Lakukan Ini Saat Migrain Menyerang Di Kantor

27

Lakukan Ini Saat Migrain Menyerang Di Kantor – Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan penyakit yang dialami oleh hampir sebagian besar penduduk dunia, dan menurut artikel yang dikutip dari situs online CNN Indonesia, terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa wanita memiliki resiko lebih tinggi terkena migrain dibandingkan pria. Bahkan, menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh

Menunjukkan bahwa 85 persen penderita migrain adalah wanita. Tidak hanya itu, nyeri yang muncul juga akan semakin hebat dan berlangsung cukup lama. Lalu, apa saja faktor penyebab wanita lebih sering mengalami sakit kepala sebelah? Perhatikan penjelasan berikut.

Lakukan Ini Saat Migrain Menyerang Di Kantor

Lakukan Ini Saat Migrain Menyerang Di Kantor

Menurut para ahli medis, faktor utama penyebab wanita lebih sering mengalami sakit kepala sebelah adalah perbedaan hormonal, terutama saat menstruasi, mengonsumsi pil KB, dan menopause dimana kondisi hormonal wanita tidak seimbang. Pada kondisi ini, hormon serotonin dalam tubuh berkurang yang menyebabkan pembuluh darah melebar yang memicu timbulnya sakit kepala sebelah atau migrain.

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang, Berbahayakah?

Wanita dikenal sebagai makhluk yang sensitif atau perasa, dimana emosinya bisa berubah tiba-tiba menjadi terlalu senang atau sedih. Perubahan emosi ini juga yang sering menjadi penyebab mengapa wanita lebih sering mengalami sakit kepala di satu sisi akibat fluktuasi aliran darah dan kompresi saraf di otak.

Faktor penyebab selanjutnya adalah karena kurang atau terlalu banyak tidur, serta perubahan waktu tidur akibat perbedaan zona waktu di tempat-tempat tertentu. Hal inilah yang akhirnya memicu otak bekerja dua kali lebih keras dan memicu timbulnya sakit kepala samping. Oleh karena itu, ada baiknya istirahat yang cukup, yaitu enam hingga delapan jam per malam untuk orang dewasa.

Selain ketiga faktor di atas, beberapa hal lain seperti sering terpapar asap rokok, depresi, memiliki lebih dari satu pekerjaan, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu juga dapat menyebabkan wanita lebih sering mengalami sakit kepala sebelah. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk perlahan mulai memperbaiki pola makan dan tidur Anda.

Jika migrain mulai menyerang, luangkan waktu untuk istirahat sejenak dari aktivitas dan redakan nyeri dengan meminum obat yang mengandung Paracetamol,

Alasan Sakit Kepala Sebelah Muncul Secara Mendadak

Sakit Kepala Sakit Kepala Setelah Jangka Panjang? Lakukan Ini Untuk Mengatasinya! Agar lebih waspada dan bisa mengatasinya dengan baik, mari simak beberapa penyebab berikut ini. ….

Batuk Flu Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak Saat Berlibur di Luar Negeri Mengalami batuk saat menikmati liburan di luar negeri? Lakukan beberapa cara untuk mengobati batuk berdahak atau tidak berdahak yang Anda alami….

Batuk Flu Agar Tidak Miskin, Lakukan Ini Saat Pilek Dan Batuk Berdahak Lakukan juga tips berikut ini untuk meredakan flu dan batuk berdahak yang Anda alami. ….

Lakukan Ini Saat Migrain Menyerang Di Kantor

Sakit Kepala Meski terdengar sepele, namun inilah penyebab sakit kepala yang Anda alami saat berada di kantor Penyebab sakit kepala yang sering dialami saat berada di kantor sebenarnya bisa berasal dari hal-hal sepele yang tidak Anda sadari. ….Olahraga adalah salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan, apalagi di saat-saat seperti ini. Tubuh membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan dan mengurangi risiko beberapa penyakit, salah satunya sakit kepala. Bagi yang sering mengalami sakit kepala, tentu merasa terganggu jika nyeri tersebut menyerang apalagi saat harus beraktivitas. Namun, olahraga diyakini sebagai salah satu aktivitas yang dapat mengurangi intensitas sakit kepala, terutama migrain. Olahraga apa yang bagus untuk dilakukan?

