Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran

31

Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran – , Jakarta Salah satu ketakutan terbesar setiap ibu hamil adalah keguguran. Keguguran dapat meninggalkan dampak negatif pada jiwa wanita.

Seperti yang kita ketahui, kehamilan adalah masa yang sangat sensitif dalam kehidupan seorang wanita, ia harus merawat dirinya dan bayinya dengan sangat baik agar tumbuh sehat di dalam kandungan.

Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran

Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran

Gizi dan kebiasaan makan ibu berperan penting selama masa kehamilan, karena apapun yang ibu makan akan sampai ke bayi di dalam kandungannya.

Makanan Saat Hamil Muda: 11 Makanan Yang Dapat Memicu Keguguran

Nah, ada makanan tertentu yang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil, karena bisa menyebabkan keguguran. Lihat daftar makanannya di sini seperti dikutip dari website

Sayuran dan buah mentah yang tidak dicuci mengandung berbagai mikroba berbahaya yang dapat menyebabkan risiko infeksi, yang pada akhirnya menyebabkan keguguran.

Studi penelitian mengklaim bahwa minum lebih dari secangkir teh hijau sehari juga dapat menyebabkan keguguran, teh hijau juga mengandung kafein.

Wanita hamil harus menghindari buah lengkeng, karena dapat meningkatkan panas tubuh, menyebabkan pendarahan vagina dan keguguran.

Mitos Hamil Muda Yang Tak Perlu Bunda Percaya

Biji wijen adalah bahan lain yang dapat meningkatkan panas tubuh wanita selama kehamilan, terutama jika dicampur dengan madu, menyebabkan keguguran.

Jika Anda makan daging, maka Anda harus menghindari makan hati hewan. Meski makanan ini sangat kaya akan vitamin A, namun bisa menyebabkan cacat janin dan keguguran.

* Fakta atau kebohongan? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang disebar, hubungi WhatsApp di nomor Cek Fakta 0811 9787 670 dengan mengetikkan kata kunci yang diinginkan.

Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran

Hasil Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis: Bantu Tim Tango Sukses, Lionel Messi Cetak 2 Rekor Unik Fakta Kehamilan Nanas Muda Bisa Sebabkan Keguguran, Simak Penjelasan Dokter Annisa Karnesyia | Jumat, 29 Oktober 2021 15:45 WIB

Tips Sehat Ibu Hamil Muda Agar Janin Tidak Keguguran

Buah nanas sering masuk dalam daftar makanan yang dilarang untuk ibu hamil. Buah berwarna kuning ini dipercaya bisa menyebabkan keguguran di awal kehamilan lho Mom.

Seperti buah lainnya, nanas juga kaya akan vitamin dan mineral. Lalu apakah benar nanas bisa menyebabkan keguguran dan tidak boleh dimakan saat hamil?

Spesialis Kebidanan dan Kandungan, dr. Ilham Utama Surya, Sp.OG membenarkan bahwa dalam kepercayaan tradisional, buah nanas dipercaya dapat menyebabkan keguguran saat hamil di trimester pertama. Namun, Ilham menegaskan bahwa hal tersebut sebenarnya hanyalah mitos belaka, Bunda.

Hal ini juga diperkuat dengan pendapat yang diterbitkan oleh National Institute of Health di Inggris, NHS, yang menyatakan bahwa nanas tidak memiliki bukti ilmiah dapat menyebabkan keguguran. Namun, sama seperti buah lainnya, Anda tetap harus menjaga kebersihan saat mengonsumsi nanas.

Kehamilan Pertama Rentan Keguguran, Mitos Atau Fakta?

“Hanya ibu hamil yang ingin makan nanas harus dicuci dulu dan disajikan bersih. Agar bakteri tidak masuk ke dalam tubuh yang akan membahayakan kehamilan,” ujarnya Ilham saat sambung.

Namun, bukan berarti ibu hamil bisa bebas makan nanas. Sebab, ada beberapa bahan nanas yang sebaiknya dihindari, Bunda. Menurut Ilham, nanas merupakan buah yang mengandung nutrisi seperti karbohidrat, serat, mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, besi dan seng.

Buah nanas juga mengandung vitamin A, asam folat, vitamin B1, B2, B3, dan B6 serta tinggi vitamin C. Namun, ada kandungan nanas yang perlu Anda hindari selama hamil.

Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran

, bromelain dapat memecah kandungan protein dalam tubuh dan dapat menyebabkan perdarahan abnormal. Sedangkan janin dalam kandungan sendiri mengandung protein, sehingga dikhawatirkan jika banyak makan nanas dapat menyebabkan keguguran berdarah.

