Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun

25

Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun – , Jakarta: Menimbun lemak tak hanya buruk bagi tubuh tapi juga bagi otak. Menurut para peneliti di Universitas Carnegie Mellon, otak pria gemuk bekerja lebih keras daripada otak orang dengan berat badan normal untuk mencapai hasil yang sama.

Para peneliti mewawancarai 29 orang untuk melihat bagian otak mana yang bertanggung jawab atas ingatan dan pengambilan keputusan pada orang gemuk, tetapi berfungsi normal pada orang dengan berat badan rata-rata.

Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun

Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun

“Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi dan peradangan pada obesitas, yang mengiritasi sistem komunikasi di otak, sehingga sulit mengirimkan pesan,” kata Verstinen.

Mencegah Si Buah Hati Dari Obesitas

Ini seperti otak pria yang mencoba menelepon ketika saluran telepon terputus. Berikut tiga akibat kelebihan berat badan dan mengonsumsi makanan berlemak yang bisa merusak otak pria:

Tingkat testosteron pada remaja obesitas ditemukan 40-50 persen lebih rendah daripada pria sehat pada usia yang sama.

Hal ini disebabkan oleh sel-sel lemak yang dapat mengubah testosteron menjadi estrogen dan mengganggu otak yang memproduksi banyak testosteron. Kadar hormon yang rendah dapat melakukan segalanya mulai dari merusak kehidupan seks Anda hingga mengurangi libido Anda dan melemahkan otot Anda.

Sebuah studi tahun 2010 terhadap 58.000 orang menemukan bahwa obesitas meningkatkan risiko depresi pada 55 persen dari mereka yang disurvei. Obesitas menyebabkan peradangan, yang dapat menyebabkan depresi dengan merusak sirkuit otak. siapa yang melakukan itu Makanan cepat saji. Menurut Laporan Gizi Kesehatan Masyarakat 2012, 25 persen pemakan makanan cepat saji memiliki kemungkinan depresi lebih dari 50 persen.

Studi: Gaji Kecil Bikin Otak Lebih Cepat Tua Satu Tahun

Obesitas di usia paruh baya berarti pria empat kali lebih mungkin mengalami demensia seiring bertambahnya usia. Itu menurut sebuah studi 2011 yang tercantum dalam jurnal

. Peneliti melacak berat 6.400 pria selama 65 tahun dan menemukan hubungan antara mereka yang mengalami obesitas dan mereka yang menderita demensia. Obesitas diduga menyebabkan peradangan, yang dapat membunuh bagian sirkuit otak yang dibutuhkan untuk daya ingat. (MEL)

* Fakta atau lelucon? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang tersebar, silahkan ketik saja kata kunci yang diinginkan pada nomor cek fakta di WhatsApp 0811 9787 670.

Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun

Di Piala Dunia 2022, setelah Kroasia-Maroko, Eropa dan Amerika Selatan kembali berada di peringkat ke-3 sejak 1934. Studi terbaru menunjukkan bahwa peningkatan risiko obesitas yang diturunkan dapat dilihat pada perubahan fungsi otak. Kemungkinan ini akan membantu Anda mendeteksi obesitas di masa mendatang.

Mengapa Berat Badan Arya Permana Bisa Obesitas Parah?

Obesitas atau kelebihan berat badan adalah kondisi yang disebabkan oleh penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh. Penumpukan lemak terjadi karena asupan kalori yang diterima tubuh jauh lebih banyak daripada jumlah kalori yang dibakar.

Seseorang berisiko mengalami obesitas jika memiliki gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup tersebut misalnya tidak aktif, pola makan yang buruk, mengkonsumsi alkohol, merokok, menggunakan obat-obatan tertentu, atau mengalami stress.

Risiko obesitas juga bisa meningkat jika Anda memiliki orang tua yang kelebihan berat badan. Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, anak-anak dengan riwayat obesitas secara turun-temurun memiliki risiko 40-50 persen lebih tinggi untuk mengalami kondisi tersebut.

Disampaikan oleh dr. Arina Heidiana, ada penelitian yang menunjukkan bahwa risiko obesitas turun-temurun muncul akibat perubahan fungsi otak. Lantas bagaimana perubahan fungsi otak menyebabkan obesitas?

Jenis Workout Routine Ini Bisa Untuk Mengecilkan Perut

Sebuah studi tentang peningkatan risiko obesitas akibat perubahan fungsi otak diprakarsai oleh Turku PET Center, University of Turku, Finlandia. Penelitiannya dipublikasikan di International Journal of Obesity pada November 2021.

