Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya

25

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya – Pernahkah Anda melihat bayi Anda memuntahkan ASI, susu formula atau bahkan makanan padat yang baru saja ditelannya? Pasalnya, kondisi yang biasa disebut gumoh (refluks) ini kerap membuat khawatir sebagian besar orang tua.

Tapi sebenarnya, para ibu tidak perlu panik. Sebab, hal ini wajar terjadi pada bayi di bawah usia 12 bulan. Sementara itu, usia puncak bayi mengeluarkan ASI adalah saat bayi berusia 4 bulan dan mulai berkurang seiring bertambahnya usia bayi.

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya

Tapi, jika selama ini Anda melihat bayi Anda meludah melalui mulutnya, bagaimana jika air liur keluar dari hidungnya? Apakah kondisi ini juga bisa dikatakan normal? Dan apa penyebabnya? Yuk, temukan jawabannya di sini.

Penyebab Bayi Sering Cegukan Dan Gumoh

Mengutip dari Mom Junction, ada banyak penyebab bayi gumoh. Beberapa di antaranya mungkin tidak berbahaya, tetapi yang lain mungkin menunjukkan bahwa anak Anda mengalami masalah kesehatan lain.

Kerongkongan terhubung ke perut dengan katup yang belum berkembang pada bayi. Terkadang, hal inilah yang membuat si kecil tidak mendapatkan semua makanan atau minuman yang ia konsumsi. Jika Anda memberi bayi Anda terlalu banyak ASI atau susu formula, atau jika ia menelan terlalu cepat, hal itu dapat memperburuk regurgitasi.

Menelan bisa sedikit sulit jika bayi Anda cegukan, batuk, atau bersin. Kondisi ini juga dapat meningkatkan tekanan pada kerongkongan, yang dapat memperburuk ludah melalui hidung.

Biasanya bayi muntah ketika mereka menelan terlalu banyak udara saat menyusu atau ketika mereka minum terlalu banyak susu formula dari botol. Saat udara di dalam botol mencoba keluar, ia terperangkap di dalam susu. Hal inilah yang menyebabkan bayi mengeluarkan ludah melalui hidung atau mulut.

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Terkadang, si kecil bisa terganggu saat menyusui. Biasanya situasi ini terjadi ketika ada orang di sekitar atau banyak kebisingan. Kondisi ini juga membuat bayi tidak bisa berkonsentrasi pada tugasnya, yaitu menyusui atau memberi susu formula. Oleh karena itu bayi lupa menelan sehingga menyebabkan bayi tersedak sehingga menyebabkan ASI atau susu formula keluar melalui hidung.

Jika bayi Anda makan makanan padat dan gumoh, bisa jadi karena ia sensitif terhadap makanan tertentu. Misalnya, susu sapi dan produk makanan bayi bisa menjadi salah satu patogen.

Sebagian besar bayi gumoh karena posisi menyusu yang tidak tepat. Namun, kondisi tersebut juga bisa disebabkan oleh kondisi medis tertentu. Anda juga harus segera menemui dokter jika Anda melihat salah satu dari tanda atau gejala berikut jika anak Anda mengalami:

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya

Jadi perhatikan saja bagaimana bayi Anda meludah terlebih dahulu. Jika ada tanda-tanda di atas, segera hubungi dokter untuk penanganan lebih lanjut, melihat bayi muntah setelah menyusu pasti menjadi salah satu pengalaman yang menyedihkan bagi para ibu. Tentunya para ibu juga merasa sangat khawatir karena kurangnya pemahaman tentang penyebab bayi gumoh ASI. Anda bahkan mungkin bertanya-tanya, apakah gumoh setelah menyusu normal untuk bayi?

Penyebab Bayi Muntah, Orangtua Wajib Tahu

Mengetahui kemungkinan penyebab bayi Anda muntah dapat membantu Anda mengambil tindakan yang tepat. Nah, gumoh setelah menyusui bisa terjadi karena alasan berikut.

Sebelum bayi lahir bayi dalam kandungan dengan nyaman, maka ia harus keluar dari sana. Ini menyebabkan perut mungil mereka beradaptasi dengan lingkungan di luar rahim Anda.

Salah satu penyebab muntah setelah menyusu pada bayi mungkin karena sistem pencernaan bayi sedang dalam proses adaptasi. Saat bayi baru lahir, proses adaptasi dimulai dari sistem pencernaan bayi terhadap makanan baru yang mulai diterima oleh bayi.

