Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

27

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak – Tersedak menyebabkan anak sulit bernapas. Jangan biarkan dia pergi, karena situasi tersedak yang tidak segera ditangani berisiko kehilangan kesadaran. Segera lakukan pertolongan pertama untuk mengatasi anak tersedak berdasarkan usia berikut ini!

Hampir setiap anak pasti pernah mengalami tersedak, apalagi di usia balita yang senang bereksplorasi dengan banyak hal. Meski sangat umum terjadi, kondisi tersedak pada anak bukanlah hal yang bisa dianggap enteng lho, Mama Papa!

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Tersedak adalah suatu kondisi di mana benda asing masuk ke saluran pernapasan. Sehingga menyebabkan anak mengalami kesulitan bernapas dengan baik. Benda asing yang sering menyebabkan tersedak antara lain: makanan, minuman, mainan kecil yang tidak sengaja tertelan, atau bahkan air liurnya sendiri.

Seperti Inilah Cara Tepat Untuk Menolong Balita Yang Tersedak

Ada beberapa tanda anak tersedak yang perlu Anda ketahui. Seperti berusaha mengeluarkan benda asing dari mulutnya, batuk, kesulitan bernapas, wajah memerah dan bibir pucat. Ada risiko kehilangan kesadaran pada kasus yang lebih parah, tersedak yang tidak segera ditangani.

Kabar baiknya, Mama Papa bisa langsung melakukan pertolongan pertama saat anak tersedak. Pertolongan pertama pada anak yang tersedak terbagi menjadi dua cara, yaitu anak di bawah usia satu tahun dan di atas satu tahun.

Saat anak tersedak, hindari benda asing yang tersangkut di tenggorokan secara sembarangan. Bukannya membaik, cara ini malah membuat tersedak semakin parah, dan akan lebih sulit mengeluarkan benda asing yang tersangkut di tenggorokan.

Cara pertolongan pertama saat bayi tersedak yang bisa Mama dan Papa lakukan adalah dengan memberikan pukulan punggung dan tekanan pada dada (chest compressions). Begini caranya:

Belajar Dari Bayi Berusia 40 Hari Meninggal Karena Tersedak Pisang, Ini Pertolongan Pertamanya

Berbeda dengan anak di bawah usia 1 tahun, pertolongan pertama tersedak pada anak di atas 1 tahun bisa sedikit “lebih ringan”. Ingat, di usia ini anak sudah cukup besar dan sangat kooperatif.

Hanya saja, Mama Papa harus ingat kalau cara mengatasi anak tersedak berbeda dengan orang dewasa ya! Agar tidak salah langkah, berikut tindakan pertolongan pertama saat anak tersedak yang bisa Mama dan Papa lakukan di rumah:

Terkadang kita secara otomatis menggendong anak ketika mereka menangis dan tersedak. Padahal perilaku adalah cara mengatasi tersedak namun tidak sepenuhnya benar. Karena menyebabkan makanan atau benda asing yang tersangkut di tenggorokan semakin dalam dan membuat pernapasan menjadi lebih sulit.

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Minum segelas air mineral efektif untuk mengobati tersedak pada orang dewasa. Sayangnya, cara ini tidak dianjurkan untuk anak-anak. Memberi air minum memang menyumbat benda asing ke dalam paru-paru si Kecil, dong!

Jangan Panik! Ini 3 Cara Pertolongan Pertama Bayi Tersedak

Cara paling tepat untuk mengatasi tersedak yang bisa Mama dan Papa lakukan adalah dengan mengajak si Kecil batuk-batuk keras. Ini karena batuk yang keras dapat dengan mudah mendorong keluar benda asing yang tersangkut di saluran udara.

Sudah melakukan cara di atas, tapi anak masih tersedak? Jangan khawatir, Mama Papa bisa melakukan Manuver Heimlich sebagai upaya pertolongan pertama untuk mengatasi anak tersedak. Begini caranya:

Jika sudah melakukan cara-cara pertolongan pertama di atas, namun si kecil masih tersedak dan kesulitan bernapas. Segera hubungi ambulans atau bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat. Tersedak adalah suatu kondisi dimana benda asing masuk ke dalam saluran pernapasan. Beberapa hal yang sering menyebabkan tersedak pada anak adalah potongan kecil makanan (kacang-kacangan, tulang ikan), baterai kecil (baterai jam tangan), dan mainan kecil (roda mobil).

