Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

23

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung – Serangan jantung adalah suatu kondisi yang terjadi secara tiba-tiba, sehingga diperlukan pertolongan pertama yang tepat dan cepat.

Pertolongan pertama adalah kunci kehidupan seseorang yang mengalami serangan jantung. Tanpa pertolongan pertama yang tepat, risiko kematian sangat tinggi.

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Serangan yang umumnya ditandai dengan nyeri dada sebelah kiri ini menempati urutan kedua penyebab kematian pada semua kelompok umur di Indonesia.

Faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner (pjk)

(SRS) tahun 2014 di Indonesia menunjukkan bahwa penyakit jantung merupakan penyebab utama kematian pada semua umur setelah stroke yaitu sebesar 12,9%.

Menurut survei yang dilakukan oleh WHO pada tahun 2004, diperkirakan 17,1 juta orang meninggal (29,1% dari seluruh kematian) disebabkan oleh penyakit kardiovaskuler.

Mengenali faktor risiko yang meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit jantung adalah langkah pertama untuk perlindungan diri.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah memilih makanan yang rendah kolesterol, lemak jenuh, dan tinggi serat. Hindari makanan tinggi gula atau karbohidrat sederhana.

Kenali Pertolongan Pertama Serangan Jantung

Bagaimana jika Anda secara tidak sengaja bertemu dengan seseorang yang mengalami serangan jantung? Anda perlu melakukan beberapa hal:

Pada saat yang sama, minta juga dokter untuk datang ke tempat kejadian. Jangan lupa sebutkan dugaan serangan jantung, agar dokter membawakan obat yang sesuai.

Jika tidak ada akses dokter untuk segera datang, siapkan transportasi (ambulans sebaiknya) untuk segera membawa pasien ke puskesmas terdekat, misalnya puskesmas.

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Ketika pasien dipindahkan ke pusat kesehatan, tanyakan padanya apakah dia pernah memiliki pengalaman seperti itu dan apakah dia memiliki obat jantung. Jika ada, segera minum.

Pertolongan Pertama Yang Bisa Dilakukan Orang Awam Saat Menemui Kasus Henti Jantung

Obat dengan kata-kata “digunakan dengan meletakkannya di bawah lidah” ‚Äč‚Äčadalah ciri khusus obat yang dapat menghilangkan serangan jantung dan penting untuk segera dimakan.

Pastikan pasien tiba dengan selamat di pusat kesehatan. Pastikan juga pasien sudah mendapat perawatan dari petugas kesehatan di puskesmas terkait.

Ada kalanya pasien serangan jantung sama sekali tidak sadarkan diri. Jika hal ini terjadi, kemungkinan pasien mengalami henti jantung (jantung tidak lagi memompa darah).

Henti jantung ditandai dengan oklusi arteri karotis. Situasi ini tergolong darurat, dan Anda perlu segera diberikan Bantuan Hidup Jantung Dasar alias Cardiac Pulmonary Resuscitation (CPR).

Cara Terbaik Mengatasi Serangan Jantung Saat Sendirian

Pada umumnya CPR ditujukan untuk situasi di luar rumah sakit sebelum pasien menerima perawatan. Oleh karena itu, tidak diperlukan peralatan medis.

Tempatkan pasien yang tidak sadarkan diri di tempat yang aman, dan segera hubungi sistem gawat darurat agar ambulan dapat segera tiba.

Sebelum melakukan CPR, beri tahu orang lain di sekitar Anda tentang kondisi pasien dan katakan bahwa pasien memerlukan CPR segera.

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Anda sebaiknya tidak sendirian. Dengan pasangan Anda, Anda memiliki posisi yang tegas di hadapan hukum bahwa tindakan yang Anda lakukan ditujukan untuk membantu pasien.

Cara Menangani Serangan Jantung: 8 Langkah (dengan Gambar)

Tekanan tersebut dimaksudkan untuk menggantikan pekerjaan jantung dalam memompa darah dan mengantarkan oksigen ke organ vital seperti otak.

Bantuan pernapasan dilakukan setelah kompresi dada, dengan cara menarik napas melalui mulut pasien dalam waktu 1 detik (tidak terlalu lama).

Siklus 30 kompresi dada dan 2 napas buatan ini harus dilanjutkan sampai bantuan medis tiba. Asisten dapat melakukannya dengan cara alternatif untuk menghindari kelelahan.

Di Indonesia, saat ini banyak institusi atau tempat umum, mulai dari pusat perbelanjaan hingga bandara, memiliki peralatan AED.

Gejala Serangan Jantung Dan Pertolongan Pertama Yang Harus Dilakukan

Pelatihan akan membuat Anda lebih berpengetahuan dan siap untuk memberikan pertolongan pertama yang tepat ketika terjadi serangan jantung yang berakhir pada pasien kehilangan kesadaran.Serangan jantung memerlukan penanganan yang cepat dan tepat. Berikut adalah beberapa tips pertolongan pertama untuk serangan jantung yang perlu Anda ketahui.

