Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya

35

Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya – Liputan6.com, Jakarta Mata silindris pada anak bukan hal yang mustahil. Berbeda dengan mata minus yang penyebabnya dipengaruhi gaya hidup. Penyebab astigmatisme pada anak pada kebanyakan kasus dipengaruhi oleh faktor keturunan atau genetik yang membuat kornea mata bengkok tidak sempurna.

Bukan hanya genetik, penyebab astigmatisme pada anak lainnya adalah trauma, cedera, penyakit, dan riwayat operasi mata.

Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya

Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya

Melansir dari situs resmi Rumah Sakit Anak Boston, Amerika Serikat, astigmatisme atau astigmatisme sering terjadi pada bayi dan biasanya menghilang secara spontan saat ia berusia 1 tahun. Silindris lebih mungkin terjadi pada anak-anak dengan miopia (rabun jauh) atau hiperopia (rabun dekat).

Penyebab Mata Minus Pada Anak, Benarkah Karena Gadget?

Astigmatisme pada anak tidak dapat dicegah, namun American Ophtometric Association (AOA) menganjurkan agar penglihatan anak diperiksa pada usia tertentu. Mulailah saat anak berusia 6 bulan.

Berikut Liputan6.com ulas penyebab astigmatisme pada anak, gejala, cara mengatasinya, dan pencegahannya dari berbagai sumber, Minggu (1/8/2021).

**Gempa Cianjur meluluhlantakkan Tanah Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: Rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan diberikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita adalah harapan mereka.

Astigmatisma pada anak adalah gangguan penglihatan yang ditandai dengan kaburnya penglihatan pada jarak jauh atau terkadang dekat, dan lebih sensitif terhadap silau pada malam hari. Apa yang menyebabkan astigmatisme pada anak-anak?

Menjaga Kesehatan Mata Dalam Menjalani Aktivitas Pelatihan Daring

Pada umumnya penyebab mata silindris pada anak dipengaruhi oleh kelengkungan kornea mata yang tidak rata. Istilah medis untuk mata silindris adalah astigmatisme. Melansir dari laman Klikdokter.com, dr. Dyan Mega Inderawati mengatakan, penyebab astigmatisme pada anak ini kemungkinan karena faktor genetik. “Orang tua bisa mewarisinya, tapi tidak sepenuhnya,” ujarnya.

Namun, penyebab astigmatisme pada anak juga dipengaruhi oleh trauma, cedera, penyakit, dan riwayat operasi mata. Penyakit mata yang membuat kornea menjadi lebih tipis dan berbentuk kerucut, disebut Keratoconus, juga dapat menyebabkan astigmatisme pada anak-anak, meskipun relatif jarang.

Untuk itu, memahami penyebab astigmatisme pada anak sangatlah penting. Anak-anak dengan astigmatisme yang tidak terdiagnosis mungkin mengalami kesulitan di sekolah. Kondisi ini mungkin disalahartikan oleh guru atau orang tua sebagai tanda ketidakmampuan belajar.

Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya

Mata menutup secara otomatis untuk memfokuskan penglihatan mereka. Tidak hanya itu, orang dengan mata silindris juga memiringkan kepalanya untuk mendapatkan penglihatan yang lebih jelas.

Jangan Sepelekan Bintitan

Penderita sering merasakan sakit kepala pada beberapa kasus yang parah. Kondisi ini biasanya terjadi akibat mata lelah saat mencoba melihat sesuatu dengan jelas.

Jika mata mudah lelah saat melihat, itu karena kerusakan mata yang menyebabkan kerja mata terlalu berat.

Mata silindris membuat penderitanya sulit melihat objek dari kejauhan. Untuk membaca sebuah teks, penderita astigmatisme juga harus mendekatkan tulisan ke mata.

Pada kondisi mata dengan silinder, kelengkungan lensa mata tidak terbentuk dengan baik. Perbedaan bentuk tikungan inilah yang mengubah cahaya yang masuk dan membiaskan kembali ke arah lain.

Cut Meyriska Terpaksa Pakai Pengasuh, Berujung Anak Masuk Rumah Sakit

Cara terbaik untuk mengatasi astigmatisme pada anak adalah dengan menggunakan kacamata lensa silinder yang sesuai dengan hasil pemeriksaan dokter. Sebagai alternatif, penderita juga dapat menggunakan lensa kontak yang sesuai dengan ukuran dan sifat kacamata.

Pembedahan juga bisa menjadi pilihan untuk memperbaiki kelengkungan kornea. Operasi yang dimaksud adalah laser in situ keratomileusis (LASIK) atau porefractive keratectomy (PRK).

