Mengenal Bahaya Penyakit Katup Jantung

35

Mengenal Bahaya Penyakit Katup Jantung – Jakarta – Seseorang yang memiliki gejala penyakit katup jantung umumnya merasa lelah dan sesak napas. Ini karena jaringan di bilik jantung telah rusak sedemikian rupa sehingga membatasi atau menghalangi aliran darah masuk atau keluar jantung.

Pada dasarnya, katup jantung menutup dan membuka saat jantung berdetak. Namun, jika katup tidak terbuka sempurna, aliran darah ke jantung bisa terhambat atau bahkan tersumbat. Dalam istilah medis, peristiwa ini disebut stenosis katup. Sedangkan jika katup tidak menutup sempurna, terjadi penggumpalan darah di jantung, yang lambat laun akan menyebabkan katup bocor atau muntah.

Mengenal Bahaya Penyakit Katup Jantung

Mengenal Bahaya Penyakit Katup Jantung

Kedua kondisi ini memberi tekanan ekstra pada kerja jantung. Seiring waktu, pasien berisiko mengalami serangan jantung, stroke, atau masalah jantung lainnya.

Sindografis: Kenali Kardiomegali, Terjadinya Kondisi Pembengkakan Jantung

Sebagian besar kasus penyakit katup jantung disebabkan oleh kesehatan seseorang yang buruk, misalnya penderita rematik, endokarditis (infeksi darah), gagal jantung, hipertensi, dan cacat bawaan. Selain itu, fungsi jantung yang melemah akibat bertambahnya usia meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

Perkembangan penyakit katup jantung lambat. Bahkan, beberapa penderita tidak merasakan kondisi ini selama bertahun-tahun. Tapi setelah diperiksa, parahnya sudah fatal. Oleh karena itu, waspadai tanda-tanda penyakit katup jantung berikut yang dikutip dari Mayo Clinic:

Tanda-tanda penyakit katup jantung seringkali tidak disadari oleh penderitanya. Untuk itu, periksakan kesehatan tubuh Anda secara rutin ke rumah sakit atau laboratorium kesehatan khusus, terutama bagi seseorang yang memiliki faktor risiko penyakit kardiovaskular.

Jika diagnosis sudah dipastikan, dokter akan melakukan pengobatan konservatif dengan meresepkan obat beta-blocker untuk mengontrol detak jantung atau vasodilator untuk membuka atau melebarkan pembuluh darah. Dokter juga dapat menawarkan operasi jika situasinya darurat.

Tempat Tempat Nyeri Pada Gangguan Jantung

Bagan Pertumbuhan Anak Pertumbuhan anak bisa berbeda-beda. Bagan pertumbuhan hanya membantu menghitung rata-rata dari data yang diberikan. Jadi tidak perlu khawatir dengan hasil asesmen si kecil selama tumbuh kembangnya baik. Lihat lebih lanjut Kalkulator BMI Hitung BMI Anda dan cari tahu apakah berat badan Anda ideal. Lihat lebih banyak Kebutuhan kalori Berapa banyak kalori yang Anda butuhkan setiap hari? Hitung di sini! Lihat lebih banyak

Mayapada Hospital di Jakarta Selatan Mayapada Hospital di Jakarta Selatan merupakan rumah sakit tipe B yang berada di bawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki layanan gawat darurat 24 jam yang dilengkapi dengan tenaga medis profesional dan peralatan medis untuk memungkinkan pelayanan terbaik kepada semua pasien yang berobat, baik pasien rawat inap maupun rawat jalan. Fasilitas dan pelayanan prima yang tersedia di Mayapada Hospital, Jakarta Selatan antara lain Tahir Uro-Nephrology Center, Tahir Neuroscience Center, Obstetrics and Gynecology Center, Cardiovascular Center, Pneumonia Immunization dan lainnya Lihat selengkapnya Rumah Sakit Mayapada Tangerang Rumah Sakit Mayapada di Tangerang didirikan 11 Juni 2008, yang berada di bawah naungan Mayapada Healthcare Group. Rumah sakit ini memiliki pelayanan rumah sakit mulai dari ruang VIP hingga kelas 3, konsultasi dengan dokter umum, klinik spesialis. Selain itu, fasilitas laboratorium, fasilitas radiologi dan CT, serta fasilitas apotek dengan jam kerja penuh 24 jam dari Senin hingga Minggu. Fasilitas dan pelayanan prima yang tersedia di Mayapada Hospital Tangerang antara lain klinik spesialis, medical check up, seperti pemeriksaan otak, pemeriksaan nyeri sendi, pemeriksaan stroke, pemeriksaan saluran cerna, pemeriksaan tiroid dan lain-lain, kemudian Tahir Neuroscience Center, Tahir Uro-Nephrology Pusat, Pusat Kardiovaskular, Gastrohepatologi, Pusat Onkologi, Pusat Ortopedi, Pusat Kebidanan dan Kandungan, sunat anak Lihat selengkapnya RS Mayapada Kuningan RS Mayapada Kuningan berada di bawah naungan Mayapada Health Group. Rumah sakit ini memiliki pelayanan gawat darurat 24 jam, klinik dokter umum dan spesialis serta pelayanan rawat inap. Tidak hanya itu, layanan Center of Excellence juga tersedia, terdiri dari Pelayanan Wanita dan Anak, Pelayanan Kedokteran Olahraga, Pelayanan Penyakit Dalam, Pusat Obstetri dan Ginekologi dan Pusat Pediatri. Lihat lebih banyak