Kabar duka datang dari industri perfilman Indonesia. Aktor kawakan Robby Sugara meninggal dunia pada Kamis (13/6) kemarin. Kepergian aktor film kawakan Dr. Karmila diduga terkena serangan jantung.

Menurut diagnosis rekan akademisnya, Roy Marten, kepergian Robby bersifat mendadak dan tidak ada riwayat kesehatan sebelumnya.

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Umumnya hal ini terjadi karena adanya penumpukan lemak, kolesterol, dan zat lain yang membentuk plak di pembuluh darah menuju jantung. Pembuluh darah ini disebut arteri koroner.

Kenali 5 Fase Serangan Jantung Saat Olahraga

Saat aliran darah ke jantung terganggu, jaringan otot jantung yang memompa darah ke seluruh tubuh bisa rusak. Jika kondisi ini tidak segera ditangani, bisa mengancam jiwa.

Nyeri dada sebelah kiri adalah gejala umum serangan jantung. Biasanya, nyeri dada yang terjadi terasa seperti ada sesuatu yang berat menghimpit, meremas, meremas, atau rasa penuh di balik tulang dada. Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa menit.

Seringkali, nyeri dada ini disertai nyeri menjalar di leher, rahang bawah, lengan kiri, punggung, atau area ulu hati. Bagi sebagian orang, satu-satunya gejala yang terlihat adalah rasa tidak nyaman di dada.

Sesak napas juga merupakan keluhan umum saat terjadi serangan jantung. Seseorang yang mengalami serangan jantung akan mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini bisa terjadi akibat jantung tidak mampu memompa darah ke seluruh tubuh sehingga darah bisa terkumpul di paru-paru.

Jangan Panik Dulu, Lakukan 7 Pertolongan Pertama Ini Saat Serangan Jantung

Keringat dingin dapat terjadi pada seseorang yang mengalami serangan jantung. Selain itu, tangan juga mungkin terasa dingin. Seringkali seseorang khawatir karena nyeri dada yang seolah memperparah gejala yang sudah muncul.

Sensasi nyeri perut di area ulu hati bisa dirasakan oleh sebagian orang yang pernah mengalami serangan jantung. Nyeri perut dapat disertai dengan gejala perdarahan, sehingga sering dicurigai sebagai gejala maag.

Biasanya rasa sakit akibat serangan jantung lebih hebat, tidak tajam. Oleh karena itu, diperlukan diagnosis nyeri perut yang lebih spesifik untuk mengesampingkan kemungkinan lain.

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Mual dan muntah juga bisa terjadi pada seseorang yang mengalami serangan jantung. Namun nyatanya, gejala ini cukup jarang terjadi saat serangan jantung. Gejala ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (bag. 1)

Segera cari pertolongan medis di rumah sakit terdekat jika Anda atau orang lain diduga terkena serangan jantung. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebagai pertolongan pertama saat serangan jantung:

Segera lakukan CPR, jika pasien tidak sadarkan diri. Melakukan CPR membutuhkan keterampilan yang dapat diperoleh dari pelatihan pertolongan pertama dalam situasi darurat.

Namun jika Anda belum memahami hal ini, maka Anda bisa mulai melakukan kompresi jantung dengan kecepatan 100 kali per menit. Jika memungkinkan, mintalah petunjuk dari tim medis yang masih dalam perjalanan melalui saluran telepon.

Selain kram, pasien yang sadar juga akan cemas saat mengalami serangan jantung. Kondisi tersebut berpotensi mengintensifkan serangan yang ada dan menambah beban kerja jantung. Karena itu, sangat penting untuk menenangkan pasien.

Ini Cara Memberikan Pertolongan Pertama Yang Tepat Pada Orang Pingsan

Usahakan untuk membaringkan pasien pada punggung yang rata dan nyaman agar mereka dapat beristirahat dan lebih rileks. Kemudian, kendurkan pakaian yang ketat, seperti kancing atau ikat pinggang, agar pasien bisa bernafas lega.

Segera cari bantuan medis. Bila perlu minta bantuan orang lain, sambil memberikan pertolongan dan memantau kondisi pasien. Hubungi nomor darurat untuk respons ambulans yang cepat.

Jelaskan kepada tim medis yang datang tentang prosedur serangan jantung dan pertolongan apa yang telah dilakukan. Jika kondisi pasien sudah stabil, segera bawa ke IGD terdekat.

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Serangan Jantung

Tanyakan pada pasien apakah memiliki riwayat penyakit sebelumnya, terutama penyakit jantung. Selain itu, ada obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dan diminum secara teratur.

Pertolongan Pertama Yang Harus Dilakukan Untuk Serangan Jantung

Salah satu obat yang digunakan untuk mengurangi nyeri akibat serangan jantung adalah aspirin dengan dosis 160 mg-325 mg. Jika tersedia, bantu pasien minum obat.

Kecepatan dan ketepatan penanganan serangan jantung yang terjadi sangat berperan penting dalam menyelamatkan nyawa pasien. Itu karena serangan jantung adalah keadaan darurat yang harus segera mendapat perhatian medis. Pastikan Anda memperhatikan beberapa poin di atas untuk memberikan pertolongan pertama pada pasien serangan jantung.