“Silinder juga dapat ditangani dengan operasi refraktif LASIK, terutama dengan mengubah kelengkungan yang tidak rata menjadi rata. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis mata yang menawarkan penanganan astigmatisma dengan operasi operasi refraktif LASIK,” tambah dr. Di sana.

Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya

Pada usia tersebut dilakukan pemeriksaan mata dengan cara menyorotkan cahaya pada mata anak dengan senter dan melihat apakah ada reflek pada mata anak atau tidak. Dokter akan menunjukkan kepada anak benda-benda berwarna yang menarik. Dokter akan memeriksa apakah mata anak tertutup dan bergerak jika benda tersebut digerakkan.

Penyebab Mata Silinder Dan Gejalanya Yang Harus Diwaspadai

Pemeriksaan kedua adalah saat anak berusia 3-5 tahun. Pada usia ini, pengujian ketajaman penglihatan biasanya dilakukan dengan menggunakan LEA chart yaitu kartu dengan gambar yang berbeda-beda.

Ujian ketiga adalah saat anak sudah memasuki usia sekolah, yaitu usia 7 tahun ke atas. Pengujian ketajaman penglihatan dilakukan dengan menggunakan kartu Snellen, yaitu kartu yang berisi huruf-huruf berbeda dengan ukuran berbeda.

* Kebenaran atau Kebohongan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebar, silahkan WhatsApp Liputan6.com Cek Fakta nomor 0811 9787 670 dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan. Penyebab astigmatisme atau astigmatisme beragam dan bergantung pada kondisi penderitanya. Biasanya, mata silindris dengan tanda penglihatan kabur dan bayangan. Penyebabnya adalah bentuk kornea atau lensa mata yang tidak cembung sempurna.

Seseorang dengan astigmatisme sering menyipitkan mata ketika melihat jauh atau dekat. Orang dengan astigmatisme mengalami kesulitan membaca huruf kecil.

Laser Vision Correction

Penderita mata silindris berbeda dengan mata minus meski gejalanya hampir sama. Jika terdapat kelainan bentuk kelengkungan kornea, itu tandanya Anda mengalami astigmatisme kornea.

Sedangkan jika mempengaruhi bentuk lensa, itu tandanya Anda mengalami astigmatisme lenticular. Mata silinder biasanya terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. Bagi orang dewasa tentu gejalanya mudah terlihat, namun tidak bagi anak-anak.

Setiap orang memiliki tanda yang berbeda. Pada pasien dengan astigmatisme ringan, umumnya tidak terganggu. Namun dengan astigmatisme yang sudah memiliki gejala sakit kepala, penglihatan kabur, dan mata kabur, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya

Gejala yang sering terjadi pada penderita astigmatisme antara lain sakit kepala, sakit mata atau kelelahan, perlu menyipitkan mata saat melihat atau membaca. Selain itu, ada masalah di malam hari.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak Agar Matanya Tidak Menjadi Minus

Penglihatan silinder berawan dan kabur, menyebabkan pusing dan sakit kepala. Kondisinya yang parah tidak bisa melihat dekat atau jauh.

Pada anak-anak, gejala ini tidak terasa. Terkadang anak-anak tidak memperhatikan perubahan atau gejala mata. Untuk itu, sebaiknya Anda memeriksakan anak Anda ke dokter untuk mengetahui kesehatan mata anak Anda.

Umumnya, mata silindris terjadi karena kornea tidak sempurna. Tingkat kecembungan kornea menyerupai bola rugby dan tidak sempurna. Karena itu, ada mata silinder.

Cahaya yang masuk dari kornea tidak dapat fokus pada satu titik di retina sehingga menyebabkan mata menjadi kabur. Beberapa faktor penyebab astigmatisme terbagi menjadi beberapa faktor, seperti berikut ini:

Cara Simpel Membedakan Mata Minus Dan Silinder

Umumnya, cacat lahir ini menyebabkan mata silindris. Penyebab utamanya adalah karena infeksi yang mengakibatkan jaringan parut pada kornea. Ini bisa terjadi karena operasi mata yang menyebabkan perubahan pada kornea.

Dalam kasus ini, biasanya terjadi karena peradangan, penipisan, atau perubahan pada kornea. Hal lain terjadi karena sesuatu terjadi mempengaruhi kelopak mata.

Faktor keturunan merupakan salah satu penyebab astigmatisme. Sebagian besar penderita astigmatisme berkurang pada anak-anak. Seringkali ada anggota keluarga yang menderita astigmatisme.

Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya

Kebiasaan di depan TV atau melihat handphone terlalu lama dan lama menyebabkan mata tegang. Memaksa mata untuk melihat cahaya TV, komputer, dan handphone akan menyebabkan mata silindris.

