiga sel lainnya berada di epidermis, yaitu melanosit (pigmen), Langerhans (defensif) dan Merkel (reseptor).

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Dermis terletak di bawah epidermis. Lapisan yang terdiri dari banyak kolagen ini adalah yang paling tebal. Bagian-bagian kulit dermis, yaitu:

Kenali Hal Hal Yang Dapat Melemahkan Imunitas Kulit

Folikel adalah kantung kecil tempat rambut tumbuh di seluruh tubuh. Rambut membantu kita mengontrol suhu tubuh dengan mudah.

Kelenjar yang memiliki nama lain kelenjar sebaceous ini berfungsi menghasilkan sebum atau minyak untuk folikel rambut. Minyak ini melindungi batang rambut dari kekeringan.

Pertama, pertaecrine (kelenjar utama), yang terletak di dahi, telapak tangan, dan telapak kaki. Fungsi kelenjar ini untuk menjaga tekstur keringat agar tetap cair dan tidak berbau.

Kelenjar keringat lainnya adalah apokrin. Meski tidak besar, ukuran kelenjar apokrin lebih besar. Kelenjar ini berada di ketiak dan kemaluan serta menghasilkan keringat yang lebih harum.

Mengenal Struktur Kulit Manusia

Pembuluh darah mengantarkan nutrisi dan oksigen ke kulit. Bagian ini juga akan membantu kulit untuk menghilangkan kotoran dan karbon dioksida.

Bagian ini memiliki jaringan ikat, jaringan lemak, dan elastin, sejenis protein yang membantu jaringan kulit tetap elastis setelah diregangkan.

Lapisan lemak pada jaringan subkutan berfungsi untuk melindungi tubuh dari suhu dingin dan panas. Lapisan ini akan menyimpan cadangan energi.

Kenali Lebih Dekat Setiap Lapisan Kulit

Dua dari tiga lapisan tersebut merupakan lokasi penyakit kulit. Jika seseorang memiliki penyakit kulit, lapisan epidermis atau dermis biasanya rusak.

Cara Membuat Kulit Wajah Halus Secara Alami

Penyakit yang mempengaruhi struktur kulit manusia biasanya tidak berakibat fatal. Namun, hal ini bisa jadi tidak menyenangkan dan menurunkan kualitas hidup.

Sekarang Anda telah mengetahui anatomi kulit manusia dan fungsinya. Agar kulit tetap sehat, jaga kebersihan dan kelembapannya setiap saat, ya!

Masih memiliki pertanyaan tentang kesehatan kulit? Bertanya ke spesialis lebih mudah dan praktis hanya di aplikasi. Yuk, #Selalu jaga kesehatan!

Jelaskan fungsi setiap lapisan arsitektur sistem operasi windows

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here