Mengapa Anak Perlu Mencuci Tangan Pakai Sabun

31

Mengapa Anak Perlu Mencuci Tangan Pakai Sabun – Yuk, sudah cuci tangan pakai sabun hari ini? Perilaku bersih dan sehat ini sangat mudah dan sederhana, namun dapat menyelamatkan banyak nyawa. Mencuci tangan misalnya, kata Sam Stephens, kepala Clean the World Foundation, bisa lebih efektif daripada obat dan vaksin, terutama dalam mencegah pneumonia dan diare.

Tak heran bila cuci tangan pakai sabun menjadi prioritas nomor satu selama pandemi COVID-19. Anda juga tahu betul bahwa virus corona dapat hidup menempel di berbagai benda dan dapat dengan mudah menyebar ke orang yang menyentuh benda tersebut jika tidak sering mencuci tangan dengan sabun.

Mengapa Anak Perlu Mencuci Tangan Pakai Sabun

Mengapa Anak Perlu Mencuci Tangan Pakai Sabun

Orang yang sakit dapat menyebarkan bakteri/virus kapan saja mereka menyentuh sesuatu. Oleh karena itu, penderita flu, batuk, pilek, harus mencuci tangan dengan baik agar tidak menulari orang yang dekat dengannya.

Hari Cuci Tangan Sedunia

Mencuci tangan pakai sabun juga erat hubungannya dengan stunting, lho. Cari tahu selengkapnya di infografis ini.

Ibu Hamil 1000 HPK Makanan Bayi Gaya Hidup Berlemak Pola Hidup Sehat Cuci Tangan Bayi Luka Bayi Bayi Bayi Bayi Bayi Bayi Bayi Bayi Perempuan Vaksinasi Menyusui MPASI Restoran Sehat Infografis Artikel Pilihan Komik Anemia Perkembangan Anak Kebersihan Bayi 0- 1 Bulan Bayi 1-3 Bulan Bayi 4-6 Bayi Bulan 7-9 Bulan Bayi 10-12 Bulan Bayi 1-2 Tahun Kesehatan Reproduksi Tumbuh Remaja Bersiap Menikah Ibu Menyusui

Adalah inisiatif untuk mewujudkan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, tanpa stunting (klik disini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mengajak masyarakat segala usia untuk mengikuti pola hidup bersih dan sehat setiap hari . Melalui website dan media sosial kami, kami memberikan informasi yang terpercaya, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam tentang pola hidup bersih dan sehat, serta skandal, untuk Anda dan keluarga Anda, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan anak di bawah usia lima tahun Mencuci tangan merupakan salah satu tindakan yang mudah dan sederhana untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit. Tangan kita seringkali menjadi media bagi berbagai bakteri atau kuman untuk masuk ke dalam tubuh kita. Agar hasil cuci tangan lebih maksimal, sebaiknya Anda mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Orang yang terkena flu saat bersin menutup hidung dengan tangan, lalu memegang gagangnya di angkutan umum, saat Anda memegang gagangnya, bakteri flu dapat berpindah langsung ke tangan Anda dan jika Anda memegang hidung atau mulut, kuman tersebut dapat memasuki. tubuh kita. Ini adalah gambaran betapa mudahnya kuman menyebar dari satu orang ke orang lain. Penyakit seperti diare, cacingan, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), TBC dan penyakit mematikan seperti SARS, flu burung (H5N1) dan flu babi (H1N1) dapat dicegah dengan cuci tangan yang baik. . Sayangnya, banyak orang melumpuhkan kebiasaan sehat ini dan menerima begitu saja. Anda dan keluarga bisa lebih sehat, meski Anda mempraktikkan cuci tangan yang baik.

Pentingnya Mencuci Tangan Sesudah Dari Toilet

Mencuci tangan yang baik harus menggunakan sabun dan air mengalir. Langkah-langkah teknik mencuci tangan yang benar adalah sebagai berikut.