Bayi yang menyusu terlalu cepat lebih mungkin tiba-tiba memuntahkan susu yang mereka minum. Susu mengalir dari mulut ke area perut lebih cepat dari biasanya.

Cara Mengatasi Pilek Pada Bayi, Perlukah Diberi Obat?

Ini menyebabkan gelembung tertelan bersama susu ke dalam perut. Gelembung-gelembung tersebut juga menyebabkan kembung pada bayi yang kemudian berangsur-angsur menumpuk menjadi banyak udara dan akhirnya mencoba mendorong ASI yang telah ditelan bayi keluar dari perut.

Jika bayi Anda tiba-tiba sering muntah ASI atau diare. Mungkin anak Anda mengalami gangguan pencernaan seperti gastroenteritis. Gastroenteritis dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Jika anak Anda mengalami kondisi ini, segera pergi ke dokter untuk memeriksakan kondisi anak.

Ợ Steam sangat membantu untuk memastikan ASI yang baru saja diminum bayi Anda tidak tumpah. Jadi bayi Anda mungkin memuntahkan susu saat menyusu karena Anda tidak bersendawa setelah menyusu.

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya

Bahkan sedikit udara yang tertelan oleh bayi saat menyusu dapat dikeluarkan dengan teknik bersendawa yang tepat. Anda harus secara teratur memastikan bayi Anda bersendawa setelah setiap menyusui.

Kapan Saat Terbaik Beralih Dari Popok Bayi Ke Popok Celana?

Bayi Anda mungkin muntah susu karena infeksi atau penyakit. Agar lebih yakin, Anda juga bisa melihat tanda-tanda seperti demam, kehilangan nafsu makan, lesu, rewel, batuk, dan hidung tersumbat.

Muntah pada bayi juga bisa merupakan gejala flu, demam berdarah, infeksi saluran kemih, dan infeksi telinga. Ini juga bisa menjadi gejala penyakit yang lebih serius seperti meningitis, yang membutuhkan perawatan segera.

Ini adalah kondisi langka yang menyebabkan bayi muntah dalam waktu setengah jam setelah menyusu. Stenosis pilorus kemungkinan besar dimulai saat bayi berusia sekitar 6 minggu, tetapi dapat muncul kapan saja sebelum bayi berusia 4 bulan. Kadang-kadang dapat muncul di beberapa anggota keluarga, dan anak laki-laki empat kali lebih mungkin mengalaminya daripada anak perempuan.

Stenosis pilorus terjadi ketika otot yang mengontrol katup yang mengarah dari lambung ke usus menebal. Ini mencegah katup terbuka untuk menerima susu yang cukup. Jadi susu tetap berada di perut atau mengalir kembali.

Bayi Sering Gumoh, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Meski beberapa kondisi serius bisa menyebabkan bayi muntah ASI. Ibu perlu segera membawa bayi ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya, jangan panik saat bayi meludah melalui hidung. Yuk cari tahu 5 penyebab bayi muntah dan cara mengatasinya di sini.

Ketika bayi mulai menyusu, mereka sering memuntahkan atau banyak muntah. Hal ini karena bayi merasa kenyang setelah menyusu (ASI).

Meludah melalui hidung sering terjadi pada bayi. Berikut penyebab dan cara penanganan saat bayi gumoh di hidung yang perlu Anda ketahui.

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya

Disediakan oleh dr. Reza Fahlevi, salah satu penyebab bayi meludah melalui hidung adalah karena cairan ludah yang berlebihan hingga ke tenggorokan.

Penyebab Gumoh Pada Bayi

Menurut dr. Reza, muntah dari hidung itu wajar, asalkan berat badan bayi naik dengan baik.

Sebaliknya, meludah dari hidung mungkin tidak baik jika anak Anda mengalami kenaikan berat badan yang tidak sehat. Kondisi ini bisa membuat anak Anda sulit bernapas.

Tidak semua bayi tahu cara menyusui dengan benar. Saat mengisap dengan posisi yang salah, bayi Anda bisa menghirup banyak udara bersama ASI.

Apalagi saat bayi merasa sangat lapar dan buru-buru menyusu. Ini dapat menyebabkan udara masuk ke saluran udara.

Bayi Gumoh Lewat Hidung, Apakah Ini Gejala Yang Berbahaya?