Tya KhanzaParenting• 2 bulan Anak Jadi Korban BullyingHestiParenting• 19 hari#AdugayaHS: Tunjukkan Kebersamaan Ayah-Anak, Dapatkan Rp 300.000 di Gopay HestiDiabetes• 16 Hari Kisah Upaya Merawat Anak DiabetesTipe COVID19John VI19Diabetes-CO19v1 XBB

Mengenal Bahaya Penyakit Katup Jantung

Penyakit katup jantung adalah gangguan yang terjadi pada satu atau lebih katup jantung Anda. Penyakit ini dapat terjadi akibat kondisi medis lain, seperti hipertensi, gagal jantung, demam rematik, atau infeksi jantung akibat bakteri (endokarditis). Tidak hanya kondisi tersebut, kelainan katup jantung juga bisa terjadi karena faktor bawaan, yang bisa mulai ditemukan pada bayi sebelum atau sesudah lahir. Lalu apa penyebab penyakit katup jantung bawaan dan bagaimana cara mengobatinya?

Ketahui 5 Jenis Penyakit Jantung Yang Paling Sering Terjadi

Jantung memiliki empat katup yang bekerja dengan menutup dan membuka saat jantung berdetak. Empat katup jantung adalah katup mitral, trikuspid, pulmonal, dan aorta.

Katup jantung ini memastikan bahwa darah mengalir ke arah yang benar melalui empat bilik jantung dan ke seluruh tubuh Anda. Jika katup rusak, darah dapat mengalir kembali ke jantung atau sulit keluar dari jantung.

Dalam kondisi ini, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Organ tubuh lainnya juga berisiko mengalami kekurangan nutrisi atau oksigen yang dibawa oleh darah. Seiring waktu, kondisi ini dapat menyebabkan masalah serius lainnya, seperti kardiomiopati dilatasi, gagal jantung, atau aneurisma aorta.

Pada kelainan bawaan pada katup jantung, kelainan ini bisa terjadi sejak bayi lahir. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh struktur jantung yang belum berkembang sempurna saat bayi masih dalam kandungan.

Cardio News Vol. 104

Penyakit katup jantung bawaan dapat terjadi sendiri atau bersamaan dengan kelainan jantung bawaan lainnya. The National Heart, Lung, and Blood Institute (NHLBI) mengatakan bahwa pada kasus yang parah, katup mungkin perlu diperbaiki atau diganti selama masa bayi, masa kanak-kanak, atau sebelum kelahiran. Namun, beberapa kasus lain mungkin tidak menimbulkan masalah di masa dewasa.

Penyakit katup jantung sejak lahir adalah salah satu penyakit jantung bawaan yang paling umum. Kelainan katup bawaan ini paling sering memengaruhi katup aorta dan pulmonal di jantung. Ada beberapa jenis penyakit katup bawaan yang sering terjadi, yaitu:

Katup aorta adalah katup yang memisahkan ventrikel kiri dan arteri besar (aorta). Dalam kondisi normal, katup aorta memiliki tiga selebaran jaringan yang memudahkan darah melewati katup.

Mengenal Bahaya Penyakit Katup Jantung

Pada stenosis aorta, katup aorta tidak memiliki bentuk yang sempurna. Dalam kondisi ini, katup aorta mungkin hanya memiliki satu daun atau dua daun yang tebal dan kaku. Selebaran juga bisa direkatkan.

Hal Hal Yang Perlu Diketahui Dalam Membesarkan Anak Dengan Penyakit Jantung Bawaan

Selebaran yang menebal dan menyempit ini mencegah katup terbuka lebar. Pada kondisi ini, darah menjadi sulit mengalir dari ventrikel kiri ke aorta dan organ lainnya.

Katup pulmonal adalah katup yang memisahkan ventrikel kanan dari arteri pulmonalis yang menuju ke paru-paru. Seperti stenosis aorta, stenosis katup pulmonal terjadi ketika katup menebal dan menyempit, sehingga darah sulit mengalir dari jantung ke arteri pulmonalis dan paru-paru.

