Langkah Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun

40

Langkah Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun – Hari Cuci Tangan Sedunia 2022 jatuh pada 15 Oktober 2022. Ini dirayakan secara global sebagai kampanye melawan pentingnya mencuci tangan untuk kesehatan kita. Hari Cuci Tangan Sedunia adalah perayaan tahunan yang didedikasikan untuk mendidik masyarakat tentang mencuci tangan dengan sabun sebagai cara yang mudah, efektif, dan terjangkau untuk mencegah penyakit dan menyelamatkan nyawa.

“. Cuci Tangan adalah kunci untuk mengurangi penyakit yang mempengaruhi kesehatan dan perkembangan tubuh. Agar masyarakat dapat melakukan cuci tangan setiap hari, fasilitas cuci tangan dengan sabun harus tersedia dan mudah digunakan di lokasi-lokasi strategis. Oleh karena itu, kampanye Hari Cuci Tangan berharap agar dunia akan Fasilitas cuci dapat ditingkatkan yang baik dan dapat digunakan oleh banyak orang.

Langkah Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun

Langkah Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun

Seperti yang kita ketahui, sejak pandemi Covid-19, cuci tangan pakai sabun menjadi hal penting untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut. Meski kampanye global cuci tangan sudah dilakukan sejak 2008, pandemi Covid-19 telah menyadarkan akan pentingnya cuci tangan untuk mencegah penyakit masuk ke tubuh kita.

Langkah Mencuci Tangah Dengan Sabun

Saat mempraktikkan cuci tangan pakai sabun, ada 6 langkah yang harus dilakukan dengan benar agar tangan benar-benar terbebas dari kuman. Adapun 6 langkah mencuci tangan adalah sebagai berikut:

“Ada lima waktu wajib cuci tangan. Lima waktu penting cuci tangan adalah sebelum makan, setelah buang air besar, sebelum menggendong bayi, setelah membersihkan anak, sebelum menyiapkan makanan,” kata dr. dr. kata Devi Sumaryani Somarko. , M.S.SpOk, dari Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas FKUI.

Agar gerakan cuci tangan berhasil, kampanye tersebut harus didukung oleh sekolah, pemerintah, organisasi internasional, perusahaan swasta, dan masyarakat di daerah. Yuk…praktikan cuci tangan pakai sabun! Sehingga tangan Anda tetap bebas dari segala macam kuman. Hidup sehat dimulai dari diri sendiri!

Berita (395 Posting) Pengumuman (114 Posting) Artikel (180 Posting) Sekilas Informasi Penyakit (15 Posting) Informasi Covid 19 (9 Posting) Galeri Foto (3 Posting) JAKARTA – Setiap tahun pada tanggal 15 Oktober, masyarakat dunia memperingati Sabun Sedunia (Hari cuci tangan menggunakan HCTPS). Tema tahun ini adalah Bersihkan Tangan Dari Kaki Sehat.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Seluruh Dunia

Tema ini dipilih karena tangan merupakan organ tubuh yang banyak digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari antara lain makan, minum, menyiapkan makanan dan menyuapi anak atau bayi. Tangan yang selalu bersih dan sehat melindungi kita dari serangan berbagai macam penyakit, terutama penyakit menular.

Menkes dalam sambutannya menekankan pentingnya menyebarkan kebersihan tangan untuk mewujudkan hidup sehat, khususnya di kalangan anak usia sekolah agar benar-benar bisa CTPS dengan air bersih mengalir sebagai gerakan masyarakat.

CTPS merupakan cara sederhana, mudah, murah dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Pasalnya, banyak penyakit penyebab kematian yang bisa dicegah dengan cuci tangan yang benar, seperti diare dan ISPA yang kerap menjadi penyebab kematian pada anak. Demikian juga hepatitis, tifus dan flu burung.

