Kiat Memilih Sekolah Tk Yang Baik – *PERINGATAN POSTING TERLAMBAT* Desain postingan blog ini telah lama diabaikan. Saya menulis sejak Maret setelah mengikuti seminar tentang memilih sekolah yang tepat untuk anak, dan saya terlalu malas untuk melanjutkan. Beberapa hari yang lalu saya melakukan sedikit pengolahan di Instagram, dengan 3 postingan. Terus berusaha untuk menyelesaikan ini hehe.

Seminar dengan narasumber Karuningtyas Rejeki dan Dian Indri Purnamasari memberikan banyak wawasan bagi saya. Banyak yang “OOO gitu sih” dan “Keren, bener juga ya” gitu haha. Jadi di sini kita pergi!

Kiat Memilih Sekolah Tk Yang Baik

Kiat Memilih Sekolah Tk Yang Baik

Saya mengikuti seminar ini karena saya merasa membutuhkan panduan untuk memilih TK Aiden/Akhirnya. Itu yang paling dekat. Sekarang Aiden udah 2,5 tahun, btw (Usianya 3 TAHUN, hahaha, udah lama banget design ini di hold). Saya ditanya oleh seorang teman kok saya sudah memulai survey/informasikan tentang taman kanak-kanak di jogja, sampai-sampai saya sendiri terpengaruh dan berpikir: “Eh iya, apakah saya terlalu cepat dengan surveynya? Haruskah saya menunggu nanti?”

Tips Memilih Sekolah Internasional Di Surabaya Untuk Para Orang Tua

Itulah yang terjadi di seminar itu. Nanti aku akan marah-marah. Saya bingung mau mulai dari mana. HA HA HA.

πŸ“Œ Ada beberapa poin materi yang diadaptasi dari e-book Bukik Setiawan. Nah, mungkin sebagian dari kalian pernah membaca ini sebelumnya. Nanti saya akan menambahkan poin penjelasan dari sumbernya.

πŸ“Œ Untuk lebih jelasnya, Karuningtyas Rejeki (Mba Tyas) berbicara dari sudut pandang seorang lulusan Psikologi yang kini aktif sebagai fasilitator acara pendidikan anak. Sementara itu, Dian Indri Purnamasari (Mba Indri) berbicara dari sudut pandang orang tua dengan dua anaknya yang duduk di bangku SD dan SMP, agar lebih jelas dalam memilih sekolah.

Misalnya, ada sekolah dengan perpustakaan super besar dan buku super penuh. Kita perlu mengecek, seberapa sering siswa memiliki akses ke perpustakaan? Apakah semua siswa dapat mengakses? Bagaimana upaya sekolah/guru dalam membangkitkan minat baca siswa? Seberapa sering ada kegiatan sekolah yang berlangsung di/mendorong siswa ke perpustakaan?

Tips Memilih Sekolah Di Masa Pandemi Seperti Sekarang Ini

🏫 Pilih sekolah berdasarkan jumlah piala dan gelar (sebagai orientasi hasil), BUKAN pada suasana belajar dan kekompakan komunitas sekolah (sebagai orientasi proses).

Karena seperti itu, sekolah dengan sederet gelar dan piala, apakah mewakili SEMUA anak? Tentu saja tidak. Pasti hanya mewakili beberapa performa dan juara reguler. Pertanyaannya, jika anak-anak kita tidak berprestasi, bagaimana sekolah akan memimpin, membimbing dan menghargai mereka?

Contoh termudah dari poin ini adalah taman kanak-kanak dan taman kanak-kanak. Apakah yang dipajang di dinding hanyalah karya anak-anak yang sempurna? Apakah mereka hanya menunjukkan hasil pewarnaan yang semuanya rapi tanpa garis luar, hasil penulisan angka atau huruf yang tidak menyenangkan? Jika demikian, besar kemungkinan sekolah hanya menghargai anak-anak yang bisa ‘dibanggakan’.

Kiat Memilih Sekolah Tk Yang Baik

Alias ​​​​memilih yang mahal tanpa mengetahui apa yang sebenarnya ditawarkan sekolah. Jangan salah paham ya. Tidak salah memilih sekolah yang mahal jika mampu. Tapi, pastikan, kami mempertimbangkan poin lainnya juga. Jangan hanya menganggap mahal = bagus, tanpa riset lebih lanjut.

Cara Terbaik Untuk Mempromosikan Sekolah Anda

Mungkin kadang kita berpikir, β€œDulu sekolahku belum punya klub musik. Sebenarnya sekolah A yang punya klub musik dengan fasilitas alat musik yang lengkap sepertinya bagus. anak yang memiliki klub musik!” Pertanyaannya, apakah anak kita tertarik dengan musik atau tidak? Kalau ternyata anak kita suka olahraga dan tidak tertarik dengan musik, rasanya kurang pas.