Kompres Hangat Atau Dingin? Ini Cara Yang Benar Untuk Atasi Migrain

Umumnya, sakit kepala bisa disebabkan oleh otot tegang, postur tubuh yang buruk, dan stres. Beberapa penyebab tersebut banyak ditemukan pada Ibu atau keluarga yang bekerja di kantor atau melakukan WFH (work from home). Apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa melakukan olahraga ekstrem, yoga menjadi solusi tepat untuk meredakan sakit kepala yang dirasakan hampir setiap hari. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga juga dapat membantu menyeimbangkan pikiran, tubuh, dan jiwa. Ini dapat memberikan efek positif pada suasana hati sehari-hari, bagi penderita gangguan kecemasan, dan stres. Namun, perlu diingat bahwa yoga juga memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Mulailah dengan mudah dan jangan sampai olahraga yang satu ini membuat Anda pusing karena terlalu keras.

Jika yoga bukan untuk Anda, lakukan saja peregangan dan relaksasi otot disertai dengan latihan pernapasan. Ibu dan keluarga dapat mengatur latihan sendiri, misalnya peregangan 10 menit setiap hari untuk meregangkan otot, terutama di sekitar leher dan bahu. Kemudian, ikuti dengan pernapasan dalam menggunakan diafragma. Meski terlihat mudah, Anda perlu menguasai teknik yang tepat. Selain itu, saat Anda stres, otot justru membutuhkan lebih banyak oksigen.

Beberapa contoh latihan aerobik juga dapat membantu mengurangi sakit kepala. Ibu dan keluarga bisa jogging, jalan kaki, lari atau bersepeda secara rutin untuk menikmati manfaatnya. Setidaknya, lakukan jalan kaki atau jogging 30 menit setiap hari. Jika tidak bisa keluar rumah, Ibu bisa jalan-jalan sebentar di sekitar rumah ditemani musik favorit.

Meski beberapa olahraga di atas dapat membantu mengurangi intensitas sakit kepala, saat nyeri muncul, redakan dengan Paracetamol 500mg. Parasetamol bekerja memblokir sinyal nyeri ke otak dan aman digunakan sebagai pertolongan pertama untuk meredakan nyeri. Selain itu Paracetamol juga dapat dikonsumsi oleh hampir semua orang karena memiliki efek samping yang minimal.Sakit kepala memang merupakan keluhan kesehatan yang paling banyak dialami oleh masyarakat. Biasanya keluhan ini akan mereda dan kemudian hilang dalam waktu kurang dari seminggu dengan istirahat yang cukup di rumah dan makan makanan yang bergizi. Namun, bagaimana jika sakit kepala terus berlanjut setiap hari, bahkan lebih dari 15 hari? Benarkah stres bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala kronis?

Penyebab Wanita Lebih Sering Alami Sakit Kepala Sebelah

Jawabannya, tentu saja bisa. Dilansir dari Aloctor.com, sakit kepala kronis merupakan jenis sakit kepala yang berlangsung selama berhari-hari atau lebih dari tiga bulan dengan keluhan yang tidak kunjung sembuh, dan stres bisa menjadi salah satu penyebabnya. Tidak hanya sakit kepala, seseorang yang menderita sakit kepala berkepanjangan biasanya juga akan merasakan gejala lain, seperti nyeri berdenyut di kepala, sensitif terhadap suara dan cahaya, serta mual di perut.

Stres yang dialami seseorang dapat dipicu oleh berbagai faktor, umumnya beban kerja dan permasalahan dalam kehidupannya. Dilansir dari Hellosehat.com, saat stres melanda, otak akan mengeluarkan senyawa tertentu untuk melawan situasi yang dikenal dengan respon “flight to fight”. Pelepasan senyawa kimia tersebut menyebabkan pembuluh darah di otak mengencang dan memicu sakit kepala.

Sakit kepala ini biasanya ditandai dengan nyeri dengan intensitas ringan hingga sedang di bagian depan, atas, atau samping kepala. Umumnya keluhan muncul pada sore atau malam hari sehingga penderita sulit beristirahat pada malam hari.

Lakukan Ini Saat Migrain Menyerang Di Kantor

Sebelum sakit kepala semakin parah dan berlangsung lama, tentunya langkah awal yang bisa dilakukan saat sakit kepala menyerang adalah dengan istirahat dan minum air putih yang cukup.