Beberapa gejala yang dapat terjadi akibat tersedak antara lain gangguan pernafasan yang datang tiba-tiba saat anak sedang bermain atau makan, seperti batuk, sesak nafas, suara serak jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan henti nafas atau anak dapat berhenti bernapas. tampak biru pucat.

Pertolongan Pertama Saat Tersedak (choking)

Bagaimana cara mengatasi jika anak tersedak? dr. Felix, Sp.A menjelaskan “bila ayah/ibu memiliki bayi di bawah usia 1 tahun, maka dapat dilakukan langkah-langkah sebagai berikut yaitu membaringkan anak dengan posisi tengkurap dengan kepala menunduk kemudian menepuk punggung anak. 5 kali sampai benda yang masuk keluar dan bila benda tetap tidak keluar, ayah/ibu dapat menekan dada dengan cara berbaring telentang dengan kepala menunduk dan menepuk-nepuk sedikit di bawah garis antara kedua puting susu. , lagi sampai benda itu keluar dari mulutnya.

“Pengobatan tersedak pada anak diatas 1 tahun adalah membuat anak batuk dan tidak memberinya minum, karena batuk adalah cara tubuh mengeluarkan benda asing dan jika batuk dan benda tersebut belum keluar maka ayah/ibu dapat lakukan hal-hal berikut: seperti, antara lain, letakkan anak di punggungnya, kepalkan dengan tangan kanan ayah/ibu lalu letakkan kepalan sedikit di atas pusaran lalu letakkan tangan kiri di atas kepalan tangan kanan, berikan tekanan dengan gerakan kecil ke atas kepala, ulangi gerakan tersebut beberapa kali hingga benda keluar dari mulut anak. Jika gerakan-gerakan yang dijelaskan di atas tidak membantu dan anak berhenti bernapas, segera cari bantuan dengan memanggil ambulans atau rumah sakit terdekat saat Anda melakukan CPR/resusitasi dasar,” ujar dr. Felix, Sp.A.

Mencegah anak tersedak antara lain mengawasi anak ketika sedang bermain atau makan, anak tidak boleh terlalu banyak tertawa atau bermain saat sedang makan, memasak makanan hingga teksturnya lebih lembut agar lebih mudah dikunyah dan dikunyah oleh anak. menelan makanan dengan baik, menyediakan mainan yang sesuai dengan usia anak dan mengeluarkan mainan yang rusak atau komponen mainan yang terlepas dari tubuhnya. Namun, jangan khawatir! Inilah yang perlu Anda lakukan saat anak tersedak.

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Tersedak adalah masuknya benda asing ke dalam tenggorokan atau saluran pernafasan. Ini adalah kondisi berbahaya yang bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi hingga orang dewasa. Karena adanya benda asing di saluran pernapasan, orang yang tersedak mungkin mengalami kesulitan bernapas.

Mengatasi Anak Tersedak

Benda asing tersebut bisa berupa apa saja, seperti makanan, mainan, atau benda kecil lainnya seperti koin, baterai, peniti, dan peniti. Oleh karena itu, setiap orang tua harus mengetahui cara memberikan pertolongan pertama pada anak tersedak.

Sebelum mengetahui pertolongan apa yang bisa dilakukan, orang tua perlu mengetahui tanda-tanda anak tersedak, seperti batuk tiba-tiba, sulit bernapas, memegang leher, hingga bibir tampak kebiruan hingga lemas. Pada stadium lanjut, anak mungkin tidak sadarkan diri.

Jika Anda curiga si kecil tersedak dan ada benda yang tersangkut di tenggorokan dan Anda bisa melihatnya, coba buang. Namun, hindari mendorong benda tersebut.

Mendorong benda asing yang tidak terlihat dapat meningkatkan risiko benda asing tersebut masuk ke saluran pernapasan dan membuatnya lebih sulit untuk dikeluarkan.

