Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya – Ketika Anda sedang hamil, itu adalah salah satu hal yang terkadang membuat Anda merasa tidak nyaman dan tidak nyaman. Dimana Mamy merasakan payudara Mamy gatal dan tidak tahu waktunya. Salah satu penyebab mengapa Anda merasa gatal di area dada adalah karena peregangan kulit dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Nah, bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak informasi berikut ini!

Saat seorang ibu hamil, tanpa disadari payudaranya akan sedikit membesar akibat produksi ASI. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan bra menyusui untuk mengurangi rasa gatal yang Anda rasakan saat hamil. Mamy bisa memilih yang terbuat dari bahan katun yang lembut dan tidak terdapat jahitan pada puting, sehingga puting terhindar dari puting.

Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Jika Anda sering menggunakan lotion untuk tubuh Anda, Anda juga bisa mengoleskan lotion pada payudara yang gatal dengan vitamin E. Anda dapat menggunakan lotion setelah mandi dan kulit dalam keadaan bersih dan kering.

Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Kaki Bengkak Saat Hamil

Jika ibu menggunakan pakaian ketat saat hamil, dapat meningkatkan risiko iritasi kulit. Sehingga selama hamil dianjurkan untuk ibu memakai pakaian yang sedikit longgar dan tentunya nyaman dipakai.

Karena kulit yang gatal tidak dapat digaruk secara langsung, akan lebih baik jika Anda mengoleskan minyak esensial seperti kelapa atau minyak zaitun pada bagian payudara yang gatal. Mamy juga bisa memijat kulit dengan lembut agar rasa gatalnya mereda.

Jika gatal yang anda rasakan menjadi tidak nyaman, anda dapat mengompres kulit yang gatal dengan air dingin atau es batu selama 10-15 menit untuk mengurangi rasa gatal dan kemerahan pada kulit.

Jadi, jika Anda merasa gatal di area dada, disarankan untuk tidak langsung menggaruknya agar tidak meninggalkan bercak merah.

Benarkah Kulit Gatal Saat Hamil Jadi Ciri Ciri Hamil Anak Laki Laki? Ini Penjelasannya

• Jika ada topik yang ingin dimasukkan dalam artikel MamyPoko, mari kita inbox saran Mamy di FB MamyPoko Indonesia atau pesan langsung di IG MamyPoko

Fitur Poko Favorit menggunakan data dari cookie browser Mamy. Jika menggunakan Mamy Safari di iPhone atau iPad Anda, silakan beralih matikan fungsi penelusuran pribadi. Tolong dicatat bahwa cookie menghapus situs favorit yang telah didaftarkan. Saat hamil, ibu tiba-tiba merasa gatal. Ternyata, gatal saat hamil merupakan hal yang wajar dan hampir 20 persen ibu hamil mengalaminya di trimester pertama.

Anda mungkin merasa sangat gatal di sekitar perut dan payudara saat kulit meregang untuk mengakomodasi ukuran si kecil di perut Anda.

Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

“Beberapa kondisi kulit yang gatal seperti eksim dapat menjadi lebih buruk selama kehamilan. Meskipun beberapa wanita menemukan bahwa eksim mereka benar-benar membaik,” kata direktur kebidanan dan penyakit jantung ibu di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio, Michael Cackovic, MD.

Rasa Gatal Di Kulit Saat Hamil, Bisa Fatal Dan Berbahaya?

Jika ibu mengalami ruam gatal, telapak tangan atau kaki gatal, Michael menjelaskan untuk segera menghubungi dokter, karena terkadang kondisi ini merupakan kondisi serius yang memerlukan penanganan medis.

Menurut seorang ahli obgyn di Rumah Sakit Winnie Palmer, Christine Greves, MD, seiring dengan bertambahnya ukuran tubuh ibu saat hamil.

Selain itu, dilansir dari America Associate Pregnancy, gatal saat hamil juga bisa disebabkan oleh penyakit berikut yang harus diwaspadai:

Saat hamil, ibu menemukan benjolan merah yang terasa gatal dan menyebar ke paha, bokong bahkan seluruh tubuh bisa terkena PUPPP.

Waspadai Alergi Saat Hamil

Ini adalah kondisi kulit yang biasanya terjadi di akhir kehamilan dan dapat bertahan hingga 4 hingga 6 minggu setelah melahirkan.

“Sebenarnya sampai saat ini penyebab PUPPP belum diketahui. Namun sebenarnya tidak membahayakan kesehatan janin, bahkan kondisi ini dapat mengganggu aktivitas dan menimbulkan stres,” jelas dr. Deborah Weatherspoon dari University of Tennessee di Knoxville.