Sakit Kepala Saat Menunduk, Pertanda Apa Ya?

Selain istirahat dan minum air mineral yang cukup, hilangkan juga sakit kepala jangka panjang yang Anda alami dengan cara berikut ini.

Sakit Kepala Sakit Kepala Setelah Jangka Panjang? Lakukan Ini Untuk Mengatasinya! Agar lebih waspada dan bisa mengatasinya dengan baik, mari simak beberapa penyebab berikut ini. ….

Batuk Flu Cara Mengobati Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak Saat Berlibur di Luar Negeri Mengalami batuk saat menikmati liburan di luar negeri? Lakukan beberapa cara untuk mengobati batuk berdahak atau tidak berdahak yang Anda alami….

Batuk Flu Agar Tidak Miskin, Lakukan Ini Saat Pilek Dan Batuk Berdahak Lakukan juga tips berikut ini untuk meredakan flu dan batuk berdahak yang Anda alami. ….

Tips Tidur Nyenyak Untuk Penderita Migrain Kronis

Sakit Kepala Meski terdengar sepele, namun inilah penyebab sakit kepala yang Anda alami saat berada di kantor.Penyebab sakit kepala yang sering dialami saat berada di kantor sebenarnya bisa berasal dari hal-hal sepele yang tidak Anda sadari. ….Migrain adalah sakit kepala yang menyerang salah satu sisi kepala. Menurut data WHO (2016), setengah hingga tiga perempat orang dewasa berusia 18-35 tahun di dunia mengalami sakit kepala pada tahun sebelumnya. Sekitar 30 persen atau lebih dari mereka pernah mengalami migrain.

Migrain paling sering terjadi pada masa pubertas, dan paling banyak menyerang orang berusia 35-45 tahun. Migrain lebih sering terjadi pada wanita, karena pengaruh hormon. Pada kasus yang parah, migrain dapat muncul dengan keluhan mual, muntah, dan lebih sensitif terhadap cahaya, suara, bau, atau sentuhan.

Banyak orang memilih untuk tidur selama migrain. Namun bagaimana jika migrain menyerang saat Anda sedang berada di kantor? apa yang harus Anda lakukan?

Lakukan Ini Saat Migrain Menyerang Di Kantor

Pertama, Anda perlu menyimpan obat di tempat yang mudah dijangkau. Jadi, Anda bisa langsung meminumnya saat migrain menyerang. Ketika Anda mengadakan pertemuan di luar kantor, pastikan Anda membawa obat Anda.

Cara Mengobati Migrain Tanpa Obat

Kemudian, Anda bisa mencari kamar yang gelap dan sunyi untuk beristirahat sejenak. Anda juga mungkin perlu berbicara dengan atasan Anda, terutama jika migrain benar-benar mengganggu pekerjaan. Namun sebelum semua itu terjadi, Anda dapat mencegah migrain di tempat kerja dengan mengidentifikasi pemicunya.

Apa saja hal-hal di kantor yang bisa memicu migrain? Berikut penjelasannya seperti dikutip dari

Anda mungkin mengalami migrain saat mencium bau yang kuat seperti parfum atau asap rokok. Setiap orang bisa mengalami migrain karena bau yang berbeda-beda. Padahal, aroma makan siang seseorang bisa menjadi pemicunya.

Pergi ke luar kota untuk urusan bisnis bisa memicu migrain. Hal ini bisa terjadi, karena adanya perubahan pola tidur dan makan saat melakukan perjalanan Mengalami sakit kepala tentu bukan hal yang menyenangkan, karena rasa nyeri yang terkadang disertai dengan rasa berdenyut di kepala cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Umumnya seseorang akan sering mengalami sakit kepala selama beberapa jam atau beberapa hari dan akan sembuh dalam waktu kurang dari dua minggu. Penyebabnya pun beragam, mulai dari kurang tidur, dehidrasi, kurangnya asupan oksigen di otak, stres, atau faktor lingkungan.

Pemicu Sakit Kepala Saat Berpuasa Yang Harus Anda Hindari

Sakit kepala yang berkepanjangan tentu bisa memicu sakit kepala yang lebih banyak lagi