Manfaat Asi Bagi Bayi Dan Ibu – JAKARTA, Indonesia — Pemberian Air Susu Ibu (ASI) kepada bayi sangat penting bagi tumbuh kembang dan kesehatan bayi. Begitu pentingnya manfaat ASI membuat pemerintah membuat peraturan tentang ASI Eksklusif selama 6 bulan sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 33 Tahun 2012. Dalam PP tersebut, mendapatkan ASI adalah hak bayi.

Saat ini sudah banyak susu formula yang memiliki banyak kandungan gizi yang hampir mirip dengan ASI, namun mengapa pemerintah masih mendukung pemberian ASI minimal 6 bulan? Mengapa Anda harus menyusui bayi Anda dan mengapa tidak hanya susu formula?

Manfaat Asi Bagi Bayi Dan Ibu

Manfaat Asi Bagi Bayi Dan Ibu

ASI adalah makanan alami pertama untuk bayi. Air Susu Ibu (ASI) telah memenuhi seluruh kebutuhan energi dan gizi yang dibutuhkan bayi selama bulan-bulan pertama kehidupannya sampai dengan usia 6 bulan, sehingga tidak perlu diberikan susu formula atau makanan tambahan sebelum usia 6 bulan. Selain itu, ASI cukup untuk separuh kebutuhan bayi usia 6-12 bulan dan sepertiga balita usia 1-2 tahun.

Jual Poster Asi Ekslusif

ASI telah terbukti membantu perkembangan sensorik dan kognitif pada bayi. Dalam sebuah penelitian di Korea yang meneliti 697 bayi pada tahun 2006, ditemukan bahwa perkembangan kognitif bayi yang diberi ASI lebih baik daripada yang tidak diberi ASI.

Selain itu, bayi yang diberi ASI hingga 9 bulan memiliki perkembangan kognitif yang lebih baik dibandingkan bayi yang hanya diberi ASI selama 3 bulan atau 6 bulan. Dalam beberapa penelitian lain, juga ditemukan bahwa skor IQ tinggi dikaitkan dengan menyusui.

Di dalam ASI terdapat sistem imun yang terkandung dalam protein seperti laktoferin dan IgA yang berfungsi melindungi bayi dari infeksi kuman seperti bakteri, virus dan parasit. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan tanpa pemberian susu formula dapat menurunkan angka kematian bayi yang disebabkan oleh penyakit seperti diare atau pneumonia dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Ibu yang menyusui akan lebih cepat pulih setelah melahirkan dibandingkan yang tidak menyusui, karena saat menyusui tubuh akan memproduksi hormon oksitosin yang selain membantu pengeluaran ASI, juga akan membantu mengembalikan ukuran rahim menjadi normal. Selain itu, oksitosin membantu rahim berkontraksi, sehingga mengurangi perdarahan pascapersalinan.

Merayakan Pekan Asi Sedunia ; Apa Saja Manfaat Asi ?

Menyusui ternyata menunda periode menstruasi ibu sehingga dapat membantu ibu untuk mengatur jarak kehamilannya secara alami. Ini dikenal sebagai amenore laktasi. Selama menyusui, produksi hormon estrogen akan terus berlanjut, sedangkan ovulasi terjadi ketika kadar estrogen dalam tubuh meningkat sehingga menyusui dapat mencegah terjadinya ovulasi.

Jika ibu memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan tidak memberikan makanan pendamping ASI lainnya, maka amenore laktasi akan sangat efektif dalam mencegah kehamilan (98%) selama siklus menstruasi ibu belum kembali.

Ketika bayi Anda menangis karena lapar di tengah-tengah, tentu lebih mudah untuk langsung mulai menyusui daripada Anda harus bangun dari tempat tidur dan membuat susu formula, meskipun Anda sudah sangat lelah di siang hari. Menyusui juga memiliki manfaat ekonomi. Dengan memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan terus memberikan ASI hingga 2 tahun, dapat membantu menekan biaya pembelian susu formula yang saat ini sangat mahal.

Manfaat Asi Bagi Bayi Dan Ibu

Begitu banyak manfaat menyusui bagi bayi dan ibu hamil. Jadi, mengapa tidak? Jangan terkecoh dengan mitos palsu tentang menyusui. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi yang dapat dipercaya tentang menyusui. —

Kementerian Komunikasi Dan Informatika

Sumber artikel ini berasal dari HelloSehat.com, sebuah situs kesehatan yang menyediakan informasi terpercaya yang mudah diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Ada apa dengan 1-7 Agustus? Ya, bagi yang belum tahu, diperingati sebagai Pekan ASI Sedunia. Mengapa diperingati untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemberian Air Susu Ibu (Air Susu Ibu).

Sebagai upaya memperingati Pekan ASI Sedunia, Puskesmas Kedungreja berbagi pengetahuan tentang ASI. ASI merupakan makanan pertama dan utama yang dikonsumsi bayi. Makanan utama bayi ini terdiri dari emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa dan garam organik yang disekresikan oleh kedua sisi kelenjar payudara ibu. Bayi pada usia 6 bulan pertama, hanya perlu diberikan ASI atau dikenal dengan ASI eksklusif.

ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja untuk bayi 0-6 bulan tanpa tambahan cairan seperti susu formula, jus jeruk, madu, air teh, air putih dan tanpa tambahan makanan padat seperti pisang, pepaya, bubur susu, biskuit, dan nasi tim.

1) Kolostrum mengandung zat imun terutama IgA untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi terutama diare. Kolostrum mengandung

Manfaat Pemberian Asi Eksklusif Bagi Ibu Dan Bayi

Protein, vitamin A tinggi, mengandung karbohidrat dan rendah lemak, sehingga sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayi di hari-hari pertama kelahiran.

5) Lysosim, enzim yang melindungi bayi dari bakteri E.Coli, Dalmonella dan virus. Jumlah lisosim dalam ASI adalah 300 kali lebih banyak dari susu sapi

6) Interaksi antara ibu dan bayi dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan psikologis bayi. Bayi akan merasa aman dan puas karena bayi merasakan kehangatan tubuhnya

Manfaat Asi Bagi Bayi Dan Ibu

8) Risiko osteoporosis pasti lebih rendah bagi wanita yang sedang hamil dan menyusui bayinya. Selama kehamilan dan menyusui akan terjadi proses pengeroposan tulang, namun tulang akibat penyerapan kalsium, kadar hormon paratiroid, dan kalsitriol serum meningkat dalam jumlah besar.

Manfaat Menyusui Bagi Ibu Dan Bayi

Lama penyimpanan ASI pada suhu rumah adalah 6-8 jam. Di kulkas bisa tahan 3 hari seminggu Di freezer satu pintu bisa tahan 2 minggu sedangkan di freezer khusus bisa tahan 3-6 bulan

Semoga informasi ini bermanfaat bagi ibu hamil. Jangan percaya susu sapi untuk tumbuh kembang bayi kita, kalau ada yang murah dan lebih bagus. Yuk berikan ASI selama 6 bulan agar buah hati kita tumbuh sehat dan cerdas.

Manfaat memberi asi bagi ibu, apa manfaat asi bagi suami, manfaat asi eksklusif bagi ibu, manfaat pemberian asi bagi ibu, manfaat asi bagi ibu menyusui, manfaat asi bagi bayi, apa manfaat asi bagi bayi, cara memberikan asi eksklusif bagi ibu bekerja, manfaat asi bagi ibu, manfaat asi eksklusif bagi keluarga, manfaat asi bagi orang dewasa, manfaat asi bagi ibu adalah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here