Hamil Di Usia 40 Tahun, Ini Cara Jaga Kesehatan Janin

Itu sebabnya tidak dianjurkan menggunakan tablet bromelain selama kehamilan. Nah, tapi pada nanas, kadar bromelainnya sangat rendah ya Mom, jadi makan nanas dalam porsi yang sedikit tidak akan membahayakan kehamilan.

Bicara soal keguguran, ini adalah proses keluarnya janin setelah usia kehamilan kurang dari 20 minggu. Menurut Ilham, keguguran biasanya ditandai dengan pendarahan dan nyeri di perut, serta keluarnya hasil konsepsi seperti janin, selaput ketuban, dan plasenta.

Keguguran dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti janin, plasenta dan ibu. Janin dan plasenta dapat menyebabkan keguguran karena kelainan kromosom atau genetik.

Sedangkan faktor ibu adalah gangguan gizi atau kurang gizi, gangguan hormonal dan penyakit pada ibu seperti autoimun dan metabolik.

Keguguran: Ketahui Ciri Ciri, Penyebab Dan Pencegahannya

Rasa dan aroma nanas yang manis seringkali membuat Bunda tidak bisa menahan diri untuk segera memakannya. Lalu bagaimana jika Anda sedang hamil? Makan satu atau dua porsi nanas segar di minggu-minggu awal kehamilan biasanya dianggap aman. Atau, Anda juga bisa mengonsumsi satu cangkir jus nanas segar jika diinginkan.

, Rana Conway berpendapat bahwa makan antara 7-10 nanas utuh tidak akan membuat kandungan bromelain menimbulkan masalah bagi janin dan rahim. Tapi ingat, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai hal ini. Hal ini dikarenakan makanan yang Anda konsumsi harus disesuaikan dengan kondisi dan daya tahan tubuh Bunda yang mengalami banyak perubahan selama masa kehamilan.

Conway juga menyarankan jika Anda tetap ingin makan nanas tapi takut keguguran, sebaiknya pilih nanas kalengan atau botolan. Dianggap cukup aman karena prosesnya telah menghilangkan sebagian besar atau hampir semua bromelain dalam nanas.

Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran

Banyak orang percaya bahwa nanas muda sangat berbahaya bagi rahim. Namun, Ilham menegaskan ini juga legenda, Bu.

Makan Nangka Saat Hamil Muda Sebabkan Keguguran?

“Karena itu mitos, nanas tua dan muda aman untuk ibu hamil. Namun, saat disajikan harus dicuci terlebih dahulu agar bersih dari bakteri,” kata Ilham.

Ternyata, menambahkan nanas ke dalam menu harian di awal kehamilan memiliki manfaat lho, Mom. Padahal, beberapa kandungan dalam nanas memberikan nutrisi yang dibutuhkan bayi sebelum lahir agar bisa tumbuh dan berkembang secara normal.

Secangkir jus nanas segar dapat memasok sekitar 79 mg vitamin C, nutrisi yang meningkatkan kolagen, membantu pertumbuhan kulit, tulang rawan, dan tendon bayi. Selain itu, dalam secangkir jus nanas dapat menyuplai hampir 8-85 mg vitamin C yang Anda butuhkan selama masa kehamilan.

Selain itu, makan nanas segar akan membuat Bunda mendapatkan manfaat lain berupa penyampaian sejumlah zat besi, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi darah, dan folat yang berguna untuk membantu beberapa kelainan bawaan.

Tips Saat Hamil Muda Agar Terhindar Dari Keguguran

Agar lebih aman, Bunda bisa membatasi konsumsi nanas segar hanya untuk segelas jus atau memasukkannya ke dalam menu salad buah. Selain itu, ibu hamil yang ingin makan nanas muda bisa memakannya dalam bentuk

Menurut Ilham, ada kepercayaan tradisional bahwa buah lain bisa menyebabkan keguguran. Seperti kedondong, rambutan, dan salak yang banyak dipercaya bisa membahayakan kehamilan. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang mendukung pandangan ini. Untuk menyajikan buah-buahan seperti nanas muda, kedondong, rambutan, dan salak harus dicuci terlebih dahulu agar bersih dari kuman.

Cek informasi tahapan yang Bunda alami mulai dari Program Hamil, Tumbuh Kembang Janin, hingga Tumbuh Kembang Anak, yuk!

Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran

Program Kehamilan Cari tahu lebih lanjut tentang 30 hari perencanaan kehamilan. Yuk Cek Masa Kehamilan Ketahui pertumbuhan dan perkembangan janin setiap minggunya. Yuk cek Tahapan Anak Cari tahu lebih lanjut tentang tumbuh kembang anak setiap bulannya. Cek Yuk.com – Setiap orang yang sudah menikah pasti selalu menantikan momongan. Jadi memiliki anak adalah keinginan sebagian besar pasangan suami istri.

Tips Cegah Keguguran Yang Wajib Anda Tahu

Namun ketika diberi kesempatan untuk memiliki momongan, muncul tantangan baru yaitu harus menjaga kesehatan kandungan hingga melahirkan.

Apalagi saat awal kehamilan, karena usia kandungan yang masih sangat muda dan rentan keguguran. Apalagi bagi ibu yang baru pertama kali hamil dan masih muda.

Baca juga: Update Covid-19 di Indonesia, Sabtu 16 Oktober 2021, 34 negara selesai, 18.746 kasus aktif, 1.525 sembuh

Penyebabnya adalah kondisi janin yang sangat lemah di usia yang masih sangat muda. Sehingga jika rahim wanita tidak kuat maka rahim akan rawan keguguran

Tips Mencegah Keguguran Saat Ibu Hamil

Baca juga: Segera hadir! Link Live Streaming Premier League, Man City vs Burnley, Prediksi dan Head

Dikutip dari akun Instagram resmi dr. Zaidul Akbar @zaidulakbar diunggah pada 6 November 2019, unggahan tersebut menjelaskan cara memperkuat kehamilan memasuki trimester pertama:

1. Memperkuat penerimaan endometrium. Hal ini sangat penting guna mempersiapkan dinding rahim yang nantinya akan ditempati oleh janin.

Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran

2. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh. Tujuan dari metode ini adalah untuk membatasi lemak jenuh yang masuk ke dalam tubuh. Untuk mencegah kolesterol menumpuk di dinding pembuluh darah.

Makanan Penyebab Keguguran Saat Hamil Muda Yang Wajib Anda Tahu

Itulah cara memperkuat rahim pada trimester pertama yang bisa dilakukan untuk kesehatan bayi, ala dr. Zaidul Akbar. ***

Cara Beli dan Daftar Harga Tiket Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Cocok untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

Prediksi Skor Final Piala Dunia 2022 Argentina vs Prancis: Berita Tim, Head to Head, dan Susunan Pemain

Besok terakhir! Cek BSU di BPJS Ketenagakerjaan, Ini Cara Mendapatkan BLT Subsidi Upah 2022 Tanpa Ke Kantor Pos Kehamilan bisa terjadi melalui proses pembuahan atau melalui pertemuan sel telur dengan sperma. Kehamilan juga merupakan hasil dari upaya suami dan istri, sehingga masalah yang berkaitan dengan kehamilan harus melibatkan kedua belah pihak. Artikel ini memberikan informasi tentang kehamilan yang sangat bermanfaat bagi anda yang baru atau akan menikah. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai ya!

Ibu Hamil Naik Turun Tangga Berisiko Keguguran, Benarkah?

Bagi pasangan suami istri, kehamilan merupakan saat yang dinantikan. Untuk memiliki kehamilan yang sehat, perlu untuk mempersiapkan program kehamilan. Berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh, baik untuk wanita maupun pria.

Mempersiapkan kehamilan bagi seorang wanita berarti mempersiapkan tubuh untuk berjuang selama setahun. Berikut adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk mempersiapkan tubuh untuk kehamilan yang sehat:

Sobat Sehat harus menghentikan penggunaan zat-zat seperti alkohol, nikotin, kafein dan obat-obatan sebelum memulai program hamil. Jika ada obat yang harus terus diminum, temui dokter atau konsultasikan melalui live chat

Menjaga Kehamilan Usia Muda Agar Tidak Keguguran

Stres yang berlebihan dapat mempersulit pelacakan jadwal ovulasi, sehingga mengganggu upaya untuk hamil. Pastikan Anda mulai mengurangi beban psikologis Anda, mendapatkan bantuan untuk aktivitas yang sulit Anda tangani sendiri, melakukan yoga atau meditasi, atau menemui psikiater.

Perkembangan Janin 2 Bulan (8 Minggu)

Sobat Sehat sebaiknya mulai mengonsumsi sumber nutrisi lengkap serta asam folat. Mengkonsumsi 300 hingga 400 gram asam folat per hari sebelum hamil dapat membantu mengurangi risiko gangguan saraf pada janin. Mengonsumsi makanan yang seimbang juga membantu calon ibu menjaga berat badannya.

Temui dokter bahkan sebelum memulai program kehamilan. Dokter akan menyarankan tes yang berbeda untuk melihat kondisinya