Terlebih lagi, PUPPP lebih gatal di malam hari, yang seharusnya menjadi waktu terbaik bagi ibu hamil untuk beristirahat.

Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Namun bagi penderita OC, alirannya terganggu dan menyebabkan empedu menumpuk sehingga timbul rasa gatal saat hamil, terutama pada kaki dan tangan.

Vagina Gatal Saat Haid? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Jika Anda mengalami hal ini, segera konsultasikan ke dokter untuk menghindari komplikasi kehamilan seperti persalinan prematur, gangguan pernapasan atau lahir mati.

Ini terjadi karena perubahan hormonal atau perubahan sistem kekebalan tubuh Anda. Namun, masalah ini hanya terjadi pada 1 dari 300 ibu hamil.

Kondisi ini memang tidak nyaman, namun tidak menimbulkan risiko bagi ibu hamil atau janin. Setelah melahirkan, ruam akan hilang dengan sendirinya.

Lantas, apa yang bisa Anda lakukan untuk meredakan gatal saat hamil? Berikut tips yang bisa ibu-ibu terapkan.

Gatal Gatal Saat Hamil? Lakukan 6 Hal Ini Untuk Meredakannya

Cara mengatasi gatal saat hamil selanjutnya adalah dengan mandi air hangat. Ingat ya moms, pastikan menggunakan air hangat, bukan air panas.

Saat mandi, usahakan untuk menggunakan pembersih yang lembut tanpa pewangi agar tidak menyebabkan kekeringan atau iritasi yang menyebabkan kulit gatal.

Hindari sabun atau parfum yang keras. Selain itu, pastikan Anda mencuci tubuh secara menyeluruh dan mengeringkannya dengan handuk.

Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Sifat anti-inflamasi dan bahan penghidrasi yang melekat pada gel lidah buaya memberikan kelembapan yang dibutuhkan kulit, menjadikannya lembut dan juga meredakan gatal.

Penyebab Gatal Dan Cara Mengatasinya, Jangan Salah Langkah

Caranya, ambil daun lidah buaya dan potong bagian sampingnya. Kumpulkan dan simpan gel dalam wadah kedap udara.

Kemudian oleskan gel ke kulit yang gatal dan pijat area tersebut dengan baik. Simpan gel yang tersisa di tempat yang dingin.

Usahakan memakai pakaian yang terbuat dari serat alami, seperti katun atau linen, yang lebih banyak menyerap keringat daripada bahan sintetis.

Minyak kelapa untuk ibu hamil memiliki kemampuan menembus kulit dan menjangkau sel-sel kulit yang kering. Minyak kelapa menyediakan asam lemak yang dibutuhkan kulit untuk mengurangi rasa gatal dan iritasi.

Penyebab Vagina Gatal Dan Cara Mengatasinya

Penggunaan minyak kelapa sangat mudah, Anda hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak kelapa sebanyak 2 kali sehari pada bagian kulit yang gatal.

Salah satu lotion yang bisa dipilih untuk meredakan gatal saat hamil yaitu lotion calamine. Moms cukup mengoleskan lotion dan pijat hingga menutupi seluruh area yang gatal.

Cara ini dapat mengurangi rasa gatal dan menghentikan iritasi atau peradangan muncul kembali. Ibu juga dapat menikmati masa kehamilannya dengan lebih nyaman.

Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Ibu bisa menggunakan krim stretch mark.Belly lotion diformulasikan dari bahan-bahan alami yang dapat memudarkan garis halus, mencerahkan, mengembalikan kekenyalan dan kelembapan kulit!Perut yang semakin membesar seringkali menimbulkan berbagai keluhan selama masa kehamilan. Diantaranya adalah perut yang gatal saat hamil.

Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Menurut Baby Center, 20% ibu hamil mengalami hal ini. Meski tidak semua ibu mengalaminya, kondisi ini tetap menjadi hal yang menakutkan bagi calon ibu atau ibu hamil.

Selama kehamilan, hormon estrogen meningkat dan seringkali menyebabkan kulit kering. Bahkan, kulit sebagian orang juga menjadi lebih sensitif. Akibatnya timbul rasa gatal di berbagai bagian tubuh seperti perut, kaki, betis, telapak tangan hingga dada.

Selain itu, ukuran perut yang membesar juga bisa menjadi penyebab rasa gatal di perut saat hamil. Kulit akan dipaksa menjadi elastis sesuai dengan lingkar perut dan menyebabkan peregangan. Akibatnya, rasa gatal dan munculnya stretch mark tidak bisa dihindari.