Langkah Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun

Menkes dalam kesempatan ini berpesan kepada para orang tua agar mau dan mampu menerapkan kebiasaan masyarakat untuk CTPS dan menjadi teladan bagi anak dan keluarganya dalam Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.

Yuk Cuci Tangan

Menkes mengingatkan, perilaku cuci tangan yang benar adalah mencuci tangan dengan sabun. Waktunya adalah 1) sebelum menyiapkan makanan, 2) bila tangan kotor seperti: setelah memegang uang, hewan, berkebun, setelah buang air besar, setelah memandikan bayi/anak, 3) setelah menggunakan pestisida/insektisida, dan 4) sebelum menyusui bayi.

Hasil Riscadus tahun 2013 menunjukkan bahwa proporsi penduduk di bawah usia 10 tahun di Indonesia meningkat dari 23,2 persen pada tahun 2007 menjadi 47,0 persen pada tahun 2013.

Secara khusus, Menkes mengucapkan selamat kepada para Duta Lingkungan Sehat dan Tokoh Alam yang terpilih mewakili provinsinya. Duta Lingkungan Sehat adalah siswa kelas 4-5 SD yang aktif mensosialisasikan CTPS di keluarga, sekolah, dan masyarakat sekitar. Mereka berasal dari 5 provinsi yaitu Sulawesi Tenggara, Kepulauan Riau, Jawa Tengah, Sumatera Selatan dan Nusa Tenggara Barat.

“Harapan saya, anak-anak duta lingkungan hidup sehat terus melanjutkan dan memperluas peran mereka dalam menggerakkan teman-teman dan masyarakat untuk mempraktekkan cuci tangan pakai sabun dimanapun mereka berada,” kata Menkes.

Cegah Penularan Covid 19! Mahasiswa Undip Edukasi Cuci Tangan Pakai Sabun Yang Benar

Natural leader adalah anggota masyarakat yang aktif mewujudkan 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dari 5 provinsi yaitu Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Yogyakarta, Jambi dan Sumatera Barat.

Sebagai pemimpin alam, Menkes berharap dapat meningkatkan perannya dalam menggerakkan masyarakat untuk melaksanakan 5 pilar STBM, yaitu: 1) Stop BABS, 2) Cuci tangan pakai sabun, 3) Pengelolaan air minum dan makanan di rumah, 4) Pengelolaan sampah dan 5) Pengelolaan limbah cair.

“Kita patut berbangga karena berkat kerja keras kita bersama, sejak tahun 2008, terdapat 25.184 desa/kelurahan dari 80.275 desa/kelurahan di tanah air yang telah menerapkan pendekatan STBM. Selain itu, ada sekitar 4.431 desa/kelurahan di Indonesia yang sudah mengumumkan stop BABS,” kata Menkes.

Langkah Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun

Pada kesempatan tersebut, Menkes mengharapkan dukungan dari seluruh jajaran di pusat dan daerah agar pada tahun 2019 – seluruh desa/kelurahan di Indonesia tidak hanya melaksanakan STBM tetapi juga mencapai akses universal air minum dan sanitasi yang layak.

Iklan Layanan Masyarakat Cuci Tangan Pakai Sabun

Mengakhiri sambutannya, Menkes berperan bermitra untuk dapat menyediakan sarana dan prasarana air dan sanitasi yang memadai serta tempat cuci tangan di sekolah, perkantoran dan restoran; menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah, drainase dan pengelolaan sampah yang baik dan benar; Juga mengedukasi warga sekolah tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

Langkah cuci tangan who, 6 langkah cuci tangan pakai sabun, cuci tangan 7 langkah, langkah langkah cuci tangan, 7 langkah cuci tangan pakai sabun, cuci tangan 6 langkah, lima langkah cuci tangan, 5 langkah cuci tangan pakai sabun, langkah cuci tangan pakai sabun menurut who, langkah cuci tangan pakai sabun, langkah cuci tangan kemenkes, 5 langkah cuci tangan pakai sabun pdf