Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas

36

Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas – I Lidah Gatal Saat makan nanas, apakah berbahaya atau tidak? -Nanas merupakan salah satu buah yang disukai masyarakat Indonesia. Tidak hanya dimakan langsung, nanas juga sering dijumpai sebagai campuran rujak atau bahkan dijadikan jus. Bahkan, beberapa makanan seperti salad dan pizza juga menambahkan nanas agar lebih nikmat. Hanya saja, jika diperhatikan dengan seksama, kita akan merasakan sensasi tidak nyaman seperti gatal di lidah dan bibir saat memakannya. Apakah benda ini berbahaya?

Ada banyak jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa kita makan. Beberapa diantaranya mengandung enzim yang membantu tubuh memecah kandungan makanan seperti protein, lemak atau karbohidrat. Namun, terkadang keberadaan enzim tersebut dapat menimbulkan efek samping.

Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas

Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas

Pada nanas, bromelain mengandung enzim yang memiliki kemampuan untuk memecah protein. Hanya saja kandungan enzim ini bisa menimbulkan sensasi gatal di bibir atau lidah. Memang rasa gatal biasanya ringan, namun banyak orang yang mengatakan tidak nyaman dengan kondisi ini.

Berita Gatal Hari Ini

Enzim bromelain dapat ditemukan di hampir setiap bagian nanas, namun kumpulan yang paling melimpah ada di bagian tengah buah berwarna-warni ini. Bagian ini biasanya paling berserat dan keras, meski tetap bisa dikonsumsi seperti bagian nanas lainnya.

Ada yang mengatakan bahwa adanya air liur di mulut bisa membantu meredakan rasa gatal ini. Artinya, kita tidak perlu khawatir akan merasakannya saat makan nanas karena tidak akan menimbulkan efek negatif.

Ada sebagian orang yang sengaja mengupas kulit nanas dan membiarkannya seharian karena dipercaya dapat menghilangkan efek gatal saat mengkonsumsinya. Benar sekali, pakar kesehatan mengatakan bahwa belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tindakan ini terbukti cukup efektif untuk mencegah sensasi gatal.

Hanya saja, jika kita mengolah nanas seperti memanaskannya atau memasaknya di berbagai makanan lain, maka akan memicu respon terhadap enzim bromelain ini. Hal ini diyakini dapat mencegah masalah gatal di mulut saat memakainya.

Lidah Terasa Gatal Setelah Makan Nanas? Ternyata Inilah Penyebabnya

Selain rasanya yang menyegarkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa manfaat kesehatan jika kita rutin mengonsumsi nanas.

Nanas termasuk dalam buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Kandungan ini dapat semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan antioksidannya yang sangat tinggi juga akan membuat tubuh lebih baik dalam melawan paparan buruk radikal bebas penyebab penyakit dan penuaan dini.

Di dalam nanas terdapat kandungan potasium yang tinggi. Kandungan ini dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mengurangi risiko terkena hipertensi. Selain itu kandungan vitamin C yang sangat tinggi di dalamnya juga dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan mengurangi resiko terkena kolesterol tinggi.

Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas

Nanas termasuk dalam buah yang sangat baik untuk diet atau program penurunan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi dapat memperlancar pencernaan sekaligus merangsang proses pembakaran lemak tubuh.

Buah Nanas Sangat Dianjurkan Untuk Atlet, Ini Penjelasannya

Kandungan vitamin A yang sangat tinggi pada nanas dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah gangguan penglihatan. Tak hanya dimakan dalam bentuk buah segar, nanas kerap hadir dalam berbagai masakan untuk memberikan rasa baru. Beberapa dari Anda mungkin tidak suka makan nanas karena terasa gatal, atau terkadang terasa seperti kesemutan, saat berada di mulut. Bagaimana itu bisa terjadi, nona-nona?

Iritasi di mulut Anda saat Anda makan nanas disebabkan oleh kombinasi berbagai enzim dalam nanas, yang disebut bromelian, yang memecah protein (protein dalam air liur), yang tampaknya ” menyerang lidah, pipi bagian dalam, dan bibir Anda saat mereka datang. . dalam komunikasi, seperti dilansir dari

. Tapi saat Anda mengunyah dan menelan nanas, air liur dan asam lambung Anda menyerap bromelian tersebut.

Oleh karena itu, banyak orang yang merasakan sakit atau gatal yang Anda rasakan saat makan nanas, dan itu sudah menjadi masalah umum. Untungnya, lidah Anda akan merombak protein dan asam amino yang rusak ini, sehingga rasa sakit dan gatal tidak akan berlangsung lama.