Jual Obat Mata Minus Menyembuhkan Sakit Mata Plus Minus Suplemen Mata Terbaik Original

Radiasi cahaya yang masuk ke mata dalam waktu lama dapat merusak mata. Kebiasaan buruk lainnya seperti membaca di tempat minim cahaya, membaca sambil tiduran, atau tidak mengistirahatkan mata.

Dalam mencegah penyebab astigmatisme, mata membutuhkan vitamin A untuk kesehatan mata itu sendiri. Mengkonsumsi nutrisi dan vitamin seperti protein, lemak, dan vitamin sangat membantu kesehatan mata. Karena itu, Anda harus mengonsumsi vitamin yang cukup.

Jika Anda merasakan gejala-gejala yang muncul seperti yang tertera di atas, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter. Periksakan mata Anda untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada mata Anda.

Dokter akan melakukan pemeriksaan secara bertahap untuk memastikan penyakit mata apa yang Anda derita. Diagnosis penyebab astigmatisme dengan pemeriksaan seperti tes ketajaman penglihatan, tes refraksi cahaya, dan tes keratometri.

Cara Mengurangi Mata Minus Dan Silinder Secara Alami, Mudah Dipraktikkan

Namun, Anda harus memeriksakannya secara rutin, seperti saat lahir, sebelum masuk sekolah, dan selama sekolah setiap 2 tahun sekali.

Pada pasien dengan mata silindris yang membutuhkan perawatan tambahan, Anda dapat melakukan operasi refraktif atau memperbaiki permukaan refraksi mata.

Penyebab astigmatisme dapat Anda atasi di rumah dengan cara mengistirahatkan mata saat lelah menatap layar, menggunakan lampu terang, dan banyak mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. (R11/HR-Online)Kesehatan Mata Kesehatan Anak Kesehatan Mata Plus Mata Plus untuk Anak Maxy Our Kids Tips Memilih Kacamata Anak

Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya

Selain mata anak-anak, bagaimana dengan itu? Bukankah nenek yang biasanya memiliki mata plus? Hoohh, iya sama, awalnya saya juga heran, kok anak punya mata plus? 😛 Namun, ternyata mata plus bisa terjadi pada anak-anak dan itu tidak mengherankan.

Gadget Jadi Penyebab Mata Silinder Pada Anak, Hati Hati!

“Anaknya benar-benar lahir, dia masih bayi, ditambah matanya, Bu,” kata dokter mata yang menangani kesehatan mata Maxy, anak sulung saya, akhir tahun lalu.

Ceritanya, akhir tahun lalu, kami beberapa kali ke rumah sakit untuk mengecek tumbuh kembang Maxy. Baik ke dokter tumbuh kembang anak, maupun ke psikolog.

Pas ke psikolog, pemeriksaannya ribet lagi, haha, jadi saya ke dokter mata. Soalnya, saat bertemu dengan psikolognya, Maxy sangat suka mengedipkan mata. Psikolog ingin tahu, apakah efek psikologis seperti gugup saja atau ada penyakit mata yang lebih serius?

Saat itu kami berobat ke dokter mata RS Azra Bogor. Temui dr. Artha Sandi, Sp, M.

Gangguan Perkembangan Khas Berbicara

Seperti yang dikatakan dokter tadi, sebenarnya bayi memiliki mata plus sejak lahir. Namun, seiring pertumbuhan anak, kondisi mata plus akan berubah menjadi normal.

Jadi, dalam kasus Maxy, matanya tidak sepenuhnya normal. Bagi yang sudah mengenal Maxy, FYI, Maxy terlahir dengan Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) karena saya mengalami anemia saat hamil. Karena itu, sebagian Maxy tumbuh kembang agak nekat mengikuti tonggak sejarahnya.

Ternyata, tanpa kita sadari ada juga masalah pada matanya. Soalnya, sebelum pandemi, kita memang membatasi penggunaan gadget, jadi tidak pernah ada keluhan.

Mata Silinder Pada Anak Bagaimana Menanganinya

Yah, biasanya ya, nak

Perhatikan Gejala Mata Silindris Dan Cara Mengatasinya

Cara menurunkan minus dan silinder pada mata, cara menurunkan silinder pada mata, bagaimana cara menghilangkan silinder mata, cara mengobati silinder pada mata, apa itu silinder pada mata, apa arti silinder pada mata, perbedaan minus dan silinder pada mata, pengaruh silinder pada mata, cara menghilangkan silinder pada mata secara alami, cara menghilangkan silinder pada mata, apa yang dimaksud silinder pada mata, ciri ciri silinder pada mata