Rsab Harapan Kita

Jika anak Anda batuk keras, minta mereka untuk terus batuk sampai bendanya keluar. Namun, jika batuk tidak membantu (batuk berhenti atau tidak dapat bernapas dengan baik), mintalah bantuan dan lakukan beberapa hal berikut.

Jika anak masih bisa mengeluarkan suara dan bernapas, minta dia untuk batuk dengan keras. Cara lain adalah mungkin

Jika anak tidak sadarkan diri, orang tua dapat melakukan teknik CPR seperti penanganan tersedak. Namun jika Anda ingin melakukan CPR, pastikan Anda sudah terlatih sebelumnya.

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Tersedak adalah kondisi berbahaya yang bisa dialami anak-anak. Dengan adanya benda asing di saluran pernapasan, pernapasan anak dapat terganggu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kematian karena gangguan pernapasan.

Bayi Tersedak, Ini Yang Perlu Anda Lakukan

Ikuti berbagai cara mencegah anak tersedak yang telah disebutkan di atas dan pelajari pertolongan pertama tersedak pada anak. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, Anda dapat berbicara dengan dokter melalui layanan Live Chat di aplikasi Tersedak memang merupakan kondisi yang berbahaya dan bisa terjadi pada siapa saja, terutama anak-anak. Saat anak tersedak tentu saja jalan napasnya akan tersumbat sehingga sulit bernapas, maka dari itu Moms dan Dads perlu mengetahui pertolongan pertama apa yang harus dilakukan saat anak tersedak.

Kondisi tersedak disebabkan oleh masuknya benda asing ke dalam tenggorokan seperti makanan, mainan dan benda kecil lainnya seperti koin, baterai atau penghapus.

Bunda tentunya tahu tanda-tanda awal anak tersedak, yaitu batuk yang muncul secara tiba-tiba, kesulitan bernapas, dan bibir yang tampak kebiruan. Pada tahap selanjutnya, si Kecil mungkin akan mengalami rasa kehilangan.

Ketika ia tampak tersedak dan benda yang tersangkut di tenggorokannya tidak terlihat, cobalah untuk tidak menarik atau bahkan mendorong benda tersebut sebagai tindakan menarik benda asing atau -terlihat meningkatkan risiko mendorong benda lebih jauh ke dalam tenggorokan.

Nyawa Bocah 2 Tahun Ini Tak Selamat Gara Gara Tersedak Camilan, Ingatlah Untuk Selalu Dan Segera Lakukan Ini Jika Bayi Anda Tersedak

Nah, cara membantu anak tersedak berbeda lho dari cara mengatasi anak tersedak. Berikut langkah-langkah dan penjelasannya:

Penanganan pertama yang dapat dilakukan untuk bayi tersedak adalah back blow dan chest thrust sebagai berikut:

Jika si kecil masih bisa mengeluarkan suara dan bernapas, minta dia batuk keras untuk mengeluarkan benda yang terperangkap.

Pertolongan Pertama Saat Anak Tersedak

Cara lain yang bisa Moms lakukan adalah dengan melakukan back blow dan breast thrust seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pada anak di atas 1 tahun, tindakan lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan memijat bagian perut dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Untuk Orang Tersedak

Jika masih tersedak, Moms bisa mengulangi back blow, chest thrust, dan abdominal thrust, serta segera minta bantuan untuk membawa si kecil ke RSIA Stella Maris.

Namun jika anak tidak sadarkan diri, Moms harus melakukan teknik CPR sebagai pertolongan pertama saat tersedak, namun pastikan Moms dan Dads sudah mendapatkan pelatihan CPR sebelumnya.

Kini anak-anak yang tersedak harus segera mendapatkan pertolongan agar keadaan ini tidak menjadi fatal. Langkah-langkah di atas dapat Anda lakukan sebagai pertolongan pertama saat anak Anda tersedak. Setelah itu, segera bawa si Kecil ke Dokter Spesialis Anak dan Dokter Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan RSIA Stella Maris Si kecil sangat mungkin tersedak. Entah itu dengan makanan atau saat dia minum, bisa juga dengan benda asing yang coba dimasukkan ke dalam mulutnya. Saat saluran napas atau tenggorokan tersumbat bahkan terhalang oleh benda asing, Si Kecil pasti tidak akan bisa bernapas.