Perut dan kerongkongan bayi dihubungkan oleh katup yang disebut sfingter. Sfingter adalah otot berbentuk cincin yang memungkinkan makanan dan minuman masuk ke perut dan dicerna.

Bayi baru lahir memiliki otot sfingter yang tidak bekerja sesempurna orang dewasa, sehingga tidak dapat menyimpan makanan dari perutnya dengan baik.

Saat meludah melalui mulut, bayi juga dapat cegukan, batuk, atau bersin. Ini dapat menyebabkan anak Anda muntah melalui hidung,

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya

Tidak fokus pada menyusui dapat menyebabkan bayi muntah melalui hidungnya. Kondisi ini merupakan penyebab paling umum gumoh pada bayi.

Penyebab Bayi Muntah Yang Perlu Orang Tua Tahu

Pasalnya, saat meminum ASI, perhatian bayi bisa teralihkan oleh hal-hal yang menarik perhatian bayi. Saat tidak fokus, bayi Anda mungkin menelan susu sisa.

Bayi Anda mungkin juga minum susu terlalu cepat sehingga membuatnya tersedak, batuk, atau cegukan. Akibatnya, anak Anda meludah melalui hidungnya.

Berdasarkan American Academy of Family Physicians, regurgitasi hidung dapat dilakukan dengan menempatkan kepala bayi dalam posisi tegak saat menyusu. Posisi ini juga harus dipertahankan setelah bayi menerima ASI.

Selain itu menurut dr. Reza, Anda juga bisa memiringkan kepala bayi saat menyusu. Tujuannya bukan untuk mencekik bayi Anda dan mencegahnya memuntahkan hidungnya.

Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi Dengan Tepat Yuk!

Karena itu, pakaikan bayi Anda pakaian longgar, selimut, dan popok setelah menyusui. Anda juga sebaiknya tidak menekan perut bayi Anda setidaknya selama 30 menit setelah menyusui.

Untuk mengurangi risiko muntah dari hidung, dr. Reza merekomendasikan untuk menyendawakan bayi Anda. Lakukan kegiatan ini setiap kali bayi Anda selesai menyusu.

Penyebab bayi gumoh di hidung bisa diatasi dengan beberapa cara di atas. Namun, jika gejala muntah tidak kunjung hilang, segera temui dokter agar anak Anda bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya

Mendaftar. Anda juga bisa bertanya langsung ke dokter secara online untuk mengetahui topik terkait kesehatan Mama Papa, muntah-muntah merupakan hal yang biasa terjadi pada bayi. Namun tahukah Anda penyebab umum muntah pada bayi?

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi

Muntah adalah kondisi umum yang dihadapi bayi. Penyebab muntah pada anak berbeda-beda sesuai dengan usia anak. Muntah bisa tergolong normal, namun bisa juga menandakan kondisi kesehatan bayi yang kurang baik.

Sebagai orang tua, kita harus mengetahui penyebab muntah yang alami dan berbahaya pada bayi untuk mendeteksi masalah sejak dini. Berikut ini adalah penyebab paling umum muntah pada bayi.

Selama beberapa minggu pertama kehidupannya, sistem pencernaan bayi Anda masih dalam proses beradaptasi. Jadi, di usia ini, wajar jika beberapa bayi sering muntah.

Muntah pada masa-masa awal kelahiran seringkali disebabkan oleh masalah gangguan makan, seperti makan terlalu banyak porsi yang menyebabkan alergi protein. Penyebab regurgitasi tentu saja karena perut bayi belum terbiasa mencerna makanan.

Atasi Penyebab Bayi Sering Muntah Sebelum Bertambah Parah

Salah satu cara untuk menghadapinya; Jangan memberi makan bayi secara berlebihan dan menginstruksikan anak untuk tidak terburu-buru menyusu.

Karena sistem kekebalan bayi masih belum berkembang sempurna, mereka rentan terhadap pilek dan batuk. Apalagi jika si kecil sering bersinggungan dengan banyak orang, seperti di tempat penitipan anak atau saat bertemu dengan keluarga besar.

Flu menyebabkan banyak lendir menumpuk di hidung (hidung tersumbat). Hal ini dapat menyebabkan cairan dari hidung mengalir ke tenggorokan. Cepat atau lambat,

Penyebab Bayi Gumoh Lewat Hidung Dan Cara Mengatasinya