Penelitian dilakukan dengan meneliti perubahan fungsi otak pada 41 partisipan pria pra-obesitas. Para relawan memiliki faktor risiko yang berbeda untuk kelebihan berat badan.

Pancaran sinar gamma menunjukkan gambar aktivitas otak para peserta yang ditangkap oleh kamera khusus dan ditampilkan di layar komputer. Tim peneliti kemudian menganalisis perubahan fungsi otak partisipan.

Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun

Insulin adalah hormon yang tugasnya membantu tubuh menyerap gula darah (glukosa) dan mengubahnya menjadi energi. Hormon ini juga membantu menghubungkan sel-sel otak dan ikut serta dalam pembentukan memori otak.

Bantu Anak Anak Obesitas Hindari Stigma Berat Badan

Pasien yang kelebihan berat badan mengalami resistensi insulin, yaitu suatu kondisi di mana sel-sel tubuh tidak merespons insulin sebagaimana mestinya. Ini karena kandungan lemak yang tinggi di perut, yang merangsang sel-sel lemak untuk melepaskan senyawa pro-inflamasi.

Reseptor opioid adalah molekul protein yang menerima sinyal kimia dari opioid alami yang diproduksi oleh tubuh dan di luar tubuh. Sementara itu, reseptor cannabinoid membantu mengatur beberapa fungsi dalam tubuh manusia.

Menurut penelitian, penurunan sensitivitas insulin dan fungsi neurotransmitter (reseptor opioid dan cannabinoid) di otak terkait dengan jaringan saraf di otak yang mengontrol nafsu makan dan rasa kenyang. Arina.

Ia juga menambahkan, jika jaringan terganggu, risiko obesitas akan semakin besar. Pasalnya, terganggunya jaringan saraf otak menyebabkan peningkatan nafsu makan yang berlebihan.

Obesitas Di Usia 30 An Rentan Bikin Anda Pikun

Peneliti Tatu Kantonen dari Universitas Turku mengungkapkan bahwa perubahan fungsi otak pada orang yang berisiko obesitas dapat dideteksi sebelum menjadi kelebihan berat badan.

“Jadi belum diketahui apakah tes fungsi otak bisa dijadikan indikator umum risiko obesitas,” kata Tatu.

Namun, pada penderita obesitas, tambah Tatu, pemeriksaan fungsi saraf dan otak diduga berpotensi mencegah obesitas.

Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun

“Selain itu, perawatan obesitas di masa depan dapat secara langsung menargetkan jaringan saraf di otak yang mengontrol nafsu makan dan rasa kenyang,” kata Tatu.

Bisa Kurangi Kinerja Otak, Hindari 7 Kebiasaan Kecil Ini

Ini adalah penelitian tentang perubahan fungsi otak yang meningkatkan risiko obesitas. Apakah Anda khawatir kelebihan berat badan? KOMPAS.com Cek indeks massa tubuh Anda dengan aplikasi – kelebihan lemak dapat mengurangi kapasitas otak. Alasannya adalah lemak menua otak lebih cepat dari usia sebenarnya.

Sebutkan hubungan antara lemak dan otak. Akibatnya, semakin banyak lemak di perut, semakin tua usia otak dari yang seharusnya.

Atau materi putih otak. Ukuran obesitas yang digunakan peneliti adalah skala indeks massa tubuh (BMI). Peserta dengan BMI lebih besar dari 25 diklasifikasikan oleh para peneliti sebagai obesitas.

Ini adalah jaringan ikat di otak itu sendiri. Jaringan ini mengatur jalur komunikasi dan pensinyalan di otak. Jaringan ini juga bertanggung jawab atas memori atau ingatan manusia.

Tips Mencerdaskan Otak Anak: Yuk, Coba Terapkan!

Secara alami akan berkurang. Tapi obesitas bisa mempercepat penurunan fungsi tersebut. “Faktanya, peserta obesitas memiliki usia otak sepuluh tahun lebih tua dari seharusnya,” ujar Lisa Ronan, Ph.D. D sebagai ketua tim peneliti dari University of Cambridge di Inggris.

Penjelasan yang masuk akal, lanjut Lisa, adalah terlalu banyak jaringan adiposa menyebabkan tubuh memproduksi sitokin inflamasi. Sitokin Sitokin dapat merusak otak.

Ada penelitian sebelumnya tentang obesitas dan fungsi otak. Akibatnya, lemak dikatakan meningkatkan risiko demensia atau kehilangan ingatan.

Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun

“Tidak ada salahnya mulai menurunkan lemak tubuh sekarang. Apalagi ada penelitian yang mengatakan berat badan normal juga meningkatkan fungsi otak,” tambah Lisa.

Macam Macam Penyakit Yang Mengintai Pemilik Perut Buncit

Dapatkan berita pilihan dan berita terhangat setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, lalu gabung bersama kami. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Berita Terkait 5 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Tumor Otak Hati-hati Otak yang Lelah Bisa Menyebabkan Makan Berlebihan Lari terbukti cerdas untuk otak. Ada otak kedua di perut kita

Jixie mencari berita yang dekat dengan preferensi dan minat Anda. Berita ini disajikan sebagai berita kurasi yang lebih relevan dengan minat Anda.

Data Anda akan digunakan untuk verifikasi akun saat Anda membutuhkan bantuan atau saat aktivitas yang tidak biasa terdeteksi di akun Anda. – Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki kadar bahan kimia yang terkait dengan fungsi otak dan kesehatan yang lebih rendah, menurut sebuah studi teknologi tinggi baru. pemindai otak, Reuters Health melaporkan.

Tiga Tips Mengatasi Obesitas Pada Anak

Temuan menunjukkan bahwa kelebihan lemak tubuh mempercepat proses penuaan otak, menciptakan risiko lebih besar terkena penyakit otak yang berkaitan dengan usia seperti Alzheimer. Stefan Gazdzinski dan rekan dari San Francisco VA Medical Center.

Para peneliti mengamati pemindaian otak magnetic resonance imaging (MRI) dari 50 pria dan wanita paruh baya yang sehat. Jumlah bahan kimia yang berbeda di otak mereka diukur dengan gambar putih dan abu-abu.

Lima dari peserta studi tergolong obesitas, 15 lainnya kelebihan berat badan, dan 30 lainnya memiliki berat badan normal. Semakin tinggi indeks massa tubuh (BMI), semakin rendah konsentrasi N-acetyl-aspartate (NAA) di daerah frontal, temporal dan parietal otak.

Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun

BMI adalah perbandingan tinggi badan dengan berat badan, dan NAA adalah zat kimia otak yang berguna untuk beberapa fungsi sekaligus sebagai penanda kesehatan otak secara keseluruhan.

Patut Tahu, 9 Faktor Obesitas Bisa Terjadi

Individu yang lebih berat memiliki lebih sedikit NAA di materi abu-abu frontal dan lebih sedikit konsentrasi metabolit pengangkut kolin di bagian depan putih otak.

Zat ini adalah kunci pembentukan membran sel. Hubungan terkuat antara BMI dan bahan kimia otak ditemukan pada materi putih di daerah frontal.

Menurut para peneliti, ada kemungkinan kelebihan berat badan mempercepat penuaan otak, atau kelebihan berat badan dan obesitas pada masa kanak-kanak memengaruhi perkembangan otak.

Mereka memastikan bahwa data tersebut masih belum memastikan apakah kelainan otak tersebut hanya berkaitan dengan lemak tubuh atau juga terkait dengan masalah kesehatan lainnya, seperti gizi dan kurang olahraga. Makan banyak tidak hanya bisa memicu kegemukan hingga obesitas, jika sudah mencapai status obesitas, risikonya bukan hanya berbagai penyakit serius, tapi juga menurunkan kemampuan otak.

Masalah Kesehatan Yang Muncul Tiba Tiba Setelah Usia 50

Menurut penelitian, obesitas bisa membuat otak 10 tahun lebih tua dari usia aslinya, dibandingkan dengan berat badan normal. Ini disebabkan oleh hilangnya beberapa jaringan otak yang menjalankan fungsi komunikasi, dan ini dikenal sebagai proses penuaan otak, menurut para peneliti.

Namun yang mengejutkan, bukan hanya orang tua yang mengalami penuaan dan penurunan fungsi otak, mereka yang mengalami obesitas juga mengalami hal yang sama.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Neurobiology of Aging, tidak mengatakan ada korelasi antara berat badan peserta dan kemampuan kognitif mereka, tetapi penelitian tersebut menunjukkan bukti bahwa berat badan memengaruhi atau terkait erat dengan penuaan otak dini.

Obesitas Bikin Otak Lebih Tua 10 Tahun

Gugus kalimat

Aksi Bersama Cegah Stunting Dan Obesitas]