Untuk poin ini, saran Mba Tyas bagus banget. Ia mengatakan bahwa sebagai orang tua kita perlu memperbaiki harapan dan cita-cita kita di masa lalu. Di sinilah kami ingin anak-anak kami bersekolah, kami tidak menyekolahkan diri kami sendiri ketika kami masih kecil dalam bentuk anak-anak kami. Apa yang kita inginkan di masa lalu, apakah kita juga menginginkan dan membutuhkan anak atau tidak? yang ini!

Pilih sekolah sebanyak mungkin, itu harus paling nyaman untuk anak. Mengapa? Karena suatu hari nanti sekolah akan menjadi rumah kedua mereka. Untuk anak prasekolah dan taman kanak-kanak, mungkin hal ini tidak terlalu terasa. Tapi nanti di SD, dan seterusnya akan terasa seperti itu. Berapa jam yang dihabiskan anak Anda di sekolah dasar? Bisa pagi sampai sore. Ada juga yang bahkan dari pagi hingga sore hari. Jadi ya, Anda harus nyaman.

😫 Stres. Mudah cemas, menjadi sangat pasif atau sebaliknya menjadi sangat agresif, nafsu makan menjadi tidak stabil, sulit tidur. Stres ini pada dasarnya wajar, terutama di lingkungan baru. Kita tinggal perhatikan saja, stres itu wajar atau tidak dan berapa lama stres itu berlangsung.

Persiapan Sebelum Anak Masuk Tk Yang Perlu Anda Lakukan

Saya benar-benar melihat stres ini dari pengalaman anak teman saya. Jadi saya mendengar langsung dari orang tuanya. Ceritanya, sang anak bersekolah di SDIT. Sekolah yang bagus menyukai programnya. Tapi jam belajarnya sangat panjang dan sangat dekat. Sedangkan sang anak ‘hanya’ banyak bermain di taman kanak-kanak. Otomatis kaget anak ini. Stres yang dialaminya berupa mengigau setiap saat saat marah, dan suka mogok sekolah. Butuh waktu cukup lama.

Bukan karena sekolah yang dipilih teman saya tidak bagus. Ini hanya sorotan bahwa sangat mungkin seorang anak menjadi stres.

😫 Menjadi negatif. Misalnya: bersikap negatif kepada teman atau guru, malas pergi ke sekolah, sangat sedih ketika harus pergi ke sekolah. Bukan hanya sehari, dua hari sedih, tapi untuk waktu yang lama.

Kiat Memilih Sekolah Tk Yang Baik

Jadi, draf posting blog saya berakhir di sana hahaha. Selebihnya, saya hanya copy paste dari judul 3 postingan instagram saya.

Tips Penting Memilih Sekolah Taman Kanak Kanak (tk)

1) Hitung dulu kemampuan kita sampai kita tahu pasti bisa bayar sekolah berapa biayanya. Ini akan menghilangkan sekolah yang nilainya tidak bisa kita capai. Misal bisa sekolah dengan 1jt/bulan, kenapa repot survey sekolah dengan 5jt/bulan? Kecuali jika Anda benar-benar ingin menghemat uang dan yakin bisa.

2) Tahu harapan kita. Apakah Anda ingin anak Anda mendapatkan banyak pelajaran agama? Artinya, Anda perlu mencari tahu sekolah mana yang memiliki siswa homogen dari semua agama. Apakah Anda ingin anak Anda terbiasa berbicara bahasa Inggris? Artinya mereka akan mencari pilihan sekolah yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, bukan? Apakah Anda ingin anak Anda memiliki banyak kesempatan untuk bermain di alam, tidak hanya di gedung? Kemudian saya akan mencari informasi tentang sekolah dengan lahan hijau yang luas, atau bahkan sekolah alam. dll. Dengan mengakui ekspektasi, calon sekolah yang akan kita kaji otomatis menyempit.

3) Membangun kesepakatan dengan anak. Meskipun kita memiliki ekspektasi sendiri, kita tetap harus menyesuaikan dengan pendapat/kepentingan anak. Karena Aiden masih 3 tahun dan aku mencarinya sebagai anak TK, jadi akulah yang benar-benar menentukan pilihan. Nah, sesuaikan dengan mengamati apa yang disukai Aiden.

Selama ini dia suka belajar kosa kata atau saya berbicara dengannya dalam bahasa Inggris. Menikmati di sini artinya, Aiden betah, tidak menolak, dan ingin mengikuti. Itu juga bisa dilihat di pembibitan. Seminggu sekali di English Club, Aiden biasanya duduk di depan dan benar-benar mendengarkan. Dia mengikuti apa yang gurunya nyanyikan atau katakan. Sesampainya di rumah, hal itu terulang kembali. Semangat ini tidak muncul di semua kegiatan. Jadi mungkin nanti saya akan memilih PAUD yang berbahasa Inggris (contoh saja).