Pengering tisu lebih baik daripada pengering tangan yang umum di supermarket. Pasalnya, pengering tangan yang digunakan di tempat umum banyak sekali bakteri yang bisa menularkan ke orang lain.

Mencuci tangan pada umumnya dilakukan sebelum dan sesudah makan, sebelum menyiapkan dan menyelesaikan penyiapan makanan, setelah memegang daging mentah, sebelum dan sesudah menyentuh orang sakit, setelah menggunakan toilet, setelah batuk atau bersin atau ingus, setelah mengganti popok atau sandal, sebelum dan sesudah mengobati cedera, setelah membersihkan atau membuang limbah, setelah menyentuh hewan atau limbah.

Mengapa Anak Perlu Mencuci Tangan Pakai Sabun

Anda harus mengajarkan kebiasaan mencuci tangan yang baik ini kepada si kecil. Anak-anak suka belajar dan menyentuh sesuatu tetapi mereka tidak tahu apakah itu kotor atau tidak. Kemudian masukkan tangan Anda ke dalam mulut atau makan makanan tanpa mencuci tangan. Akibatnya, anak bisa tertular. Menurut penelitian, diare adalah pembunuh anak nomor satu di Indonesia, meski sebenarnya bisa dicegah dengan mengajarkan anak mencuci tangan.

Mengapa Cuci Tangan Itu Penting?

Mengingat pentingnya mencuci tangan, tanggal 15 Oktober ditetapkan sebagai Hari Cuci Tangan Internasional. Biasakan diri Anda dan keluarga Anda untuk mencuci tangan sekarang Mencuci tangan melibatkan menggosokkan sabun dan air secara bersamaan, ke seluruh wajah dengan tangan pendek dan tegas, kemudian membilasnya dengan air mengalir (Larsan, 1995). Mencuci tangan adalah cara menghilangkan kotoran dan kotoran dari kulit tangan menggunakan sabun dan air sederhana (DEPKES, 2007).

Dari beberapa definisi di atas dapat disimpulkan bahwa cuci tangan pakai sabun adalah tindakan membersihkan tangan dan jari tangan dengan air dan sabun yang dilakukan oleh manusia untuk menjaga kebersihan dan memutus mata rantai kuman.

Alat pembersih berupa sabun baik padat maupun cair ini akan membantu mengangkat kotoran dan kuman yang menempel pada permukaan luar kulit tangan dan kuku. Dengan mencuci tangan hingga bersih menggunakan sabun, sebagian kotoran dan kuman akan hilang. Namun, sangat membantu dalam mengurangi risiko infeksi

Bagi setiap orang, mencuci tangan merupakan kegiatan yang tidak akan pernah terpisahkan. Karena itu adalah pertahanan terhadap dunia luar. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan?

Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun

Kebiasaan anak kecil adalah bermain di tempat yang kotor seperti tanah. Dimana kita tahu bahwa di dalam tanah banyak terdapat kuman, maka setelah anda bermain perlu mencuci tangan agar tidak ada kuman dari tanah dan tidak menempel di tangan anda.

Untuk anak yang lebih kecil, mencuci tangan juga bisa dilakukan sebelum dan sesudah sekolah, sebelum bangun tidur dan setelah melakukan pekerjaan lain.

Berikut tahapan cuci tangan menurut rekomendasi WHO tahun 2005 yaitu 7 tahapan yang dikembangkan menjadi 10 tahapan.

Mengapa Anak Perlu Mencuci Tangan Pakai Sabun

Mengapa perlu asuransi, mengapa kita perlu berdoa, mengapa harus mencuci tangan, mencuci tangan pakai sabun, mengapa perlu investasi, mengapa manusia perlu berinteraksi, mengapa kita perlu makan, mengapa perlu mempelajari manajemen, mengapa perlu belajar bisnis, mengapa perlu, mengapa manusia perlu pendidikan, mengapa perlu belajar filsafat