Pada kondisi ini, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah yang dapat menyebabkan kerusakan pada otot jantung.

Selain kedua kondisi tersebut, atresia paru juga sering terjadi pada bayi dengan kelainan jantung bawaan. Pada kondisi ini, katup pulmonal tidak terbentuk dan hanya terdapat selebaran jaringan padat.

Mengenal Penyakit Jantung Bawaan Lebih Dalam

Pada kondisi ini, darah tidak dapat melalui jalur normalnya untuk mendapatkan oksigen dari paru-paru. Darah akan melewati saluran lain di jantung dan arteri.

Penyakit katup jantung bawaan umumnya tidak memiliki penyebab yang pasti. Kondisi ini bisa terjadi akibat katup tidak berkembang dengan baik dan lengkap saat janin masih dalam kandungan.

Namun, ada beberapa faktor lain yang dapat meningkatkan risiko anak terkena penyakit jantung bawaan, seperti genetik (keturunan) yang mengidap penyakit jantung bawaan, ibu yang mengonsumsi obat-obatan tertentu selama hamil, ibu yang menderita diabetes, ibu yang merokok dan mengonsumsinya. alkohol. selama kehamilan, atau ibu yang pernah mengalami infeksi tertentu selama kehamilan, seperti rubella.

Mengenal Bahaya Penyakit Katup Jantung

Bayi yang memiliki penyakit katup jantung bawaan mungkin tidak mengalami gejala tertentu. Pada umumnya gejala sudah dapat dirasakan saat memasuki usia anak yang lebih besar atau orang dewasa, jika penyakit sudah berkembang. Beberapa gejala dan tanda yang mungkin muncul, yaitu:

Yayasan Jantung Indonesia || Mengenal Penyakit Jantung

Beberapa penyakit jantung bawaan, termasuk katup jantung, dapat dideteksi saat janin masih dalam kandungan. Pada kondisi ini, umumnya dokter akan melakukan pemeriksaan fetal echocardiogram untuk memeriksa fungsi jantung bayi sejak dalam kandungan.

Saat bayi lahir, dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan fisik dan beberapa tes untuk mendiagnosis kelainan jantung bawaan ini. Pemeriksaan fisik dilakukan dengan menggunakan stetoskop untuk mengetahui apakah ada suara siulan dari jantung (heart murmur) yang merupakan tanda penyakit katup jantung.

Beberapa penyakit jantung bawaan, termasuk katup jantung, mungkin tidak memerlukan perawatan medis. Namun, penanganan medis dapat diberikan untuk kelainan katup jantung bawaan, tergantung kondisi masing-masing pasien, termasuk bayi.

Setiap pasien dengan kelainan jantung bawaan, termasuk katup jantung, memiliki kondisi yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter mengenai pemilihan pengobatan yang tepat, termasuk untuk anak Anda.

Tanda Seseorang Memiliki Jantung Tidak Sehat, Ini Ciri Cirinya

Meski pengobatan sudah dilakukan, penting juga untuk selalu memeriksakan perkembangan kesehatan ke dokter. Selain itu, kondisi bawaan ini tidak dapat disembuhkan dan penderitanya mungkin memerlukan perawatan medis seumur hidup.

Orang dengan kelainan katup jantung bawaan juga harus menerapkan gaya hidup sehat untuk kesehatan jantung. Beberapa di antaranya adalah pola makan yang sehat, menjaga berat badan yang sehat, mengelola stres dan melakukan aktivitas fisik sesuai anjuran dokter. Primaya Hospital memberikan pelayanan prima dengan mengutamakan mutu, keselamatan dan keselamatan pasien yang tercermin dari akreditasi Primaya Hospital di tingkat nasional oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dan dua rumah sakit Primaya Hospital terakreditasi secara internasional oleh Joint Commission International (JCI).

Primaya Hospital mampu memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif bagi masyarakat Indonesia dan Warga Negara Asing (WNA). Primaya Hospital melayani pasien dengan metode pembayaran pribadi, serta jaminan perusahaan, asuransi atau BPJS. Primaya Hospital menawarkan pelayanan dengan teknologi dan kualitas yang baik sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Primaya Hospital akan menawarkan solusi kesehatan bagi

Mengenal Bahaya Penyakit Katup Jantung

Apa itu penyakit katup jantung, gejala penyakit katup jantung, cara mengobati penyakit katup jantung, penyakit kelainan katup jantung, penyebab penyakit katup jantung, penyakit katup jantung adalah, mengenal penyakit jantung, penyakit katup jantung bocor, penyakit katup jantung pdf, penyakit katup jantung bisa sembuh, ciri ciri penyakit katup jantung, penyakit jantung katup