Sekolah Dapena ( Pg/tk/sd/smp/sma Dapena ) Surabaya: Tips Memilih Sekolah Yang Tepat Untuk Anak

4) Cari informasi tentang sekolah. Bisa dari internet, media sosial, bertanya kepada teman yang anaknya sudah bersekolah disana.

5) Observasi sepulang sekolah. Kalau dibilang seminar kemarin, usahakan banget datang minimal 2x. Tidak hanya di open house, tapi juga di hari kerja. Karena di open house harus ada sedikit banyak unsur ‘setting’ heheh.

πŸ‘ŒπŸ» Kursi mengelilingi meja untuk interaksi maksimal. Jika Anda berbaris depan dan belakang, kursi di belakang masih terdengar dan terlibat dalam kegiatan kelas.

Kiat Memilih Sekolah Tk Yang Baik

πŸ‘ŒπŸ» Bukan hanya penuh dengan karya siswa yang ‘sempurna’, tapi juga menunjukkan hasil yang belum rapi, pertanda ada proses pembelajaran & pertanda sekolah tidak hanya menghargai siswa terbaik. Ada aturan kelas yang disepakati bersama dan dipatuhi. Ada lembar/karya siswa, tidak hanya poster produk jadi.

Tips Memilih Tk Untuk Anak, Jangan Asal Gengsi

πŸ‘ŒπŸ» Hidup dengan buku menarik, buku bergambar, alat seni, alat peraga. Bukan hanya buku teks tebal dan lembar kerja ‘serius’

πŸ‘ŒπŸ» Variasi, bukan hanya dikte/bacaan sepihak. Pertimbangkan potensi dan cara mengajar setiap anak. Lihat pentingnya menikmati proses belajar, bukan hanya hasil akhirnya.

πŸ‘ŒπŸ» Tidak ada peringkat. Ada berbagai jenis dan waktu penilaian. Penilaian ada di awal, selama dan di akhir proses pembelajaran, bukan hanya di akhir.

πŸ‘ŒπŸ» Ada pertemuan rutin di awal/akhir sekolah, ada kegiatan orang tua (seminar/parenting/seminar pendidikan/talkshow/dll), orang tua berhak dan akses berkomunikasi dengan guru/sekolah. Biasanya para orang tua kini berkumpul bersama dalam satu grup WA.

Mengenal Paud, Kelompok Bermain Dan Tk, Apa Saja Perbedaannya?

Pendapat pribadi: Daftar pengamatan dan pertanyaan ini ‘hanya’ untuk bekal, jadi tidak sepenuhnya kosong bahwa Anda harus mempertimbangkan semuanya saat memilih sekolah. Pada akhirnya, mungkin terkadang ada 1-2 hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Bagi saya pribadi, tidak apa-apa, selama kita tidak benar-benar melanggar prinsip utama masing-masing. Tidak ada sekolah yang sempurna. Jadi kalau poin πŸ‘ŒπŸ» menurut saya bukan sesuatu yang sakral, harusnya lengkap, semua dalam satu sekolah.

Kumpulkan informasi dari sekolah, lebih baik tulis saja. Satu, jangan biarkan aku lupa. Dua, agar Anda bisa menikmati percakapan dengan suami. Ini hanya soal menyajikan ringkasan poin-poinnya, kan, lalu mendiskusikannya bersama. Tiga, untuk memudahkan kami saat ingin membandingkan calon dari sekolah lain jika sudah sebutkan 3 pilihan sekolah yang paling solid.

Lembar penelitian sekolah sudah saya buat, agar informasi tentang sekolah bisa tertata rapi. Saya sangat ingin jadi saya membuat 3 desain hahaha. Pas banget saya mau datang ke open house besok dan melakukan free trial di salah satu preschool incaran. Ini berisi poin-poin checklist untuk observasi sekolah dan daftar pertanyaan ke sekolah yang telah saya jelajahi di atas. Pada saat yang sama, ruang informasi ditambahkan untuk nama sekolah, alamat, program, fasilitas, biaya dan catatan.

Kiat Memilih Sekolah Tk Yang Baik

Ini sangat bagus jika Anda juga ingin mengunduh dan menggunakannya. Setiap desain saya upload dalam format pdf jadi tinggal print saja.

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memilih Sekolah Tk Untuk Anak

Semoga bermanfaat dan semoga kita bisa menemukan sekolah yang cocok untuk si kecil, amin! Tolong bagikan

Memilih jodoh yang baik, memilih obligasi yang baik, memilih sayuran yang baik, memilih saham yang baik, memilih rumah yang baik, memilih koper yang baik, memilih kasur yang baik, memilih telur yang baik, memilih teman yang baik, memilih kohaku yang baik, memilih pemimpin yang baik, memilih microphone yang baik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here