Jangan khawatir, Mama’s Choice sudah menyiapkan 5 cara paling ampuh untuk mengatasi masalah ini. Ibu siap melakukannya? Simak langkah-langkah berikut ini, ya!

Mengatasi Perut Gatal Ketika Hamil, Begini Cara Yang Paling Efektif

Gatal kulit dengan air hangat atau air panas adalah salah. Suhu yang panas dapat membuat kondisi kulit menjadi lebih kering sehingga rasa gatal semakin parah.

Kalaupun mandi, disarankan untuk mandi dengan air bersuhu normal dibandingkan dengan air panas.

SLS adalah bahan kimia penghasil busa pada produk sabun. Jika ingin lebih selektif dalam mengatasi rasa gatal di perut, hindari penggunaan SLS untuk membersihkan perut. Pelajari lebih lanjut tentang bahaya SLS di sini.

Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Mama bisa menggunakan sabun dengan bahan alami dan bebas SLS. Jika Anda sulit menemukannya di pasaran, solusinya adalah memilih yang SLS-nya kecil saja. Semakin sedikit SLS, semakin sedikit potensi busa yang dihasilkan.

Penyebab Varises Setelah Melahirkan Dan Cara Mengatasinya

Proses mengeringkan perut setelah dibilas atau dibilas juga penting, Ma. Gunakan handuk dengan tekstur lembut dan tebal, agar tidak menimbulkan gesekan dan panas pada permukaan kulit perut.

Usahakan untuk tidak menggaruk bagian perut yang gatal. Hal ini berpotensi menimbulkan luka pada bagian perut, mulai dari peradangan kulit hingga iritasi.

Hindari memakai pakaian ketat agar kulit perut Anda bisa bernapas lebih lega. Pilih bahan yang lembut dan mudah menyerap keringat, sehingga ketika digosokkan pada kulit tidak menimbulkan gatal dan iritasi yang berkepanjangan. Intinya, kenyamanan tetap harus jadi yang utama ya, Ma.

Ibu disarankan untuk menggunakan krim penghilang stretch mark sejak awal kehamilan. Perut yang gatal saat hamil juga bisa menjadi salah satu gejala munculnya stretch mark lho, Ma. Semakin dini digunakan, semakin efektif langkah pencegahan yang dilakukan ibu.

Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil, Cari Tahu Penyebabnya Bun

Pilih krim stretch mark yang juga berfungsi sebagai pelembap, seperti Mama’s Choice Stretch Mark Cream. Gunakan 2-3 kali sehari yaitu setelah mandi dan sebelum tidur.

Rasa gatal yang berlebihan pada dasarnya merupakan hal yang wajar, terutama pada trimester ketiga kehamilan. Namun, Anda juga perlu segera ke dokter jika:

Tentunya dokter akan melihat apa yang sebenarnya terjadi dibalik rasa gatal yang Anda alami. Jika terdeteksi alergi atau penyakit kulit yang mungkin terjadi, Anda tentu bisa mencegahnya sejak dini.

Penyebab Gatal Saat Hamil Dan Cara Mengatasinya

Namun, kenyamanan mama saat hamil tentu akan berkurang. Gatal-gatal yang terus mengganggu Anda bahkan mungkin menjalar ke bagian tubuh lain, dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan fisik Anda.

Demam Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya Yang Mudah

Masalah perut gatal saat hamil juga bisa berbahaya jika Anda tidak berhati-hati dalam memilih bahan pelembab kulit yang Anda gunakan.

Ya, semua bahan kimia dalam produk yang Anda gunakan berpotensi terserap ke dalam tubuh melalui pori-pori hingga masuk ke aliran darah. Bukan tidak mungkin jika janin juga menyerap bahan kimia tersebut melalui aliran darah dan plasenta.

Agar lebih aman, pastikan Anda menggunakan produk tanpa paraben, alkohol, dan ftalat. Jika Anda ragu, Anda dapat mengkonsultasikan produk apapun yang Anda gunakan dengan dokter kulit dan dokter spesialis kandungan.

Mama’s Choice hadir sebagai produk yang aman untuk ibu hamil dan janin atau bayi, bersertifikasi halal MUI, dan diperkaya dengan bahan-bahan alami. Jujur, semua komposisi produk kami sampaikan kepada ibu, agar ibu menemukan ketenangan dan kenyamanan dalam merawat dirinya.

Cara Mengobati Keputihan Berbau Saat Hamil Muda

Beli Pilihan Mama