Resep Bikin Sambal Nanas Khas Palembang, Dijamin Bikin Nagih

Bukan rahasia lagi bahwa beberapa buah mengandung enzim yang dapat memecah protein, lemak, dan karbohidrat. Buah-buahan tertentu juga mengandung jumlah enzim yang lebih tinggi, seperti pepaya, kiwi, anggur, buah ara, alpukat, kurma, pisang, dan mangga. Selain itu karena kandungan enzimnya, buah-buahan seperti nanas, lemon, atau kelompok jeruk lainnya digunakan sebagai penyedap rasa dan membuat daging lebih empuk, karena enzim ini memecah kolagen dalam daging.

Lalu kenapa tidak terjadi iritasi jika makan nanas yang sudah dimasak? Apapun proses yang digunakan untuk memanaskan nanas, itu menyebabkan reaksi kimia yang mengurangi enzim, dan meninggalkan rasa manis, karena kandungan gula buah meningkat.

Bagi kamu pecinta nanas, rasa gatal dan perih yang hanya berlangsung sesaat pasti tidak sebanding dengan kesegaran yang kamu dapatkan kan, Ladies?

Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas

Meskipun buah anggur merupakan buah yang sangat menyehatkan, namun mengkonsumsi buah anggur terlalu banyak memiliki efek yang sangat buruk, ketika memakan nanas, beberapa orang sering merasakan gatal di lidah. Hal ini membuat sebagian orang kurang menyukai buah tropis ini.

Bahaya! Terlalu Banyak Konsumsi Buah Nanas

Nanas sendiri banyak terdapat di Indonesia, memiliki rasa yang segar dan cocok dikonsumsi saat cuaca panas. Lantas apa penyebab gatal di lidah setelah makan nanas?

Mengutip dari Tempo.co, menurut jurnal Annals of Allergy, Asthma and Immunology tahun 2009, kondisi ini disebabkan enzim kompleks atau Bromelain pada nanas.

“Saat ini, hanya ada sedikit bukti tentang kelezatan bromelain atau rasa enzim di mulut Anda. Tetapi ada kemungkinan setelah makan beberapa irisan nanas, Anda akan mulai merasakan bahwa bromelain memecah beberapa protein dan protein. kemudian menciptakan lapisan pelindung mukosa di mulut Anda,” kata seorang apoteker di University of Turin, Italia, Alessandro Colletti, seperti dikutip dari Livescience.

Untuk menghindarinya, Anda bisa mengonsumsi nanas dengan cara dimasak atau direndam dalam air garam. Ini dapat membantu melarutkan beberapa bromelain.

Manfaat Dari Buah Nanas Untuk Kesehatan

Bromelain dapat berinteraksi dengan pengencer darah, obat penenang, obat anti kejang, antidepresan, dan obat insomnia. Selain itu, terlalu banyak makan nanas juga bisa menyebabkan diare, mual, dan muntah.

Ratusan warga Cianjur Korban gempa kini mengungsi ke Sukabumi Keadilan Data terakhir mencatat 108 orang yang selamat dari gempa Cianjur kini mengungsi ke rumah kerabat di Kirenghas Sukabumi.

Gempa laut M 4,6 di pesisir Pangandaran menjalar hingga Sukabumi Dalam rilisnya, Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto, gempa tersebut tergolong dangkal dari kedalaman 38 kilometer.

Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas

Sebut Hijab Tak Wajib Dicicipi Langsung Netizen, Fuji Beri Klarifikasi Fuji mengklarifikasi pernyataannya terkait hijab tak wajib setelah mendapat sejumlah komentar dari netizen.

Ternyata Ini Penyebab Lidah Gatal Setelah Makan Nanas, Simak Cara Agar Lidah Tidak Gatal Saat Makan Nanas, Yuk!

Gempa di Sukamanah Cicantayan? Warga Sukabumi Merasakan Guncangan Sesar Cimandiri Titik gempa jika dilihat menggunakan aplikasi Google maps berada di wilayah Desa Hegarmanah, Kecamatan Cicantayan, di perbatasan dengan Kecamatan Cibadak, dekat Jalan Nasional Palabuhanratu Cibadak.

Spanyol Vs Jerman, Jadwal Piala Dunia 2022 Minggu 27/11 Piala Dunia 2022 pada Minggu, 27 November akan ditandai dengan pertandingan besar antara Spanyol vs Jerman dan tiga pertandingan seru lainnya.

Dianugerahi Marga Batak, Erick Thohir: Mengangkat Kebhinekaan Menjadi Kekuatan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerima penghargaan karena diangkat sebagai anak oleh masyarakat Batak dalam upacara adat Mangain Anak dan Mangalahat Horbo di Samosir, Sumatera Utara, yang berlangsung pada hari Sabtu tanggal 26 November 2022

Menikah secara perjodohan, apakah 4 zodiak ini merasa tidak bisa menemukan jodohnya sendiri? Berikut beberapa zodiak yang berpotensi menikah karena perjodohan, apakah kamu salah satunya?

Hindari Melakukan 4 Hal Ini Saat Merasakan Kulit Gatal Gatal, Yuk!

Truk pupuk asal Cianjur terguling di Purabaya Sukabumi Saat melintasi tanjakan, truk selip dan terguling ke belakang dan terbalik.

Prasasti alkitab di tenda pengungsi gempa disingkirkan, ini Jawaban Ridwan Kamil Video tersebut memperlihatkan beberapa orang sedang membongkar prasasti dari tenda korban gempa Cianjur. Prasasti yang dihapus dilaporkan menunjukkan identitas agama.

Tidak ada yang tahu kematian, Ini tata cara sholat taubat sebelum meninggal Sholat sunnah taubat ini diriwayatkan oleh Imam at Tirmidzi dari sahabat Ali bin Abi Thalib, dari sahabatnya Abu Bakar As-Shidiq, Jakarta – Nanas merupakan salah satu buah favorit masyarakat khususnya di Indonesia. Buahnya tidak hanya bisa dimakan langsung, nanas juga diolah menjadi berbagai makanan ringan dan masakan.

Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas

Namun, dibalik nikmatnya banyak manfaat bagi tubuh, banyak orang yang sering merasakan sensasi lidah gatal setelah makan buah nanas. apakah kamu termasuk?

Makanan Dan Minuman Ini Perlu Dihindari Saat Batuk Kering

, Senin (23/9/2019), kondisi ini sebenarnya disebabkan oleh enzim dalam buah bernama bromelain. Ini adalah enzim yang memecah protein yang menyerang bagian dalam mulut Anda, menyebabkan gatal dan bengkak di lidah.

Namun jangan khawatir, setelah Anda mengunyah dan menelan nanas, air liur dan asam lambung akan bekerja menetralkan bromelain. Nantinya lidah Anda akan kembali memproduksi protein dan asam amino sehingga rasa gatal di lidah akan cepat hilang.

** Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Tanah Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: BCA Nomor Rekening: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan diberikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kekhawatiran kita adalah harapan.

Jika Anda enggan mengolahnya dan ingin langsung memakannya, Anda bisa menghindari rasa gatal dengan memotong bagian yang paling jauh dari batang dan jantungnya, karena di situlah sebagian besar konsentrasi bromelainnya.

Cek Fakta Kesehatan: Makan Nanas Bisa Bikin Keguguran?

Nah, jika Anda sudah makan nanas dan merasakan sakit di lidah. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda hanya perlu mengambil beberapa sendok yogurt dan ezim akan fokus pada pemecahan protein.

* Kebenaran atau Kebohongan? Untuk mengecek kebenaran informasi yang beredar, silahkan kirim WhatsApp ke nomor Verifikasi Informasi 0811 9787 670 dengan hanya mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Prancis vs Denmark Sudah Dimulai, Dapatkan Link Live Streaming Piala Dunia 2022 di SCTV, Vidio, Moji, dan NEX Parabola

Mengapa Lidah Terasa Gatal Saat Makan Nanas

Linemen Prancis vs Denmark di Piala Dunia 2022: Pertahanan Les Bleus Diperbaharui, Perubahan Pasukan Dynamite GedoNanas adalah buah tropis dengan rasa yang lezat dan segar. Sayangnya, bagi sebagian orang, makan nanas menimbulkan rasa tidak enak di lidah

Makan Nanas Bikin Mulut

Makan lidah terasa pahit, saat lidah terasa pahit, mengapa jerawat terasa gatal, mengapa kemaluan terasa gatal, cara mengatasi lidah terasa pahit saat makan, mengapa kepala terasa gatal, mengapa saat menstruasi terasa gatal, lidah terasa pahit saat makan, mengapa kelamin terasa gatal, mengapa rambut terasa gatal, ujung lidah terasa gatal, lidah terasa gatal